Seni Dekorasi - definisi, jenis-jenis dan bentuknya

pengertian seni dekorasi dan jenis-jenis bentuknya
tegaraya.com - Definisi Seni Dekorasi adalah seni merancang, menghias dan menata ruangan, benda dan objek-objek lainnya menurut keinginan dari Subjek yang mendekorasi. Seni Dekorasi memiliki tujuan untuk memperindah dan mempercantik tampilan visual dari objek yang dihias tersebut. Objek-objek tersebut dihias dengan pola-pola, corak maupun tatanan tertentu.
dekorasi adalah salah satu bentuk dari seni rupa
Seni Dekorasi merupakan salah satu bentuk dari Seni Rupa. Seni Dekorasi juga berkaitan dengan Seni Arsitektur baik secara eksterior maupun interior ruangannya. Melalui konsep seni dekorasi ini juga menjadi sebuah objek dalam Seni Fotografi dan Seni Lukis untuk disimpan keindahannya.




Ciri-ciri Seni Dekorasi

Seni Dekorasi memiliki beberapa deskripsi ciri-ciri, antara lain adalah:
  • Memiliki Ritme pewarnaan yang berkarakter dan merata.
  • Menampilkan pola-pola tertentu dan tatanan yang menunjukkan keindahan.
  • Menujukkan sifat kegarisan baik vertikal maupun horizontal.
  • Beberapa bentuk dekorasi akan menampilkan motif-motif yang lebih rumit terhadap objek.
  • Sebuah inovasi dengan penggunaan tanaman hias atau corak flora yang menarik.


Pola Seni Dekorasi

Berdasarkan jenis polanya, Seni Dekorasi dibagi menjadi 2 jenis yang memiliki ciri khas masing-masing, antara lain adalah;

1.1 Seni Dekorasi Figuratif

merupakan jenis dekorasi yang berupaya mengikuti sebuah figur atau bentuk-bentuk yang ada di alam. Perancang dekorasi ini sebisa mungkin akan menciptakan kesan natural, namun objeknya tidak dibuat semirip mungkin dengan bentuk-bentuk dari alam. Terkadang Perancang akan menggabungkan bentuk-bentuk lain sehingga menciptakan objek dan motif yang baru.
Contoh-contoh Seni Dekorasi berpola Figuratif
contoh dekorasi figuratif
Terkadang Seni Dekorasi Figuratif dianggap cukup rumit, namun nilai yang ditunjukkan berkesan mewah, natural dan unik. Perancang dekorasi akan menujukkan pola-pola atau tatanan yang detail walau tidak sepenuhnya menyerupai objek yang hendak ditiru. Beberapa contoh figur yang ditiru dan dijadikan inspirasi dekorasi antara lain; pemandangan alam, flora fauna, kota dan lukisan kehidupan sehari-hari.

1.2 Seni Dekorasi Geometris

Seni Dekorasi Geometris adalah jenis dekorasi yang tidak meniru figur atau objek tertentu dari alam, namun menyajikan kebebasan dekorasi yang menampilkan susunan motif, pola dan bentuk tertentu yang ditata dengan rapi dan sesuai dengan minat keindahan dari Sang Perancang. Melalui Seni Dekorasi Geometris akan menunjukkan perasaan dari subjek perancang yang ditampilkan lewat warna-warna, motif, pola dan tatanan dekorasi yang dipilih.
Contoh-contoh Seni Dekorasi berpola Geometris
contoh dekorasi geometris
Didalam perancangan dekorasi geometris yang tidak terikat dengan bentuk-bentuk dari alam, sehingga menciptakan kecendrungan rasional yang terikat pada pola-pola dan motif tertentu. Perancang dekorasi ini akan tertuntut untuk lebih terampil dan sabar dalam menata dan berkreasi, agar sesuai dengan keinginannya. Contoh penerapan Seni Dekorasi Geometris adalah lukisan cetak, lukisan dinding serta lukisan langit-langit ruangan.



Jenis-jenis Seni Dekorasi

Dari jenis-jenis Seni Dekorasi tersebut diterapkan pada beberapa bentuk. Beberapa bentuk penerapan Seni Dekorasi antara lain adalah;

2.1 Seni Dekorasi Dua Dimensi

Seni Dekorasi Dua Dimensi biasanya menggunakan jenis Dekorasi bermotif Geometris. Kebebasan dekorasi akan terlihat dari sajian lukisan-lukisan pada dinding atau media lainnya.
contoh-contoh dekorasi 2 dimensi
Seni Dekorasi 2 Dimensi

2.2 Seni Dekorasi Tiga Dimensi

Seni Dekorasi Tiga Dimensi biasanya menggunakan jenis dekorasi figuratif. Benda-benda figuratif dan lukisan ilusi 3 dimensi menjadi pilihan yang ditonjolkan.
contoh-contoh dekorasi 3 dimensi
Seni Dekorasi 3 Dimensi

2.3 Seni Interior

Seni Interior adalah sebuah seni dekorasi ruangan yang menunjukkan keserasian warna dinding, keindahan motif dan cahaya penerang ruangan, serta dilengkapi dengan barang-barang dan properti yang menunjang fungsi ruangan seperti jam dinding, rak buku, kursi, meja dan lemari. Beberapa contoh penerapan Seni Interior pada ruangan antara lain adalah; rumah tinggal, hotel, kantor, dapur, dan sebagainya.
contoh-contoh dekorasi interior
Seni Dekorasi Interior

2.4 Seni Eksterior

Seni Eksterior adalah sebuah seni dekorasi diluar ruangan yang menunjukkan kerapian sirkulasi, figur dekorasi, dan tanaman hias, serta dilengkapi dengan dekorasi properti penunjang seperti lampu hias, kursi, meja, kolam, dan lain-lain. Beberapa contoh penerapan Seni Eksterior di luar ruangan antara lain adalah; rumah, taman, tempat rekreasi dan sebagainya.
contoh-contoh dekorasi eksterior
Seni Dekorasi Eksterior


Demikian deskripsi tentang Definisi Seni Dekorasi serta jenis-jenis dan bentuknya. Artikel terkait lainnya silahkan menelusuri label seni rupa pada laman tegaraya.com

artikel ditulis oleh: Tomy Tegar

Belum ada Komentar untuk "Seni Dekorasi - definisi, jenis-jenis dan bentuknya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel