Pablo Picasso – pelukis terkenal dunia, profil, biografi dan karya lukisnya

Pablo Ruiz Picasso adalah salah satu seniman Lukis Paling Terkenal di Dunia. Beliau memiliki nama lengkap Pablo Diego Jose Francisco de Paula Juan Nepomuceno Maria de los Remedios Cipriano de la Santisima Tinidad Ruiz y Picasso, adalah Seorang Pelukis Revolusioner abad ke-20 beraliran Kubisme yang berasal dari Spanyol. Pablo Picasso lahir di Malaga, Spanyol pada 25 Oktober 1881 dan wafat saat berumur 91 tahun pada 8 April 1973 di Mougins, Prancis.

Pablo Picasso adalah salah satu seniman Lukis yang mengembangkan gaya lukis modern dan futuristik yang menginspirasi para seniman lukis lainnya di Dunia. Beliau adalah salah satu pelopor Seni Lukis beraliran Kubisme bersama rekan-rekan pelukis lainnya, yang saat itu sangat berbeda dan eksentrik. Namun saat ini karya-karya Lukis Pablo Picasso sangat dihargai dan dimasukkan ke dalam daftar Lukisan-lukisan Paling Ikonik yang Terkenal di Dunia.

 

Biografi Singkat Pablo Picasso

Pablo Ruiz Picasso yang lahir di Kota Malaga, Spanyol pada 25 Oktober 1881, adalah seorang anak dari seorang ayah bernama Josse Ruiz Blasco yang dikenal sebagai seorang Pelukis dan Professor Seni, serta Ibunya bernama Maria Picasso Lopez. Karena Pablo Picasso lahir dan besar di lingkungan keluarga Seniman, mengakibatkan Ia terlatih untuk mengembangkan bakat seninya.didalam kultur orang-orang Catalan, nama keluarga ibu banyak digunakan sebagai nama anaknya, sehingga Pablo Ruiz Picasso lebih dikenal dengan nama Pablo Picasso.

Pablo Picasso muda

Pablo Picasso memiliki hasrat untuk belajar dan mengembangkan bakat seni melukisnya. Sejak usia dini Beliau sangat menonjol dalam kemampuan melukis diantara rekan-rekannya disekolah. Hal tersebut ditambah dengan pelatihan artistik yang diberikan ayahnya yang seorang Guru Seni Lukis. Pada tahun 1891 Keluarga Pablo Picasso pindah ke kota La Coruna karena ayahnya saat itu diangkat menjadi seorang Professor Seni disebuah sekolah.

Pada tahun 1895 Pablo Picasso pindah ke Kota Barcelona. Saat itu ayahnya mendorong Pablo Picasso agar masuk ke dalam Sekolah Seni. Para Guru didalam sekolah tersebut memberi nilai yang cukup tinggi karena Pablo Picasso mampu menyelesaikan ujian kesenian dengan cepat. Karena kehebatannya tersebut, Ayah dan Pamannya mengirim Pablo Picasso ke sekolah terkemuka di Kota Madrid, Spanyol saat itu, yang bernama Real Academia de Bellas Artes de San Fernando Madrid. Namun selama Pablo Picasso lolos ke sekolah terkemuka tersebut, Beliau tidak menyukai instruksi belajar formal. Sehingga saat beliau telah berumur 16 tahun, ia banyak menghasikan karya-karya yang terinspirasi dari karya Lukis El Greco yang menampilkan beragam warna kontras yang menawan dan wajah-wajah berkesan mistis.

Pada tahun 1894 karir Pablo Picasso sebagai seniman lukis muda telah dimulai. Beliau menciptakan salah satu karya awal yang diakui sebagai salah satu lukisan bersejarah di Spanyol yang berjudul Juan-Eduardo Cirlot. Pada tahun 1900 Pablo Picasso mulai berkenala ke Kota Paris dan mengenal beberapa rekan sesama pelukis di sana. Saat di Kota Paris Pablo Picasso banyak membuat karya lukis yang menggambarkan suasana marjinal kehidupan Kota Paris. Selama di kota Paris, Pablo Picasso muda telah mampu membuat Studio Lukis di kawasan  Montmarte di kota Paris. Hingga pada tahun 1907 Pablo Picasso bersama rekannya yang bernama George Braque berhasil membuat lukisan dengan corak pola geometris berjudul Les Demoiselles d’Avignon saat kembali ke Kota Barcelona. Lukisan tersebut menampilkan visual yang tidak biasa, bersifat tidak realistis namun memilki kesan futuristik, dan keberadaannya menjadi cika bakal lahirnya Seni Lukis beraliran Kubisme di Dunia.


Pada periode tahun 1918 hingga 1927, saat gejolak Perang Dunia ke-I, Pablo Picasso kembali mencoba mendalami aliran Realisme didalam karya lukisnya yang saat itu lebih digemari publik. Namun pada tahun 1927 dan seterusnya, Pablo Picasso justru mencoba menghasilkan karya lukis beraliran Surealisme, yang menurutnya dapat menyalurkan perasaan dan keprihatinannya ditengah suasana perang di Eropa saat itu. Pada tahun 1937, saat Pasukan Nasionalis Kerajaan Spanyol yang dipimpin oleh Jendral Franco yang dibantu oleh Jerman menghancurkan kota Basque dengan bom, membuat Pablo Picasso melampiaskan emosinya dengan membuat lukisan dengan pesan Anti-Perang yang dikenal dengan judul Guernica. Lukisan tersebut sangat terkenal di Spanyol dan masuk ke dalam Daftar Lukisan Paling Ikonik yang Populer di Dunia

tanda tangan Pablo Picasso

Pablo Picasso dikenal sebagai sosok yang menentang Perang di Dunia, hingga akhirnya Beliau menerima Penghargaan Perdamaian Internasional Lenin pada tahun 1950 dan 1961. Hingga akhirnya Pablo Picasso meninggal pada 8 April 1973 di Kota Mougins, Prancis.

 

Karya-karya Lukis Pablo Picasso

Pablo Picasso adalah salah satu Seniman Jenius yang banyak menghasilkan banyak karya seni. Beliau tidak hanya berkutat didalam seni lukis saja, tetapi juga punya keahlian seni di bidang Seni Patung, Seni Grafis, Keramik, Seni Tata Busana hingga Tata Panggung. Namun Pablo lebih populer sebagai seorang Pelukis Eksentrik dan modern saat itu.

Sebagian besar karya lukis Pablo Picasso yang terkenal beraliran Kubisme. Berikut ini adalah beberapa daftar dan deskripsi dari karya-karya lukis yang dibuat oleh Pablo Picasso.

1. Guernica

Lukisan Guernica adalah Lukisan minyak besar diatas kanvas yang dibuat oleh Pablo Picasso pada tahun 1937. Lukisan berukuran 3,49 x 7,77 meter ini beraliran Kubisme yang menampilkan gambaran penderitaan orang-orang akibat kekerasan perang. Didalam lukisan ini diperlihatkan beberapa wujud kuda yang sedang mengamuk, banteng, kobaran api dan orang-orang yang merasa tersakiti, yang divisualkan dengan warna abu-abu, hitam dan putih. Saat ini Lukisan Ikonik dan Populer di Dunia ini berada di Museum Reina Sofia di Kota Madrid.

Lukisan Guernica

 

2. Les Demoiselles d’Avignon

Lukisan Les Demoiselles d’Avignon adalah sebuah Karya Lukis minyak besar yang dibuat oleh Pablo Picasso pada tahun 1907. Lukisan berukuran 243,9 x 233,7 cm ini merupakan lukisan beraliran Kubisme yang menampilkan sosok 5 pelacur wanita dalam kondisi bugil di sebuah rumah Bordil di Carre d’Avinyo, sebuah jalanan di Kota Barcelona, Spanyol. Saat ini lukisan terkenal ini tersimpan di The Museum of Modern Art di Kota New York, USA.

Lukisan Les Demoiselles d’Avignon

 

3. The Weeping Woman

Lukisan The Weeping Woman adalah sebuah karya lukis berbahan minyak yang dibuat oleh Pablo Picasso pada tahun 1937. Lukisan diatas kanvas berukuran 60 x 49 cm ini adalah jenis Lukisan beraliran Kubisme yang menggambarkan seorang sosok perempuan yang dikenal sebagai Nyonya Dora Maar, seorang Fotografer dan Pelukis Jalanan di Kota Paris. Saat ini Lukisan Terkenal Pablo Picasso ini tersimpan di Museum Tate Modern di kota London, Inggris.

Lukisan The Weeping Woman

 

4. La Reve

Lukisan La Reve adalah sebuah karya Lukis berbahan cat minyak yang dibuat oleh Pablo Picasso pada tahun 1932. Lukisan berukuran 1,3 x 0,97 meter ini merupakan jenis Lukisan beraliran Kubisme yang menampilkan seorang sosok wanita muda bernama Marie-Therese Walter. Lukisan Terkenal karya Pablo Picasso ini tersimpan di Museum Private Collection of Steven A. Cohen di Kota New York, USA

Lukisan La Reve

 

5. The Blind Man’s Meal

Lukisan The Blind Man’s Meal merupakan sebuah karya lukis ikonik dari Pablo Picasso yang dibuat pada tahun 1903. Lukisan berbahan minyak yang dibuat diatas Kanvas berukuran 95,3 x 94,6 cm ini menggambarkan Seorang Tunanetra yang sedang duduk dan berpangku diatas meja, sembari memegang sepotong roti ditangan kirinya dan tangan kanannya memegang sebuah kendi berisi anggur. Lukisan Terkenal tersebut saat ini tersimpan di Metropolitan Museum of Art di Kota New York, USA.

Lukisan The Blind Man’s Meal

Selain beberapa daftar dan deskripsi karya lukis diatas, masih banyak karya-karya lukis lainnya dari Pablo Picasso yang cukup terkenal dan masuk kedalam daftar Karya Lukis Populer di Dunia.

 

Demikian artikel singkat tentang Profil, Biografi dan deskripsi dari Karya-karya Seni Lukis dari Pelukis Terkenal di Dunia bernama Pablo Picasso. Artikel terkait lainnya dapat menelusuri label seni lukis pada laman tegaraya.com

6 Komentar untuk "Pablo Picasso – pelukis terkenal dunia, profil, biografi dan karya lukisnya"

  1. Dunia seni bener-bener abstrak ya. Kadang kalau melihat lukisan abstrak cuma senang menikmatinya walau enggak ngerti arti dibaliknya. Hehehe.. 🤭

    BalasHapus
  2. wah anak saya suka nih kak, terima kasih ya sharingnya, lengkap ya artikelnya

    BalasHapus
  3. Suka banget sama karya" Picasso. Walaupun ngga bisa melukis tapi penasaran juga ama sejarah seni. Thanks infonya kak

    BalasHapus
  4. Hal yang paling kusuka dari Picasso emang lukisannya yang bertema kubisme. Terlihat simpel, namun tidak sesimpel dan semudah itu untuk melukis hal seperti itu, butuh jam terbang tinggi. Berharap ke depannya ada tokoh-tokoh sastra yang dibahas oleh Bang Tomy ke depanny ehehehe~

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih apresiasinya..

      ada nih informasi tentang tokoh-tokoh sastra yang dikenal sebagai Penyair Puisi Terkenal di Dunia

      ato ada referensi lain nih tentang https://www.tegaraya.com/2021/02/tokoh-penyair-puisi-yang-terkenal-di-indonesia.html

      artikel terkait lainnya silahkan menelusuri label Sastra pada laman tegaraya.com

      Hapus
  5. Whoaaa beberapa waktu lalu liat beberapa lukisannya Pablo Picasso ini di Galeri Seni yang ada di Jakarta. Walaupun semacam replikanya sih, tapi keren2 banget yaa punya ciri khasnya sendiri.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

RajaBackLink.com