Seni Pahatan Relief Kuno yang Terkenal di Dunia

Karya Seni Relief adalah salah satu bentuk dari Seni Rupa yang menampilkan keindahan ukiran hasil perpaduan bentuk 2 dimensi dan 3 dimensi yang diolah diatas bidang datar. Karya Seni Relief adalah jenis karya seni yang sering diabadikan sebagai wujud gambaran aksara atau visual dokumenter dari sebuah peristiwa yang tertulis pada prasasti kuno. Seni Relief biasanya menunjukkan sebuah cerita, hikayat, epos, catatan atau mantra-mantra kuno pada bangunan Prasasti-prasasti tersebut.

Saat ini diberbagai kawasan di Dunia banyak ditemukan Pahatan karya seni Relief yang terkenal. Pahatan Seni Relief tersebut menjadi simbol ikonik dari Prasasti atau Karya Seni yang telah dikenal luas. Berikut ini adalah daftar dan deskripsi dari Seni Pahatan Relief Kuno yang Paling Terkenal di Dunia.

1. Acropolis Arsameia of Nymphaios

Acropolis Arsemeia of Nymphaios adalah sebuah kawasan sisa-sisa runtuhan Kerajaan Commagene yang terletak di Arsameia, Pegunungan Nemrut, Turki. Diantara reruntuhan sisa Istana Kerajaan Commagene ini, terdapat sebuah Pahatan Seni Relief yang Terkenal di Turki. Seni Relief ini memiliki tinggi kisaran 11 kaki (3,5 meter) yang diyakini dibuat pada kisaran tahun 70 SM. Puing-puing Relief Arsemeia of Nympahios ini masih terjaga hingga saat ini di kaki Gunung Nemrut.

Puing-puing Relief Arsemeia of Nymphaios

Pahatan Seni Relief di Acropolis Arsemeia ini menampilkan prosesi jabat tangan antara Heracles yang merupakan Delegasi Yunani Kuno dengan Mithrydates Sang Raja Commagene. Mereka menggunakan Busana Kerajaan dan Heracles memegang sebuah Gada Besar. Menurut  kisahnya, adegan jabat tangan yang terlukis pada Seni Relief tersebut menceritakan tentang Kebebasan Otonomi Kerajaan Commagene yang dibantu oleh Kekaisaran Yunani Kuno.

 

2. Dazu Rock Carving

Pahatan Seni Relief Dazu Rock Carving adalah sebuah karya Seni Relief yang diukir di sebuah Tebing Batu bernama Dazu yang terletak di Chongqing, Sichuan, China. Seni Relief Dinding Batu ini dibuat pertama kali pada zaman Dinasti Tang pada tahun 650 M, dan dilanjutkan oleh Dinasti Ming dan Dinasting Qing.

Seni Relief Dazu Rock Carving

Seni Relief Dazu Rock Carving menampilkan ukiran berupa 5000 wujud patung dan 100.000 pahatan huruf. Jenis Relief yang ditampilkan berupa Relief Rendah, Relief Tinggi hingga Relief Dangkal. Dari pahatan Seni Relief tersebut sebagian besar menceritakan kehidupan rakyat dan Kerajaan di China saat itu. Selain itu juga ditampilkan beberapa pahatan Seni Relief dari ajaran-ajaran dan kepercayaan dari Agama Budha, Tao, dan Konfusius.

 

3. Elephanta Caves

Pahatan Seni Relief Elephanta Caves adalah sebuah kompleks Gua Berpahat yang terletak di Gharapuri Island, Mumbai, India. Elephanta Caves ini merupakan sebuah kawasan kompleks yang memiliki banyak Gua. Kompleks Gua-gua ini dibagi menjadi beberapa kelompok yang digunakan untuk situs Agama Hindu dan Agama Buddha. Pahatan Seni Relief Elephanta Caves ini diperkirakan telah ada pada kisaran abad ke-5 hingga abad ke-8. Hingga pada tahun 1534 situs ini ditemukan kembali oleh Bangsa Portugis melalui ekspedisi Kolonalisme-nya.

seni Relief Elephanta Caves

Kompleks Elephanta Caves ini menampilkan beragam bentuk dan cerita dari Seni Reliefnya. Pada Gua Utama merupakan situs peribadatan Agama Hindu, sementara Komplek Gua lainnya merupakan situs Agama Buddha. Didalam Gua tersebut banyak terukir Seni Relief berjenis Relief Tinggi dan Relief Rendah, yang menampilkan beberapa kisah mitologi Agama Hindu dan Buddha. Sebagian sisa pahatannya mengalami keruntuhan dan kerusakan akibat pengaruh alam. Pada tahun 1970 Kompleks Elephanta Caves ini direnovasi dan telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1987.

 

4. Catacombs of Kom El Shoqafa

Pahatan Seni Relief Catacombs of Kom El Shoqafa merupakan situs arkeologi dari Kerajaan Mesir Kuno yang terletak di Alexandria, Mesir. situs arkeologi kuno ini berupa Nekropolis atau sisa-sisa reruntuhan Kota Kuno berupa bangunan KuiI dan Kompleks Makam Raja. Katakombe ini diberi nama Kom El Shoqafa yang memiliki arti “Gundukan Pecahan”, yang didasarkan alasan tumpukan Teracotta atau Puing-puing Seni Relief yang banyak terhampar disekitar Katakombe. Kompleks Katakombe ini diperkirakan dibuat pada kisaran abad ke-2. 

Seni Relief Kom El Shoqata

Seni Relief yang terpampang pada dinding bangunan banyak terpengaruh dari Budaya Romawi, Yunani dan Mesir Kuno. Seni Relief-nya menggunakan teknik jenis Seni Relief Rendah dan Seni Relief Dangkal, banyak menceritakan dan menampilkan ritual-ritual Mesir Kuno, perwujudan para Dewa dan prosesi Pemakaman Para Raja. Beberapa sudut Katakombe ini juga banyak menampilkan sosok mitologi Yunani Kuno seperti Dewi Athena dan sosok Medusa. Situs Kuil Kuno ini pernah dianggap sebagai salah satu Tujuh Keajaiban Dunia Kuno pada periode Abad Pertengahan di Eropa.

 

5. Angkor Wat

Angkor Wat adalah sebuah Kompleks Percandian Terluas yang terletak di Siem Reap, Kamboja. Komplek Percandian ini dibangun atas prakarsa Raja Suryawarman II dari Dinasti Kambujadesa pada awal abad ke-12. Kompleks Percandian Angkor Wat merupakan situs Agama Hindu pada awal pendiriannya, namun pada akhir abad ke-12 Kompleks Percandian ini dialihfungsikan menjadi Candi Agama Buddha. Angkor Wat tercatat sebagai Kompleks Percandian atau Situs Bangunan Keagamaan Terluas di Dunia berdasarkan luas areal (162,2 hektar).

Seni Relief Angkor Wat

Seni Relief yang terukir pada dinding-dinding Candi di Angkor Wat merupakan jenis Seni Relief Rendah dan Seni Relief Dangkal. Hampir disetiap sudut Candi ditemukan ukiran Seni Relief yang sangat rumit dan ikonik. Pahatan Seni Relief di Angkor Wat memvisualkan cerita kehidupan Kerajaan Kamboja, Sosok Dewa Hindu dan Epos Hindu Kuno. Namun pada tahun 1177 saat Raja Jayawarman VII menguasai Kamboja, Angkor Wat dialihkan menjadi situs Agama Buddha. Sebagian ukiran Seni Reliefnya diubah menjadi beberapa sosok dan hikayat cerita Sang Buddha. Hingga saat ini Angkor Wat tetap bertahan dan aktif menjadi pusat peribadatan Agama Hindu dan Buddha di Kamboja.

 

6. Persepolis of Apadana Palace

Persepolis of Apadana Palace adalah sebuah situs arkeologi Ibu Kota Seremonial Kerajaan Persia Kuno yang terletak di Shiraz, Iran. Persepolis ini merupakan warisan dari Darius Agung dari Dinasti Kekaisaran Akhemeniyah yang menguasai Persia Kuno yang didirikan pada kisaran tahun 515 SM. Kompleks Apadana Palace terdiri dari Istana Kerajaan, Balai Konsul dan Balai Audensi Besar, yang dibuat untuk menggelar acara musiman kerajaan Persia Kuno. Apadana Palace ini dirampungkan oleh Xerxes Agung yang melanjutkan kekuasan Dinasti Akhemeniyah.

Relief of Winged Sun (Faravahar)

Pahatan Seni Relief yang terukir pada puing-puing Istana Kerajaan tersebut merupakan jenis Relief Dangkal dan Relief Rendah. Seni Reliefnya mengambarkan ukiran kisah-kisah Kerajaan, Kepahlawanan, Mitologi Persia Kuno dan Kepercayaan Majusi Zoroaster. Salah satu Pahatan Seni Relief yang paling Ikonik di Persepolis tersebut adalah Relief of Winged Sun atau disebut juga Faravahar yang menjadi simbol bagi Zoroastrianisme di Kerajaan Persia Kuno. Situs Persepolis of Apadana Palace dideklarasikan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1979, sejak ditemukan pertama kali oleh penjelajah arkeologi dari Prancis.

 

7. Mahabalipuram

Situs Mahabalipuram (Mamallapuram) adalah sebuah situs kompleks suci atau Sanctuari bagi Agama Hindu yang terletak di Tamil Nadu, India. Situs suci ini merupakan peninggalan Dinasti Pallava yang dibuat pada kisaran tahun 628 hingga 728 Masehi. Situs kompleks suci ini terletak di pesisir Teluk Bengali, yang dibuat juga sebagai akses pelabuhan kerajaan. Nama Mahabalipuram diambil dari nama Raja Mahamalla atau Narasimhavarman I. Mahabalipuram di telah dideklarasikan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNIESCO pada tahun 1984 dengan kategori Kultural.  

Seni Relief Mahabalipuram

Situs Mahabalipuram merupakan kompleks Kuil-kuil Agama Hindu bercorak Arsitektur Monolitikum India Kuno. Kuil-kuil tersebut terbuat dari potongan-potongan batu yang diukir hingga berbentuk bangunan kuil. Pada bangunan Kuil-kuil tersebut terdapat beberapa Pahatan Seni Relief berjenis Relief Dangkal dan Relief Rendah yang Terkenal di India. Seni Relief Mahabalipuram merupakan karya seni yang sangat rumit dan detail, memvisualkan sebuah cerita Epos Hindu Kuno, Dewa-Dewi dan Makhluk-makhluk Mitologi Hindu, seperti Ganesha dan Garuda, serta Tokoh-tokoh Mahabharata seperti Yudistira, Bima dan Arjuna.

 

8. Taq-e Bostan

Taq-e Bostan adalah sebuah situs sejarah berupa rangkaian Seni Relief di Tebing Batu yang terletak di Kermanshah, Iran. Pahatan Seni Relief di Tebing Batu ini dibuat pada kisaran abad ke-4 Masehi saat Kekaisaran Dinasti Sassanid menguasai Persia Kuno. Kompleks Taq-e Bostan ini terdiri dari batu yang berdiri sendiri dan beberapa pahatan relief lainnya yang terkait dengan dua lengkungan batu. Pahatan Seni Relief ini bersebelahan dengan mata air suci yang bermuara di kolam refleksi besar di dasar tebing gunung. Sejak diekplorasi, Situs ini telah diubah menadi taman arkeologi Negara Iran.

Seni Relief Taq-e Bostan

Pahatan Seni Relief Taq-e Bostan diukir didalam frame lengkungan Arch. Didalam frame tersebut terdapat ukiran Relief yang menggambarkan upacara penobatan Raja Ardashir II, Shapur II, Shapur III dan Khosrau II. Ada juga ukiran beberapa adegan cerita Kerajaan Persia Kuno, seperti adegan berburu Khosrau II, dan adegan lainnya. Pola Relief Taq-E Bostan memiliki sebuah makna yang menonjolkan kekuatan, kemuliaan, kehormatan, kegembiraan, serta keagamaan di Persia Kuno.

 

9. Relief of Medusa in Temple of Hadrian

Temple of Hadrian adalah bangunan Kuil Yunani Kuno yang terletak di Ephesus, Izmir, Turki. Bangunan Kuil ini diperkirakan dibangun pada awal abad ke-2 atau tahun 138 Masehi oleh P. Quintilius yang dipersembahkan kepada Kaisar Hadrian yang datang dari Athena menuju Turki pada kisaran tahun 128 Masehi. Puing-puing dari bangunan Kuil ini terdiri dari satu fasad yang ditopang oleh 4 pilar Korintian. Kemudian didalamnya terdapat beberapa Patung Dada Dewi Tyche, Para Kaisar Romawi Kuno dan Para Keluarga Theodoius.

