Fotografi Wildlife - potret kehidupan Flora Fauna di alam liar

tegaraya.com - Fotografi Wildlife merupakan salah satu aliran Tema dalam kegiatan mengambil potret foto. Fotografi Wildlife adalah jenis aliran tema yang mengambil objek Flora dan Fauna atau Tanaman dan Binatang di alam liar atau habitat aslinya lengkap dengan berbagai ekspresi dan pola tingkahnya. Wildlife memiliki arti Alam Liar atau dapat juga disebut Alam Bebas.

Genre atau jenis aliran tema ini cukup menantang para fotografer karena harus mengamati gerak-gerik Flora dan Fauna di habitatnya langsung tanpa harus menganggu mereka. Objek foto yang diambil jarang ditemui oleh banyak orang karena bersifat natural, liar dan jauh dari permukiman kehidupan komunitas manusia. Namun objek foto yang diambil tidak sepenuhnya Fauna buas dan liar, namun juga Fauna yang lebih ramah, kecil, dan menggemaskan.


Ciri dan Prinsip Fotografi Wildlife

Dalam melakukan proses Fotografi Wildflife dapat mencakup jenis tema antara lain; Fotografi Jurnalistik, Fotografi Macro dan Fotografi Landscape. Namun yang menjadi prinsip utama dalam kegiatan fotografi wildlife ini adalah mendapat gambar objek Flora dan Fauna dengan latar kehidupan alaminya di habitat tempat mereka hidup.
Fotografer Wildlife tidak hanya dituntut untuk menghasilkan gambar saja, tetapi juga cerita yang tersirat dari foto tersebut. Hal ini juga membuat fotografi melakukan pengamatan pada perilaku objek agar dapat menemukan momentum terbaik yang terpotret pada gambar. Sehingga melalui karya-karya fotografi wildlife ini, membuat para penikmat foto tersebut dapat menerima cerita kehidupan di luar lingkungan kehidupan manusia.


Tips dan Trik Fotografi Wildlife

Tidak semua Fotografer dapat mencoba jenis aliran tema ini. Selain diperlukan keberanian dan perlengkapan kamera yang cukup lengkap, Sang Fotografer juga disarankan untuk siap berpetualangan di Alam Liar dan berinteraksi dengan habitat para penghuni alam liar tersebut. Kita akan menemui segala keseruan dari tingkah laku para hewan yang berinteraksi dengan tumbuh-tumbuhan maupun hewan lainnya. 
Berikut ini ada beberapa tips yang sudah terangkum dari Fotografer-fotografer yang pernah terlibat dalam proses fotografi jenis aliran tema Wildlife:
  1. Persiapan Mental dan Fisik; hal ini dimaksudkan agar kita mampu menghadapi segala medan di alam liar dan berbagai serangan cuaca. Sebisa mungkin kita mempersiapkan dengan diri dengan tubuh yang bugar dan terbiasa dengan olahraga.
  2. Lakukan Survey dan Riset; merupakan salah satu persiapan untuk mengenali lokasi dan berbagai kondisi serta karakteristik alam dan Flora Fauna ditempat yang dituju. Konsep fotografi juga menjadi salah satu pertimbangan sebelum terjun ke lokasi pemotretan.
  3. Persiapan peralatan dan bekal; karena lokasi pemotretan akan jauh dari jangkau permukiman manusia sangat disarankan untuk mempersiapkan peralatan Fotografi yang lengkap seperti Kamera, Lensa berbagai ukuran dan Tripod. Apabila kondisi memaksa untuk menginap dan melalukan kegiatan kemah di lokasi, sangat disarankan untuk membawa perbekalan yang cukup.
  4. Memiliki insting yang kuat; ketika kita sudah berada di lokasi pemotretan kita diharapkan untuk memiliki insting untuk membaca segala pergerakan dari Fauna yang dapat bergerak cepat dan memiliki momen yang bagus untuk didokumentasikan.
  5. Memiliki Partner Guide; dimaksudkan agar dapat dibantu oleh Partner Guide yang supportif, mengarahkan lokasi pemotretan yang tepat, menunjukkan jenis-jenis Flora dan Fauna yang beragam, dan tempat-tempat lain untuk beristirahat.
  6. Mempelajari Teknik Menyamar; salah satu tips yang cukup unik namun patut dicoba agar kita bisa lebih dekat dengan objek foto yang mau kita sorot terutama hewan-hewan liar. Fotografer disarankan untuk menggunakan baju berwarna hijau, coklat atau hitam yang serupa dengan warna-warna alami di lokasi pemotretan.
  7. Tidak mengganggu Flora Fauna dan Habitatnya agar kondisi alam tetap terjaga.
  8. Bersiaplah untuk lama menunggu momen dan objek terbaik. Kesabaran adalah kunci utama saat melakukan fotografi wildlife ini.
  9. Gunakan setingan mode manual pada kamera agar memberi keleluasaan kita untuk melakukan kontrol atas eksposure dan ketajaman lensa terhadap objek.
  10. Disarankan untuk menggunakan seting shutter atau kecepatan rana yang tinggi, untuk membantu momen freeze action pada objek binatang yang sedang kita potret. Jangan lupakan untuk selalu memanfaat tripod untuk menjaga kamera tetap stabil.

Contoh Karya Fotografi Wildlife

Karya fotografi wildlife sangat banyak ditemukan diberbagai platform media sosial atau website lembaga perlindungan habitat flora dan fauna di Bumi. Berikut ini adalah beberapa contoh dan galeri hasil karya fotografi yang beraliran tema Fotografi Wildlife yang sangat menarik.




















Saat ini cukup banyak hasil karya fotografi bergenre tema Wildlife yang digunakan untuk kebutuhan Riset dan pameran Biologi. Karena tidak semua orang dapat terlibat dalam seni fotografi ini, sehingga jumlah fotografer yang dapat menghasilkan karya jenis Wildlife tidak cukup banyak. Minat dan rasa ketertarikan orang terhadap petualangan di alam liar cukup banyak terutama para Fotografer, walaupun terganjal dengan berbagai peralatan dan dana yang dikeluarkan cukup besar. Para fotografer jenis aliran tema Wildlife ini biasanya adalah orang yang sudah terbayar dari korporasi yang membutuhkan Dokumentasi Visual terhadap kegiatan Konservasi Alam Liar atau Festival Kontes Fotografi.


Demikian deskripsi singkat tentang Fotografi Wildlife yang mengangkat potret kehidupan Flora dan Fauna di habitat lam liar. Artikel terkait lainnya dapat menelusuri label fotografi pada laman tegaraya.com

artikel ditulis oleh: Tomy Tegar

Belum ada Komentar untuk "Fotografi Wildlife - potret kehidupan Flora Fauna di alam liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel