10 Lukisan Ikonik yang Paling Terkenal di Dunia

karya lukis paling terkenal di dunia
tegaraya.com - Lukisan adalah karya seni yang sangat indah dengan tujuan untuk mengabadikan objek lukis tersebut dalam bentuk karya 2 dimensi keatas media lukis seperti kain kanvas atau kertas gambar dan memanfaatkan goresan cat warna yang beragam. Lukisan tidak hanya menampilkan sudut pandang keindahan, tetapi juga memiliki pesan & menjadi bukti sejarah perkembangan peradaban manusia yang tercatat dalam hasil karya seni.

Di dunia ini banyak karya lukis fenomenal yang dibuat oleh seniman lukis terkenal di dunia hingga layak disebut masterpiece. Berikut ini adalah daftar karya lukis yang terkenal & ikonik di dunia.



1. Lukisan Mona Lisa

Mona Lisa atau dalam bahasa Prancis La Gioconda. Karya lukis ini dibuat oleh seniman terkenal, Leonardo Da Vinci pada abad ke-16. Aliran kara lukis ini perpaduan Realisme & Romantisme. Lukisan tersebut saat ini menjadi hak milik pemerintah negara Prancis dan disimpan di Museum Musee du Louvre di Paris.
lukisan paling ikonik dan terkenal monalisa
Lukisan Monalisa
Objek lukis tersebut diyakini adalah seorang wanita yang bernama Lisa Gherardini. Judul lukisan menggunakan kata Mona Lisa memiliki arti Nyonya Lisa dalam bahasa Italia. Lukisan ini sering dianggap sebagai salah satu lukisan paling terkenal di dunia dan hanya sedikit karya seni lain yang menjadi pusat perhatian, studi, mitologi, dan parodi. Lukisan setengah badan ini menggambarkan lukisan wanita yang tatapannya menuju pengunjung dengan ekspresi yang sering dideskripsikan sebagai enigmatik atau misterius.


2. Lukisan The Persistence of Memory

The Persistence of Memory dilukis oleh Pelukis terkenal Salvador Dali pada Tahun 1931. Lukisan ini memiliki aliran Surealisme. Lukisan ini tersimpan di Museum of Modern Art (MoMA) di Amerika.
lukisan paling ikonik dan terkenal di dunia the persistence of memory
Lukisan The Persistence of Memory
“The Persistence of Memory” ini sendiri memiliki makna yang sangat dalam yang membuat lukisan ini menjadi sangat terkenal di seluruh dunia. Pada lukisan tersebut, terdapat beberapa simbol yang dapat kita lihat secara kasat mata. Simbol-simbol tersebut antara lain, sebuah bukit, jam, gurun, dan semut. Menurut sang pelukis, makna umum dari lukisan ini adalah “time has no meaning”. Banyak sekali persepsi yang mengartikan apa makna dari lukisan ini. Namun, untuk benar-benar mengartikan lukisan “The Persistence of Memory” ini, satu-satunya cara adalah untuk memahami dan merasakan apa yang Dali rasakan ketika ia melukis lukisan ini.


3. Lukisan Starry Night

Lukisan Starry Night merupakan lukisan yang menakjubkan dan penuh misteri ini dilukis oleh Vincent van Gogh pada tahun 1889. Starry Night dilukis dari ingatan sang pelukis dan tidak berdasarkan referensi alam. Lukisan ini memiliki aliran Ekspresionisme. Lukisan ini tersimpan di Museum of Modern Art (MoMA) di Amerika.
Lukisan Starry Night
Pemandangan malam yang sangat spiritual dan penuh dengan ekspresi emosi batin. Namun kekacauan yang tampak lagi-lagi dapat ditumbangkan oleh pengaturan formal yang apik dan rapi. Starry Night terkenal karena dianggap melampaui praktik melukis terhadap representasi dunia fisik. Pola-pola misterius yang tersaji dalam lukisan mungkin menggambarkan kerumitan otaknya.


4. Lukisan The Scream

Karya Lukis yang bernama The Scream yang berarti “jeritan” ini adalah karya seniman lukis Edward Munch yang berasal dari Norwegia. Lukisan ini dibuat pada tahun 1893 dan saat ini berada di Museum National Gallery di Oslo Norwegia.
Lukisan The Scream
Lukisan dengan aliran Ekspresionisme ini menggambarkan seseorang yang mengalami kecemasan eksistensial, dengan background cakrawala senja berwarna merah akibat letusan gunung Krakatau pada tahun 1883. Menurut beberapa pengamat, objek lukis orang yang menjerit tersebut adalah sang pelukis itu sendiri yang reaktif terhadap perubahan kondisi alam dan menutup kedua telinganya akibat mendengar jeritan alam.


5. Lukisan Guernica

Guernica adalah karya lukis terkenal yang dibuat oleh salah satu pelopor karya seni modern abad 20 dengan aliran Kubisme, bernama Pablo Picasso. Sang pelukis berasal dari Kota Malaga Spanyol dan menyelesaikan lukisan ini pada Juni 1937. Lukisan ini sekarang berada di Museo Reina Sofia di Madrid.
Lukisan Guernica
Karya lukis ini berperan untuk menyampaikan kritik di masa perang, sehingga memiliki pesan yang paling mengharukan dan paling kuat dalam sejarah. Terlihat jelas dalam gambar tersebut terdapat orang yang menderita karena kekerasan dan kerusakan. Gambar yang paling menonjol adalah kuda yang mengamuk, banteng dan api.


6. Lukisan Girl with a Pearl Earring

Girl with a Pearl Earring atau dalam bahasa Belanda Het Meisje met de Parel yang artinya Perempuan dengan anting-anting Mutiara merupakan adikarya dari seniman Lukis yang berasal dari Belanda bernama Jan Vermeer. Lukisan ini dibuat pada tahun 1665 dan beraliran Realisme. Saat ini lukisan ini disimpan di Galeri Mauritshuis, Den Haag.
Lukisan Girl with a Pearl Earring
Lukisan ini mendapat julukan Mona Lisa dari Utara atau Monalisa dari Belanda. Ini adalah lukisan sensual dengan gadis itu menatap penampil dengan mata lebar dan mulut terbuka dan ada suasana misteri seputar identitasnya. Objek yang menjadi sorotan dalam lukisan ini adalah anting-anting mutiara. Ada sumber yang mengatakan bahwa objek lukisan tersebut adalah anak perempuan dari sang pelukis, namun informasi tersebut belum akurat dan masih bersifat misterius.


7. Lukisan Caffe Terrace of Night

Lukisan Caffe Terrace of Night atau dalam bahasa Prancis Teras Kafe di Place du Forum adalah karya lukis dari seniman terkenal Belanda Vincent van Gogh yang ia buat pada 16 September 1888 pada saat ia berkunjung ke kota Arles di Prancis. Lukisan beraliran Ekspresionisme ini berada di Kröller-Müller Museum di Otterlo, Belanda.
Lukisan Caffe Terrace of Night
Pada Lukisan ini Sang Pelukis memamerkan kehangatan warna dan kedalaman perspektif dari kafe Arles tersebut. Warna yang di gunakan sesuai ciri khas Van Gogh dengan di dominasi warna kuning, orange, biru, dan merah. Ada keunikan dalam lukisan ini yaitu, Van Gogh mengirim surat yang berisi pesan romantis “di sinilah kamu akan melihat malam yang tidak terlihat gelap, kamu akan lihat awan berwarna biru yang sangat indah.”


8. Lukisan Luncheon of The Boating Party

Lukisan Luncheon of the Boating Party adalah hasil karya seniman lukis asal Prancis Pierre-Auguste Renoir. Lukisan ini beraliran Impersionisme, Realisme, Romantisme yang memang cukup gandrungi para seniman lukis saat itu. Karya seni lukis ini dipamerkan di Museum The Phillips Collection di Washington, D.C.
Lukisan Luncheon of the Boating Party 
Lukisan ini memperlihatkan kekayaan bentuk, figur, dan lansekap. Lukisan ini menggambarkan sekelompok teman Renoir yang sedang bersantai di sebuah balkon tepi sungai Seine di restoran Fournaise Maison di Chatou. Lukisan itu juga mencerminkan perubahan karakter masyarakat Prancis pada pertengahan sampai akhir abad 19.


9. Lukisan From The Lake

Lukisan From The Lake adalah karya lukis Georgia O’Keeffe yang berasal dari Amerika Serikat. Lukisan ini dia buat pada tahun 1924. Lukisan ini beraliran Abstrak. Lukisan beliau saat ini dipamerkan di Museum seni di Arizona, Amerika.
Lukisan From The Lake
Lukisan ini mengambil objek Danau George, New York. Lukisannya berkarakteristik warna cerah serta tajam menunjukkan keindahan, terinspirasi dari alam benda disekitar. Pada lukisan ini nampak sebuah ombak bersama dengan warna yang dikombinasikan sedemikian rupa agar mirip sebuah lukisan abstrak. Susunan warnanya sangat dinamis, terpampang di dalam aspek abstrak yang diambil berasal dari kondisi alam yang sebenarnya. Objek yang dilihat George diaplikasikan pada sebuah kuas oleh George bersama dengan jenis melukisnya, agar terbentuklah lukisan From the Lake.


10. Lukisan The Last Supper

Lukisan The Last Supper atau dalam bahasa Italia Il Cenacolo adalah karya Fenomenal yang dihadirkan oleh Seniman Legendaris Leonardo Da Vinci pada kisaran tahun 1495-1496. Lukisan yang memiliki paduan aliran realisme dan romantisme ini benar-benar memiliki banyak misteri yang dihadirkan oleh Pelukis. Lukisan Mural ini dibuat pada dinding Gereja.
Lukisan The Last Supper
Lukisan ini menggambarkan suasana Perjamuan Terakhir Yesus dengan Para Rasulnya, seperti yang diceritakan dalam Injil Yohanes. Leonardo telah melukiskan kekhawatiran yang terjadi diantara Dua Belas Murid ketika Yesus mengumumkan bahwa salah satu dari mereka akan mengkhianatinya. Lukisan ini banyak diduplikasi untuk menjadi pajangan di rumah-rumah maupun dekorasi interior Gereja di seluruh Dunia.

Demikian deskripsi dari daftar 10 Lukisan Ikonik yang terkenal di Dunia. Artikel terkait lainnya dapat menelusuri label seni lukis pada laman tegaraya.com

artikel ditulis oleh: Tomy Tegar

6 Komentar untuk "10 Lukisan Ikonik yang Paling Terkenal di Dunia"

  1. Monalisa merupakan lukisan yang menyimpan sejuta misteri, hingga saat ini masih banyak misteri yang tersembunyi dr karya monalisa tersebut. Satu yang saya tau, sebenarnya waja lukisan monalisa tersebut adalah waja asli sang maestro, yaitu leonardo da vinci.

    BalasHapus
  2. Mona Lisa oleh Leonardo da Vinci merupakan lukisan dengan wajah misterius yang terus merayu rasa ingin tahu, menghadirkan keajaiban seni yang tak tergoyahkan.

    BalasHapus
  3. waduh lukisan monalisa menurut ku penuh dengan sejarah

    BalasHapus
  4. yang punya ide lukisanya kreatif semua

    BalasHapus
  5. Lukisan yang mempunyai makna dan juga nilai yang tinggi, recomended

    BalasHapus
  6. Paling hapal dari zaman sd cuman lukisan monalisa sih nomer satu hhe, keren sih bang makasih infonya jadi tau

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel