Fotografi Landscape - potret panorama pemandangan alam

tegaraya.com - Fotografi Landscape adalah jenis kegiatan fotografi yang beraliran tema dengan mengambil pemandangan alam sekitar sebagai objek potret kamera. Landscape atau lansekap memiliki arti “pemandangan”. sementara dalam Definisi Fotografi Landscape diartikan sebagai kegiatan fotografi yang mengambil objek foto tata ruang diluar rumah atau keindahan pemandangan alam.

Panorama pemandangan alam yang natural dan indah menjadi daya tarik seni fotografi landscape. Objek utama adalah pemandangan sekitarnya. Manusia dengan aktifitasnya serta makhluk hidup lainnya hanya menjadi pengisi kekosongan potret pemandangan natural.



Ciri-ciri dan Prinsip Fotografi Landscape

Fotografi Landscape merupakan jenis potret editorial yang hasil gambarnya dimanfaatkan untuk hiasan atau pajangan di tempat tertentu. Karya-karya Foto Landscape biasanya akan membuat orang-orang yang melihatnya akan merasa kagum dengan keindahan panorama alam dan momen kondisi cuaca saat itu.
Fotografi Landscape memiliki cakupan jenis yang sangat luas menyesuaikan dengan tema atau kebutuhan gambar dibuat. Prinsip dasar dan ciri utama dari Fotografi Landscape adalah minimnya atau hamoir tidak adanya unsur manusia (human) yang beraktifitas di dalamnya, kosong dari gerak gerik manusia dan hanya menyajikan bentangan alam saja.

Berikut ini adalah beberapa deskripsi ciri-ciri lainnya dari Fotografi Landscape:
  1. Hasil Gambar berupa hamparan panoraman pemandangan alam dan kondisi cuaca sekitarnya saat itu.
  2. Tidak memotret aktifitas kehidupan manusia atau hewan, kecuali pohon-pohon atau tumbuhan lainnya.
  3. Tidak terikat pada sebuah konsep tertentu karena dipotret dalam kondisi apa adanya.
  4. Hasil foto dapat dibagi-bagi menjadi sebuah tema-tema fotografi tertentu yang disesuaikan untuk kebutuhan publikasinya.
  5. Gambar yang tercipta dari hasil potret bersifat sangat natural.
  6. Fotografi Landscape dapat menciptakan sebuah impresi perasaan berupa keceriaan, kehampaan, kesenduan, keheningan atau mencekam dari kondisi alam yang dipotret.



Tips untuk Fotografi Landscape

Aliran tema Fotografi Landscape salah satu kegiatan fotografi yang populer dan digemari semua orang. Seting kamera tidak rumit seperti kegiatan fotografi portrait atau Human Interest. Kondisi alam yang penuh cahaya tidak mengharuskan kita menggunakan blitz atau cahaya bantuan lainnya. Penggunaan apperture kecil sudah cukup menghasilkan gambar yang cerah, karena frame objek yang diambil luas. Melalui Potret Fotografi Landcape dapat bertujuan untuk menceritakan sebuah perjalanan di alam terbuka.
Berikut ini adalah beberapa tips dan trik untuk melakukan kegiatan Fotografi Landscape:

  1. Tentukan lokasi lingkungan alam yang akan dikunjungi. Sebisa mungkin dilakukan pada saat kondisi cuaca cukup bagus atau cerah.
  2. Pilih tema kegiatan di alam terbuka yang bakal menjadi objek potret dari fotografi landscape.
  3. Bawa perlengkapan dan beberapa bekal yang dibutuhkan selama melakukan kegiatan fotografi landscape. Lakukan checking terutama pada peralatan fotografi yang paling penting untuk dibawa, seperti kamera, baterai, lensa, tripod, dan lain-lain.
  4. Saat sudah mencapai lokasi yang ditujukan, lakukan persiapan dan seting kamera dengan kondisi cahaya disekitar lokasi.
  5. Turunkan ISO kisaran 50-100 saja pada kamera ketika cahaya disekitar lokasi sangat banyak. ISO yang lebih kecil akan mengurangi efek noise pada hasil potret.
  6. Tetap berpatokan pada prinsip segitiga eksposure dan Depth of Field ketika melakukan pemotretan.
  7. Stabilkan kamera dengan memanfaatkan tripod agar tidak terjadi getaran pada gambar.
  8. Kecilkan diafragma lensa ketika melakukan pemotretan di siang hari atau kondisi cahaya sangat banyak. Hal ini juga dapat membuat kualitas hasil potret menjadi lebih tajam.
  9. Aktifkan Grid untuk menentukan komposisi potret yang sesuai kaidah seni fotografi. Jangan lupakan foreground dan background terhadap objek yang kita potret.
  10. Ganti beberapa perspektif atau view agar mendapatkan angle-angle yang lebih beragam dan mungkin lebih unik dari hasil potret kita sebelumnya. Selalu lakukan eksperimen saat di lokasi.
  11. Dapat memanfaatkan remote release untuk meminimalisir getaran pada kamera.
  12. Gunakan filter UV (atau jenis filter lainnya seperti filter ND) ketika melakukan pemotretan terhadap sumber cahaya matahari yang cukup tajam dan menyilaukan lensa kamera.
  13. Manfaatkan momen Golden Hour atau Blue Hour yang biasanya menampilkan keindahan-keindahan panorama alam yang menyatu dengan keindahan langit.
  14. Gunakan Teknik HDR (High Dynamic Range) ketika penggunaan filter tidak memungkinkan.


Jenis-jenis Contoh Fotografi Landscape

Dalam jenis tema aliran Fotografi Landscape memiliki beberapa sub tema potret pemandangan. Sub tema tersebut menyesuaikan dengan kondisi alam dan tujuan pemotretan panorama pemandangan tersebut. Berikut ini Beberapa Sub Tema Fotografi Landscape yang dilengkapi dengan contoh-contoh hasil potretnya.

1. Nature Landscape Photograpy

Fotografi Landscape Nature atau pemandangan alam adalah potret pemandangan yang umum dilakukan oleh beberapa orang. Jenis Fotografi ini memotret apa yang dilihat dan apa adanya. Hasil yang ditunjukkan adalah kondisi asli dari alam tanpa sentuhan editing yang berlebihan.






2. Village Landscape Photograpy

Fotografi Village Landscape merupakan jenis fotografi yang menampilkan pemandangan pedesaan yang Natural. Kawasan Pedesaan yang memiliki kedekatan Manusia dengan alam sekitar menjadi sebuah panorama yang indah dan permai dengan hamparan sawah dan perkebunan yang hijau dan dipenuhi dengan aktifitas manusia disekitarnya.






3. Sunrise Panorama

Fotografi Sunrise Panorama merupakan jenis fotografi yang menampilkan pemandangan alam yang tersorot dengan cahaya matahari pagi. Kegiatan fotografi Sunrise sangat cocok dilakukan pada kisaran waktu pukul 05.00 hingga 07.00 pagi. Cahaya Mentari pagi yang menyegarkan menciptakan kesan semangat dan optimisme pada hasil karya fotografi tersebut.






4. Sunset Panorama

Fotografi Sunset Panorama adalah jenis fotografi yang menunjukkan kondisi pemandangan alam dengan latar langit senja atau menjelang mentari terbenam di cakrawala. Kegiatan fotografi ini dapat diambil pada kisaran waktu pukul 16.00 hingga 18.30 sore. Gradasi warna dilangit yang menampilkan lembayun senja dan sisa cahaya mentari menjadi keindahan karya fotografi. Suasana yang ditunjukkan melalu potret panorama senja ini menciptakan kesan hangat dan teduh.






5. Landscape Impresi

Fotografi Landscape Impresi adalah jenis fotografi Landscape yang menunjukkan pemandangan alam dengan sentuhan emosi dan kreatifitas dari manusia. Tema Fotografi ini menampilkan objek foto sebuah benda hidup seperti pohon, bunga atau rerumputan dengan menjadikan pemandangan alam sebagai latar belakang. Jenis fotografi landscape impresi biasanya subjektif, karena setiap orang memiliki persepsi yang berbeda-beda.






6. Landscape Abstract Kontemporer

Fotografi Landscape Abstract Kontemporer merupakan jenis fotografi yang menunjukkan pola dan bentuk kontemporisasi alam dan gedung-gedung buatan manusia. Hasil Foto tetap menampilkan pemandangan alam yang natural, tetapi diberi sentuhan geometris bangunan dengan teknik sudut pandang fotografi yang abstrak dan komposisi cahaya tertentu. Hal ini diatur dan dikonsep oleh Sang Fotografer demi Tema yang ingin diciptakan melalui gambar potret pemadangan tersebut.






7. Landscape Sea Horizon Photograpy

Fotografi Landscape Sea Horizon atau Fotografi Cakrawala Lautan adalah jenis fotografi landscape yang menyorot objek garis laut atau samudera yang luas dengan segala kehidupan dan pemandangan sekitarnya. Objek laut yang disorot bisa mengambil seting waktu pagi hari, siang hingg senja. Berbagai waktu tersebut akan menciptakan suasana yang berbeda-beda. Suasana yang ditampilkan hasil fotografi ini memberi kesan luas, meneduhkan pandangan mata, elegan dan dinamis.





catatan
sebagian contoh visual foto bersumber dari arsip personal Tomy Tegar,
ditayangkan pada akun instagram: @tegartomy

Dewasa ini banyak orang yang mempraktekkan jenis fotografi landscape untuk disimpan dan dipamerkan diberbagai media publikasi. Salah satu tujuan dan alasannya adalah dokumentasi perjalanan dan parwisata ketika mengunjungi sebuah kawasan dengan pemandangan yang indah.

Demikian deskripsi tentang Fotografi beraliran tema Landscape. Artikel terkait lainnya silahkan menelusuri label fotografi pada laman tegaraya.com

artikel ditulis oleh: Tomy Tegar

2 Komentar untuk "Fotografi Landscape - potret panorama pemandangan alam"

  1. Menikmati keindahan alam sangatlah mudah, tetapi untuk mengabadikannya, sangatlah sulit. pernah belajar untuk mengabadikan tiap momen dengan foto, tetapi selalu diluar ekspektasi. semoga dengan ilmu ini, kedepannya saya bisa belajar lebih baik lagi. terimakasih mas atas ilmunya.

    BalasHapus
  2. Melihat pemandangan alam membuat pikiran fresh dan menghilangkan rasa penat... semoga bisa jalan2 terus dan ga pusing mikirin duit ;)

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel