A Street Cat Named Bob (2016) : sinopsis film bertema persahabatan Kucing dan Manusia

Film berjudul A Street Cat Named Bob (2016) adalah sebuah Film bergenre Drama dan Biografi yang berasal dari Britania Raya. Film ini pertama kali dirilis dan tayang pertama kali di Kota London, Inggris pada 3 November 2016. Film ini menggunakan dialog berbahasa Inggris yang mengisahkan Persahabatan dan Petualangan Seekor Kucing dan Manusia yang diangkat dari Kisah Nyata yang telah dibukukan pada Karya Novel Novel yang berjudul serupa A Street Cat Named Bob dan Buku Novel lainnya yang berjudul The World According to Bob yang ditulis sendiri oleh tokoh yang ada didalam kisah nyata tersebut, bernama James Bowen.

Secara singkat Film A Street Cat Named Bob diangkat dari Kisah Nyata yang menceritakan seseorang yang bernama James Bowen, seseorang yang pecandu narkotika dan obat terlarang sejenisnya. Ia baru saja sembuh dari pengaruh Naarkotika tersebut, bertemu dengan seekor Kucing jalanan yang terlihat lusuh dan diabaikan pada tahun 2007. James Bowen kemudian memberi makan kucing tersebut, serta mengadopsinya dengan memberinya nama Bob. Sejak saat itu James Bowen bersahabat dengan Bob dan bersama-sama menjual majalah di jalanan Kota London.

 

Pemeran dan Kru Film

Film  A Street Cat Named Bob disutradarai oleh seorang sutradara Terkenal dari Kanada yang bernama Roger Spottiswoode. Naskah cerita dari Film ini dibuat oleh Tim John bersama rekannya Maria Nation yang diambil berdasarkan Buku Novel karya James Bowen yang berjudul serupa yaitu A Street Cat Named Bob. Film ini diproduseri oleh Adam Rolston dan diproduksi oleh Stage 6 Films yang bekerjasama dengan Shooting Script Films, Prescience, Iris Production dan The Exchange. Kemudian Film bergenre Drama ini didistribusikan oleh Sony Pictures Releasing.

Roger Spottiswoode bersama Luke Treadaway dan Kucing Bob

Sinema Film A Street Cat Named Bob ini dibintangi oleh beberapa Pemeran Film yang sudah dikenal luas. Peran James Bowen diisi oleh aktor bernama Luke Treadaway, sementara Kucing Bob diisi oleh Sang Kucing asli yang bernama Bob, yang mengisi cerita dari Kisah Nyata tersebut. Sementara pemeran lainnya yang memerankan beberapa karakter dalam Film A Street Cat Named Bob ini, antara lain;

  • Ruta Gedmintas, sebagai Elizabeth “Betty” Robinson
  • Joanne Froggatt, sebagai Val
  • Anthony Head, sebagai Jack Bowen
  • Beth Goddard, sebagai Hilary Bowen
  • Caroline Goodall, sebagai Mary
  • Darren Evans, sebagai Baz
  • Ruth Sheen, sebagai Elsie
  • Nina Wadia, sebagai Bus Conductress

Didalam Sinema Film A Street Cat Named Bob ini telah didukung oleh beberapa Kru yang membantu pembuatan dan produksi Film. Produksi Film atau Sinematografi dikoordinasi oleh Peter Wunstorf, Penata Musik dikerjakan oleh David Hirscfelder dan Charlie Fink, sementara Penyunting Akhir menjadi tanggung jawab Paul Tothill.

 

Alur Cerita dan Sinopsis

Cerita yang diangkat dari sebuah Kisah Nyata. James Bowen adalah seorang Tuna Wisma dan Pengamen yang tinggal di Kota London. Dia adalah mantan seorang Pecandu Narkotika yang hidup liar di jalanan kota London, walau memiliki latar belakang keluarga berekonomi mapan dan memiliki seorang ayah yang kaya. James Bowen diabaikan oleh keluarganya sendiri dan memilih hidup terlantar sembari berusaha menyembuhkan dirinya sendiri dari pengaruh Narkoba melalui proses terapi.

James Bowen melakukan usaha penyembuhan dirinya dari pengaruh Narkotika yang dibimbing oleh seorang Perempuan bernama Val. Val merasa iba melihat kehidupan James yang sering mengais tumpukan sampah untuk mencari sisa makanan agar ia tetap bisa bertahan hidup. Melihat kegigihan James Bowen yang ingin sembuh dari efek Narkoba, Val membantunya untuk mendapatkan tempat tinggal yang layak dan menjalani program rehabilitasi. Setelah mendapat tumpangan tempat tinggal melalui bantuan Val, James sangat merasa bahagia. 

Pada suatu malam ketika James Bowen telah menempati tempat tinggal barunya, ia mendapati sebuah suara berisik yang ia kira adalah seorang maling yang masuk ke rumahnya saat ia mandi. Ternyata suara berisik itu berasal dari seekor Kucing berwarna Orange yang sedang mencuri makanan. James mencoba memberi Kucing tersebut makan dan memintanya pergi dari apartemen tersebut. Namun Kucing tersebut tidak menurutinya dan justru menginap di apartemen itu semalaman. James membiarkan hal tersebut dan berpikir bahwa Kucing berwarna orange tersebut adalah milik seseorang yang mungkin tersesat dan masuk ke dalam rumahnya.

James Bowen berusaha mencari pemilik Kucing berwarna orange tersebut, namun Kucing tersebut tetap saja tinggal di apartemennya. Hingga suatu saat Kucing tersebut terluka, sehingga James merasa panik dan meminta tetangganya yang seorang Gadis bernama Betty Robinson untuk menolongnya. Betty menyarankan untuk membawa Kucing tersebut ke Klinik Vet, dan James menurutinya. Namun ternyata biaya pengobatan Kucing tersebut cukup mahal dan menghabiskan uang simpanan James yang digunakannya untuk kebutuhan makannya selama seminggu kedepan.

Kucing berwarna Orange yang selama ini tinggal bersamanya ternyata adalah seekor Kucing liar tanpa pemilik. James akhirnya memelihara Kucing tersebut dan memberinya nama Bob. Kehadiran Bob yang menemani James selama ini memberi sebuah dampak positif bagi James Bowen. Ia merasa memiliki “rekan” yang menemaninya mengamen dan berjualan koran serta mencari rejeki untuk bertahan hidup. Kehadiran Bob yang menemani James selama mengamen tersebut justru menari perhatian orang-orang yang melintas di jalanan Kota London. Orang-orang tersebut menyukai Bob yang menemani James ketika mengamen dan itu adalah daya tarik bagi penampilan mereka.

James Bowen mendapat rejeki yang lebih banyak dari biasanya akibat kehadiran Bob. Kemanapun James pergi, Bob akan mengikutinya dan terkadang akan naik ke atas pundak James saat melintasi jalanan Kota London. Karena keakraban James dan Bob, menarik perhatian Media Inggris dan beberapa Jurnalis yang ingin mengetahui kisah persahabatan dan kehidupan James Bowen dan Bob. Cerita mereka diangkat menjadi sebuah Karya Sastra Novel dan mendapat Best Seller pada tahun 2012. Kesuksesan cerita tersebut membuat James Bowen memiliki kehidupan yang layak dan inspiratif, hingga ia tetap bersahabat baik dengan Bob dan menolong orang-orang disekitar mereka yang memiliki nasib yang sama dengan James Bowen dahulu.

 

Catatan tentang Film

Film A Street Cat Named Bob yang dirilis pada tahun 2016 ini memiliki durasi Film sepanjang 103 menit. Film ini menjadi sebuah kisah inspiratif dan mengharukan dari cerita persahabatan dan petualangan hidup seekor Kucing bernama Bob yang menemani Tuannya seorang manusia bernama James Bowen. Banyak tanggapan dan respon positif dari kisah Sinema Film ini memiliki anggaran produksi sebesar USD 8 juta, dan memperoleh pendapatan total sebesar   USD 17,9 juta diseluruh Dunia. 


Selain respon positif dan animo para penonton, Film A Street Cat Named Bob memiliki catatan prestasi yang melambungkan Film ini. Pada tahun 2017, Film A Street Cat Named Bob mendapat penghargaan dari National Film Award UK dan dihargai sebagai Best British Film of 2017. Keberhasilan Film ini mendapat pesan bahwa Film akan dinilai baik juga melalui cerita yang sederhana dan menginspirasi.

James Bowen bersama Kucing Bob

Berita mengharukan terjadi beberapa tahun kesuksesan setelah Film  A Street Cat Named Bob. Kucing Bob yang dikenal berwarna orange, bertubuh gembul dan sangat menggemaskan ini, dikabarkan telah meninggal pada 15 Juni 2020 yang silam, saat berusia 14 tahun. Kematian Kucing Bob yang menjadi tokoh utama dalam Film A Street Cat Named Bob tersebut, membuat banyak fans dan penonton yang terjebak dalam nostalgia cerita film ini merasa patah hati dan banyak yang memberi pesan duka kepada James Bowen.

 

Demikian artikel singkat yang mengulas Sinopsis dan mendeskripsikan Sinema Film yang berjudul A Street Cat Named Bob (2016). Artikel serupa dan terkait lainnya silahkan menulusuri label teater pada laman tegaraya.com

4 Komentar untuk "A Street Cat Named Bob (2016) : sinopsis film bertema persahabatan Kucing dan Manusia"

  1. Wah, ceritanya menarik. Bisa jadi alternatif film buat ditonton. Selama ini referensi film banyak yg American made/Hollywood. Jarang ada yg review film Eropa!

    BalasHapus
  2. Baru baca review ulasan Film A Street Cat Named Bob (2016) aja udah bikin air mataku mengalir..
    MashaAllah~
    Ada pemuda yang lebih memilih merehabilitasi dirinya sendiri daripada menikmati dan berfoya-foya uang Ayahnya.

    Semoga film menginspirasi begini bisa memberikan semangat bagi siapa saja yang membangun "usaha" untuk merdeka dan sehat. Bebas menentukan pilihan hidupnya yang terbaik dari sisi positif.

    BalasHapus
  3. Aku terharu baca kisahnya, keren ceritanya... Inspiratif tapi mengandung bawang juga. Kalo di film endingnya gimana mas??

    Jadi Bob di real life udah meninggal ya? Pasto Bowen sedih banget itu. Temen separuh nyawa nya dia meninggal. Aku aja yang baca kisahnya sedih :"

    BalasHapus
  4. Kucing oyen memang ciri khas banget dimana-mana, hiperaktif dan jail. Baru baca sinopsisnya aja film ini mengharukan banget. Bagaimana pas menontonnya di film? huhu.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

RajaBackLink.com