Sejarah Perkembangan SENI TEATER di Dunia

tegaraya.com - Visualisasi Seni Teater sangat populer dengan istilah Pertunjukkan Drama. Seni Teater merupakan induk semua kegiatan visualisasi drama dan teatrikal. Teater memiliki beberapa unsur utama alur cerita yang disebut naskah. Dalam menvisualkan teater beberapa diantaranya menggunakan naskah dari karya sastra seperti novel dan cerita rakyat.

Teater disadur dari bahasa Yunani Kuno yaitu Theatron yang memiliki arti tempat atau gedung pertunjukkan. Dalam perkembangannya Teater tidak hanya berpusat pada gedung pertunjukkan, tetapi juga segala hal yang dipertunjukkan di depan semua orang banyak. Dengan demikian Teater merupakan lakon yang dimainkan di atas pentas yang ditonton oleh berbagai penonton.
Ilustrasi Seni Teater Kuno
Pada masa lampau Visualisasi Seni Teater ditujukan sebagai kegiatan Ritual keagamaan dan pemujaan bagi Dewa-Dewa besar saat itu. Asal mula teater didasarkan beberapa teori seperti berikut ini:
  1. Berasal dari Ritual Agama Primitif
  2. Berasal dari sajak dan nyanyian perang untuk mengenang Pahlawan yang gugur.
  3. Berasal dari kegemaran manusia mendengarkan cerita-cerita.
Beberapa penelitian dan pendapat mengungkapkan bahwa Seni Teater berasal dari kawasan Mediterania Kuno yang saat itu dikuasain oleh beberapa Kekaisaran Besar, seperti Mesir Kuno, Yunani Kuno dan Romawi Kuno. Atas dasar catatan sejarah yang dipelajari dari aksara peninggalan Kekaisaran Kuno tersebut diprediksi Teater telah ada sejak tahun 2000 SM.

Berikut ini adalah deskripsi sejarah dari Seni Teater yang dibagi berdasarkan periode perkembangannya di Dunia.  



1. Teater Mesir Kuno

Beberapa catatan Teater tertua di Dunia berasal dari Bangsa Mesir Kuno yang telah mencatat Naskah Tertua di Dunia. Menurut Pemuka Agama Primitif di Mesir Kuno catatan tentang pertunjukkan Teater berasal dari kisaran tahun 2000 SM. Naskah Drama dalam Seni Teater tersebut dikenal dengan nama Naskah Abydos. Naskah Teater Abydos menceritakan tentang pertarungan antara Dewa Buruk dan Dewa Baik. Naskah Visualisasi Teater Kuno tersebut tercatat memiliki unsur-unsur Teater seperti Pemeran Tokoh, Jalan Cerita, Naskah Dialog, Topeng, Tata Busana, Musik Pengiring, nyanyian, tarian, dan beberapa properti pendukung seperti tombak, kapak, tameng, dan lain-lain. Drama dalam visualisasi Teater tersebut diyakini merupakan sebuah ritual keagamaan yang disakralkan untuk pemujaan Dewa dan tidak ada unsur hiburan untuk rakyat. Visualisasi tersebut dilakukan di lapangan terbuka dengan beberapa api unggun sebagai pusat kegiatan.
Ilustrasi Teater Mesir Kuno


2. Teater Yunani Kuno

Bangsa Yunani telah menciptakan gedung pertunjukkan Teater sejak 600 SM. Gedung yang dibuat dengan struktur bangunan setengah lingkaran sebagai tempat penonton yang dibuat berundak-undak curam seperti tangga. Gedung Teater ini disebut dengan nama Amphiteater. Visualisasi Seni Teater di zaman Yunani Kuno tidak hanya terpaku sebagai ritual seperti pada zaman kuno, tetapi sudah menjadi sebuah hiburan untuk pejabat kerajaan dan rakyat umum. Pada saat pertunjukkan Teater, rakyat akan berkumpul dan menduduki tribun Amphiteater.
Teater Yunani Kuno
Naskah Drama yang divisualkan dalam Seni Teater Yunani Kuno biasanya mengambil cerita rakyat atau legenda Kepahlawanan. Beberapa Teater Komedi juga dipertontonkan di jalanan atau Plaza kerajaan. Pada masa Yunani Kuno telah ada beberapa seniman Sastra dan Penulis Naskah drama yang mampu membuat sebuah Lakon Drama dalam pertunjukkan Teater. Beberapa pengarang Seni Teater Klasik pada zaman Yunani Kuno antara lain Aeschylus (525 SM), Shopocles (496-406 SM), Euripides (484-406 SM), Aristophanes (448-380 SM), Manader (349-291 SM).


3. Teater Romawi Kuno

Seni Teater di Zaman Romawi Kuno berkembang sejak 200 SM. Perkembangan Seni Teater di era Romawi Kuno tidak pesat seperti era Yunani Kuno, namun sangat mempengaruhi perkembangan seni teater di kawasan daratan Eropa pada era Abad Pertengahan dan Renaisans. Teater di are Romawi Kuno diperkenal oleh seniman Yunani yang bernama Livius Andronicus karena ekpansi kekuasaan Romawi yang menyebabkan inkulturasi pengaruh budaya kedua kerajaan tersebut. Pengaruh budaya Yunani melekat hingga ke gedung teater, namun dengan pembaruan dan sentuhan ornamen Romawi Kuno.
Gedung Teater Romawi Kuno
Seni Teater pada masa Romawi Kuno memiliki beberapa ciri dan karakter yang sedikit membedakan dengan gaya teatrikal Yunani Kuno, antara lain penggunaan musik yang melengkapi seluruh adegan, tema yang lebih luas dan merakyat, dan menampilkan banyak adegan konflik yang menambah daya tarik tontonan. Seni Teater Kuno pada era Romawi Kuno mengalami penurunan semenjak perubahan bentuk kerajaan dan serangan musuh dari luar wilayah Roma.


4. Teater Abad Pertengahan

Seni Teater di daratan Eropa pada Abad Pertengahan mengalami perubahan kultuer sejak kelahiran Agama Kristen dan Katolik. Visualisasi Drama pada Seni Teater mulai dikembangkan dengan kreasi berupa penggunaan Tema Cerita yang diambil dari kisah-kisah di Alkitab. Seni Teater juga menjadi sebuah tontonan menarik untuk masyarakat saat menyemarakkan Hari-hari Besar Keagaaman Kristen dan Katolik.
Teater Abad Pertengahan Eropa
Pada era Abad Pertengahan sebuah inovasi dalam visualisasi drama dilakukan dengan menggunakan panggung bergerak berupa kereta yang ditarik mengelilingi kota yang disebut Pegeant. Aktor-aktor yang memainkan peran pada Seni Teater era Abad Pertengahan menggunakan bahasa sehari-hari dalam dialog mereka sehingga mudah dipahami dan disukai oleh masyarakat. Penggunaan Pegeant yang berpindah-pindah memudahkan orang-orang untuk mengenal Teater di berbagai tempat. Beberapa ciri dalam visualisasi Drama pada era Abad Pertengahan antara lain
  1. Lirik dialog yang mudah dipahami.
  2. Drama disisipi cerita kepahlawanan yang diberi bumbu drama percintaan.
  3. Drama dimainkan ditempat umum dengan memungut bayaran.
  4. Drama tidak memiliki nama pengarang, karena kisah bisa diambil dari legenda maupun cerita dari Alkitab.
  5. Beberapa aktor yang bermain merupakan Mahasiswa dari Universitas Filsafat,
  6. Panggung yang digunakan diatas kereta yang bisa berpindah-pindah tempat.

5. Teater Zaman Italia

Seni Teater pada Zaman Italia merupakan pengembangan Seni Teater di kawasan Italia yang berusaha mempertahankan Commedia dell’arte yang bersumber dari Komedi Yunani pada kisaran abad ke-17. Teater Komedi ini kemudia berkembang dan menyebar ke kawasan Eropa lainnya dan mempengaruhi segala jenis Teater Komedi. 
Seni Teater Italia
Ciri Khas Commedia dell’arte antara lain:
  1. Tempat pertunjukkan dilakukan di lapangan terbuka atau tempat-tempat sederhana.
  2. Cerita yang dimainkan merupakan kisah yang bersumber dari cerita turun temurun.
  3. Menggunakan lakon drama yang berisi garis besar cerita.
  4. Cerita didahului dengan sebuah Prolog panjang.
  5. Aktor yang berperan dalam drama bebas berimprovisasi dengan dialog.
  6. Plot cerita berlangsung dengan suasana adegan lucu.
  7. Peristiwa cerita berlangsung dan berpindah secara cepat.
  8. Terdapat 3 tokoh yang selalu muncul, yaitu tokoh penguasa, tokoh penggoda dan tokoh pembantu.
  9. Mempunyai setting panggung yang sederhana, yaitu: rumah, jalan dan lapangan.

6. Teater Modern

Teater Modern adalah periode akhir pengembangan visualisasi drama. Teater Modern merupakan pengembangan konsep visualisasi Drama pada zaman Yunani Kuno dan dikembangkan kembali pada abad ke-19. Dalam praktek lakon drama, Seni Teater Modern memiliki beberapa terobosan yang bersifat baku dan tertata rapi yang ditemukan dalam unsur-unsur pertunjukkan. Beberapa ciri dan karakter unsur yang ditemukan dalam Teater Modern antara lain adalah penggunaan Naskah sebagai acuan pertunjukkan, Skenario, Tokoh, Sutradara, dan berbagai properti. Pada era Teater Modern semua unsur yang digunakan untuk visualisasi drama sudah dilengkapi dengan perangkat elektronik. Dalam pementasan sebuah lakon sudah diberi sentuhan yang teknologi dan efek-efek khusus pada beberapa unsur seperti musik, dekorasi, tata cahaya dan efek elektronik. Sehingga penampilan Seni Teater di atas panggung menjadi lebih bagus dan semarak.
Seni Teater Modern
Sejak awal Abad ke-20 periode Seni Teater Modern sudah memiliki kreasi visualisasi drama dalam bentuk lain yaitu berupa bentuk digital. Beberapa bentuk digital tersebut antara lain Sinema Film dan Sinema elektronik (Sinetron). Pemanfaatan layar besar atau layar kaca yang menampilkan visual drama menjadi sebuah terobosan Seni Teater yang paling populer di Era Teater Modern. Sinema Film adalah gambar hidup atau foto bergerak yang direkam didalam sebuah roll film dan menyorotkan cahaya pemutaran film pada sebuah layar kain yang lebar. Film dikembangkan pertama kali pada kisaran tahun 1927 yang sudah memiliki teknologi untuk memutar audio. Hingga pada tahun 1937 industri film menjadi sebuah karya Seni Teater yang populer dan berkembang hingga saat ini.
Teater Modern - Sinema Film

Demikian deskripsi sejarah perkembangan Seni Teater di dunia. Teater memiliki berbagai bentuk dan genre yang menjadi sebuah hiburan yang menarik dan tidak monoton seperti pada era primitif dan kerajaan besar kuno. Artikel terkait lainnya dapat menelusuri label teater pada laman tegaraya.com

artikel ditulis oleh: Tomy Tegar

27 Komentar untuk "Sejarah Perkembangan SENI TEATER di Dunia"

  1. Menonton teater itu lebih seru jika dibandingkan dengan nonton sinetron yang tak mutu. Kenapa? Karena para aktornya menampilkan akting yang luar biasa. Saya dulu beberapa kali menonton Teater Koma. Namun belakangan kegemaran khalayak akan teater ini semakin meredup. Terimas kasih atas pemaparan sejarahnya.

    BalasHapus
  2. Ooh mengagumkan sekali. Saya baru tahu sejarah teater dari tulisan ini. Ternyata dahulu teater adalah bagian dari ritual menyembah dewa.

    BalasHapus
  3. Pengetahuan nih.. pasti exciting buat yang suka alam masa kuno.. manusia memang haus hiburan dimanapun dan kapanpun..

    BalasHapus
  4. Ternyata teater sudah ada sejak 2000SM, luar biasa ya dan masih exist sampe sekarang, teater Yunani kuno dan Mesir kuno,Romawi kuno masing-masing punya tujuan yg sama ya dalam pelaksanaan teaternya. Ku pikir hanya untuk menghibur saja ternyata juga digunakan untuk ritual keagamaan.

    BalasHapus
  5. Ludruk juga termasuk seni teater jadi yang banyak melahirkan seniman yang kemudian jadi artis di masa kini

    BalasHapus
  6. Tulisan sejarah seperti ini bagus, supaya generasi jaman now juga tahu bebagai sejarah termasuk sejarah seni teater ini.

    BalasHapus
  7. Aku kurang suka seni teater, tapi ternyata seni teater sendiri sudah ada sejak lama yaa, dan perkembangannya jadi semakin ke arah yang lebih modern. Thanks ka sudah sharing

    BalasHapus
  8. Catatan tentang Teater tertua dari Bangsa Mesir Kuno, khususnya Naskah Abydos, memberikan pandangan yang menarik tentang sejarah seni pertunjukan. Naskah Abydos adalah bukti adanya pertunjukan teater yang mencatat pertarungan antara Dewa Buruk dan Dewa Baik. Hal ini menggambarkan bagaimana seni teater telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Mesir Kuno sebagai bentuk ritual keagamaan yang disakralkan untuk pemujaan Dewa.

    BalasHapus
  9. Suka nonton teater dan baru tahu sejarah lengkapnya di tulisan Mas Tegar ini. Saya saut dengan aktor teater yang mempersiapkan dirinya untuk bermain peran di panggung. Terasa serius, menjiwai dan passionate.

    BalasHapus
  10. Saya suka menonton film, tapi kurang bisa menikmati pertunjukan teater. Mungkin terlalu dalam kali ya buat saya mah ^_^

    BalasHapus
  11. Teater sebagai pertunjukkan langsung memang punya kesulitan tersendiri. Vokal aktor harus prima. Improvisasi juga penting. Pengalaman ikutan lomba teater, lebih menguras tenaga daripada syuting film.

    BalasHapus
  12. Teater ini memang salah satu seni yang menarik sekali dipelajari. Aku dulu sempat belajar teater sebentar dan berat ternyata pelatihannya. Karena teater itu memang lebih kompleks, lebih dari sekedar akting. Makanya artis2 yang jebolan panggung teater pasti beda banget kalo main film sinetron..

    BalasHapus
  13. Artikel ini sangat menarik, karena memberikan wawasan menyeluruh tentang perkembangan seni teater dari masa ke masa.

    BalasHapus
  14. Teater Yunani dan Romawi kuno, sepertinya agak mirip ya konsepnya Kak. Menarik sekali mengetahui sejarah Teater dulu kala seperti apa dan digunakan untuk apa. Istilah amphiteater sendiri ternyata diambil dari Yunani ya.

    BalasHapus
  15. Seni teater ternyata udh dr zaman dulu ya kak. Aku kira di abad 15an loh. Tentu perkembangannya udh luar biasa bgt ya. Emg menarik sekali sih melihat sejarah seni teater ini. Apalagi yg bergerak di industri sejenis. Tentu bs mengulik kelemahan kelebihannya utk diterapkan di negara masing2. Prinsipnya sih sama, menghibur dan mgkn bs jd alat pengritik buat penguasa.

    BalasHapus
  16. Ternyata banyak juga ya alur sejarah teater ini. Dulu waktu aku sekolah, yang ada di pikiranku, teater berasal dari zaman Yunani, soalnya melihat bangunan peninggalan seperti Amphiteater yang begitu megah
    Ngebayangin amphiteaternya aja semegah itu, gimana pertunjukkannya, pasti wow banget

    BalasHapus
  17. Seingat saya, saya belum pernah nonton teater yang 'benar-benar' teater deh. Dan, wow! Ternyata teater sudah ada sejak 2000 SM ya. Amazing! Masih eksis sampai saat ini.

    BalasHapus
  18. Membaca artikel ini jadi nostalgia waktu jaman sekolah dulu tepatnya duduk di bangku SMP, dan di artikel inj rerata masuk ke soal ujian apalagi mengenai Yunani kuno.

    BalasHapus
  19. Wah, aku baca ini jadi kangen dunia teater
    Dulu pas SMP aku ikut ekskul teater
    Tapi sayangnya setelah lulus aku nggak lanjut lagi

    BalasHapus
  20. Aku suka banget sih nonton teater, cuma sayangnya semenjak nikah belum kesampaian lagi. Pengen banget ajak anak gitu nonton teater lagi. Di mana ya biasanya ada info pemutaran teater di Jakarta?

    BalasHapus
  21. Panjang juga ya sejarahnya. Jadi ingat kalau dulu juga sempat gabung di teater sekolah. Rasanya asyik apalagi bisa memainkan karakter yang lain, yang bukan diri sendiri

    BalasHapus
  22. Ternyata pertunjukan teater sudah adak sejak lama ya bahkan tahun sebelum masehi. Sampai sekarang pun masih tetap eksis. Jadi inget dulu beberapa kali suka nonton pertunjukan wayang orang di Solo waktu jaman kuliah.

    BalasHapus
  23. Daku pikir jaman Yunani teater tertuanya. Ternyata dari jaman Mesir ya yang paling tua.
    Cikal bakal ya swni teater ini dalam hal seni peran

    BalasHapus
  24. Salut banget sama pemain theater bisa akting secara langsung di hadapan penonton. Theater sekarang juga makin bagus terutama di dekorasi sama efek di panggungnya.. Saat zaman dulu juga aku amazed dengan besarnya bangunan amphitheatre yang ada di beberapa negara...

    BalasHapus
  25. Wawww lama juga ternyata dari sebelum masehi ckckckck...
    Patut diapresiasi banget tuh buat mereka2 yg masih semangat dan terus mengembangkan seni teater

    BalasHapus
  26. Dari seni teater ini pula yang akan mengantarkan dunia perfilman karena teater tak bisa dipungkiri selalu menjadi cikal bakal dunia peran

    BalasHapus
  27. Dulu suka sekali nonton teater di kampus. Biasanya diadakan dua bulan sekali. Kagum dengan para pemain dan juga alur yang disuguhkan. Baru tahu jika teater memiliki sejarah yang panjang.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel