Karya Seni Patung Ikonik Terkenal yang Paling Populer di Dunia

Karya Seni Patung adalah bentuk dari Seni Rupa yang menunjukkan keindahan ekspresi seni ke dalam bentuk visual padat tiga dimensi yang meniru atau mengkreasi sebuah figur atau bentuk tertentu. Karya Seni Patung merupakan sebuah karya seni yang sering diabadikan untuk dipamerkan diruang publik atau kawasan umum terbuka. Karya Seni Patung biasanya digunakan menjadi simbol kultur, religius (keagamaan) dan dekoratif kota serta peringatan akan sebuah kejadian historis.

Saat ini diberbagai kawasan di Dunia banyak ditemukan karya seni Patung ikonik dan terkenal serta menjadi sebuah simbol dari sebuah kawasan atau bahkan Negara. Berikut ini adalah daftar dan deskripsi dari karya seni Patung Ikonik Terkenal yang Paling Populer di Dunia.

1. Patung Liberty

Patung Liberty adalah Patung Ikonik Terkenal yang terletak di Kota New York, Amerika Serikat. Patung berukuran raksasa ini dibuat dan dipahat oleh Seniman Prancis bernama Frederic Auguste Bartholdi yang kemudian diresmikan pada 28 Oktober 1886 dan diletakkan di Pulau Liberty, Manhattan, Kota New York. Patung setinggi 93 meter ini menampilkan figur seorang Perempuan bermahkota duri, berbalut jubah panjang dan mengangkat sebuah obor.

Patung Liberty

Patung Liberty merupakan sebuah hadiah dari Negara Prancis saat deklarasi perayaan 100 tahun kemerdekaan Negara Amerika Serikat dan menjadi ungkapan persahabatan antar kedua negara. Patung Liberty ini adalah sebuah simbol kemerdekaan dan kebebasan Amerika Serikat, sekaligus menjadi ikon pesan “Selamat Datang” bagi para imigran dan wisatawan yang berkunjung ke USA. Pada tahun 1984 Patung Liberty ini ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

 

2. Patung Moai

Patung Moai merupakan Patung Ikonik Terkenal yang terletak di Pulau Paskah (Easter Island) yang terletak di wilayah administrasi Negara Chili. Patung-patung Monolit berukuran raksasa ini dibuat oleh orang-orang Rapa Nui yang mendiami Pulau Paskah pada kisaran tahun 1200-1500 Masehi. Patung-patung ini memiliki bentuk figur manusia dengan ukuran kepala yang sangat besar dengan total tinggi 10-11 meter dan memiliki bobot berat berkisar antara 75-85 ton. Patuang Moai paling terkenal bernama Ahu Togariki yang terletak di pesisir pantai Pulau Paskah.

Patung Moai

Patung-patung Raksasa Pulau Moai yang berjumlah lebih dari 1000 buah merupakan warisan dari Peradaban Rapa Nui. Patung-patung tersebut telah lama terkubur didalam tanah dan sebagian wujudnya saja yang masih keliatan diatas permukaan tanah. Patung-patung ini memiliki nilai misterius yang diyakini dibuat sebagai wujud penghormatan kepada leluhur kepala Suku yang telah meninggal.

 

3. Great Sphinx of Giza

Great Sphhinx of Giza adalah Patung Ikonik Terkenal yang terletak di Giza, Mesir. Patung Kuno berukuran raksasa yang terbuat dari batuan gamping ini merupakan peninggalan peradaban Mesir Kuno yang menguasasi pesisir Sungai Nil di hulu Afrika Utara pada kisaran tahun 2500 SM. Patung Sphinx dibangun pada masa Pemerintahan Firaun Khafre dari Dinasti ke-4 yang menguasai Peradaban Mesir Kuno.Patung Sphinx ini memiliki bentuk figur hewan Singa yang sedang duduk dan memiliki kepala Manusia bermahkota Kerajaan Mesir, dengan tinggi 20 meter dan dimensi 20 x 19 x 73 meter.

Patung Sphinx

Patung Sphinx merupakan sebuah Patung raksasa yang memiliki sifat religius paganisme pada Peradaban Mesir Kuno yang dipercaya sebagai Sosok Penjaga Makam Para Raja Mesir (Pharaoh) yang terletak didalam Piramida dibelakangnya. Patung Sphinx di Giza adalah Patung Sphinx terbesar di Dunia dan telah tercatat kedalam Daftar 7 Keajaiban Dunia versi lama. 

 

4. Christ The Redeemer

Patung Christ The Redeemer adalah Patung Ikonik Terkenal yang berada di Kota Rio de Janeiro, Brazil. Patung Kristus Sang Penebus ini merupakan Patung figur Yesus Kristus dengan dibuat dengan Seni Arsitektur Art Deco terbesar yang berada di Rio de Janeio. Patung Yesus Kristus ini dirancang oleh Pemahat Paul Landowski dan dibangun oleh Tim Kontraktor yang dipimpin Heitor da Silva Costa hingga rampung pada 12 Oktober 1931. Patung ini memiliki tinggi 30 meter dengan pose tangan terbentang sejauh 28 meter. 

Patung Kristus Sang Penebus

Lokasi Patung ini tepat berada dipuncak Gunung Corcovado setinggi 700 meter DPAL, dan menjadi ikon landmark kota Rio de Janeiro yang paling Terkenal di Dunia.Patung Yesus Sang Penebus merupakan simbol religius Agama Katolik yang mendominasi Kota Rio de Janeiro. Karena Kepopuleran Patung Yesus Kristus ini, menjadikannya masuk kedalam daftar Tujuh Keajaiban Dunia Versi Baru.

 

5. Mount Rushmore Monument

Mount Rushmore Monument adalah jenis Patung Dada yang ikonik serta terkenal yang terletak di Keystone, South Dakota, Amerika Serikat. Patung Dada ini adalah figur wajah dari 4 Presiden Amerika yang Paling Revolusioner dan Terkenal, yaitu Goerge Washington, Thomas Jefferson, Theodore Roosevelt dan Abraham Lincoln. Keberadaan Patung Figuratif wajah keempat Presiden Amerika yang terkenal tersebut adalah gagasan dari sejarawan bernama Doane Robinson. Pembangunan Patung Figuratif wajah ini dimulai pada tahun 1927 dan rampung pada tahun 1939.

Monumen Rushmore

Ukiran Patungg figuratif wajah keempat Presiden Amerika Serikat ini dikerjakan oleh Seniman pahat bernama Gutzon Borglum yang dibantu oleh anaknya bernama Linclon Borglum. Keberadaan Ukiran Patung Wajah keempat Presiden Amerika Serikat yang terkenal tersebut membuat Gunung Rushmore juga ikut terkenal. Gunung Rushmore menjadi sebuah ikon landmark dari karya seni Patung dan sering ditampilkan dibeberapa adegan film dan karya seni fotografi.

 

6. Patung Garuda Wisnu Kencana

Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) adalah Patung Ikonik yang baru saja Dikenal Luas yang terletak di kawasan Jimbaran, Bali, Indonesia. Patung Raksasa ini dirancang dan dibuat oleh Seniman Patung Terkenal asal Bali bernama I Nyoman Nuarta. Proses pembuatan Patung ini memakan waktu 28 tahun dan telah diresmikan pada September 2018 lalu. Patung berbahan Tembaga yang dilapisi Kuningan ini tersusun dari 754 modul terpisah dengan total ketinggian 121 meter dan lebar 64 meter. Dengan ukuran tersebut menjadi Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) masuk ke dalam daftar Salah satu Patung Tertinggi di Dunia.

Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK)

Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) merupakan salah satu simbol pariwisata Pulau Bali dan Negara Indonesia. Patung yang dalam proses pembuatannya menghabiskan anggaran hingga 450 Miliar ini menggambarkan figur Dewa Wisnu yang mengendarai Burung Garuda. Figur dari Patung ini memiliki nilai Filosofi sebagai pelindung alam semesta dan keberadaan Patung ini juga menjadi media penyampaian pesan Misi Penyelamatan Lingkungan dan Dunia.

 

7. The Merlion

Patung The Merlion adalah salah satu Patung Ikonik Terkenal di Dunia yang terletak di kawasan Merlion Park, One Fullerton, Singapura. Patung ini sangat terkenal dan menjadi simbol maskot dan personifikasi ikonik dari Negara Singapura. Patung ini dirancang oleh Seniman asal Australia bernama James Martin dan dibuat oleh Seniman Patung asal Singapura bernama Lim Nang Seng. Proses pembangunan Patung Ikonik ini dimulai pada November 1971 dan rampung pada Agustus 1972. Patung Merlion memiliki tinggi 8,6 meter dengan bobot berat 70 ton.

Patung Merlion

Patung Merlion menggambarkan figur sejenis makhluk mitologi dengan wujud Singa bertubuh Ikan. Nama Merlion berasal dari kata Mer yang artinya Laut, dan Lion yang memiliki arti Singa, sehingga diartikan secara utuh sebagai Singa Laut. Selain Patung Merlion di kawasan Sentosa, Patung Merlion lainnya juga dapat ditemukan dibeberapa sudut kota Singapura. Patung tersebut adalah simbol maskot dari Singapura yang paling ikonik.

 

8. The Statue of Unity

Patung The Statue of Unity adalah Patung Ikonik yang baru saja dikenal di Dunia yang terletak di Bukit Narmada, Gujarat, India.  Patung Persatuan ini dirancang oleh Seniman Patung asal India bernama Ram V. Sutar dan pembuatannya dilaksanakan oleh Perusahaan Larsen & Toubro Ltd yang berpusat di Mumbai. Patung ini dibuat pertama kali pada 31 Oktober 2013 dan rampung serta diresmikan pada 31 Oktober 2018 lalu. Patung Raksasa ini dibuat dengan material komposit berupa konstruksi kerangka baja, beton bertulang dan lapisan perunggu. Dengan jenis konstruksi tersebut, Patung ini menghabiskan anggaran sebesar USD 420 juta.

Patung Persatuan

Patung Persatuan ini menampilkan figur sosok Sardar Vallabhbhai Patel yang dikenal sebagai Pejuang Kemerdekaan India dan Perdana Menteri Pertama India. Atas jasa-jasa dan nilai Kepahlawanan sosok tersebut, pada tahun 2010 dicetuskan pembangunannya oleh Pemerintah India. Patung Persatuan ini memiliki tinggi 182 meter (597 ft) dan menjadikannya sebagai Patung Paling Tinggi di Dunia saat ini.

 

9. Spring Temple Buddha

Patung Spring Temple Buddha adalah salah satu Patung Buddha paling Ikonik dan Terbesar di Dunia yang terletak di kawasan Fodushan Scenic Area, Provinsi Henan, Tiongkok. Patung Raksasa ini terbuat dari 1100 potongan Gips Tembaga, dibuat pertama kali pada 1997 dan rampung pada tahun 2008 dengan biaya pembangunan saat itu adalah USD 55 juta atau setara 820 Miliar Rupiah. 

Patung Buddha Spring Temple
Patung Buddha ini menampilkan pose figur Buddha yang berdiri diatas teratai setinggi 20 meter, serta seluruh komponen patung ini berdisi diatas Biara yang mengelilingi Patung Buddha ini sebagai pusatnya. Didada Patung Buddha tersebut tertulis simbol Swastika terbalik berukuran kecil. Patung Buddha ini memiliki tinggi 128 meter (420 ft) dan masuk ke dalam Daftar Salah Satu Patung Tertinggi di Dunia dalam urutan nomor 2 saat ini.

