Lukisan aliran Abstrak - gambar tidak berpola namun penuh pesona

tegaraya.com - Lukisan beraliran Abstrak adalah jenis lukisan yang tidak memiliki pola, objek atau figur lukisan namun memiliki gagasan, ide dan keindahan yang terlihat dari gradasi warna lukisan. Menurut definisi lukisan jenis Lukisan Abstrak merupakan jenis Lukisan Non-Representatif. Bentuk Lukisan Abstrak menyerupai seperti sebuah coretan yang tidak jelas dan susah dimengerti oleh beberapa orang yang melihatnya. Lukisan abstrak menampilkan gambar yang tidak ada wujudnya di dunia ini dan hanya berdasarkan daya imajinasi, emosi dan perasaan dari sang pelukis.



Sejarah Lukisan Abstrak

Lukisan abstrak sudah dikenal dari peninggalan lukisan dinding era Zaman Prasejarah. Hampir setiap kawasan di dunia memiliki jenis lukisan ini. Corak-corak abstraktif juga dikenal dari motif-motif suku primitif tertentu yang melukis di atas media tertentu seperti tembikar atau kain.
Karya seni Lukisan beraliran Abstrak mulai dikembangkan di daratan Eropa sejak akhir abad ke-19. Saat itu seniman lukis yang terkenal banyak menganut aliran Realisme yang sangat mengedepankan keakuratan objek dalam lukisan mereka. Beberapa seniman lukis jalanan mulai meninggalkan aliran yang sudah dikenal tersebut dan mencoba jenis gaya-gaya lukis baru seperti Surealisme, Kubisme dan Abstrak. Lukisan-lukisan tersebut merupakan sebuah gerakan perubahan menuju minat lukis yang lebih modern dan baru. Esensi keindahan yang ditonjolkan Lukisan aliran Abstrak dilihat dari gradasi warna yang bervariasi, unik dan futuristik.


Tujuan dan ciri-ciri Lukisan Abstrak

Tujuan utama sifat abstrak dari seni lukis adalah untuk melimpahkan kreatifitas seni tanpa batas dari seniman, tanpa terpaku dengan sebuah objek yang harus ditiru, sebuah aturan tertentu atau imajinasi yang harus terlukisnya. Abstak merupakan sebuah gambaran subjektif dari pengalaman seniman dan memiliki kesan emosional didalamnya, tergantung dari perspektif yang melihat lukisan tersebut. Setiap personal memiliki pendapat yang berbeda terkait lukisan abstrak, entah bisa menyukainya atau tidak.

Lukisan Abstrak memiliki ciri-ciri tertentu, berikut ini adalah deskripsinya. .
  1. Memiliki bentuk yang tidak ada di dunia nyata, semua bersifat absrud.
  2. Seni lukis abstrak merupakan oposisi dari lukisan-lukisan realistik yang menampilkan figur objek yang mengharuskan memiliki bentuk yang utuh walau terdistorsi.
  3. Tema lukisan bebas dan tidak terbatas dengan objek dan individu tertentu. semua orang dapat membuat dan menikmatinya.
  4. Komposisi warna dan lukisan lebih banyak menggunakan cat air.
  5. Lukisan abstrak terkadang bersifat konseptual, dengan jenis-jenis cara lukis yang berbeda & tujuan hasil lukisan yang berbeda pula.
  6. Seni lukis abstrak disebut juga dengan seni lukis non-representasional.
  7. Seni lukis abstrak lebih menonjolkan perpaduan warna-warna yang kontras tanpa bentuk.


Jenis-jenis Lukisan Abstrak

Karya lukis umumnya menggunakan alat lukis berupa kuas yang menggoreskan cat di atas media kanvas. Namun dalam karya lukis beraliran Abstrak digunakanbe berapa metode untuk menghasilkan beberapa jenis karya. Lukisan yang abstraktif dihasilkan oleh sang pelukis mengikuti kemaunan dan perasaan yang dituangkan dalam lukisan. Beberapa metode cara menghasilkan lukisan beraliran Asbtrak antara lain adalah.
  1. Lukisan Abstrak Biasa; Lukisan Abstrak Biasa merupakan lukisan abstrak yang digambarkan menggunakan metode yang lumrah digunakan oleh pelukis. Jenis lukisan bisa berupa cat air atau cat minyak yang menggunakan kuas untuk menghasilkan gambar. Sifat lukisan dan campuran warna lebih halus.
  2. Tachisme Painting; merupakan istilah yang berasal dari bahasa Prancis yang memiliki arti “noda”. Jenis lukisan abstrak ini dibentuk dengan cara menitik-nitikkan media lukis dengan sebuah busa, kapas atau gulungan kain sebebas-bebasnya secara spontan, sehingga memunculkan curahan warna lukisan yang terkesan gelap, unik dan penuh gairah.
  3. Abstract Palette Painting; Lukisan Abstrak Pallet merupakan jenis lukisan abstrak yang menggunakan pisau pallet. Beberapa jenis pallet akan menghasilkan beberapa tekstur warna yang berbeda-beda. Sifat lukisan agak kasar dan hasil lukisan akan menyerupai sebuah relief. Warna yang dihasilkan cukup tajam dan solid karena menggunakan jenis cat acrylic.
  4. Abstract Fluid Painting; Lukisan Abstrak Fluida merupakan jenis lukisan abstrak yang cukup unik. Metode melukis menggunakan aliran cat dan dilelehkan diatas media lukis. Biasanya beberapa jenis warna cat minyak disusun dan dicampur di atas sebuah wadah, kemudian cat tersebut ditumpahkan ke atas media lukis. Lukisan yang dihasilkan bersifat halus, penuh variasi warna, dan dinamis. Hasil karya lukis abstrak dengan metode ini cukup populer dan digemari saat ini.
  5. Lukisan Abstrak Kontemporer; Lukisan Abstrak kontemporer merupakan jenis lukisan abstrak yang mencampurkan beberapa metode lukis, seperti Fluid Painting, Palette Painting, dan teknik kuas. Lukisan yang dihasilkan memiliki sifat dan karakter yang bervariasi tergantung keinginan sang pelukis. Jenis metode lukisan ini cukup populer dan digemari karena menyesuaikan dengan keinginan sang pelukis untuk menghasilkan karya lukis abstrak.


Tokoh Pelukis Abstrak yang Terkenal

Lukisan beraliran Abstrak adalah sebuah ekspresi kebebasan yang tertuang menjadi sebuah lukisan diatas media lukis. Hampir semua orang dapat menciptakan lukisan abstrak dengan berbagai metode, namun tidak semua mampu menciptakan lukisan yang ikonik dan legendaris, seperti yang dilakukan oleh para seniman lukis beraliran abstrak.

Tokoh-tokoh pelukis beraliran Abstrak biasanya tidak terpaku selalu menggunakan aliran abstrak didalam karya-karya lukisannya. Sebagian pelukis adalah para seniman dari lukisan aliran tertentu yang hanya mencoba-coba & bereksperimen dengan lukisan abstrak sebagai wadah mereka berekspresi secara luas. Namun tidak begitu banyak pelukis beraliran abstrak yang benar-benar selalu melahirkan karya lukisan abstrak dan menetap dengan aliran tersebut.
Jackson Pollock
Beberapa tokoh seniman lukis yang dikaetahui paling sering bereksperimen dan menghasilkan karya lukis beraliran Abstrak antara lain adalah; Paul Jackson Pollock, Mark Rothko, Barnett Newman, Alice Barber dan Jasper Johns dari Amerika Serikat, Willem de Kooning dan Piet Mondrian dari Belanda, Wassily Kandinsky dari Rusia, Gerhard Richter dari Jerman, Pierre Soulges dari Prancis, serta Ahmad Sadali dan Zaini dari Indonesia


Contoh-contoh Lukisan Abstrak

Berikut ini adalah galeri beberapa kumpulan karya lukis beraliran Abstrak yang menarik untuk dinikmati.






















Lukisan abstrak saat ini banyak digemari oleh beberapa penikmat seni maupun orang awam. Walau tidak memiliki pola dan figur yang jelas, namun kemudahan melukis tanpa sebuah aturan baku menjadikan karya lukis abstrak adalah media untuk menyalurkan ekspresi, emosi dan perasaan setiap orang. Lukisan abstrak juga menampilkan keindahan-keindahan warna yang membuat orang akan terkesan dan mengaguminya.

Demikian artikel deskripsi lukisan beraliran Abstrak. Artikel terkait lainnya silahkan menelusuri label seni lukis di laman tegaraya.com

artikel ditulis oleh: Tomy Tegar

7 Komentar untuk "Lukisan aliran Abstrak - gambar tidak berpola namun penuh pesona"

  1. Sekilas tampak seperti lukisan yang di sengaja, namun maknanya sangat lus

    BalasHapus
  2. Keren kak, btw kak bahas lukisan yg paling mahal di dunia dan katanya itu bisa jadi palsu. Kalo ga salah itu lukisan isa, tp dibeli sama sultan arab. Pernah dibahas di program na pd tapi aku lupa nama lukisannya🤧🤧

    BalasHapus
  3. Lukisan sih abstrak", tp keren" bgt dipandang mata

    BalasHapus
  4. Terkadang harus melihat makna di balik gambar tidak berpola dengan imajinasi dan nuansa seni

    BalasHapus
  5. harus belajar belajar memahami dan lain lainya untuk berkomentar lebih baik ini

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel