Fotografi Still Life - potret keindahan benda mati yang berkesan hidup

tegaraya.com - Fotografi Still Life atau Still Life Photography adalah jenis aliran tema pada Seni Fotografi yang menjadikan benda mati atau benda tidak bergerak menjadi sebuah objek foto yang menarik. Objek benda mati atau benda tak bergerak biasanya berupa barang-barang dekoratif interior ruangan, namun bisa juga menggunakan benda-benda outdoor. Pemotretan benda-benda mati yang menarik tersebut ketika ditata dengan dekorasi yang menarik, akan menciptakan kesan hidup dan memiliki makna cerita tertentu.

Fotografi Still Life menjadi salah satu aliran tema yang cukup difavoritkan oleh para Fotografer, baik pemula maupun Fotografer profesional. Dalam tema aliran Fotografi Still Life membebaskan Fotografer sekreatif mungkin untuk mendekorasi dan mengatur posisi benda-benda yang hendak dipotret, arah cahaya dan background dari objek tersebut.



Tujuan & Manfaat Fotografi Still Life

Still Life Photography memiliki tujuan dasar sebagai wadah ekspresi seni yang memanfaatkan benda-benda mati atau tidak bergerak menjadi sebuah objek foto dengan tujuan menghidupkan kesan foto serta sisi emosial atau feel interesting dari benda-benda tersebut.
Berikut ini adalah tujuan-tujuan lain serta manfaat dari fotografi still life.
  1. Menjadi sebuah ide untuk mengekspresikan emosinal dari si pembuat gambar atau konsep foto tersebut.
  2. Menjadi konsep fotografi yang cukup mudah dipelajari oleh para seniman foto pemula atau orang-orang yang ingin belajar perangkat kamera dan fotografi dasar.
  3. Still Life Photography dapat meningkatkan keterampilan para seniman fotografi untuk menghasilkan karya foto yang memiliki “nyawa perasaan” didalam sebuah benda.
  4. Fotografi still life dapat menghidupkan sebuah cerita dari sebuah benda miniatur humanoid atau benda-benda kecil yang menyerupai sebuah objek realistik di dunia nyata.
  5. Fotografi Still Life termasuk salah satu jenis aliran tema fotografi yang mudah dilakukan oleh banyak orang, sehingga dapat meningkatkan kreatifitas orang yang ingin mempelajari perangkat kamera.
  6. Hasil foto dapat dimanfaatkan untuk memperkenalkan sebuah produk komersial tertentu, walau esensi utama fotografi still life adalah sebuah karya seni.


Ciri-ciri Fotografi Still Life

Ciri utama dari Fotografi Still Life adalah penentuan objek dan konsep. Still Life Photography memiliki ciri-ciri yang selalu menggunakan benda-benda mati atau benda tidak bergerak serta tidak memasukkan unsur-unsur humanity ke dalam frame foto. Beberapa jenis elemen flora (tumbuhan) dapat dimasukkan, tetapi sebagai penambah hiasan. Beberapa ciri lain dari Fotografi Still Life antara lain adalah sebagai berikut.
  1. Fotografi Still Life sebagian besar dilakukan didalam sebuah studio foto tertutup dengan pencahayan dari lampu sorot, namun ada beberapa juga konsep still life yang dilakukan diluar ruangan.
  2. Benda-benda tidak bergerak yang dijadikan objek foto still life biasanya didekorasi dengan estetik dan tema tertentu.
  3. Banyak konsep dekorasi dengan beragam latar belakang tertentu yang menyesuaikan dengan tema foto.
  4. Fotografi Still Life terkadang memasukkan unsur-unsur natural didalam sebuah konsep.
Fotografi Still Life sangat banyak yang orang mencoba untuk mengaplikasikannya dan memamerkan di platform online seperti media sosial atau website tertentu. Saat ini bahkan fotografi still life banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan promosi bersifat instragamable.
Fotografi Still Life memiliki banyak turunan karya fotografi berkategori benda tidak bergerak dari beberapa jenis Fotografi dekoratif lainnya seperti Food Fotografi, Coffetography, maupun Product Photography. Namun jenis-jenis fotografi tersebut dipisahkan temanya untuk memudahkan jenis-jenis kategori fotografi yang semakin banyak saat ini.



Tips Fotografi Still Life

Ketika kita ingin mempraktekkan dan mengeksplorasi Fotografi jenis aliran tema Still Life, kita diberi kebebasan untuk menentukan jenis objek, bentuk dan jumlah objek di dalam satu frame. Kebebasan berkreasi ini tidak terlalu menuntut kita untuk menyiapkan berbagai jenis perlengkapan apa pun. Namun jenis perlengkapan yang kita pilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita tersebut akan membantu kita untuk menentukan dekorasi objek benda yang ingin kita potret.
Berikut ini beberapa tips dan saran untuk melakukan Fotografi beraliran Still Life.
  1. Persiapkan perangkat kamera dengan berbagai jenis apa pun. Namun untuk hasil maksimal gunakan jenis kamera fotografi yang dilengkapi dengan lensa yang mampu menyorot objek secara tajam.
  2. Disarankan menggunakan kamera DSLR atau Mirroless dengan Lensa Fix atau lensa dengan bukaan diafragma yang besar. Dept of Feel dari objek benda terhadap background akan menciptakan kesan hidup dan perasaan yang menonjol.
  3. Gunakan tripod pada kamera yang kita gunakan agar tidak menimbulkan getaran pada kamera, sehingga hasil foto kita tidak blur.
  4. Memilih objek benda mati dan background lokasi yang menarik. Tata benda-benda tersebut sesuai dengan keinginan kita atau cerita yang ingin kita tampilkan. Tampilkan juga beberapa properti tambahan untuk mendukung cerita tersebut.
  5. Tentukan cahaya yang digunakan untuk menyorot objek yang ingin kita potret. Cahaya yang digunakan dapat berupa cahaya buatan dari lampu atau juga menggunakan cahaya natural dari sorotan sinar matahari. Untuk cahaya natural sinar matahari, disarankan
  6. Menentukan angle atau sudut pandang kamera terhadap objek foto. Setiap angle memiliki kesan dan feel yang berbeda-beda. Disarankan untuk melakukan beberapa kali pemotretan agar dapat dipilah mana hasil foto yang memiliki kesan dan feel yang paling menarik.
  7. Pilih dan tentukan komposisi fotografi yang sesuai dengan dekorasi, jumlah benda yang dipotret maupun background objek. Di dalam Fotografi Still Life biasanya menggunakan komposisi Rule of Thirds atau Rule of Odds. Namun jenis-jenis komposisi lainnya juga dapat digunakan, karena disesuaikan dengan dekorasi benda, arah cahaya dan backround yang sudah dikreasikan oleh Fotografer.
  8. Eksplorasi background yang tepat terhadap objek foto yang kita sorot. Buat kesan kontras pada objek yang kita potret terhadap background tersebut.
  9. Tunjukkan Point of Interest atau bagian yang paling menarik dari objek yang kita potret, agar keseluruhan foto menciptakan kesan yang balance terhadap feel dari cerita yang ingin kita tunjukkan.
  10. Gunakan teknik Fotografi yang menyesuaikan kondisi cahaya terhadap objek yang ingin dipotret. Gunakan prinsip segitiga Exposure dan DoF pada hasil foto yang ingin kita hasilkan.
  11. Hasil foto yang telah kita dapatkan agar disimpan untuk selanjutnya diedit pada aplikasi editing di perangkat keras atau komputer agar mendapat hasil yang lebih maksimal.


Contoh Karya Fotografi Still Life

Saat ini Fotografi Still Life sangat populer dipraktekkan oleh para Fotografer baik pemula maupun kalangan profesional. Beragam permintaan fotografi produk maupun makanan pun juga menjadi sebuah trend baru di dunia fotografi untuk keperluan publikasi dan promosi di berbagai media yang mudah diakses, seperti majalah maupun konten artikel online.

Berikut ini adalah sajian contoh-contoh karya Fotografi beraliran tema Still Life yang menarik dan memiliki kesan hidup.















Karya-karya tersebut diatas banyak ditemui pada media publikasi dan telah diperjualbelikan pada platform digital bertema Fotografi Still Life. Terkadang galeri-galeri foto tersebut juga ditemukan pada pameran lomba fotografi yang kelak akan digunakan oleh penyelenggara lomba fotografi tersebut untuk mempublikasikan sebuah produk tertentu sebagai iklan.

Demikian deskripsi singkat tentang Seni Fotografi Still Life yang menampilkan sorotan objek benda mati yang dihidupkan dengan teknik Fotografi. Artikel terkait lainnya dapat mengecek label fotografi pada laman tegaraya.com

artikel ditulis oleh: Tomy Tegar

8 Komentar untuk "Fotografi Still Life - potret keindahan benda mati yang berkesan hidup"

  1. Gaya still life sepertinya bersifat dekoratif dengan menonjolkan lebih dari 1 obyek utama yang difoto.

    BalasHapus
  2. bagus estetik fotonya kaya jaman lama

    BalasHapus
  3. apapun yang dikerjakan, jika dikerjakan oleh tangan yang terampil, hasilnya selalu luar biasa.

    BalasHapus
  4. Menambah pengetahuan tetang foto

    BalasHapus
  5. bisa laku juga yaa, bisa dicoba nih brooo siapa tahu ada yang beli fotonya

    BalasHapus
  6. Fotonya keren" kak, tp makasih materinya juga jadi nambah ilmu

    BalasHapus
  7. Waw keren banget, sangat bagus bisa menambah pengetahuan

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel