KKN di Desa Penari: sinopsis Novel cerita Horror yang viral dan trending di Indonesia

Novel berjudul KKN di Desa Penari adalah sebuah buku karya sastra novel yang ditulis dan dibukukan oleh seorang Novelis bernama Simpleman. Novel ini konon disusun dari sebuah Kisah Nyata yang pernah viral dan trending di media sosial Twitter pada Juni 2019 silam. Thread cerita ini akhirnya dikenal luas dan cukup seru untuk disimak, hingga banyak para pembaca cerita di tulisan Twitter tersebut yang penasaran dengan keberadaan cerita tersebut.

Cerita KKN di Desa Penari menceritakan kisah 6 orang Mahasiswa angkatan 2006/2006 yang sedang melaksanakan program KKN di kawasan Jawa Timur pada tahun 2009. Mereka mendapat program kerja KKN di sebuah desa terpencil yang letaknya dikelilingi oleh pedalaman hutan. Desa tersebut konon masih menyimpan sebuah tradisi nenek moyang mereka terhadap dimensi Dunia Lain. Cerita Novel KKN di Desa Penari ini memaparkan cerita dari sudut pandang 2 orang yang terdapat didalam cerita tersebut. Cerita yang dipaparkan didalam Novel pun di-upgrade dari versi thread yang telah tersebar di media sosial.



Sinopsis Singkat Novel

Novel KKN di Desa Penari dibagi menjadi 2 BAB, yang terpisah dari 2 perspektif cerita yang berbeda dari sudut pandang Widya dan Nur. Mereka adalah peserta KKN yang merupakan anggota dari kelompok Mahasiswa KKN di Desa Penari.

Kelompok Mahasiswa beranggotakan 6 orang sedang memprogramkan KKN dari salah satu Kampus Universitas di Jawa Timur. Para Mahasiswa tersebut adalah Mahasiswa tingkat akhir yang mempersiapkan kelulusannya dan program KKN adalah salah satu mata kuliah yang wajib diselesaikan mereka. Para Mahasiswa itu antara lain Widya, Nur, Ayu, Bima, Anton dan Wahyu.

Ilustrasi Novel

Ayu merekomendasikan sebuah lokasi Desa tersebut kepada teman-teman kelompoknya. Desa tersebut terletak di sebuah Kabupaten berinisial B di kawasan terpencil di wilayah Jawa Timur. Ayu mengungkapkan ia pernah berkunjung ke Desa tersebut sebelumnya bersama kakaknya yang bernama Ilham. Mereka memiliki relasi dan mengenal langsung dengan Kepala Desa tersebut yang bernama Pak Prabu. Akhirnya mereka sepakat untuk melaksanakan progam KKN di Desa tersebut.

Kelompok Mahasiswa tersebut akhirnya berangkat menggunakan mobil dari Kampus Universitas mereka. Mereka menempuh perjalanan yang cukup panjang hingga akhirnya mencapai sebuah pinggir hutan. Desa tempat mereka melaksanakan progam KKN tersebut harus melewati hutan tersebut dan tidak dapat diakses dengan mobil. Masyarakat Desa setempat telah menunggu kedatangan para Mahasiswa tersebut di pinggir hutan, untuk mengantarkan mereka ke dalam Desa menggunakan sepeda motor. 

Ilustrasi cerita Novel

Sesampainya mereka di Desa tersebut, mereka disambut oleh Kepala Desa yaitu Pak Prabu. Pak Prabu mengajak mereka berkeliling Desa dan mengenal wilayah Desa tersebut. Para Mahasiswa ini menemukan beberapa hal ganjil di Desa tersebut. Mereka melihat banyak batu nisan yang ditutup kain hitam, sedikitnya mereka menemui anak-anak dan remaja di sekitar Desa.

Salah satu Mahasiswa anggota kelompok KKN yang bernama Nur memiliki banyak firasat dan perasaan yang tidak nyaman. Dia adalah salah satu mahasiwa perempuan yang menggunakan kerudung dan tergolong alim. Nur dikenal sebagai perempuan yang memiliki kemampuan dan perasaan yang peka terhadap aura negatif disekitarnya. Sementara salah satu Mahasiswa perempuan lainnya yang bernama Widya telah melihat sosok penari dan mendengar alunan musik tradisional sepanjang perjalanannya memasuki Desa tersebut. Konon keberadaan Widya sangat menarik perhatian Makhluk-makhluk Astral seperti Badarawuhi atau Jin-jin saat berada di Desa tersebut.

Selama mereka melakukan program KKN di Desa tersebut, Widya sering mendapat gangguan aneh dari makhluk-mahluk Astral. Beberapa kali Widya melihat penampakan ganjil, yang hal tersebut juga dialami oleh Nur. Ayu yang dikenal sebagai inisiator untuk melakukan progam KKN di Desa itu justru melakukan kegiatan terlarang di Desa tersebut. Keteledoran Ayu tersebut mendatangkan malapetaka bagi rekan-rekan kelompoknya. Hal tersebut juga dialami oleh Wahyu sebagai angkatan senior di kelompok tersebut, saat ia menghadiri Pesta Ghaib di tengah hutan. Pelanggaran yang paling parah dilakukan oleh Bima, yang telah melakukan hubungan badan dengan Badarawuhi dan mempersembahkan beragam sesajen kepada makhluk ghaib tersebut. Anton sering kali melihat Bima melalukan hal-hal ganjil dan terlarang.

Ilustrasi Cerita KKN di Desa Penari

Ayu dan Bima yang menjadi akar permasalahan dari serangkai peristiwa ganjil di Desa tersebut. Ayu yang menyukai Bima justru berusaha menghindari perasaan Bima yang menyukai Widya. keteledoran Bima dan Ayu justru membuat kelompok mereka menjadi mendapat teror mistik. Kelompok KKN tersebut diterror oleh sosok Badarawuhi atau Sang Penari Ghaib yang diakhirnya dikenal sebagai Desa Penari. Kemalangan paling besar sering menimpa Widya dan Nur sering kali terlibat dan melihat beberapa penampakan mistik tersebut. Naas, Ayu dan Bima terjebak di dimensi ghaib dan tidak dapat kembali lagi. Pengalaman ini menjadi sebuah cerita pahit yang tidak ingin mereka ulangi lagi kembali, dan menjadi pembelajaran bagi para pembaca.

 

Catatan Data tentang Novel

Karya Novel yang mengambil sebuah cerita sempat sangat viral dan trending di media sosial twitter ini memiliki judul cetak KKN di Desa Penari yang mengambil kepopuleran judul yang serupa. Novel ini ditulis oleh Novelis dengan nama Pena Simpleman dan telah dirilis pada pertengahan Bulan September 2019. Penulis Novel yang berasal dari Jawa Timur ini memaparkan cerita pengalaman Horror tersebut berdasarkan 2 perspektif dari 2 orang yang terlibat di dalam ceritanya, yaitu Widya dan Nur. Melalui Buku Novel ini juga diungkap beberapa bagian yang belum pernah diungkapkan dimana pun, termasuk siapa sosok Simpleman itu sendiri.

Novel KKN di Desa Penari


Berikut ini adalah catata data tentang Buku Novel "KKN di Desa Penari".
 

  • Judul Novel (Title): KKN di Desa Penari 
  • Penulis (Nama Pena): Simpleman 
  • Genre : Horror 
  • Jumlah Halaman :260 Halaman 
  • Ukuran Buku : 14 x 20 cm 
  • Cover : Soft Cover
  • Ilustrator : Ajon Anggara & Alivion 
  • Penerbit : PT. Bukune Kreatif Cipta 
  • Tahun Terbit : 2019 
  • ISBN : 9786022203339 
  • Kode : BK19043

Untuk membeli dan mendapatkan Novel "KKN di Desa Penari" ini, anda dapat membeli di situs belanja online Shoppe 

Kepopuleran cerita KKN di Desa Penari yang pernah trending dan viral di jagad sosmed Twitter, membuat naskah cerita ini diangkat menjadi draft Sinema Teater Film. Film yang berjudul serupa “KKN di Desa Penari” ini bahkan menjadi salah satu cerita Film bergenre Horro yang paling laris dan terkenal di Indonesia saat ditayangkan pada April 2022.

Demikian artikel singkat yang mengisahkan dan mendeskripsikan sinopsis singkat dan data buku dari sebuah karya sastra Novel berjudul KKN  di Desa Penari. Artikel terkait lainnya dapat menelusuri label seni sastra pada laman tegaraya.com

3 Komentar untuk "KKN di Desa Penari: sinopsis Novel cerita Horror yang viral dan trending di Indonesia"

  1. Aku baca pertama kali di twitter. Tapi memang seserem itu kisahnya. Nggak bisa dipikir pake nalar hahahah. Berhubung udah pernah baca ceritanya, aku malah lebih tertarik nonton filmnya dibanding baca buku.

    BalasHapus
  2. Keren memang ceritanya, makanya wajar banyak yg penasaran nonton filmnya.

    BalasHapus
  3. Di tangan orang yang tepat kisah biasa seperti KKN pun dapat dijadikan bahan menarik dan sekarang sukses. Selain kisah horor yang berhasil diangkat oleh penulis, dari sisi budaya juga penulis berhasil mengangkat budaya Indonesia khususnya yang berbau mistis dan dikemas jadi cerita menarik. Saya rasa pantas jika film yang diangkat dari novel ini menjadi sukses.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

RajaBackLink.com