10 Lukisan Horor yang Misterius di Dunia

tegaraya.com - Lukisan umumnya menampilkan keindahan oleh sang pelukis. Melalui lukisan tersebut akan divisualkan objek lukis, pesan maupun cerita yang digambarkan oleh si pelukis dalam bentuk 2 dimensi.

Dalam beberapa cerita sejarah, lukisan-lukisan ternyata menampilkan sebuah kisah maupun proses yang tak lazim, sehingga meninggalkan kesan & cerita mistis yang melekat dari karya lukis tersebut. Lukisan-lukisan tersebut mengambil objek lukis yang cukup menyeramkan, hasil imajinasi mistik dari pelukis, atau dalam proses pembuatannya memiliki cerita kelam yang tersimpan pada lukisan tersebut. Bahkan ada anggapan lukisan-lukisan tersebut mengandung kutukan bagi orang yang melihat atau menyimpannya.

Berikut adalah daftar lukisan yang disusun penulis dari berbagai sumber, dipilih berdasarkan tampilan & cerita mistis yang melekat.



1. Lukisan Oei Hui Lan

Lukisan bernama Oei Hui Lan mengambarkan seorang gadis bernama Oei Hui Lan. Oei Hui Lan adalah gadis keturunan Cina yang lahir di Semarang pada tanggal 21 Oktober 1889. Dia adalah anak dari Konglomerat bernama Oei Tiong Ham, seorang pemilik pabrik gula yang merupakan orang terkaya di Indonesia saat itu.
Lukisan Oei Hui Lan
Pelukis dan Tahun pembuatan lukisan ini tidak diketahui. Saat ini lukisan seram Oei Hui Lan tersimpan di ruangan The Sugar Baron, Hotel Tugu, Kota Malang. Bayangan Oei Hui Lan di cermin dengan rambut terurai panjang dan tatapan mata yang tajam membuat lukisan tampak begitu hidup. Bahkan ada yang mengaku pernah didatangi Oei Hui Lan dalam mimpi setelah melihat lukisannya. Menurut pekerja hotel, ruangan tempat lukisan itu berada memiliki aura mistis & sangat dingin kalau dikunjungi.


2. Lukisan The Hand Resist Him

Lukisan berjudul The Hand Resist Him adalah salah satu lukisan paling menyeramkan di dunia. Karya lukis ini dibuat oleh William “Bill” Stoneham pada tahun 1972. Lukisan ini pernah dilelang di e-Bay, namun tidak ada yang berani membelinya. Saat ini lukisain tidak diketahui dimana berada.
Lukisan The Hand Resist Him
Lukisan The Hand Resist Him menggambarkan seorang anak laki-laki bersama boneka perempuan yang berdiri disampingnya. Mereka berdiri didepan pintu kaca, kemudian dibalik kaca banyak penampakan tangan-tangan yang ingin merangkul anak tersebut. Cerita mistis kerap terjadi pada lukisan ini karena menurut pengakuan orang-orang yang pernah memilikinya, lukisan ini sering berpindah tempat sendiri. Selain itu boneka gadis yang ada dalam lukisan tersebut kerap menghilang. Banyak orang menganggap lukisan ini adalah lukisan terkutuk dan berita ini pun tersebar sampai keseluruh dunia. Beberapa pemilik lukisan ini meninggal pada kisaran tahun 1978-1984.


3. Lukisan The Crying Boy

Lukisan The Crying Boy adalah karya lukis Giovanni Bragolin yang berasal dari Italia pada kisaran tahun 1950-an. Lukisan ini menggambarkan objek seorang anak laki-laki berusia 6-7 tahun yang terlihat sedih & berurai air mata. Kabarnya anak tersebut adalah seorang yatim piatu yang kehilangan keluarganya dalam sebuah kebakaran hebat. Namun naas, anak kecil tersebut juga meninggal akibat kebakaran juga.
Lukisan The Crying Boy
Lukisan ini sangat populer di Inggris dan diproduksi secara massal sehingga banyak yang menggantungnya di rumah mereka. Namun keanehan terjadi saat banyak kejadian kebakaran dalam rentang waktu yang hampir berdekatan di tahun 1980-an oleh rumah-rumah yang menggantung lukisan tersebut mengalami kebakaran. Anehnya lagi justru lukisan tersebut tidak tergores apa sedikit pun dan tetap utuh. Banyak orang Eropa yang beranggapan bahwa lukisan tersebut terkutuk dan dapat mengakibatkan kebakaran bagi rumah yang menyimpan lukisan tersebut.


