Fashion Photography - memotret keindahan tata busana

tegaraya.com - Fashion Photgraphy atau diterjemahkan sebagai Fotografi Mode adalah aliran tema seni fotografi yang menampilkan objek foto berupa model tata busana yang menggunakan berbagai jenis baju atau pernak pernik yang bersifat fashionable. Seni Fotografi Fashion ini merupakan salah satu instrumen untuk mempromosikan dan mempopulerkan sebuah produk Mode yang trending.

Perkembangan fashion dengan berbagai jenis tema, entah dari regional sendiri maupun dari luar regionalnya banyak dipengaruhi oleh selera trend milenial, vintage, bohemian dan budaya pop. Trend Fashion tersebut menjadi sebuah gaya hidup yang banyak digemari dan digunakan oleh banyak orang, terutama kaum muda, sehingga kebutuhan Seni Fotografi untuk mendokumentasikan bentuk fashion tersebut merupakan “kewajiban” yang menyesuaikan dengan perkembangan jaman.



Tujuan & Manfaat Fashion Fotografi

Berkegiatan fotografi memiliki beragam tujuan dan manfaat yang sangat banyak, baik bagi pelaku fotografi, figur objek didalam frame foto atau produk tertentu yang telah dipromosikan lewat sebuah foto produk. Fashion Photography berbeda dengan Potrait Photography. Aliran Potrait Photography yang memiliki konsep modeling yang berfokus dengan beragam jenis action, pose atau gaya objek figur tertentu tanpa memperhatikan detail busana atau aksesoris yang digunakan. Sementara fotografi fashion menyorot dan berfokus pada detail busana dan beragam akseoris yang digunakan. Hal ini dimaksudkan bahwa Fashion Fotografi berfokus pada produk, bukan potrait figur.
Berikut ini beberapa deskripsi tentang tujuan dan manfaat dari Fashion Photography yang perlu diketahui secara luas oleh para pelaku fotografi.
  1. Aliran fotografi ini dapat menjadi media mengembangkan skill fotografi, terutama dalam lingkup fotografi konseptual.
  2. Bagi fotografer, fashion photography ini menjadi sebuah kesempatan untuk mempelajari beberapa konsep fotografi didalam ruang studio dengan ragam jenis pencahayaan.
  3. Fashion Photography dapat menjadi sebuah tantangan baru untuk para fotografer yang menerima banyak request konsep dari klien.
  4. Sebuah media untuk promosi sebuah produk terutama di bidang fashion.
  5. Dapat menjadi sebuah media promosi untuk figur model dan kreasi yang ditawarkan dalam berbagai pose dan gaya.
  6. Dapat memperkenalkan gaya busana yang jarang diketahui oleh masyarakat umum.
  7. Karya Fotografi dapat membantu pengembangan trend dalam dunia fashion.
  8. Karya fotografi fashion dapat menghasilkan nilai komersial dan keuntungan bagi pelaku fotografi, hingga dapat dikenal luas sebagai fotografer yang mampu melaksanakan sebuah project fotografi fashion atau modelling.

Tips dan Trik Fotografi Fashion

Sebagian orang beranggapan bahwa Fotografi Fashion adalah jenis Fotografi Potrait yang menggunakan objek manusia sebagai model utama. Hal ini dikarenakan penggunaan manusia (human) sebagai model utama objek foto, namun yang menjadi fokus utama dari Fotografi Fashion adalah konsep dari Seni Fotografi tersebut, dimana Seni Fotografi Fashion lebih berfokus pada Keindahan Tata Busana dan item yang digunakan oleh model tersebut.
Fotografi Fashion adalah salah satu jenis Seni Fotografi yang tidak mudah untuk diatensi, karena harus menyesuaikan dengan keinginan redaksi, promoter atau klien yang disesuaikan dengan tren fashion yang sedang trending dan hype. Jadi selain mengetahui metode untuk berfotografi,

Berikut ini beberapa tips dan trik untuk melakukan Seni Fotografi Fashion.
  1. Persiapkan kamera yang sesuai dengan kondisi tempat dilakukan pemotretan, baik itu indoor maupun outdoor.
  2. Memiliki konsep yang jelas dan matang, serta menyesuaikan dengan keinginan redaksi atau klien.
  3. Pilih lokasi yang tepat untuk model dan jenis busana yang digunakan, agar sesuai dengan tema yang diminta. Sangat disarankan untuk melakukan pemotretan indoor didalam studio untuk hasil yang maksimal. Tetapi apabila jenis busana dan tema yang diminta adalah outdoor, maka maka tentukan lokasi yang nyaman untuk model dan juru foto.
  4. Persiapkan pula property pendukung pemotretan, seperti lampu tambahan, filter lensa, reflektor, cermin, kursi, tripod, background, main lighting, laptop dan perlengkapan digital lainnya.
  5. Diperlukan otoritas komunikasi dari fotografer kepada model untuk mengarahkan berbagai gaya dan menunjukkan gestur yang penuh kepercayaan diri.
  6. Juru foto atau fotografer berfokus pada esensi keindahan tata busana dan kecantikan yang ditampilkan oleh model di dalam frame.
  7. Mengatur arah cahaya yang baik dan sesuai dengan tema yang diinginkan oleh redaksi atau klien.
  8. Juru foto sangat dianjurkan untuk berkolaborasi dengan rekan yang mengerti fashion dan tata rias yang dapat mengatur dan menjamin tampilan model tetap menarik.
  9. Eksplorasi setiap sudut ruangan studio atau lokasi outdoor, agar dapat mengekspos seluruh pakaian dan riasan dari model. Gunakan banyak ide untuk merubah angle pemotretan anda.
  10. Perbanyak referensi pose-pose yang sedang trend dan hype saat ini. Dari banyak referensi dan hasil pemotretan tersebut menjadi sebuah portofolio kemampuan anda yang dapat ditunjukkan untuk proyek selanjutnya.
  11. Disarankan kedepannya untuk memiliki sebuah tim yang terbiasa melakukan pemotretan fashion dan model.


Jenis-jenis Output Fotografi Fashion

Didalam jenis aliran tema Fashion Photography memiliki banyak jenis sub tema potret fashion. Jenis-jenis sub tema dari Seni Fotografi ini menyesuaikan dengan kebutuhan fotografi dan redaksi yang meminta pemotretan fashion tersebut. Berikut ini adalah beberapa daftar dan deskripsi dari jenis-jenis dari sub tema Seni fotografi Fashion.

1. Editorial Fashion Photography

Editorial Fashion Photography adalah jenis sub tema dari seni fotografi fashion yang menampilkan sebuah narasi didalam potret fotografi fashion. Biasanya jenis potret fotografi ini dapat ditemukan pada majalah, koran, buku, poster atau media massa lainnya. Ciri khas dari jenis penyajian potret Editorial Fashion Photography adalah terdapat sebuah tulisan narasi yang memuat cerita pendek, deskripsi item fashion dan pesan-pesan tertentu yang divisualkan juga melalui gestur pose dan ekspresi dari model potret didalam konten fotografi tersebut.

Editorial Fashion Photography 

2. High Fashion Photography

High Fashion Photography adalah jenis sub tema seni fotografi fashion yang menampilkan seni fotografi kelas atas dan disajikan secara ekslusif, dengan tema yang tidak lazim dan terkesan sangat glamour. Biasanya redaksi atau promoter yang menggunakan jenis seni fotografi fashion ini adalah pemilik brand fashion yang sudah mendunia dan sangat terkenal, sehingga ingin menampilkan visual fashion yang lebih menonjol dan berkarakter dibandingkan brand fashion lainnya. Model yang digunakan dalam sesi pemotretan adalah para model terkenal dunia, yang mampu berpose agak absurd, tidak realistis bahkan terkadang ekstrim, namun mampu menunjukkan karakter eksklusif dari brand fashion tersebut.

High Fashion Photography 

3. Catalogue Photography

Catalogue Photography adalah jenis sub tema seni fotografi fashion yang visualnya relatif sederhana dan lebih terfokus menampilkan sajian busana-busana dalam bentuk kolase. Tujuan dari output seni fotografi fashion ini adalah komersial terhadap model-model busana tersebut, sehingga pemilihan model dan gestur posenya tidak begitu ditonjolkan secara berlebihan. Pemilihan background dan lokasi juga tidak begitu menampilkan banyak tema, sehingga kebanyakan sesi pemotretan hanya dilakukan didalam studio.

Catalogue Photography

4. Street Fashion Photography

Street Fashion Photography atau Fotografi Mode Jalanan adalah jenis sub tema seni fotografi yang menampilkan visual potret mode busana dari beberapa sub kultur tertentu dengan background jalanan kota dan dilengkapi dengan item dan property pendukung lainnya. Jenis seni fotografi fashion ini dapat disebut juga Urban Fashion adalah kebalikan dari High Fashion Photography yang justru menampilkan jenis busana yang lebih simpel dan nyaman digunakan untuk beraksi di jalanan dan lebih wort it untuk dibeli. 
Seni Fotografi Mode Jalanan lebih banyak dilakukan secara outdoor dan bahkan menampilkan beberapa objek foto dari orang-orang jalanan saja. Bahkan dewasa ini, jenis fotografi mode ini banyak diaplikasikan oleh banyak orang untuk dipublikasikan secara pribadi dibanyak media sosial seperti facebook maupun instagram.
Street Fashion Photography

Urban Fashion


Karya Seni Fotografi Mode atau Fashion Photography adalah jenis aliran tema dari seni fotografi yang modern dan mengikuti trend fashion terbaru. Saat ini berbagai permintaan redaksi dan promoter brand fashion berbagai merk di dunia sangat bergantung dengan para kemampuan juru foto untuk membantu mereka mempopulerkan jenis-jenis fashion terbaru dan memamerkannya secara komersial. Sehingga Seni Fotografi Fashion menjadi salah satu wadah untuk menjual jasa berfotografi bagi kita yang ingin mempelajarinya.

Demikian definisi, deskripsi dan beberapa contoh dari jenis-jenis Seni Fotografi Mode atau Fashion Photography. Artikel terkait lainnya dapat menelusuri label fotografi pada laman tegaraya.com

artikel ditulis oleh: Tomy Tegar

Belum ada Komentar untuk "Fashion Photography - memotret keindahan tata busana"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel