Batman Begins (2005): Sinopsis Film Superhero Batman - Lahirnya Sang Ksatria Kelelawar


Film Batman Begins (2005) adalah sinema film bertema fiksi action pahlawan superhero yang berasal dari Hollywood, Amerika Serikat. Film ini pertama kali dirilis pada 31 Mei 2005 di Kota Tokyo, Jepang dan pada 15 Juni 2005 di Amerika Serikat (USA). Film yang menggunakan dialog berbahasa Inggris ini merupakan sebuah Sinema Film Live Action Tokoh Batman, superhero paling terkenal dan populer di Dunia yang diadaptasi dari karakter fiksi DC Comics. Batman adalah sebuah simbol ikonik dari karakter Superhero yang patung figuran dan logonya dapat ditemukan dimanapun diseluruh Amerika Serikat dan juga di Dunia.

 

Secara singkat Batman adalah sesesosok manusia biasa yang memiliki kemampuan bela diri tingkat tinggi yang menggunakan kostum menyerupai kelelawar dan dilengkapi dengan jubah panjang. Batman adalah sosok Ksatria Kegelapan yang diperankan oleh Bruce Wayne, seorang Milyader paling terkenal di Kota Gotham. Bruce Wayne yang memiliki trauma sejak kecil terhadap wujud kelelawar hitam, justru memilih Kelelawar tersebut sebagai simbol Ksatria yang ditakuti oleh para Penjahat yang mengancam keamananan Kota Gotham. Sejak Batman beraksi di kota Gotham tersebut, para Penjahat, Mafia dan Bandit akan ketakutan ketika melihat Simbol Kelelawar tersorot lampu diatas langit Kota Gotham. 

Film Batman Begins banyak melibatkan realitas kriminal dan investasi emosional bagi para penonton, sehingga Batman Begins memiliki kesan cerita yang lebih mendalam dibandingkan seri Sinema Film Batman sebelumnya. Batman Begins adalah Sinema Film pertama dari trilogy Film Batman yang kelak akan sangat dikenal kesan ceritanya.

 

Pemeran dan Kru Film

Film Batman Begins disutradarai oleh Sutradara yang Jenius dan Terkenal di Amerika Serikat, bernama Christopher Nolan. Naskah cerita Sinema Film Batman Begins ditulis rekannya bernama David S. Goyer. Sementara untuk menyusun Skenario dan dialog dibuat oleh mereka berdua secara bersama-sama sejak tahun 2003. Karakter Batman didasarkan dari tokoh fiksi dari cerita DC Comics yang dibuat oleh seniman Bob Kane. Film ini diproduseri oleh Charles Roven, Emma Thomas dan Larry Franco, dan diproduski oleh Perusahaan Warner Bros Pictures yang berkerjasama dengan DC Comics, Legendary Pictures, Syncopy dan Patalex III Production. Kemudian Batman Begins didistribusikan secara luas oleh Warner Bros Pictures.

Christopher Nolan

Sinema Film Batman Begins dibintangi oleh beberapa Pemeran Film yang sudah sangat terkenal dan berpengalaman. Pemeran didalam Film Batman Begins ini antara lain adalah: Christian Bale sebagai Bruce Wayne (Batman), Michael Caine sebagai Alfred Pennyworth, Katie Holmes sebagai Rachel Dawes, dan Gary Oldman sebagai James Gordon. Sementara pemeran karakter lainnya yang didalam Sinema Film Batman Begins, antara lain;

  • Morgan Freeman sebagai Lucius Fox 
  • Liam Neeson sebagai Henri Ducard (Ra’s al Ghul) 
  • Cillian Murphy sebagai Dr. Jonathan Crane (Scarecrow) 
  • Tom Wilkinson sebagai Carmine Falcone 
  • Linus Roache sebagai Thomas Wayne 
  • Sara Stewart sebagai Martha Wayne 
  • Colin MCFarlane sebagai Komisaris Loeb 
  • Gerard Murphy sebagai Hakim Faden 
  • Richard Brake sebagai Joe Chill

Didalam pembuatan Sinema Film Batman Begins ini banyak didukung oleh beberapa Kru Profesional yang kelak menghasilkan karya Film yang sangat bagus. Produksi Film atau Sinematografi dikoordinasi oleh Wally Pfister, Penata Musik dikerjakan oleh Hans Zimmer dan James Newton Howard, sementara Penyunting Akhir dikerjakan dan dikoordinasi oleh Lee Smith.

 

Alur Cerita dan Sinopsis

Kota Gotham adalah kota ekonomi besar yang dikenal luas di dunia. Keluarga Wayne telah lama tinggal dan mengembangkan pembangunan dan ekonomi dikota tersebut, sehingga Keluarga Wayne dikenal sebagai Keluarga Milyuner yang menguasai Kota Gotham dengan menguasai berbagai bidangnya. Saat ini Keluarga Wayne diwakili oleh generasi Thomas Wayne dan Martha Wayne, bersama anak tunggalnya Bruce Wayne.


Bruce Wayne kecil tinggal disebuah Puri Besar peninggalan keluarga Wayne. Saat kecil Bruce Wayne mengalami trauma dan ketakutan berlebih terhadap kelelawar yang tinggal didalam gua disekitar Puri tersebut. Ketakutan Bruce Wayne pun kembali memuncak saat ia bersama kedua orang tuanya sedang menonton pertunjukkan Seni Teater yang menceritakan tentang Manusia Kelelawar. Thomas Wayne yang memahami ketakutan Bruce tersebut mengajak mereka pulang sebelum pentas teater tersebut selesai. Ditengah perjalanan pulang, Keluarga Wayne ditodong menggunakan pistol oleh pencopet yang bernama Joe Chill. Karena insiden tersebut, Thomas dan Martha Wayne tewas ditempat dan Bruce Wayne menyaksikan secara langsung kematian kedua orang tuanya. Bruce Wayne yang mengalami trauma akibat kematian Thomas dan Martha Wayne, akhirnya diasuh oleh Pelayan Utama kepercayaan Keluarga Wayne yang bernama Alfred Pennyworth.

Bruce Wayne mengasingkan diri selama 14 tahun. Setelah turun dari pengasingannya tersebut, Bruce Wayne memiliki niat untuk membunuh Joe Chill setelah mendapat vonis dari Hakim di Kota Gotham. Namun aksinya diketahui oleh Rachel Dawes, sahabatnya sejak kecil, sebelum Bruce melakukan hal tersebut. Rachel marah dan memaki Bruce akan niatnya tersebut, sehingga Bruce sadar bahwa Joe Chill adalah korban dari kebobrokan moral yang terjadi dari kultur korupsi yang dilakukan oleh para pejabat di Kota Gotham. Hingga akhirnya kembali mengasingkan diri ke wilayah Timur selama 7 tahun, dan membenamkan dirinya ke dalam dunia kriminal.

Selama pengasingan diri Bruce Wayne di wilayah Timur, Bruce Wayne bertemu dengan Henri Ducard yang berasal dari Kelompok Assasins The League of Shadows. Hendi Ducard menawari Bruce Wayne untuk bergabung dan mengajarkannya tentang makna keadilan di Dunia ini. Henri Ducard juga memperkenalkan Bruce Wayne kepada Ra’s Al Ghul yang sangat mashyur dan terkenal di Dunia Kriminal, pemimpin kelompok The League of Shadows. Bruce Wayne belajar berbagai ilmu beladiri di Dunia dan Teknik Ninjitsu selama mengikuti Ra’s Al Ghul. Namun Bruce memiliki prinsip yang bertentangan dengan Ra’s Al Ghul tentang membunuh seseorang. Karena pertentangan tersebut, akhirnya Bruce Wayne melarikan diri dari pengaruh Ra’s Al Ghul dan ingin kembali ke Kota Gotham.

Setelah Bruce Wayne kembali ke Kota Gotham, ia merasa bahwa dirinya dapat berguna untuk masyarakat Kota Gotham yang sedang dijepit segala tindakan kriminal dan korupsi. Bruce Wayne mengungkapkan sebuah ide kepada Alfred Pennyworth bahwa ia bisa menjadi sebuah simbol ketakutan bagi para penjahat di Kota Gotham, karena ia memiliki intelegensi, ilmu beladiri dan beragam senjata serta peralatan tempur. Bruce Wayne juga berkenalan dan memiliki hubungan baik dengan Lucius Fox yang memimpin Divisi Senjata di Perusahaan Wayne Enterprise, yang mampu membantunya menyiapkan beragam bentuk bodysuit, perlengkapan dan kendaraan tempur. Bruce Wayne akhirnya justru memilih simbol Kelelawar, yang selama ini sangat ia takuti. Dengan memilih simbol Kelelawar tersebut, Bruce Wayne ingin para penjahat juga merasakan rasa takut terhadap simbol kelelawar, yang kelak akan dikenal sebagai Batman.

Aksi Batman dijalanan dan dermaga Kota Gotham dalam menggagalkan penyeludupan Narkoba, membuat banyak warga Kota Gotham menyadari bahwa ada indikasi korupsi di dalam Kepolisian Gotham. Batman membantu Rachel Dawes untuk menjebak Carmine Falcone agar tertangkap oleh Kepolisian yang jujur dibawah Komando James Gordon. Berkat aksi Batman, membuat beberapa penjahat yang selama ini melakukan kejahatan selama tersembunyi mulai terusik, termasuk Dr. Jonathan Crane atau dikenal sebagai Scarecrow. Batman difitnah sebagai sosok pembuat onar dan menjadi incaran para Polisi di Kota Gotham. Ternyata Scarecrow memiliki rencana rahasia untuk membantu misi Ra’s Al Ghul yang ingin menghancurkan Kota Gotham dengan uap racun.

Batman yang menyadari bahwa Ra’s Al Ghul telah hadir kembali ke Kota Gotham, akhirnya terjebak didalam sebuah perangkap yang membuat Puri Keluarga Wayne terbakar oleh aksi Ra’s Al Ghul. Batman ingin membalas kejahatan Ra’s Al Ghul terhadap Kota Gotham, walau Ia sendiri adalah sosok incaran para Polisi di Kota Gotham. Pertikaian Batman dan Ra’s Al Ghul menjadi sangat epik dalam misinya yang ingin menyelamatkan Kota Gotham dari kehancuran massal.

 

Catatan tentang Film

Film Batman Begins yang dirilis pada tahun 2005 ini memiliki durasi 140 menit. Sinema Film ini memperoleh banyak catatan prestasi dan beragam respon positif dari para kritikus dan analis Sinema Film di Dunia karena kualitas ceritanya. Film Batman Begins memiliki anggaran produksi sebesar USD 150 juta, dan memperoleh pendapatan total sebesar USD 371,9 juta diseluruh Dunia, sehingga menjadi Film Terlaris Kesembilan tahun 2005.


Batman Begins dinominasikan ke dalam daftar Penghargaan Akademi untuk Sinematografi Terbaik, dan disebut sebagai salah satu Film Paling Berpengaruh pada tahun 2000-an. Batman Begins juga mendapat penghargaan dalam penghargaan MTV Movie Award dalam kategori Best Hero pada tahun 2006 dan pada Penghargaan Saturn Award memperoleh prestasi berupa Best Fantasy Film dan Best Actor (Christian Bale) pada tahun 2006. Sementara itu beberapa perolehan Prestasi lainnya yang diperoleh Film Batman Begins ini antara lain adalah;
  • Saturn Award 2006 kategori Best Writing
  • AAFCA Award 2005 kategori Best Film from Top 10 Films
  • ASCAP Award 2006 kategori Best Film from Top Box Office Films
  • Golden Schmoes Award 2005 kategori Most Favourite Movie of The Year
  • Hollywood Award 2005 kategori Sound of The Year
  • Scream Award 2006 kategori Best Director (Christopher Nolan)

Selain itu Film Batman Begins mendapat banyak pujian dan skor penilaian yang cukup tinggi dari berbagai website Film.

Film Batman Begins adalah sebuah Film pertama dari Trilogi Sinema Film Batman versi Sutradara Christopher Nolan. Kelak Film-film Batman selanjutnya memperoleh lebih banyak prestasi karena kelanjutan ceritanya yang sangat kompleks dan komfliknya yang penuh teka-teki. Film Batman menjadi sebuah ikon kegemilangan film-film bertema Superhero yang relevan dengan kehidupan nyata. Selain itu melalui Film Batman banyak menyampaikan pesan-pesan moral tentang nilai-nilai kebaikan ditengah kultur korupsi dan penuh tipu muslihat birokrasi.

Film Seri Batman Begins ini berlanjut pada Film The Dark Knight (2008) dan The Dark Knight Rises (2012).

Demikian artikel singkat yang mendeskripsikan Sinema Film yang berjudul Batman Begins (2005). Artikel serupa dan terkait lainnya dapat menelusuri label teater pada laman tegaraya.com

2 Komentar untuk "Batman Begins (2005): Sinopsis Film Superhero Batman - Lahirnya Sang Ksatria Kelelawar "

  1. Sudah nonton the batman mas? keren abis. Nggak kalah sama batman trilogi karya Nolan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebetulan belum sih, tp entar kayanya boleh tuh kalo dibuatkan sinopsisnya.. bisa jd pembanding 👌dan mgkin sama2 keren dg versi masing2

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

RajaBackLink.com