4. Lukisan Nyi Roro Kidul

Lukisan Nyi Roro Kidul diyakini sebagai wujud penguasa Pantai Selatan pulau Jawa. Lukisan ini dibuat oleh Basoeki Abdoellah pada tahun 1955. Lukisan ini dibuat beliau di kamar Hotel Samudra Beach nomor 308 di Kota Sukabumi, yang menurut pengakuannya melihat penampakan Nyi Roro Kidul berpakaian warna hijau. Lukisan tersebut akhirnya disimpan dikamar tersebut dan tidak dibuka untuk pengunjung menginap.
Lukisan Nyi Roro Kidul
Sebelum Pelukis menghasilkan lukisan fenomenalnya ini, Basoeki Abdullah kabarnya sempat mencoba melukis Nyi Roro Kidul dengan menggunakan tiga model dan digarap di Pantai Parangtritis, Jogjakarta. Namun anehnya, belum lagi lukisan itu rampung, satu persatu model yang dipakai Basoeki Abdullah dikabarkan sakit dan kemudian meninggal dunia secara misterius.


5. Lukisan The Dead Mother

Lukisan The Dead Mother dibuat oleh pelukis beraliran Ekspresionisme, Edvard Munch pada tahun 1900. Lukisan ini menggambarkan curahan hati Edvard munch saat berumur 5 tahun ditinggal mati oleh sang ibu akibat penyakit TBC. Lukisan tersebut saat ini berada di Musemum Kunsthalle Bremen, Jerman.
Lukisan The Dead Mother
Cerita yang diungkapkan oleh banyak orang yang memiliki lukisan ini, sosok anak kecil dalam lukisan tersebut bisa bergerak. Konon saat seseorang menatap matanya, bola mata anak tersebut akan mengikuti. Cerita lainnya adalah kejadian metafisika saat terdengar suara-suara dari lukisan, posisi selimut yang berubah hingga gadis kecil dalam lukisan tersebut kerap menghilang di malam hari.


6. Lukisan The Anguished Man

Lukisan The Anguished Man yang berarti Pria Merana ini beraliran ekspresionisme ini tidak diketahui siapa pelukisnya dan kapan dibuat. Menurut cerita, lukisan ini dibuat oleh pelukis menggunakan cat yang dia campur dengan darah dia sendiri, sehingga memberi gradasi warna merah. Kemudian si pelukis membunuh dirinya sendiri paska menyelesaikan lukisan tersebut.
Lukisan The Anguised Man
Lukisan ini dimiliki oleh seorang pria bernama Sean Robinson. Lukisan ini dia dapatkan dari neneknya, dengan pesan dari sang nenek supaya berhati-hati terhadap lukisan tersebut. Diceritakan semenjak Sean memajang lukisan ini di rumahnya, satu per satu hal buruk terjadi. Mulai suara tanpa rupa sampai pintu-pintu yang terbuka sendiri.


7. Lukisan Prabu Siliwangi

Lukisan Prabu Siliwangi adalah hasil karya pelukis asal Garut bernama Tatang. Lukisan yang menampilkan sosok Sang Prabu ditemani oleh seekor harimau tersebut dibuat pada tahun 2008 dan disimpan di Keraton Kasepuhan, Cirebon. berdasarkan pengakuan si pelukis, dia didatangi oleh Sang Prabu lewat sebuah mimpi.
Lukisan Prabu Siliwangi
Ada keanehan dari lukisan tersebut, ketika kita melihat mata Sang Prabu maka dia akan mengikuti pengunjung kemana pun bergerak. Bahkan jari-jari tangan & kaki Sang Prabu juga ikut bergerak. Sehingga ada yang beranggapan mistis, ada pula yang menyimpulkan hal tersebut adalah ilusi optik. Kejadian aneh lainnya saat beberapa pengunjung lukisan tersebut, saat mereka mengabadikan lukisan tersebut dengan mengambil foto, hasil foto akan gelap & blur.


8. Lukisan The Nightmare

Lukisan yang berjudul The Nightmare ini adalah karya John “Henry” Fuseli yang dilukis pada kisaran tahun 1781. Lukisan ini menggambarkan kutukan mimpi buruk seorang wanita yang diganggu oleh iblis. Iblis tersebut duduk diatas tubuh si wanita. Saat ini lukisan tersebut tersimpan di Detroit Institute of Arts (DIA), Midtown Detroit, Michigan.
Lukisan The Nigtmare
Menurut pengakuan orang yang melihat lukisan ini, setelah beberapa saat mata sang iblis akan mengikuti pengunjung bergerak dengan tatapan tajam.


9. Lukisan Bernardo de Galvez

Lukisan Bernardo de Galvez menggambarkan potret seorang jenderal Spanyol saat perang kemerdekaan. Tidak diketahui siapa pelukis dan kapan tahun pembuatan lukisan ini. Lukisan ini tersimpan di Hotel Galvez, Texas.
Lukisan Bernardo de Galvez
Menurut pengakuan pegawai hotel yang bekerja pada malam hari merasakan keanehan dari lukisan ini. Pandangan mata Sang Jenderal dapat bergerak mengikuti pengunjung hotel, termasuk jari-jemari yang katanya bergerak. Beberapa pengunjung yang berfoto dengan lukisan tersebut mengaku pernah mengalami hal aneh, yaitu perubahan wajah jendral menjadi tengkorak.


10. Lukisan Tarian Legong

Lukisan Tarian Legong ini berlatar tentang penari tradisional. Lukisan ini dibuat oleh Yusuf Dwiyono pada tahun 1996. Saat ini lukisan ini tersimpan di kediaman sang pelukis, setelah beberapa kali dpindahkan dan ditolak oleh beberapa orang.
Lukisan Tari Lenggong
Menurut beberapa orang yang pernah melihat lukisan tersebut, objek lukis sang penari tersebut bisa bergerak dan melakukan tarian. Bahkan beberapa kejadian lukisan tersebut dapat berpindah tempat ketika dipajang di dinding. Sehingga beberapa orang menolak untuk melihat dan meminta kepada sang pelukis untuk menjauhkannya dari mereka. Padahal menurut pelukis, dalam proses melukis tidak dilakukan ritual atau kegiatan tak lazim dan bersifat mistis. Hingga akhirnya sang pelukis menerima segala tuduhan terhadap lukisannya dan menyimpan jauh dari orang-orang.


Demikian artikel menarik tentang daftar 10 Lukisan horror yang Misterius di Dunia. Artikel terkait lainnta dapat menelusuri label seni lukis pada laman tegaraya.com

artikel ditulis oleh: Tomy Tegar

9 Komentar untuk "10 Lukisan Horor yang Misterius di Dunia"

  1. Artikel ini sangat penting untuk tambahan informasi keren joss

    BalasHapus
  2. Nomor satu menurut saya terlihat simpel, natural, tapi ketika diperhatikan dengan baik, sangat menyeramkan

    BalasHapus
  3. lukisan nomor satu paling serem

    BalasHapus
  4. lukisan nomor 6 yang paling creepy sih.

    BalasHapus
  5. Setuju lukisan nomor satu yang paling mistis dengan rambut panjang terurai yang membuat lukisan semakin hidup....

    BalasHapus
  6. Oei hui lan fotonya masih ada di hotel daerah lawang. Beliau istri dr. Sun yat sen pendiri negara china. Meninggal akhir 90'an di new york.

    BalasHapus
  7. Artikel ini memberikan gambaran menarik tentang lukisan-lukisan misterius yang memikat minat banyak orang. Sebagian besar lukisan dalam daftar ini memiliki cerita mistis yang membuat mereka terkenal, seperti lukisan The Hand Resist Him yang selalu memunculkan kisah-kisah aneh dan menyeramkan. Sejarah dan latar belakang masing-masing lukisan memberikan sentuhan yang lebih mendalam pada misteri di seputar mereka.

    Tentu saja, lukisan-lukisan ini mengundang spekulasi dan cerita mistis yang melekat, dan mungkin tidak semuanya dapat dijelaskan dengan logika. Artikel ini memberikan wawasan yang menarik tentang seni lukis dan daya tarik misteriusnya yang tak terhindarkan. Terima kasih atas berbagi daftar lukisan yang mengundang pertanyaan dan rasa ingin tahu ini!

    BalasHapus
  8. Menggigil ketika melihat daftar ini! Artikel yang menarik tentang 10 lukisan horor yang misterius di dunia. Siapkan dirimu untuk perjalanan yang seram dengan seni yang menghantui, karena lukisan-lukisan ini membawa aura yang sulit dijelaskan. Apakah kamu akan mempunyai keberanian untuk menghadapinya? Ayo jelajahi mitos dan misteri di balik setiap goresan dan warna dalam lukisan-lukisan ini.

    BalasHapus
  9. Oi hui lan ini putri dari pengusaha pabrik gula kaya raya di jawa kalo gasalah, aku pernah lihat videonya di fyp dan katanya hidupnya ga bahagia. Pas ngeliat lukisannya jadi merinding jg huhu, intinya semua serem nah aku lambaikan tangan ajadehㅠㅠ

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel