Karya Seni Topeng yang terkenal paling menyeramkan & Misterius di Dunia

karya seni topeng terkenal yang misterius
tegaraya.com - Topeng adalah salah satu bentuk karya seni rupa yang cukup dikenal luas di masyarakat dunia. Kesenian Topeng biasanya dibuat dengan tujuan keindahan dekorasi, kebutuhan tata busana hingga melindungi wajah dari serangan musuh saat perang. Adapun Topeng didefinisikan sebagai benda yang digunakan diatas wajah dan berfungsi untuk menutup wajah didalamnya.

Namun Kesenian Topeng juga memiliki kesan-kesan misterius yang bersumber dari mitologi rakyat atau cerita masyarakat sekitar yang terbawa narasi mistis dari kisah-kisah yang beredar. Terkadang Topeng-topeng ini juga menjadi properti atau instrumen kegiatan-kegiatan ghaib sehingga menyebabkan kesan horor dan misterius yang sangat melekat terhadapnya. Beberapa properti Topeng juga dianggap horor dan misterius yang berasal dari narasi cerita-cerita film atau seni teater yang ditonton oleh masyarakat.

Dari beragam bentuk kesenian topeng-topeng di Dunia, berikut ini adalah deskripsi daftar dan cerita karya-karya seni topeng yang terkenal paling menyeramkan serta misterius di Dunia.



1.Vintage Hallowen

Vintage Hallowen merupakan sebuah kreasi Seni Topeng yang dibuat oleh anak-anak di kawasan Eropa yang ikut merayakan Festival Hallowen yang dirayakan setiap tanggal 31 Oktober tahun 1900-an. Perayaan Hallowen selalu identik dengan kesan misterius dan menakutkan saat itu. Ketika warga merayakan festival Hallowen, suasana desa atau perkotaan saat itu menjadi terlihat cukup mencekam walau semua itu hanyalah sebuah setingan konsep perayaan saja.
topeng misterius hallowen mask
Vintage Hallowen
Tidak ada cerita mistis yang melekat pada Topeng-topeng Hallowen ini. Umumnya Seni Topeng dibuat menggunakan bahan plastik atau kayu ringan, namun seni topeng pada saat itu dibuat dengan bahan sederhana seperti kertas bekas dan dibentuk menyerupai wajah-wajah menyeramkan. Keunikan pembuatan dan bentuk topeng yang dihasilkan justru terlihat sangat menakutkan dan memberi kesan misterius ketika diabadikan didalam frame foto.


2. Alexander Peden’s Mask

Alexander Peden’s Mask adalah sebuah Topeng yang berasal dari kawasan Skotlandia. Topeng ini diceritakan adalah penutup wajah yang digunakan oleh seorang Pendeta yang memimpin pemberontakan di Skotlandia pada tahun 1663 bernama Alexander Peden. Aksi dan orasi yang disampaikan oleh Alexander Peden membuat Ia menjadi buronan pemerintah Skotlandia yang dipimpin oleh Raja Charles II saat itu.
topeng misterius Alexander Peden
Alexander Peden Mask
Untuk menutupi wajahnya yang sangat dikenal publik, maka dibuatlah sebuah topeng sebagai simbol penyamarannya. Topeng yang dibuat oleh Alexander Peden menyerupai wajah manusia yang dilengkapi dengan rambut, kumis, jenggot dan alis. Alaexander Peden selalu menggunakan Topeng tersebut saat berkothbah didepan para jemaatnya, hingga akhirnya beliau tertangkap pada tahun 1673. Konon diceritakan Topeng tersebut selalu digunakan oleh Alexander Peden hingga ajalnya pada tahun 1686 akibat pengasingan di sebuah tempat bernama Auchinleck. Beliau mewariskan sebuah Topeng yang cukup menakutkan untuk disimpan.


3. Topeng Kulit Manusia Edward Gein

Topeng Kulit Manusia adalah sebuah topeng horor dan menakutkan yang dibuat dari kulit-kulit manusia yang telah meninggal dan disatukan dengan cara dijahit. Keberadaan Topeng ini merupakan sebuah kisah nyata yang terjadi di Amerika Serikta pada tahun 1950-an yang dilakukan oleh pembunuh dan pemburu mayat paling terkenal dan menakutkan saat itu bernama Edward Gein. Edward Gein dikenal dengan julukan Penjagal dari Plainfiled karena perbuatan kejahatannya yang membunuh manusia, menggali kuburan lokal dan mencuri mayat serta mengulitinya, demi obsesinya mengoleksi kulit dan organ-organ tubuh manusia.
topeng kulit manusia buatan edward gein
Edward Gein dan karya topengnya
Edward Gein merupakan seseorang yang memiliki kisah kehidupan yang sangat kelam. Sejak kecil Ia sering menerima kekerasan dari ayahnya yang seorang pecandu alkohol. Sementara itu ibunya merupakan sosok yang selalu melindunginya dari kekerasan ayahnya. Semenjak kematian ayahnya pada tahun 1940, Edward Gein sangat terobsesi dengan kasih sayang ibunya dan tega membunuh saudara kandungnya karena merasa tidak rela kasih sayang ibunya terbagi. Saat Ibu-nya mengalami stroke hingga akhirnya meninggal, Edward mengalami kesepian dan mulai terobsesi untuk menjarah makam-makam wanita, membunuh wanita hingga menguliti kulit mereka untuk menjadi hiasan di rumahnya. Bagian wajah mayat-mayat tersebut dijadikan Topeng kulit oleh Edward Gein dan dia gunakan untuk menutupi wajahnya saat berburu mayat.


4. Plague Doctor

Topeng Plague Doctor merupakan topeng berbahan kulit binatang dengan bentuk yang unik menyerupai paruh Burung Gagak yang cukup panjang. Topeng ini dirancang oleh seorang ahli kesehatan bernama Dr. Charles de Lorme dari Prancis pada tahun 1619. Topeng ini didesain untuk pada Dokter yang saat itu menangani wabah virus Black Death agar tidak tertular penyakit tersebut. Saat itu diyakinin virus mematikan Black Death dapat menyebar melalui udara. Penggunaan paruh pada Topeng Plague Doctor ini berfungsi untuk menaruh wewangian seperti rempah-rempah, mint, lavender atau kelopak mawar supaya menangkal bau busuk dari badan pasien yang terkontaminasi virus Black Death.
topeng misterius menyeramkan plague doctor
Plague Doctor
Topeng ini tidak memiliki cerita mistis yang melekat padanya, namun para pengguna Topeng ini memiliki aura menakutkan karena mereka kebanyakan berkeliaran di kota-kota di kawasan Eropa dengan jubah berwarna hitam, menyerupai malaikat pencabut nyawa. Kondisi ini membuat beberapa kota di Eropa terlihat mencekam sepanjang hari. Ketika ada keluarga atau pasien yang dikunjungi oleh petugas bertopeng menyeramkan ini, biasanya mereka akan sangat ketakutan untuk menerimanya, karena dapat dipastikan pasien tersebut akan dijemput untuk dikarantina dan tidak dapat tertolong lagi nyawanya. Dan pada saat itu populasi burung gagak banyak berkeliaran di kota-kota kawasan Eropa, mengelilingi para pengguna Topeng misterius tersebut untuk menjemput ajal para pasien-pasiennya.


5. Topeng Hannya

Topeng Hannya adalah sebuah karya seni topeng tradisional yang terkenal di kawasan Asia Timur yang berasal dari Negeri Jepang. Topeng ini digunakan sebagai properti untuk pementasan seni teater tradisional Jepang yaitu Teater Kabuki dan Teater Noh. Kesenian Topeng ini awalnya terinspirasi dari kesenian Tiongkok yang mulai ditemukan di Jepang pada abad ke-14. Pada masa itu Kesenian Topeng Ini dibuat oleh seniman bernama Hannya-Bo yang hidup pada era Muromachi (1336-1573 Masehi). Menurut cerita yang beredar, pencipta karakter topeng tersebut terinspirasi dari Topeng Ular yang sebelumnya Ia buat.
topeng misterius dan menyeramkan hannya
Topeng Hannya
Topeng Hannya merupakan gambaran wajah seorang wanita dengan ekspresi kesedihan dan kemarahan karena sifat cemburu. Topeng ini memiliki tanduk menyerupai wujud iblis yang membuatnya semakin terlihat menakutkan. Didalam pertunjukkan Teater Noh atau Kabuki, Hannya ini merupakan sosok yang kehilangan kendali karena kecemburuan dan melakukan pembuhunan kepada banyak orang. Topeng Hannya memiliki 3 jenis yang terbagi berdasarkan warna topeng dan namanya. Topeng Hannya berwarna putih yang memiliki sifat elegan bernama topeng Shiro Hannya, Topeng Hannya berwarna merah dan rambut yang berantakan memiliki sifat kegilaan bernama Aka Hannya, sementara Topeng Hannya berwarna hitam dengan ekspresi sedih dan memiliki wajah menyerupai iblis bernama Kuro Hannya.


6. Death Mask

Death Mask adalah sebuah topeng wajah dengan kesan menyeramkan yang berasal dari kawasan Eropa. Death Mask dibuat berdasarkan tradisi unik budaya Barat di Eropa pada abad pertengahan, ketika ada seorang tokoh terkenal yang meninggal seperti politikus, musikus, artis dan lainnya akan dibuatkan replika topeng wajahnya dan disimpan di musem. Death Mask ini ditujukan untuk mengabadikan bentuk wajah orang-orang tersebut. Menurut tradisi masyarakat Eropa saat itu hal ini lazim digunakan karena saat itu belum ditemukan teknologi kamera untuk mengenang wajah-wajah kerabat mereka.
topeng misterius yang menyeramkan death mask
Death Mask
Death Mask ini dicetak dari bahan plester basah yang diletakkan diatas permukaan wajah orang yang baru saja meninggal. Bentuk wajah diambil di saat-saat terakhir mereka diatas wajah mayat yang dilengkapi ekspresi kematian mereka masing-masing. Dalam beberapa kebudayaan, topeng-topeng tersebut disimpan di rumah-rumah atau didalam museum seni rupa. Tidak ada laporan tertulis atau cerita mistis yang melekat dari tradisi Death Mask ini, namun keberadaan seni topeng ini cukup menarik untuk dimasukkan kedalam daftar narasi topeng yang menyeramkan.


7. Mask of Shame

Mask of Shame atau dikenal juga sebagai Scold Bride Mask adalah sebuah seni topeng aneh yang berasal dari Skotlandia. Topeng ini dikatakan cukup aneh karena digunakan sebagai Topeng eksekusi hukuman sosial bagi para wanita yang kedapatan bergosip di tempat umum, melakukan penipuan atau memfitnah orang lain, hingga berkata-kata kasar. Topeng hukuman ini digunakan dan diterapkan di Skotlandia pada abad ke-18 dan abad ke-19. Topeng ini dipasangkan pada kepala seorang wanita dan dibelakangnya terdapat rantai yang tersambung langsung ke bagian baju. Bagi seseorang yang menerima hukuman menggunakan topeng jenis ini, akan merasakan malu yang cukup diingat di tengah masyarakat saat itu.
topeng menyeramkan scold bride mask
Mask of Shame
Topeng Scold Bride dilengkapi dengan lempengan besi yang menekan mulut si penggunanya sehingga tidak dapat membuka mulut. Akibat dari penggunaan topeng ini, pemakainya tidak dapat berbicara dan melakukan aktifitas makan seperti orang lain. Lidah mereka akan terjepit besi tajam yang ada di mulut topeng. Kemudian orang-orang yang menggunakan topeng ini akan diarak ramai-ramai berkeliling kota. Topeng Scold Bride ini tidak memiliki catatan cerita mistis, namun memiliki bentuk topeng yang cukup menyeramkan & kisah yang cukup kelam pada masanya. Topeng ini menjadi sebuah simbol kekejaman dan ketegasan etika yang berlaku pada masyarakat Skotlandia, dan prakteknya kurang menujukkan sisi kemanusiaan.


8. Splatter Mask

Spaltter Mask merupakan sebuah Topeng Perang yang digunakan pada peristiwa Perang Dunia I di kawasan Eropa dan diperkenalkan di wilayah lainnya di Dunia. Topeng ini digunakan oleh para operator kendaraan Tank Inggris pada Perang Cambrai pada tahun 1917. Karena Tank pada masa itu belum memiliki ketahanan ketika mendapat serangan, para operator dan prajurit yang berada di dalam Tank diwajibkan untuk menggunakan Topeng-topeng Perang tersebut. Inovasi ini juga dilakukan oleh pihak Negara Jerman untuk meningkatkan kemampuan pertahanan para prajurit-prajuritnya pada Perang Dunia ke-1.
topeng menyeramkan di dunia - splatter mask
Splatter Mask
Topeng Splatter ini terbuat dari kulit binatang yang cukup tebal serta dilapis lagi dengan dengan besi. Topeng ini sekilas seperti desain yang pernah dibuat oleh para Tentara Salib dan Tentara Turki Saljuk pada masa Perang Salib berlangsung di masa lampau. Dengan penggunaan topeng ini memberi perlindungan bagi para operator Kendaraan Tank terhadap tembakan artileti serta serpihan logam api yang terbakar dari pecahan-pecahan peluru. Tidak ada catatan cerita mistis dari seni topeng splatter ini, namun visualnya cukup menyeramkan serta memiliki kesan ironis dari kisah-kisah kematian yang terjadi dari para prajurit yang menggunakan topeng-topeng ini saat terlibat di dalam perang Dunia.


9. Topeng Leak

Topeng Leak merupakan salah satu bentuk kesenian topeng yang paling terkenal dari Pulau Bali di Negara Indonesia. Leak adalah sosok makhluk ghaib yang terkenal menyeramkan dan terbentuk dari ilmu sihir hitam. Wujud Topeng Leak digambarkan dengan ciri khas mata yang besar, gigi taring yang tajam, memiliki rambut atau bulu yang lebat, dihiasin oleh perhiasan khas Pulau Bali, serta terlihat sangat menyeramkan. Didalam mitologi Rakyat Pulau Bali Leak merupakan perpaduan jelmaan binatang seperti kera, babi hingga ayam yang berusaha menakut-nakuti manusia. Topeng Leak ini sering digunakan sebagai properti dalam pertunjukkan seni tari teatrikal yang bernama Calonarang, dan sering menimbulkan kejadian kesurupan bagi para penari-penarinya.
topeng menyeramkan dari pulau bali adalah topeng leak
Topeng Leak
Legenda Leak diceritakan berasal dari mitos pada abad ke-11 Masehi pada masa Pemerintahan Raja Erlangga di Pulau Bali. Saat itu masyarakat Pulau Bali menduga ada seorang wanita janda bernama Calonarang yang memiliki ilmu sihir hitam dan sering melantunkan kidun-kidung mistis berbahasa aneh. Wanita tersebut sering kali bersembunyi dan mengurung diri ketika matahari terbit dan terbenam. Cerita tersebut membuat Pemerintah Kerajaan dan masyarakat resah dan bersepakat mengambil tindakan untuk menghukumnya secara adat. Prajurit Kerajaan diutus untuk menangkap wanita tersebut. Namun ternyata wanita tersebut mengetahui rencana tersebut dan marah saat berhadapan dengan prajurit-prajurit tersebut. Wanita tersebut akhirnya menunjukkan wujud kemarahannya dan wajahnya berubah sangat menyeramkan, matanya membesar merah, taringnya memanjang dan mulutnya mengeluarkan semburan api.


10. King Tutankhamun Mask

Topeng Raja Tutankhamun adalah seni topeng kuno yang berasal dari Kerajaan Mesir Kuno. Seni Topeng ini merupakan simbol wajah dari Raja Muda bernama Tut.Ank.Amen yang memerintah Mesir Kuno saat baru berusia 9 tahun pada kisaran tahun 1333 hingga tahun 1324 SM. Artefak Seni Topeng Raja Tutankhamun ini ditemukan oleh arkeolog yang bernama Howard Carter pada tahun 1925 saat penjelajahan tim arkaelogi Inggris ke Negara Mesir. Topeng Raja Tutankhamun ini ditemukan didalam peti kematian Raja Mesir tersebut beserta mayat mumi didalamnya. Tutankhamun dianggap sebagai ikon paling paling populer yang menampilkan kemasyuran peradaban Mesir Kuno. Topeng Tutankhamun ini disimpan di Museum Kerajaan Inggris.
topeng misterius mesir kuno raja tutankhamun
King Tutankhamun Mask
Dibalik keindahan Topeng Raja Tutankhamun yang berlapis emas dan permata, ternyata memiliki cerita mistis yang melekat. Topeng Tutankhamun dianggap memiliki kutukan dan siapa saja yang mengusiknya akan mendapatkan celaka. Tim arkelogi yang menemukan Topeng ini mengalami kejanggalan peristiwa yang mengakibatkan kematian bagi mereka. Didalam Peti Raja tersebut diduga bersemayam virus mematikan yang akhirnya tersebar saat dibuka dan ikut menempel pada Topeng Tutankhamun. Para anggota tim arkeologi tersebut akhirnya meninggal satu-persatu karena sebuah penyakit misterius yang mereka derita paska peristiwa itu. Namun justru ketua tim Arkeologi Howard Carter tidak mengalami kematian setelahnya, namun dicerita Ia menerima teror mental didalam imajinasinya hingga beberapa tahun menjelang ajalnya.


11. Iroquois False Face Society

Topeng False Face Society merupakan sebuah karya seni topeng masyarakat Iroquois di kawasan Mesoamerika yang digunakan untuk ritual-ritual mistis dan penyembuhan. Topeng ini memiliki visual seperti wajah sesorang yang mengalami proses pembedahan wajah, dengan struktur kulit yang berkerut-kerut. Topeng ini dibuat dari kulit kayu dan diduga telah bersemayam kekuatan sihir yang cukup kuat dan mampu mengusir roh-roh jahat.
topeng misterius suku iroquois bernama Topeng False Face Society
Topeng False Face Society
Topeng False Face Society saat ini banyak menjadi perdebatan dan kontroversi karena banyak orang-orang diluar Suku Iroquois membuat dan menjual topeng-topeng False Face Society ini ke khalayak umum. Suku Iroquois menolak komersialisasi topeng-topeng mereka dan dianggap sebagai artefak belaka. Bagi mereka Topeng False Face Society ini merupakan representasi roh yang hidup dan bersemayam didalam Topeng tersebut. Suku Iroquois juga memperingatkan bahwa Topeng False Face Society memiliki kekuatan spiritual yang belum tentu sanggup dikendalikan oleh semua orang.


12. Topeng Suku Maori

Suku Maori adalah suku primitif yang mendiami kawasan pulau di Selandia Baru, sebelum gelombang Kolonialisme dari Britannia Raya menduduki kawasan tersebut. Kesenian Topeng Suku Maori merupakan salah satu bentuk seni topeng tradisional yang sangat ikonik dan khas asli kultur Selandia Baru yang ditemukan dari penjelajahan orang-orang Eropa. Topeng Suku Maori biasanya digunakan oleh para Prajurit Suku Maoir untuk keperluan berperang.
topeng misterius dan menyeramkan suku maori
Topeng Suku Maori
Topeng-topeng Suku Maori memiliki keunikan berupa corak lukisan pada wajah topeng yang memiliki pola tertentu dan mengidentifikasi personal para prajurit tersebut. Keunikan ini membuat kesenian topeng-topeng Suku Maori sangat beragam coraknya dan tidak mungkin menemukan dua topeng Suku Maori yang sama persis. Menurut kepercayaan penduduk setempat Topeng Suku Maori memiliki nilai magis dan sakral, sehingga wanita yang dalam kondisi hamil dilarang menyentuh Topeng tersebut atau mereka akan mendapat kutukan. Konon menurut legenda, jiwa-jiwa prajurit yang meninggal di medan perang akan hidup dan menetap di dalam Topeng Suku Moai. Topeng-topeng tersebut akan mengeluarkan aura negatif dan efek ketidaknyamanan pada tubuh orang-orang yang mendekati Topeng tersebut.


13. Topeng The Scream

The Sream Mask adalah jenis topeng yang cukup dikenal dan populer di Dunia. Topeng ini tidak ditemukan di dunia nyata, karena topeng ini merupakan sebuah simbol misterius dari Sinema Film bergenre Triller yang sangat terkenal berjudul Scream. Film Scream ini yang rilis pertama kali pada tahun 1996 yang digarap oleh sutradara bernama Wes Craven berdasarkan naskah cerita dari Kevin Williamson. Didalam Film tersebut dimunculkan sosok pembunuh misterius dengan topeng ikoniknya dan dikenal sebagai Ghostface. Topeng ini diperkenalkan oleh oleh sutradara Film The Scream setelah terinspirasi dari Lukisan berjudul The Scream karya seniman lukis Edward Munch yang dibuat di Norwegia pada tahun 1893.
topeng misterius terkenal ghostface di film scream
Topeng The Scream
Topeng The Scream dianggap sangat terkenal dan telah banyak diperjualbelikan di masyarakat umum untuk tujuan kesenangan dan iseng diseluruh Dunia. Topeng ini menjadi simbol misterius bagi orang-orang yang menyukai sifat-sifat psikopat dan menakut-nakutin orang lain. Topeng The Scream ini juga pernah menjadi inspirasi beberapa orang untuk meneror orang lain berdasarkan cerita tragis yang tersaji di Film Sream.


Demikian artikel singkat yang mendeskripsikan cerita karya seni topeng yang paling terkenal dan misterius di dunia. Artikel terkait lainnya dapat menelusuri label seni rupa pada laman tegaraya.com

artikel ditulis oleh: Tomy Tegar

31 Komentar untuk "Karya Seni Topeng yang terkenal paling menyeramkan & Misterius di Dunia"

  1. Selalu berkarya dan tingkatkan selalu.

    BalasHapus
  2. cukup unik nih pembahasannya, topeng plague doctor yang menurutku dapet kesan misterius, terus kalau leak emang sereem, kalau the scream serem tapi keknya sering lihat buat bercanda nakut2in gitu.

    BalasHapus
  3. Nomer 7, kalau diterapkan di zaman sekarang, maka di setiap rumah, ada wanita yang harus dipasangin topeng itu. Karena ghibah dan berkata kasar, udah bukan lagi hal tabu tapi udah kaya jadi budaya di Indonesia. Kumpulan emak2 rumpi, bisa pake topeng semua.. hahahaha..

    BalasHapus
  4. Selain misterius ini juga cukum menyeramkan sih bagi saya. Saya juga bartu tau nama-nama dari beberapa topeng yang biasanya sudah sering terlihat di media sosial. Thanks informasinya

    BalasHapus
  5. Awalnya cuma tau topeng plague doctor dan the scream aja, tapi sekarang jadi banyak tau topeng seram lainnya, keren

    BalasHapus
  6. Topeng jadul koq serem2 banget ya, karya seni pada jamannya memang seperti itu

    BalasHapus
  7. dari 13 jenis topeng di atas, tidak semua yang sudah saya ketahui mas. Setelah baca deskripsi nya jadi paham tentang karya seni topeng yang paling terkenal dan misterius di dunia ini. Nice :)

    BalasHapus
  8. The Scream ternyata jadi salah satu jenis topeng yang populer di dunia juga, ya? Kirain cuma ada dalam film aja.

    Btw, saya pernah lihat langsung pertunjukan tari Calonarang. Memang mistis banget dan penuh dengan simbol-simbol keramat karena para penarinya pun harus didoakan terlebih dahulu oleh pemuka agama Hindu.

    BalasHapus
  9. Ternyata yang senang mistis dan serem-serem.gini nggak cuma di Indonesia ya. Di luar negeri pun malah lebih seram. Salutnya ada yang dipakai buat perang. Cukup efektif kali ya.

    BalasHapus
  10. Serem-serem banget ya kisah dibalik topeng-topeng ini. Menurut saya beberapa yang paling horor adalah topeng dari kulit manusia dan mask of shame. Itulah kenapa topeng sering banget dijadikan simbol kisah horor atau sadis ya kalau di film-film.

    BalasHapus
  11. Dari sekian banyak topeng yg ada, kalo menurut saya itu topeng the scream yang terseram dan paling memorable sih karena saya nonton jg filmnya, itu yg pake topeng scream biasanya sadis bgt

    BalasHapus
  12. Aku serem dengan topeng asal scottish dan jerman pas perang dunia I. Asli lihat dua topeng itu, kepalaku langsung kebayang genosida PD II yang kurang lebih mencerminkan dua topeng itu. 🥲

    BalasHapus
  13. Ya ampun! Beneran semua topeng nya itu bikin merinding. Saya malah berpikiran yg gak tentu juga. Beneran jadi takut terbayang bayang... hi....

    BalasHapus
  14. Ternyata cerita dan bentukan topengnya sesuai ya. Ya serem, ya misterius. Tapi lebih ke serem semuanya deh. Nggak ada kalemnya. Mending jangan simpen topeng di rumah deh

    BalasHapus
  15. Karya Seni Topeng yang terkenal paling menyeramkan & Misterius di Dunia referensi baru untuk wawasan

    BalasHapus
  16. Dari semua Karya Seni Topeng yang terkenal paling menyeramkan & Misterius di Dunia nomor 5 topeng dari Jepang yang paling ok

    BalasHapus
  17. topeng-topengnya seram juga sekaligus unik. terima kasih informasinya gan, jadi nambah pengetahuan

    BalasHapus
  18. Topeng leak itu cukup menyeramkan. Dan ternyata ada hubungannya dengan nama calonarang. Kalau di film Suzana, calonarang adalah tokoh jahat kembaran Suzana yang semena-mena terhadap masyakarat.

    BalasHapus
  19. Baru tahu kalau Topeng di Negara lain ternyata juga memiliki filosofi dan arti tersendiri.
    Tidak hanya sebatas terpakai untuk tampil dalam orasi atau dunia perfilm an saja. no 12 khususnya yang cukup menarik bagi saya, sebuah arti dari Topeng Suku Maori. Thkans Admin untuk kontenya, cukup untuk menambah ilmu seni bagi saya pribadi yang kurang akan pengetahuan seni artistik.

    BalasHapus
  20. Sangat menarik, saya kira mistis hanya dan menyeramkan hanya ada di Indonesia, nyatanya diluar negeri juga ada.

    BalasHapus
  21. Seiring berjalannya waktu topeng halloween yang dulunya creepy berubah menjadi lucu dan eye catching. Tapi tetap yang paling seram itu topeng dengan kulit manusia nah, bisa-bisanya dipake, apa ga merinding ituu🤧

    BalasHapus
  22. Topeng lokal bukan hanya di bali. Malang dan suku dayak juga mempunyai ciri khas yang cukup menarik.

    BalasHapus
  23. Artikel ini mengungkap keindahan dan ketegangan dalam karya seni topeng yang paling menyeramkan dan misterius di dunia. Karya-karya ini bukan hanya seni visual, tetapi juga cerminan dari mitos dan misteri yang mengelilingi budaya-budaya di seluruh dunia.

    BalasHapus
  24. Tapi buka dulu topeng mu... kaya lagu peterpan, topeng bisa juga diartikan sebagai penutup identitas dalam kehidupan sosial masyarakat.

    BalasHapus
  25. Karya seni topeng yang terkenal paling menyeramkan, ternyata benar-benar menyeramkan. Lanjutkan semangat mengenalkan seni, Kak.

    BalasHapus
  26. Karya seni yang patut dilestarikan, seni topeng harus tetap di kembangkan

    BalasHapus
  27. kenapa selalu ada cerita horor di balik topeng-topeng terkenal ini..apalagi yang kulit manusia..bayangin aja sudah merinding..cerita di balik topeng membuat kesan mistis nya semakin menjadi

    BalasHapus
  28. Wah ngeri lihatnya mas. emang seni itu luarbiasa, setiap daerah bahkan tiap negara di dunia ini memiliki keunikan seni topeng masing-masih, dari yang unik dan lucu, sampai yang sangat menyeramkan.

    BalasHapus
  29. topeng nya madara gak kepajang ya padal serem

    BalasHapus
  30. Mantep artikelnya lengkap banget kak seni topeng memang beragam banget dan ini perlu di lestarikan

    BalasHapus
  31. Hai Kak, sedikit koreksi, yang ditampilkan di sini itu adalah topeng rangda, lawan sosok barong dalam kisah calonarang.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel