Galeri Hadiprana : cerita kunjungan ke Galeri Seni Rupa Tertua di Indonesia

Source: Guest Post dari Jastitah
Author & Penulis jastitahn.com

Galeri Seni (atau dapat juga disebut Museum Seni) adalah sebuah bangunan atau ruang kosong yang digunakan sebagai tempat memamerkan beragam bentuk karya seni. Galeri Seni biasanya paling banyak memamerkan hasil-hasil Karya Seni Rupa, seperti Seni Kriya, Seni Lukis, Seni Patung hingga Seni Miniatur. Galeri Seni merupakan sebuah wadah dan wahana rekreasi, kumpulan referensi keilmuan seni hingga relaksasi otak bagi para pengunjungnya.

Mengunjungi Galeri Seni adalah salah satu hal yang menyenangkan. Walaupun sebagian besar pengunjung mungkin tidak memahami secara spesifik tentang jenis-jenis hingga aliran Karya Seni yang dipamerkan. Menurut Jastitah selaku penulis artikel ini, ia adalah seorang penikmat seni, dimana ia bisa menikmati seni yang terlihat oleh kedua mata dengan sangat damai dan kesyahduan

Berikut ini kita telusuri cerita menarik dari Mbak Jastitah yang telah berkunjung ke salah satu Galeri Seni Rupa yang cukup dikenal di Indonesia.

 

Pengalaman Mengunjungi Galeri Seni Rupa Hadiprana

Beberapa waktu yang lalu, Mbak Jastitah menceritakan pengalamannya saat berkunjung ke Galeri Hadiprana. Galeri Seni Rupa ini didirikan oleh seorang Seniman Rupa bernama Hendra Hadiprana pada tahun 1962. Konon Galeri Seni ini adalah Galeri Seni Rupa yang Tertua di Indonesia. Salah satu staff di Galeri Seni ini sangat ramah dan bersedia berbagi cerita kepada Mbak Jastitah tentang pendirian Galeri Seni Rupa ini. Beliau mengungkapkan bahwa Galeri ini berdiri pada masa yang sulit dan canggung untuk perkembangan seni di Indonesia karena kekacauan nasional dan politik. Namun, Galeri ini akhirnya berhasil tidak hanya bertahan hidup, tetapi juga mendorong Kekayaan Seni Rupa ke mata publik, menjadikannya Pelopor dalam mempromosikan Seni Rupa di Indonesia.

 

Alamat Galeri Seni Hadiprana

Galeri Seni Rupa Hadiprana dikenal dengan nama reklame “Galeri Hadiprana since 1962”. Gedung Galeri Seni ini bertempat di Kota Jakarta dengan alamat sebagai berikut:

    Galeri Hadiprana since 1962

    Mitra Hadiprana Ground Floor

    Jl. Kemang Raya No. 30

    Jakarta Selatan 12730

Ketika memasuki galeri ini melalui area parkiran, kita akan menaiki tangga yang disekelilingnya terdapat berbagai lukisan yang seakan membuat kita perlahan terpukau dengan keindahan karya seninya.  

salah satu sudut area Galeri Seni Hadiprana

Galeri Hadiprana ini bisa dibilang tidak terlalu besar. Namun cukup menampung berbagai koleksi seni didalamnya. Terdapat beberapa buku koleksi tentang seni dari masa ke masa. Kita bisa membacanya dengan seksama karena disediakan meja dan kursi. Ada juga koleksi Patung Resin Fiber dengan tatakan Batu Granit yang unik. Koleksi Seni yang ada didalam Galeri Seni ini tersedia untuk dijual & apabila tertarik dapat menanyakan langsung kepada staf yang bertugas di Galeri Hadiprana.

 

Ulasan Tempat Galeri Hadiprana 

Gedung dan Ruangan Galeri Hadiprana sangat nyaman bagi pengunjung. Pengunjung akan disajikan iringan lagu-lagu syahdu yang membuat kita tenang saat berkeliling melihat Karya Seni yang ada didalamnya. Di dalam  Galeri Seni ini terdapat berbagai koleksi Seni Lukis yang dibuat oleh beberapa Seniman Lukis muda di Indonesia, khususnya Kota Jakarta. Menurut tuturan Staf yang bertugas di Galeri Seni Rupa ini, pihak Galeri akan sangat selektif untuk memilih beragam karya seni yang masuk dan hendak dipamerkan di Galeri Seni ini.

suasana interior Galeri Seni Hadiprana

Galeri Seni ini tidak hanya berisi art exhibition saja, melainkan ada beberapa jenis usaha bisnis lainnya. Galeri Hadiprana berdiri berdampingan dengan mitra usahanya seperti Perhiasan Hadiprana, Tenun Baron, Boutique HL&Co, dan H-Accent dengan interior dan aksesoris rumah. Galeri ini pun disebut sebagai Art Boutique Mall, karena didalamnya seperti rumah seni dengan interior yang cantik. Selain itu terdapat juga berbagai kerajinan tangan Seni Kriya, Artefak, Lukisan maupun Kelas Seni berkualitas yang sangat diminati oleh anak-anak dan orang dewasa.

Karya Seni Lukis di Galeri Hadiprana

Apabila anda tertarik untuk datang ke galeri ini, bisa langsung datang ke Galeri Hadiprana, buka setiap hari Senin - Sabtu, mulai pukul 10.00 - 17.00 WIB. Kamu akan menikmati koleksi seni dan indahnya interior yang ada disana. Untuk informasi lengkapnya terkait Galeri Seni Rupa Hadiprana dapat langsung menelusuri laman informasi tentang Galeri Hadiprana.

Demikian artikel singkat tentang Cerita Pengalaman mengunjungi Galeri Hadiprana yang merupakan Galeri Seni Rupa Tertua di Indonesia. Artikel terkait lainnya dapat menelusuri label seni rupa pada laman tegaraya.com

 

Sumber artikel oleh: Jastitah, author jastitahn.com 

Disunting oleh: Tomy Tegar, author tegaraya.com

 

7 Komentar untuk "Galeri Hadiprana : cerita kunjungan ke Galeri Seni Rupa Tertua di Indonesia"

  1. Wah, jadi pengen jalan-jalan ke galeri juga. Udah lama banget gak liat pameran seni rupa kayak di galeri. Terakhir pas masih SMA dulu, udah lebih dari 10 tahun lalu kayaknya

    BalasHapus
  2. Jalan jalan ke galeri seni seseru itu sih. Setelah selesai jalan, seperti ada semangat baru dan perasaan bahagia.

    BalasHapus
  3. Tempatnya terlihat antik dan klasik. Pasti berkunjung ke sana sangat asyik. Kita bisa menikmati nuansa nostalgia juga.

    BalasHapus
  4. wahh baru tau ada tempat kece kyk gini di jakarta, mau cobain ah mumpung masih tinggal di sini hehe,

    BalasHapus
  5. Menikmati keindahan ketika berada di Galeri Seni Rupa Hadiprana yang memiliki nilai seni serta makna dari masing-masing karya. Sungguh terpukau dengan bangunannya sendiri yangberdiri megah dengan detil-detil seni yang kental.

    BalasHapus
  6. Masih jadi wishlist buat berkunjung ke galeri seni.. keren banget lukisan yang ditampilin disini kak,

    BalasHapus
  7. Wah, seri nih kah sambil jalan-jalan bisa berkarya. Mendokumentasikan informasi dan pengalaman dalam tulisan.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

RajaBackLink.com