Tokoh Penyair Puisi yang Legendaris dan Terkenal di Dunia

Penyair Puisi adalah seorang yang Menulis Puisi dan menyairkan Puisi hasil karya ciptanya. Puisi dikenal sebagai salah satu bentuk Karya Sastra yang sangat Populer dikalangan para pecinta Seni Sastra. Beragam jenis tema dari Puisi terkadang kerap menjadi sebuah lirik atau kutipan menarik untuk dibagikan kedalam media publikasi online maupun sebagai caption sebuah postingan di media sosial.

Di dunia ini beragam jenis Puisi telah diketahui dan tersebar melalui para Penyair sejak masa peradaban awal manusia. Beberapa Tulisan Puisi Kuno bahkan telah tertulis didalam prasasti Kuno diatas kepingan batu atau lempengan tanah liat. Keluasan Karya Sastra Puisi ini telah banyak melahirkan beberapa Tokoh Penyair Puisi yang Legendaris dan akhirnya dikenal diseluruh Dunia.

Berikut ini adalah beberapa daftar, deskripsi dan biografi dari Tokoh-tokoh Penyair Puisi yang Legendaris dan Terkenal di Dunia.

1. Kahlil Gibran

Kahlil Gibran adalah Penyair Puisi yang sangat dikenal di Dunia. Beliau lahir di Basyari, Lebanon yang saat itu merupakan wilayah Kesultanan Utsmaniyah, pada 6 Januari 1883. Saat berusia 10 tahun Kahlil Gibran pindah ke Kota Boston, Amerika Serikat. Namun beliau hanya menetap selama 3 tahun di Amerika Serikat dan pergi kembali menuju Beirut dan menempuh pendidikan di College de La Sagasse pada tahun 1899. Setelah masa pendidikannya tersebut, Kahlil Gibran kembali ke Amerika Serikat saat berumur 19 tahun dan belajar untuk menghasilkan banyak Karya Tulis. Sesekali Kahlil Gibran berkunjung ke Kota Paris di Prancis untuk mempelajari Seni Satra. Sejak saat itu Khalil Gibran sebagian besar menghabiskan masa produktifnya saat tinggal dan menetap di Amerikan Serikat. Kahlil Gibran meninggal di Kota New York pada 10 April 1931 saat berusia 48 akibat penyakit TBC dan Surosis Hati.

Kahlil Gibran

Kahlil Gibran adalah Penyair Puisi yang beraliran tema Romantik. Didalam Karya-karya Puisinya biasanya Beliau akan memadukan unsur-unsur Budaya Timur dan Barat. Terkadang Kahlil Gibran menampilkan unsuru fenomena alam pada beberapa Karya Puisinya, yang terinspirasi dari beragam bencana alam yang kerap terjadi di tanah kelahirannya di Lebanon. Kahlil Gibran meluncurkan karya pertamanya pada tahun 1918 berbahasa Inggris yang berjudul “The Madman”. Beberapa Judul Puisi yang paling terkenal di Dunia karya Kahlil Gibran antara lain;  Cinta, Pandangan Pertama, The Propet, Dari The Forerunner, Nyanyian Sukma, Aku Bicara Perihal Cinta, dan lain-lain.

 

2. William Shakespeare

William Shakespeare adalah seorang Pujangga Klasik dan Penyair Puisi Paling Legendaris dari Inggris dan telah Terkenal dan mendunia. Beliau lahir di Warwickshire, Inggris pada tahun 1564. William Shakespeare sering disebut sebagai Penyair Nasional Inggris oleh publik Inggris, hingga mendapat julukan “Pujangga dari Avon”. William Shakespeare adalah seseorang yang sangat berbakat di bidang Kesastraan saat itu, dan memiliki banyak karya Sastra dalam bentuk naskah drama, syair hingga puisi. William Shakespeare meninggal di Warwickshire, Inggris  pada 23 April 1616 saat berusia 52 tahun, yang diduga wafat akibat serangan Demam paska acara perjamuan minuman di sebuah acara.

William Shakespeare

William Shakespeare sangat aktif menghasilkan karya-karya pada kisaran tahun 1589 hingga 1613. Beliau menghasilkan sebuah Karya Roman legendaris yang kelak akan sangat dikenal di Dunia, yaitu Romeo and Juliet. Beliau banyak menciptakan karya Kesastraan yang bertema Romansa, Tragedi dan Sejarah. Beberapa karya Sastra Puisinya yang sangat terkenal dari William Shakespeare antara lain; My Mistress Eys are Nothing Like The Sun, A Lover’s Complaint, Fear No More, A Fairy Song, All The World’s Stage, dan karya-karya lainnya.

 

3. E. E. Cummings

Edward Estlin Cummings adalah seorang Penyair Puisi Terkenal yang berasal dari Amerika Serikat. Beliau lahir di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat pada 14 Oktober 1894. E. E. Cummings pernah mengenyam pendidikan di Universitas Harvard dan kemudian dikenal luas sebagai seorang Penyair Populer. Selain dikenal sebagai Penyair Puisi Terkenal, Beliau juga dikenal sebagai Pelukis, Penulis Essai, dan Dramawan. E. E. Cummings meninggal di New Hamsphire (USA) pada 3 September 1962 saat berumur 67 tahun.

E. E. Cummings

E. E. Cummings sering diakui sebagai salah satu Tokoh Penyair Puisi Paling Penting pada abad ke-20 di Amerika Serikat. Beliau telah menghasilkan lebih dari 2.900 Puisi selama karir produktifnya, selain Sastra lainnya berupa Autobiografi, Novel, Tulisan Essai, Naskah Drama, dan lain-lain. Beberapa karya Buku Puisi dan judul Puisi yang telah dibuat oleh E. E. Cummings antara lain; Tulips and Chimneys (1923), is 5 (1926), ViVa (1931), No Thanks (1935), I Carry it in My Heart (1952), dan lain-lain.

 

4. Pablo Neruda

Pablo Neruda adalah seorang Penyair Terkenal dari Chili yang memiliki nama asli Ricardo Eliecer Neftali Reyes Basoalto. Beliau mengambil nama Neruda sebagai nama samarannya yang terinspirasi dari Penyair asal Ceko, bernama Jan Neruda. Pablo Neruda lahir di Parral, Chile pada 12 Juli 1904. Pasa masa hidupnya, Pablo Neruda yang sangat vokal berorasi politik beraliran Komunisme pernah menjadi Senator sementara untuk Partai Komunis Chili, hingga pernah menjadi kandidat Presiden Chili pada tahun 1970. Pablo Neruda diakui sebagai salah satu Tokoh Penyair Terbesar Berbahasa Spanyol pada abad ke-20. Beliau meninggal di Santiago, Chili pada 23 September 1973 saat berumur 69 tahun akibat penyakit Leukemia yang dideritanya.

Pablo Neruda

Pablo Neruda pernah mendapat Prestasi berupa Penghargaan Nobel pada Bidang Sastra saat tahun 1971. Beliau  menghasilkan karya Puisi yang sebagian besar bertema Cinta yang Erotik, Surealis, Epos Sejarah, Naturalis Alam, hingga bertema Politik.  Beberapa karya dan judul Puisi yang Terkenal dari Pablo Neruda antara lain; Sonnet 22, Jika Anda Melupakan Saya, Puisi 12, Cinta, Seratus Cinta Soneta, Haus Untukmu, Laut, Angin Meniup Rambutku, Kemarin, dan karya-karya lainnya.

 

5. Maya Angelou

Maya Angelou memiliki nama lahir yaitu Marguerite Annie Johnson, merupakan seorang Penyair Terkenal dari Afrika yang berkebangsaan Amerika Serikat. Beliau lahir di St. Louis, Missouri, pada 8 April 1928. Maya Angelou selain dikenal sebagai Tokoh Penyair Puisi, beliau juga memiliki ketertarikan Seni dalam bentuk Tari, Musik dan Teatrikal. Dalam bidang Seni Sastra, beliau banyak menghasilkan karya dalam bentuk Kutipan, Artikel, Tulisan Essai, Buku serta Puisi-puisi. Maya Angelou juga mendapat banyak prestasi di Bidang Sastra Puisi, seperti Penghargaan Quil pada tahun 2006, Penghargaan NAACP 2007, dan Penghargaan BET Kesastraan 2012. Maya Angelou meninggal di Winston-Salem, Carolina Utara pada 28 Mei 2014 saat berusia 86 tahun.

Maya Angelou

Maya Angelou dikenal sebagai Sastrawan Wanita Terkenal yang berasal dari Afrika. Ia mendapat kehormatan membacakan karya Puisinya yang berjudul And Still I Rise saat pelantikan Presiden pada tahun 1993. Sebagian besar karya Puisinya bertema tentang kritik sosial dan politik, kebebasan berekspresi dan kesetaraan kaum kulit hitam di mata dunia. Beberapa karya dan judul Puisi yang Terkenal dari Maya Angelou antara lain;The Lesson, Touched by An Angel, I Know Why The Caged Bird Sings, When You Come, Passing Time, Alone, Phenomenal Woman, dan karya-karya lainnya.

 

6. Emily Dickinson

Elizabeth “Emily” Dickinson adalah salah satu Tokoh Penyair Puisi yang Terkenal dari Amerika Serikat. Emily Dickinson lahir di Amherst, Massachusetts (USA) pada 10 Desember 1830. Beliau dikenal sebagai salah satu Tokoh Penyair Terkemuka di Amerika Serikat pada abad ke-19. Emily Dickinson merupakan keturunan dari Samuel Dickinson yang dikenal sebagai pendiri Amherst College, sehingga ia juga menimba ilmu di tempat tersebut. Namun Emily Dickinson tidak mampu menyelesaikan pendidikannya ke tingkat lebih tinggi akibat menderita Depresi. Karena hal tersebut, Emily lebih suka hidup menyendiri dan mengisi waktunya dengan menulis buku catatan pribadinya dan menghasilkan banyak Karya Puisi. Emily Dickinson di Amherst, Massachusetts (USA) pada 15 Mei 1886 saat berusia 56 tahun.

Emily Dickinson

Emily Dickinson yang selama hidupnya banyak mengasingkan diri dirumah dan menjalani terapi, dapat menghasilkan lebih dari 1.800 karya Puisi. Karya-karya Emily Dickinson banyak diterbitkan pada tahun 1890 setelah kematiannya, dan telah dirangkum dalam bentuk buku pada tahun 1955. Karya Puisinya banyak tertulis tentang perasaannya, kesendirian dan tekanan yang Ia alami selama hidupnya. Beberapa karya dan judul Puisi yang Terkenal dari Emily Dickinson antara lain; Marginalia, The Chipmunk, To Emily Dickinson, Accomplished Facts, Letters to Dead Imagists, Dedication For A Plot of Ground,  dan karya-karya lainnya.

 

7. Victor Hugo

Victor-Marie Hugo adalah seorang Tokoh Penyair yang Terkenal dari Prancis. Beliau lahir di Prancis Besancon, Prancis pada 26 Februari 1802. Selain dikenal sebagai seorang Penyair yang dikenal di Dunia, Victor Hugo juga seorang Sastrawan yang menghasilkan karya dalam bentuk Novel, Naskah Drama dan Tulisan Essai, serta aktif sebagai Seniman Visual, dan Aktifis Kemanusiaan. Victor Hugo diakui sebagai Penulis bergenre Romantis yang Paling Berpengaruh di Eropa pada Abad ke-19, serta diidentifikasi sebagai Penyair Terbesar dari Prancis. Victor Hugo juga sangat kritis terhadap masalah poltiik dan sosial yang terjadi di Prancis saat itu. Victor Hugo meninggal di Paris, Prancis pada 22 Mei 1885 saat berusia 83 tahun.

Victor Hugo

Victor Hugo memiliki banyak karya Puisi yang saat itu dipengaruhi oleh aliran Romantisisme yang sangat trend pada tahun 1800-an. Aliran Romantisisme ini menunjukkan sebuah gairah seni yang menampilkan keindahan yang dilebih-lebihkan, terutama tentang cerita romansa. Beberapa karya dan judul Puisi yang Terkenal dari Victor Hugo antara lain; Cloud, To The Cannon “Victor Hugo”, The Girl of Otaheite, The Morning of Life, Beloved Name, Madelaine, The Lover’s Wish, The Wathcing Angel, Sunset, My Napoleon,  dan karya-karya lainnya.

 

8. Wang Wei

Wang Wei adalah Tokoh Penyair Puisi Terkenal yang berasal dari Tiongkok, hidup saat Kekuasaan Dinasti Tang. Wang Wei lahir pada tahun 699 di Jinzhong, Shanxi, Tiongkok. Beliau selain dikenal sebagai Tokoh Penyair Puisi yang Paling berpengaruh pada Kekaisaran Dinasti Tang, juga dikenal sebagai Seniman Lukis, Musisi hingga Politisi Tiongkok saat itu. Wang Wei yang menganut ajaran Zen Buddha banyak menuntut ilmu keseniannya dari Master Chan Daoguang. Banyak karya Sastra Puisi-nya yang telah dilestarikan dan dianggap sebagai warisan antologi pada Abad ke-18. Wang Wei meninggal di Xi’an, Shanxi pada tahun 759 saat Ia berumur 60 tahun. 

Wang Wei

Wang Wei memiliki banyak Karya Sastra Puisi yang berjumlah hingga 420 lebih. Karya-karya Puisinya dikumpulkan oleh Pihak Kekaisaran Tang saat itu yang dibantu oleh Adik Bungsunya yang bernama Wang Jin. Puisinya banyak menceritakan tentang Pemandangan Alam dan Spiritualisme Manusia. Beberapa karya dan judul Puisi yang Terkenal dari Wang Wei antara lain; Xiang Si (One Heart), Hongdou Sheng Nanguo (Red Bean Raw Southern Country), Chun Lai Fa Jizhi (A Few Sprigs in Springs), Yuan Jun Duo Caixie (May You Pick More), Ci Wu Zui Xiangsi (This Thing is The Most Acacia), dan lain-lain.

 

9. Vladimir Mayakovsky

Vladimir Mayakovksy adalah Tokoh Penyair Puisi yang Terkenal dari Uni Soviet (Rusia). Beliau lahir di Baghdati, Rusia pada 19 Juli 1893, dan orang tuanya adalah keturunan Ukraina. Vladmiri Mayakovsky selain dikenal sebagai Penyair Puisi yang Terkenal, Ia juga dikenal sebagai Penulis Naskah Drama, Aktor Panggung dan Artis Film. Vladimir Mayakovsky juga dikenal sebagai tokoh terkemuka Futuris Kerajaan Rusia dan Ia juga mendukung Partai Komunis selama Perang Saudara Rusia pada tahun 1917-1922. Vladimir Mayakovksy meninggal di Moscow, Rusia pada 14 April 1930 saat masih berumur 36 tahun.

Vladimir Mayakovsky

Vladimir Mayakovsky merupakan Penyair Puisi yang banyak menghasilkan karya dengan tema Politik, Perang dan Sindiran Sosial. Kekagumannya terhadap Vladimir Lenin, Tokoh Revolusi Uni Soviet yang sangat terkenal saat itu, menginspirasi banyak Karya Sastra Puisinya. Karya Puisi pertamanya lahir pada tahun 1915 yang berjudu A Cloud in Trousers. Beberapa karya dan judul Puisi lainnya yang Terkenal dari Vladimir  Mayakovksy antara lain; At The Top of My Voice, To All and Everything, Back Home, My Soviet Passport, Conversation with Comrade Lenin, Call to Account, Attitude To A Miss, Our March, dan lain-lain.

 

10. Jalaluddin Rumi

Maulana Jalaluddin Rumi Muhammad atau dikenal juga dengan Nama Pena Rumi adalah seorang Tokoh Penyair Puisi Sufi Persia yang berasal dari Afghanistan. Beliau lahir di Balkh, Afghanistan pada 30 September 1207. Jalaluddin Rumi selain dikenal sebagai Penyair Puisi yang sangat Terkenal, juga dikenal sebagai Penulis, Teolog, Ulama dan Maturidi. Jalaluddin Rumi dikenal sebagai salah satu Penyair Paling Populer di Dunia dan diakui sebagai Penyair Terlaris di Amerika Serikat. Pengaruhnya yang sangat besar dan Populer telah mengangkat Kesastraan Persia di mata Dunia. Jalaluddin Rumi memperkenalkan Sufisme yang mendunia dan kerap disebut sebagai “Quran dalam Bahasa Persia”. Jalaluddin Rumi meninggal di Konya, Turki pada 17 Desember 1273 saat berumur 66 tahun.

Jalaluddin Rumi

Jalaluddin Rumi tidak hanya menampilkan kata-kata indah, tetapi juga pemikiran yang sangat dalam dari karya-karya Puisinya. Kebanyakan tulisan Puisi-nya menggunakan bahasa Turki, Arab dan Yunani, namun telah banyak diterjemahkan ke berbagai bahasa di Dunia. Sebagian besar Puisi Jalaluddin Rumi dipopulerkan melalui terjemahan berbahasa Turki, Azerbaijan, Amerika Serikat, Chagatai, Urdu, Bengali dan Pashtun. Salah satu karyanya yang paling terkenal adalah Kitab Masnawi (Mathnawi) yang disusun di Koya, yang dianggap sebagai Buku Kumpulan Puisi berbahasa Persia yang Terbaik di Dunia. Beberapa karya dan judul Puisi lainnya yang Terkenal dari Jalaluddin Rumi antara lain; Hanya Engkau, Pukulan dari Langit, Engkau adalah Jalan Cinta, Wahai yang teramat Lembut, Bukan Seorang Penyair, Rintihan Tawanan Dunia, Jika Tanpa Engkau, dan lain-lain.

 

Selain 10 nama Penyair Puisi Terkenal dari daftar diatas, masih ada beberapa Penyair Puisi  Terkenal lainnya yang perlu kita ketahui, seperti; William Blake, Alfred Lord Tennyson, Jane Austen, Johann Wolfgang von Goethe, Sir Walter Releigh, Alexandre Pope, Issa Kobayashi, Emma Lazarus, dan penyair lainnya.

 

Demikian artikel tentang Tokoh-tokoh Penyair Puisi yang Legendaris dan Terkenal di Dunia. Artikel terkait lainnya silahkan menelusuri label seni sastra pada laman tegaraya.com

3 Komentar untuk "Tokoh Penyair Puisi yang Legendaris dan Terkenal di Dunia"

  1. Khalil Gibran dan William Shakespeare fave saya jugaa, hasil karya nya melegenda bangedd yaa, mimpi banged bisa punya karya yang melegenda seperti mereka, Aamiinnnn

    BalasHapus
  2. Penyair yang zaman dulu tentu selain memang zamannya merangkai kata-kata yang indah dan menyentuh hati juga kekuatan literasi yang masih sangat mengakar. Kalau seorang penyair, diidentikkan dengan "kaum bangsawan".
    Semoga literasi dan kekayaan literasi saat ini bisa seperti zaman dulu. DInikmati hingga relung hati..

    BalasHapus
  3. Entah kenapa, saya akhir-akhir ini suka menulis puisi. Dan terkadang, saya mencari tahu informasi mengenai penyair-penyair di atas utk dijadikan inspirasi. Terima kak, atas artikelnya. Sangat bermanfaat

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

RajaBackLink.com