Mengunjungi Galeri Seni Rupa Tertua di Indonesia

galeri seni rupa tertua di indonesia
tegaraya.com - Galeri Seni (atau dapat juga disebut Museum Seni) adalah sebuah bangunan atau ruang kosong yang digunakan sebagai tempat memamerkan beragam bentuk karya seni. Galeri Seni biasanya paling banyak memamerkan hasil-hasil Karya Seni Rupa, seperti Seni Kriya, Seni Lukis, Seni Patung hingga Seni Miniatur. Galeri Seni merupakan sebuah wadah dan wahana rekreasi, kumpulan referensi keilmuan seni hingga relaksasi otak bagi para pengunjungnya.
interior ruangan galeri seni rupa hadiprana
Mengunjungi Galeri Seni adalah salah satu hal yang menyenangkan. Walaupun sebagian besar pengunjung mungkin tidak memahami secara spesifik tentang jenis-jenis hingga aliran Karya Seni yang dipamerkan. Menurut Jastitah selaku penulis artikel ini, ia adalah seorang penikmat seni, dimana ia bisa menikmati seni yang terlihat oleh kedua mata dengan sangat damai dan kesyahduan.



Pengalaman Mengunjungi Galeri Seni Rupa

Beberapa waktu yang lalu, Mbak Jastitah menceritakan pengalamannya saat berkunjung ke Galeri Hadiprana. Galeri Seni Rupa ini didirikan oleh seorang Seniman Rupa bernama Hendra Hadiprana pada tahun 1962. Konon Galeri Seni ini adalah Galeri Seni Rupa yang Tertua di Indonesia. Seniman Hendra Hadiprana sangat ramah dan bersedia berbagi cerita kepada Mbak Jastitah tentang pendirian Galeri Seni Rupa ini. Beliau mengungkapkan bahwa Galeri ini berdiri pada masa yang sulit dan canggung untuk perkembangan seni di Indonesia karena kekacauan nasional dan politik. Namun, Galeri ini akhirnya berhasil tidak hanya bertahan hidup, tetapi juga mendorong Kekayaan Seni Rupa ke mata publik, menjadikannya Pelopor dalam mempromosikan Seni Rupa di Indonesia.
Koleksi karya Seni Lukis di galeri Seni Rupa Hadiprana
Koleksi Seni Lukis di Museum Seni Rupa


Alamat Galeri Seni Hadiprana

Galeri Seni Rupa Hadiprana dikenal dengan nama reklame “Galeri Hadiprana since 1962”. Gedung Galeri Seni ini bertempat di Kota Jakarta dengan alamat sebagai berikut:

Galeri Hadiprana since 1962
Mitra Hadiprana Ground Floor
Jl. Kemang Raya No. 30
Jakarta Selatan 12730

Ketika memasuki galeri ini melalui area parkiran, kita akan menaiki tangga yang disekelilingnya terdapat berbagai lukisan yang seakan membuat kita perlahan terpukau dengan keindahan karya seninya.
pelang alamat museum hadiprana
Galeri Hadiprana ini bisa dibilang tidak terlalu besar. Namun cukup menampung berbagai koleksi seni didalamnya. Terdapat beberapa buku koleksi tentang seni dari masa ke masa. Kita bisa membacanya dengan seksama karena disediakan meja dan kursi. Ada juga koleksi Patung Resin Fiber dengan tatakan Batu Granit yang unik. Koleksi Seni yang ada didalam Galeri Seni ini tersedia untuk dijual & apabila tertarik dapat menanyakan langsung kepada staf yang bertugas di Galeri Hadiprana.


Ulasan Tempat Galeri Hadiprana

Gedung dan Ruangan Galeri Hadiprana sangat nyaman bagi pengunjung. Pengunjung akan disajikan iringan lagu-lagu syahdu yang membuat kita tenang saat berkeliling melihat Karya Seni yang ada didalamnya. Di dalam Galeri Seni ini terdapat berbagai koleksi Seni Lukis yang dibuat oleh beberapa Seniman Lukis muda di Indonesia, khususnya Kota Jakarta. Menurut tuturan Bapak Hendra Hadiprana, beliau sangat selektif untuk memilih beragam karya seni yang masuk dan hendak dipamerkan di Galeri Seni ini.
sudut gedung museum seni rupa hadiprana
Galeri Seni ini tidak hanya berisi art exhibition saja, melainkan ada beberapa jenis usaha bisnis lainnya. Galeri Hadiprana berdiri berdampingan dengan mitra usahanya seperti Perhiasan Hadiprana, Tenun Baron, Boutique HL&Co., dan H-Accent dengan interior dan aksesoris rumah. Galeri ini pun disebut sebagai Art Boutique Mall, karena didalamnya seperti rumah seni dengan interior yang cantik. Selain itu terdapat juga berbagai kerajinan tangan Seni Kriya, Artefak, Lukisan maupun Kelas Seni berkualitas yang sangat diminati oleh anak-anak dan orang dewasa.
contoh karya-karya seni rupa di museum hadiprana
Apabila anda tertarik untuk datang ke galeri ini, bisa langsung datang ke Galeri Hadiprana, buka setiap hari Senin - Sabtu, mulai pukul 10.00 - 17.00 WIB. Kamu akan menikmati koleksi seni dan indahnya interior yang ada disana.


Demikian artikel singkat tentang Cerita Pengalaman Mengunjungi Galeri Seni Rupa Tertua di Indonesia. Artikel terkait lainnya dapat menelusuri label seni rupa pada laman tegaraya.com


Guest Post : Jastitah, author Jastitah.com
Disunting kembali oleh: Tomy Tegar

Belum ada Komentar untuk "Mengunjungi Galeri Seni Rupa Tertua di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel