Fotografi Human Interest - berbagai potret kehidupan manusia

tegaraya.com - Aliran Tema Human Interest merupakan salah satu aliran tema yang populer dalam kegiatan Fotografi. Dalam bahasa Indonesia Fotografi Human Interest berarti kegiatan Fotografi daya tarik manusia. Fotografi Human Interest didefinisikan sebagai kegiatan fotografi yang mengambil potret kehidupan manusia beserta aktifitas kegiatannya yang digambarkan dengan ekspresi, emosi dan kondisi perasaan yang menimbulkan empati bagi orang yang melihat karya foto tersebut.

Orang yang melalukan kegiatan Fotografi Human Interest disebut Human Interest Photographer. Human Interest sering digunakan oleh Fotografer untuk menampilkan kehidupan di setiap daerah dan menunjukkan kehidupan semua kalangan, baik dari kalangan ekonomi bawah hingga kalangan orang terhormat.



Ciri-Ciri dan Prinsip Fotografi Human Interest

Fotografi Human Interest awalnya merupakan jenis fotografi jurnalistik. karya foto jurnalistik lebih banyak ditampilkan untuk kepentingan media dan berita. Karya fotografi tersebut hanya menampilkan aktifitas manusia tanpa sentuhan emosi dan kondisi perasaan yang membuat orang untuk tertarik dan terpesona. Kemudian konsep ini berubah dengan tujuan untuk menarik empati bagi orang yang melihat hasil foto.
Pengambilan karya foto Human Interest ini biasanya dilakukan tanpa membuat penampilan yang berpose dan bersifat natural atau disebut candid. Namun ada beberapa karya foto yang bersifat konsepsual demi pose yang lebih menarik. Human Interest memiliki cakupan yang luas karena terkadang didalam aliran tema Human Interest meliputi beberapa kategori lainnya seperti Street and Urban Photography, Portrait Photography, Conceptual Photography hingga Culture Photography.

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri dan prinsip pada Fotografi Human Interest.
  1. Manusia sebagai Subjek Utama; ciri ini merupakan yang paling membedakan dengan jenis aliran tema fotografi lainnya. Fotografer harus mampu menghasilkan foto yang bisa bercerita. Selain objek manusianya, unsur-unsur lain yang mendukung cerita harus dapat disatukan didalam frame potret.
  2. Natural; dimaksudkan bahwa karya seni fotografi menampilkan kegiatan atau aktifitas secara natural. Hal ini bertujuan agar reaksi dan ekspresi subjek di dalam frame foto tersebut tidak terkesan dibuat-buat.
  3. Menimbulkan rasa Simpati dan Empati; diartikan bahwa karya seni fotografi ini harus menimbulkan rasa simpati dan empati dari orang yang melihat foto tersebut. Foto tersebut juga menghasilkan emosi yang dapat menggugah perasaan dari orang lain yang menikmati karya foto tersebut.
  4. Memiliki Point of Interest (POI); merupakan sebuah tujuan dari jenis aliran tema Seni Fotografi Human Interest. POI merupakan sebuah kesimpulan yang ingin dicapai oleh Fotografer yang menyajikan karya fotografinya ke publik.

Tips Fotografi Human Interest

Ketertarikan beberapa orang dalam dunia seni fotografi menjadikan aliran tema Human Interest adalah sebuah genre yang lebih umum dan mudah dipraktekkan. Hal itu dipahami karena kemudahan dalam memilih objek foto yang tersedia di lingkungan sekitar. Namun dalam proses mengambil potret perlu dilakukan beberapa tips dan trik yang telah dilakukan beberapa fotografer yang sudah sering melakukan kegiatan fotografi. Beberapa tips dan trik tersebut antara lain adalah sebagai berikut.
  1. Tentukan Konsep Foto yang akan diambil.
  2. Melakukan survey lokasi dan objek yang akan dipotret. Diharapkan menggunakan kostum yang sesuai untuk kegiatan di lapangan.
  3. Melakukan checking dan membawa perlengkapan yang sesuai dengan kegiatan fotografi di lapangan.
  4. Untuk menghasilkan karya foto yang bagus, dibutuhkan objek dengan karakter yang kuat dan menarik, ekspresi yang hidup dan cerita yang menyentuh.
  5. Harus jeli melihat momen yang penting dan yang kemungkinan tidak akan terulang lagi. Lakukan beberapa kali terhadap perubahan setiap gerakan objek.
  6. Menguasai pengaturan kamera.
  7. Disarankan menggunakan Lensa Tele 50-300 mm untuk hasil yang lebih tajam dan bagus.
  8. Gunakan cahaya alami untuk menciptakan gambar yang menarik. Sebisa mungkin mengambil potret saat situasi cerah. Kondisi sinar matahari pagi dan sore sangat disarankan karena cahay bersifat hangat dan menyorot ke arah objek secara langsung.
  9. Komposisi yang baik adalah yang menonjolkan ekspresi atau bahasa tubuh subjek foto dari lingkungan hidupnya.
  10. Jalinlah komunikasi dengan baik kepada orang yang menjadi objek foto kita. Beri mereka apresiasi melalui sapaan atau sedikit berbagi bekal makanan. Jangan lupa untuk selalu meminta ijin sebelum memotret serta menunjukkan hasil karya foto tersebut kepada orang yang telah kita potret dan mengucap terimakasih ketika menerima ijinnya.

Contoh Karya Fotografi Human Interest

Berikut ini adalah beberapa contoh hasil karya fotografi beraliran tema Human Interest yang dihimpun dari beberapa karya sendiri dan komunitas seni fotografi yang terupload di laman media sosial.






















catatan
semua contoh visual foto bersumber dari arsip personal Tomy Tegar,
ditayangkan pada akun instagram: @tegartomy

Saat ini banyak Fotografer yang memilih tema aliran tema Human Interest. Salah satu alasannya adalah karena nilai seni yang tinggi dan mendapat apresiasi sosial.

Demikian deskripsi Karya Fotografi beraliran tema Human Interest. Artikel terkait lainnya dapat menelusuri label fotografi pada laman tegaraya.com

artikel ditulis oleh: Tomy Tegar

20 Komentar untuk "Fotografi Human Interest - berbagai potret kehidupan manusia"

  1. Fotografi Human Interest sering kali menyoroti aspek emosional dan kemanusiaan yang mendalam. Foto-foto dalam tema ini dapat menggambarkan kisah hidup, perjuangan, harapan, dan pengalaman manusia dengan cara yang kuat dan mendalam. Hal ini menciptakan ikatan emosional antara penikmat foto dan subjek foto.

    BalasHapus
  2. Salah satu yang saya suka. Kalau boleh minta rekomendasi, saya mau dong Mas, dikasih rekomendasi channel atau orang yang membahas tentang teknik fotografi di youtube dan sejenisnya.

    BalasHapus
  3. saya sebenarnya tertarik nih sama fotografi human interest ini. cuma jadi kepikiran kalau misalnya yang difoto tidak berkenan wajahnya ditampilkan gimana ya, mas?

    BalasHapus
  4. Fotografi kegiatan yang menyenangkan ya, apalagi jika punya peralatan lengkap. Suka deh lihat hasil foto- foto kaka.

    BalasHapus
  5. jadi teringat dulu sering hunting foto di pasar-pasar dan jalan-jalan. Aktivitas manusia memang seru kalau dipotret, bisa jadi stok buat lomba

    BalasHapus
  6. Artikelnya keren mas, tapi saya lebih terpesona sama foto-foto karya mas, mantep banget nih fotonya bisa "berbicara".

    BalasHapus
  7. Diantara sekian banyak foto, favorit saya adalah foto "Si Mbah sedang transaksi". Saya merasakan kehangatan ketika melihat foto tsb.

    BalasHapus
  8. Jadi inget dulu jaman sekolah, karena program studi saya berkelindan dengan penggunaan kamera, jadi turut mempelajari beberapa teknik fotografi, cuma mungkin nama istilahnya saja yang berbeda. Foto foto di atas cukup bagus. Biasanya foto sebagus itu dibuat sebuah narasi (cerita) lebih asik lagi.

    BalasHapus
  9. Aliran ini banyak diikuti karena memang menciptakan koneksi antara foto dengan si penikmat foto. Seperti yang dicontohkan dalam foto-foto di sini, semuanya menggambarkan suatu cerita dan pasti si penikmat foto punya banyak tafsir akan objek foto yang dilihatnya.

    BalasHapus
  10. bagus-bagus banget fotonya kak, saya juga paling seneng model foto seperti ini. Sayangnya, ilmu fotografi saya masih harus diupdate

    BalasHapus
  11. Hasil jepretannya keren banget, gambarnya seakan bercerita dan memang hidup. Pingin bisa belajar, meskipun yang sederhana. Minimal pakai ponsel. Terima kasih tulisannya, bermanfaat, Kak

    BalasHapus
  12. Aku suka lihatnya, tapi jarang ambil foto aktivitas manusia. Kadang kan orangnya gak mau. Kudu izin dulu biar sopan apalagi kalau diposting di media

    BalasHapus
  13. Suka takjub sama foto humanis gini. Dia bercerita banyak hal tentang kehidupan. Apa yang tertangkap kamera seolah ribuan kata yang membuat kita harus sadar akan sesuatu. Pesan mendalam dalam selembar jepretan

    BalasHapus
  14. Dibalik foto-foto hasil fotografi human interest, selalu terselip kisah menarik di dalamnya. Saya pun selalu suka dengan foto-foto seperti ini. Terlebih lagi jika fotografernya terbilang handal dalam mengambil situasi dan ekspresi obyek fotonya. Sepertinya foto-foto mereka pun menceritakan banyak hal yang tak perlu disampaikan dengan kata-kata.

    BalasHapus
  15. Dulu saya pernah ikutan ekskul fotografi pas zaman sekolah. Tugas pertamanya adalah memotret manusia dengan kehidupannya. Membaca artikel ini jadi keinget kalau memotret ini memang diperlukan agar bisa selalu mengenangnya.

    BalasHapus
  16. Karena namanya human interest, jadi harus ada orang dalam fotonya ya?
    Sebenarnya asal jepret ambil foto kalau angelnya bagus bisa jadi sebuah gambar dengan seni yang tinggi ya

    BalasHapus
  17. Suka banget sama hasilnya, Bang.
    Bagus dan setiap detil warnanya menggambarkan konsep dan pesan yang ingin disampaikan.

    BalasHapus
  18. Fotografi adalah salah satu hobby aku yg tertunda, pengen mendalami cuma belum memungkinkan buat di perdalam, semoga bisa segera terlaksanašŸ˜Š

    BalasHapus
  19. Menangkap momen ini bukan hal yang mudah, karena sebisa mungkin jadinya memang harus menunggu sampai bertemu dengan yang diinginkan. Semangat terus kak

    BalasHapus
  20. Wah. Saya banget ini! Hahaha. Saya suka banget fotografi yang mengusung nilai human interest ini. Sering hunting juga. Bahkan saya selalu katakan kepada kerabat atau murid saya di sekolah, untuk bisa melakukan fotografi human interest, tidak perlu kamera mahal dan canggih, hanya perlu kepekaan terhadap lingkungan sekitar dan cari angle foto terbaik. :)

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel