Genre Musik Gospel: sejarah, ciri khas dan jenis-jenisnya

Genre Musik Gospel adalah salah satu jenis genre musik modern yang telah diketahui dan dikenal secara luas di Dunia. Musik bergenre Gospel adalah jenis aliran musik yang didominasi dengan vokal yang harmonis dan lirik-lirik yang bernuansa religius bertema ajaran Kristen. Hal tersebut memiliki alasan karena Musik Gospel bersumber dari tradisi di Gereja-gereja Afrika-Amerika.


Musik Gospel kurang begitu diketahui secara luas dan tidak sepopuler jenis-jenis genre musik modern lainnya. Hal tersebut dikarenakan Musik Gospel bukan jenis Musik Modern yang bersifat konvensional yang sekular karena tidak bertujuan komersil, dan lebih banyak disajikan untuk kebutuhan Religius di kalangan komunitas Umat Kristen. Selain itu Musik Gospel diidentifikasi memiliki gaya musik yang terpecah akibat persepsi ras yang dipisahkan berdasarkan warna kulit saat itu, dan masih terasa hingga saat ini di beberapa kawasan di Dunia. Hanya saja beberapa orang tidak familiar untuk mendengar nama Musik Gospel.


Sejarah Musik Gospel

Musik Gospel diduga telah temukan pertama kali pada awal abad ke-17 hingga kuartal awal pada abad ke-20. Musik Gospel pada awalnya adalah musik yang dibuat untuk melantunkan Puji-pujian didalam Gereja-gereja bercorak Afrika-Amerika. Saat itu Musik Gospel diidentikkan oleh para penyanyi berkulit hitam. Namun karena pengaruh musiknya dikenal secara luas oleh para Jemaat Umat Kristen di dalam Gereja, Para Musisi dan Penyanyi berkulit putih ikut mempopulerkan didalam kelompoknya dan disebut “Kelompok Gospel Selatan”. Hingga Perspektif warna kulit pada saat itu telah memisahkan Musik Gospel yang dinyanyikan oleh kelompok masyarakat berkulit putih dan masyarakat berkulit hitam. 

Kisaran setengah abad kemudian hingga saat ini perbedaan Musik Gospel sedikit menipis akibat modernisasi dan kesamaan hak. Namun ada beberapa perbedaan tradisi yang masih begitu mencolok terhadap penyajian Musik Gospel. Sejumlah Musisi dan Penyanyi Musik Gospel yang berkulit hitam biasanya tetap menyajikan Musik Gospel dan membatasi penampilannya hanya untuk konteks-konteks religius dan keagamaan saja. Sementara Musisi dan Penyanyi Gospel berkulit Putih telah menampilkan Musik Gospel secara komersil dan masuk ke dalam lingkup musik sekuler, bahkan telah disajikan didalam klab-klab malam dengan sedikit menghilangkan esensi Musik Religius dan mengambil ciri & karakteristik musiknya saja.

Pada tahun 1938, telah muncul Musisi Musik Gospel yang pertama kali mempopulerkan Musik Gospel bernama Sister Rosetta Tharpe. Ia mempopulerkan Musik Gospel secara komersil didalam lingkup sekuler sepanjang dekade 1940-an dengan mencetak banyak lagu-lagu populer dan menampilkannya di dalam sebuah konser di Amerika Serikat. Namun beberapa penggemar Musik Gospel didalam lingkup religius dan Gereja tidak menyukainya karena menghilangkan esensi “Ajaran Kristen” didalam pertunjukkan-pertunjukkannya. Meskipun begitu Rosetta Tharpe tetap diterima dengan baik oleh para penggemarnya yang beragam Kristen karena mampu menangkat musik Gospel dengan tetap beriman teguh pada keyakinan Agamanya.

Musik Gospel adalah sebuah fenomena di Amerika Serikat. Hingga akhirnya telah menyebar di kawasan Eropa hingga Australia. Musik Gospel banyak melahirkan grup-grup Vokal dan paduan suara yang hebat dan dikenal luas di Dunia, dan berpegang teguh pada ajaran Kristen.