Relief of Medusa

Pahatan Seni Relief yang ikonik dan Terkenal dari Temple of Hadrian ini merupakan jenis seni relief dangkal. Didalam Relief tersebut digambarkan sosok Manusia yang memiliki bilah rambut seperti ular. Seni Relief Sosok Ikonik tersebut dikenal dengan nama Medusa, yang dikelilingi dengan hiasan dedaunan Acanthus, terletak diatas Pintu Masuk Kuil Hadrian. Saat ini sebagian panel Seni Relief dan Patung-patung dari Kuil Hadrian ini dipindahkan dan dipajang di Museum Kota Ephesus. 

 

10. Throne Dais of Shalmaneser III

Relief Throne Dais of Shalmaneser III merupakan sebuah panel seni relief yang terletak di sebuah Mimbar dari Puing-puing Kerajaan Assyria, Mesopotamia Kuno, Irak. Mimbar ini dibuat pada kisaran tahun 846 hingga 845 SM, yang artinya merupakan peninggalan dari Kekuasaan Raja Shalmaneser III. Mimbar Kuno ini telah dipajang di Galeri Asyur di Museum Negeri Irak di Kota Baghdad.

Seni Relief Throne Dais of Shalmaneser III

Pahatan Seni Relief Throne Dais of Shalmaneser III ini merupakan jenis pahatan dangkal. Relief ini menggambarkan Raja Shalmaneser III yang merupakan Raja Assyria (sebelah kanan) sedang berjabat tangan dengan Marduk-Zakir-Shumi, seorang Raja Babel (sebelah kiri). Keduanya dikelilingi oleh penjaga dan berdiri di sebuah kanopi berpohon yang ditopang oleh tiang. Adegan didalam relief tersebut merupakan bentuk pengukuhan aliansi diantara kedua kerajaan tersebut. Konon, prosesi jabat tangan ini adalah sebuah prosesi jabat tangan pertama di dunia, dan menjadi asal mula dari jabat tangan yang telah kita lakukan hingga saat ini sebagai bentuk penghormatan.

 

11. Relief of Chaos Monster and Sun God

Relief of Chaos Monster and Sun God adalah sebuah pahatan Seni Relief Kuno yang ditemukan dari Lempeng Monumen Niniwe, Mesopotamia Kuno, Irak. Lempengan Seni Relief ini berasal dari puing-puing Istana Sanherib dan perunggu dari reruntuhan Kekuasaan Raja Nimrod. Saat ditemukan lempengan Seni Relief ini, para arkeolog menemukannya didekat pintu masuk puing-puing istana Dinasti Assyira. Saat ini, lempengan Seni Relief tersebut tersimpan di British Museum bersama beberapa artefak Mesopotamia Kuno lainnya.

Seni Relief Misterius Chaos Monster and Sun God

Pahatan Seni Relief Chaos Monster and Sun God menjadi sebuah misteri dari peninggalan peradaban Mesopotamia Kuno. Seni Relief tersebut diyakini sebagai gambaran Dewa Matahari bagi Kaum Assyria yang sedang menggengam Trisula kecil dan memiliki sayap besar, sedang bertikai dengan makhluk mitologi menyerupai Griffin dengan cakar dan taring yang besar, mencoba meneror bumi dan menyebarkan kejahatan. Kisah dari Relief ini kemungkinan besar telah tercatat didalam sebuah Kisah Epos Kuno di kawasan Mesopotamia Kuno.

  

12. Gapuram (Tamil)

Gapuram atau Tamil adalah jenis bangunan Gapura monumental bercorak Arsitektur Dravida yang banyak ditemukan di kawasan India. Gapura tersebut menjadi sebuah pintu masuk (entrance) untuk memasuki kompleks Kuil Hindu Kuno yang dikelilingi oleh Tembok Gerbang. Bangunan Gapuram ini merupakan peninggalan monumental dari Dinasti Pallawa yang dipimpin oleh Raja Pandya.

Seni Relief di Tamil Kuil Menaksi

Gapuram yang menyerupai seperti pilar besar berbentuk linmas jajar genjang, memiliki tingkatan berundak-undak dengan nilai estetika yang tinggi. Ditiap tingkatan tersebut ditemukan banyak Seni Relief berjenis relief tinggi dan rendah yang sangat rumit dan indah. Relief-relief rumit tersebut menggambarkan sosok-sosok mitologi dalam Agama Hindu Kuno. beberapa contoh Gapuram yang terkenal antara lain; Kuil Menaksi, Kuil Sri Kailasanathar, Kuil Nataraja Chidambram, Kuil Annamalaiyat, dan lain-lain.

 

13. Relief of Borobudur

Candi Borobudur adalah sebuah situs Candi Terbesar Agama Buddha Terbesar di Dunia yang terletak di Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Candi Borobudur merupakan sebuah karya dari Arsitek Terkenal bernama Gunadharma yang didirikan pada masa Kekuasaan Dinasti Syailendra yang menduduki Kerajaan Mataram Kuno pada tahun 770 Masehi. Candi Borobudur difungsikan sebagai Pusat Peribadatan dan tempat Ziarah Suci bagi Umat Buddha di Indonesia. Candi Borobudur bahkan pernah masuk ke dalam Daftar 7 Keajaiban Dunia Modern pada dekade 2000-an. 

Seni Relief di dinding Candi Borobudur

Seni Relief pada Candi Borobudur sendiri terdiri dari 2.672 panel yang terukir pada dinding Candi. Jenis Relief yang ditemukan pada Candi Borobudur adalah jenis Relief Rendah yang memvisualkan cerita dan ajaran Agama dari Sang Buddha Gautama. Selain itu dibeberapa sudut Candi, Seni Relief juga menceritakan beberapa kisah kehidupan Kerajaan Mataram Kuno, kehidupan rakyat, cerita rakyat dan tradisi kerajaan yang terjadi pada masa itu. Untuk membaca kisah dari Seni Relief Borobudur, kita harus menelusurinya searah jarum jam dan berdasar tingkatan dari Candi Borobudur. Seni Relief Candi Borobudur sudah mengalami beberapa pemugaran akibat bencana alam dan kondisi umur bangunan. Pada tahun 1991, Candi Borobudur ini diakui sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

 

Selain beberapa contoh Relief Terkenal diatas, masih banyak ditemukan beberapa Pahatan Seni Relief yang ikonik di bebeapa tempat di Dunia saat ini. Seni Relief tersebut memiliki ciri khas, kultur dan cerita yang menarik. Seni Relief tersebut masih terjaga dan tersimpan sebagai warisan budaya dan arkeologi yang menunjukkan kekayaan Karya dan Seni di Dunia.

Demikian artikel singkat tentang daftar dan deskripsi Karya Pahatan Seni Relief yang Ikonik dan Paling Terkenal di Dunia. Artikel terkait lainnya dapat menelusuri label seni rupa pada laman tegaraya.com

7 Komentar untuk "Seni Pahatan Relief Kuno yang Terkenal di Dunia"

  1. borobudur.keren banget emang. saya suka yg desain borobudur dan tamil kuil.

    yang kom el shoqata rada serem gitu gambarnya hii. tp begitulah antiknya desain2 kuno ini yah mass

    BalasHapus
  2. Saya suka sekali mengunjungi candi.. Alasan utamanya karena banyak sekali relief-relief keren nan cantik yang terpampang dalam candi tersebut. Sering banget heran kenapa kok bisa zaman dahulu bikin mahakarya sebagus itu...

    BalasHapus
  3. Asik, relief candi borobudur masuk

    BalasHapus
  4. Satu satu nya candi yang pernah saya temui Adalah candi plaosan di Klaten. Saya sangat terpukau melihat peninggaln sejarah yang sangat indah itu. Sayang sekali saya belum puas menikmati tiap sudut disana...

    BalasHapus
  5. Relief menjadi cara orang-orang dulu mengabadikan sejarah. Saya takjub sama kreativitas tingkat tinggi orang-orang dulu. Keren abis. Makasih sharingnya, saya baru karya relief dunia.

    BalasHapus
  6. Slalu suka baca tentang seni pahatan kayak gini, karena pas belajar sejarah dulu paling suka pas bagian manusia kera dan kerajaan2 zaman dulu. Terima kasih untuk informasinya

    BalasHapus
  7. Keren keren banget pahatan-pahatan dari seluruh dunia ini ya..
    Padahal zaman dulu alatnya masih sangat sederhana sekali. Tapi hasil karya yang dihasilkan luar biasa..

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

RajaBackLink.com