Ciri-ciri dan karakteristik Genre Musik Gospel

Ciri umum yang diketahui dari Musik Gospel adalah penyajian Vokal yang sangat dominan. Pada awal kemunculannya Musik Gospel hanya menyajikan Vokal yang diiringi oleh tepuk tangan, lentikan jari dan hentakan kaki. Namun pada perkembangan setelahnya yang dilakukan oleh kelompok Musik Gospel Selatan, Musik Gospel sudah diiringi oleh instrumen alat-alat musik modern.
Berikut ini adalah ciri-ciri dan karakteristik dari Musik Gospel.

  1. Prinsip dasar penyajian Musik Gospel adalah bersifat Religius dan Non-Sekuler.
  2. Vokal yang sangat dominan dan berkarakter, dengan memiliki pembagian warna suara yang berbeda-beda dan sangat jelas.
  3. Vokal yang memiliki harmoni yang kuat yang Identik dengan kelompok Paduan Suara, Koor dan Choir, hingga secara Acapela.
  4. Lirik-lirik yang disajikan bertema Religius berdasarkan Ajaran Agama Kristen.
  5. Memiliki banyak sub genre yang dipisahkan berdasarkan Tradisi Gereja.
  6. Musik Gospel banyak diiringin dengan suara tepuk tangan, hentakan kaki atau lentikan jari. Namun pada saat ini Musik Gospel sudah banyak menggunakan instrumen alat-alat musik modern untuk mengiringi pertunjukkan musiknya, seperti Piano atau Organ Hammond, Drum, Gitar Bas, hingga Gitar Listrik.
  7. Gaya musik sebenarnya hampir serupa dengan nuansa Musik Rock N Roll, Fusion, Jazz serta Musik Pop. Namun pengaruh Vokal yang dominan menjadi ciri khas tertentu yang membedakan dengan musik lainnya.
  8. Sebagian besar Musik Gospel tidak ditemukan secara umum dan ditampilkan secara komersial, namun Musiknya dapat dinikmati oleh semua orang (tanpa mendalami lirik religiusnya).


Jenis-jenis Sub Genre Musik Gospel

Genre Musik Gospel adalah salah satu Musik Modern yang telah dikenal luas di Dunia. Walau pun Musik Modern ini lebih sering ditemukan didalam komunitas umat Kristen, namun saat ini telah banyak beredar beberapa karya Musik Gospel telah dikenal luas oleh sebagian besar masyarakat.
Musik Gospel ternyata memiliki bentuk kreasi hingga menciptakan sub genre tertentu. Berikut ini adalah beberapa jenis dan deskripsi singkat dari sub genre Musik Gospel.

1. Gospel Tradisional

Gospel Tradisional adalah jenis sub genre Musik Gospel original yang berakar dari lagu-lagu religius Agama Kristen. Jenis sub genre Musik Gospel ini muncul pada abad ke-18 hingga abad ke-19. Kebiasaan dari para Jemaat Gerejaa yang mengungkapkan kesaksian iman mereka saat Kebaktian Agama dilakukan secara spontan dilakukan dengan cara bernyanyi. Hingga pada tahun 1920-an Musik Gospel Tradisional telah terpengaruh musik-musik modern lainnya seperti jazz dan blues, serta telah menggunakan instrumen alat musik modern didalam penyajian musiknya. Musisi yang terkenal pernah menampilkan sub genre musik ini adalah Arizona Dranes.

Arizona Dranes

2. Gospel Country

Gospel Country adalah jenis sub genre Musik Gospel yang terpengaruh dengan gaya Musik Country. Jenis sub genre musik ini dikenal juga dengan nama Christian Country atau Country Inspirasional. Beberapa Musisi atau Penyanyi yang kerap menyajikan Musik Gospel jenis ini antara lain; Janet McBride, Alan Jackson, Jim Reeves, Kenny Rogers, Jeanne Robert, dan lain-lain.

Kenny Rogers

3. Gospel Southern

Gospel Southern adalah jenis sub genre Musik Gospel yang terpengaruh Musik Country yang dikontemporesasi dengan Musik Jazz yang saat itu dikembangkan oleh Kelompok Musisi Gospel berkulit Putih pada tahun 1920-an. Beberapa Musisi dan Penyanyi yang pernah mempopulerkan Musik Gospel jenis ini antara lain; Good News Quartet, Dottie Rambo, Bill Taylor, Booth Brother, Ryan P. Harper, The Speer Family, The Blackwood Family, The Lefevre Trio, The Carter Family, Homer Rodeheaver, George Beverly Shea, Cliff Barrows, dan lain-lain.

The Speer Family

4. Gospel Selatan Progresif

Gospel Selatan Progresif adalah jenis sub genre Musik Gospel di kawasan Amerika Serikat yang muncul dari kreasi atau kelanjutan dari Gospel Southern selama beberapa dasawarsa terakhir. Jenis Musik Gospel ini lebih modern dengan tempo yang lebih cepat dibandingkan Musik Gospel Selatan pada umumnya.


5. Gospel Bluegrass

Gospel Bluegrass adalah jenis sub genre dari Musik Gospel yang berakar dari Musik-musik Pegunungan di kawasan Benua Amerika. Musik Gospel Bluegrass mendapat pengaruh dari Musik-musik tradisional Mesoamerika atau Musik Indian yang sangat menyatu dengan nuansa alam padang pasir atau pegunungan. Beberapa Musisi atau Penyanyi yang pernah mengenalkan jenis Musik Gospel ini antara lain; Doyle Lawson, The Nashville Bluegrass Band, Marty Stuart & His Fabolous Superlatives, The Jakcson Family, Anderson Family Bluegrass, The Purple Hulls, dan lain-lain.

The Jackson Family

6. Gospel Kontemporer

Gospel Kontemporer adalah jenis sub genre dari Musik Gospel yang mencampurkan beberapa unsur musik-musik modern dan menjadi bentuk kontemporesasi musik yang baru. Jenis Musik Gospel ini tetap memiliki esensi Musik Religius, namun ditampilkan secara sekuler atau dipanggung komersial.


7. Gospel Modern

Gospel Modern adalah jenis sub genre dari Musik Gospel yang lebih modern dengan pengaruh musik Pop dan Rock N Roll. Musik Gospel jenis ini sudah sangat lazim ditemukan saat ini dan telah banyak ditampilkan pada berbagai media. Beberapa Musisi dan penyanyi yang kerap menampilkan jenis Musik Gospel ini antara lain; Tasha Cobbs Leonard, Lauren Daigle, Mercy Chinwo, dan lain-lain.

Tasha Cobbs Leonard

Musisi-musisi Musik Gospel

Musik Gospel awalnya memiliki perkembangan yang terbatas didalam lingkup Komunitas Masyarakat Kristen. Namun pengaruh modernisasi dan media yang semakin berkembang membuat Musik Gospel pun mulai dikenal luas oleh Masyarakat maupun pecinta musik, walau masih menunjukkan esensi sebagai musik religius yang lahir dari Budaya Barat.
Beberapa Musisi Terkenal yang telah menyajikan jenis musik Gospel antara lain; Mahalia Jackson, Sister Rosetta Tharpe, Golden Gate Quartet, Jordanairesh, Clara Ward, dan lain-lain. Sementara Musisi Indonesia yang menyajikan Musik Gospel antara lain; Franky Sihombing, Nikita, True Worshipper, dan lain-lain.

Mahalia Jackson

Demikian artikel singkat tentang definisi, deskripsi, sejarah, ciri khas dan beragam jenis sub genre dari Musik Gospel. Artikel terkait lainnya dapat menelusuri label musik pada laman tegaraya.com

4 Komentar untuk "Genre Musik Gospel: sejarah, ciri khas dan jenis-jenisnya"

  1. Wah saya baru tahu kalau ternyata musik Gospel awalnya jazz dan blues juga, ternyata jenis musik itu sudah lama ya

    BalasHapus
  2. saya sangat familiar dengan musik gospel. memang memiliki ciri khas yang sangat unik dan beberapa lagu terdengar seperti aliran jazz

    BalasHapus
  3. Terima kasih infonya. Baru ngeh ternyata musik gospel ada genre tersendiri. Tapi memang sih dari gereja protestan dan gereja katolik ada perbedaan yang lumayan mencolok

    BalasHapus
  4. Sudah gak perlu diragukan lagi, kalau penyanyi yang mengawali karir dari musik gospel. Karena pasti suaranya indah dan penghayatan terhadap lagu juga juara.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

RajaBackLink.com