 

10. Sendai Daikannon

Patung Sendai Daikannon adalah salah satu Patung Ikonik yang paling Terkenal di Dunia yang terletak di Kota Sendai, Tahoku, Jepang. Patung religius Agama Buddha berwarna putih ini menampilkan figur seorang Dewi yang dikenal di Jepang bernama Nyoirin Kannon (dikenal juga sebagai Dewi Kwan Im). Figur Patung Dewi Nyoirin Kannon ini berpose berdiri dengan tangan kanan memegang sebuah permata yang dapat mengabulkan permintaan, sedangkan ditangan kirinya memegang sebuah botol kecil berisi Air Kebijaksanaan. 

Patung Sendai Daikannon

Patung Raksasa ini dibuat pada tahun 1991 dan saat itu menjadi sebuah catatan rekor sebagai Patung Tertinggi di Dunia saat itu. Para wisatawan yang berkunjung ke Kota Sendai ini dapat memasuki monumen patung ini dan naik ke ruang teratas didalam patung untuk melihat panorama sekitar Kota Sendai. Didalam Monumen Patung ini akan ditemukan 108 arca Buddha dengan berbagai pose.

 

11. Motherland Calls

Patung Motherland Calls adalah Patung Ikonik dan Terkenal yang terletak di Mamayev Kurgan, Volvograd, Rusia. Patung Raksasa dengan dimensi tinggi 85 meter (279 ft) dan berbobot  8.000 ton ini dirancang oleh Seniman Pahat asal Rusia bernama Yevgeny Vuchetich dan dibantu oleh seorang Insinyur Struktural bernama Nikolai Nikitin untuk membangunnya. Monumen Patung ini dibuat pada tahun 1959 dan rampung pada tahun 1967. Pada saat diresmikannya, Patung Raksasa ini dideklarasikan sebagai Patung Paling Tinggi di Dunia saat itu.

Patung Motherland Calls

Patung Motherland Calls adalah sebuah monumen yang dibuat untuk mengenang Peristiwa Perang Stalingrad yang terjadi pada tahun 1942-1943. Patung ini menggambarkan sosok seorang Wanita dengan sebilah pedang yang terhunus di tangan kanannya, sementara tangan kirinya merentang seolah memanggilkan pasukan perang untuk membela Negara. Patung Motherland Calls saat ini tercatat sebagai Patung Tertinggi di Benua Eropa.

 

12. Buddha Tian Tan

Patung Buddha Tian Tan atau dikenal juga sebagai Buddha Besar adalah Patung Ikonik dan Terkenal yang terletak di Ngong Ping, Pulau Lantau, Hong Kong. Patung Raksasa ini menampilkan figur Buddha Gautama yang duduk bersila diatas Teratai yang terletak di atas Altar. Sosok Patung Buddha tersebut mengangkat tangan kanannya yang melambangkan penghapusan penderitaan, sedangkan tangan kirinya terbuka diatas pangkuannya yang mengartikan kedermawanan.

Patung Buddha Tian Tan

Patung ini memiliki dimensi ketinggian 34 meter (112 ft) dan berbobot lebih dari 250 ton, dibangun pada tahun 1990 dan rampung pada 29 Desember 1993. Patung ini dibuat dengan material Perunggu yang terdiri atas 202 potongan terpisah. Pada saat hari peresmian Patung Buddha ini, dianggap sebagai Hari Pencerahan Buddha oleh umat Buddha di Tiongkok. Kemudian saat pembukaan kawasan Kuil ini, seluruh Biksu di seluruh Dunia diundang ke Monumen Patung Buddha Tian Tan ini.

 

13. Patung The David

Patung The David adalah sebuah Patung Ikonik dan Terkenal yang terletak di Museum Accademia Gallery, Florence, Italia. Patung Ikonik ini adalah sebuah Adikarya Seniman Italia yang terkenal, yaitu Michelangelo. Patung ini dibuat pada tahun 1501 dan rampung pada tahun 1504. Patung ini terbuat dari material Marmer dan memiliki tinggi 5,17 meter. Patung ini menampilkan figur Daud, yang merupakan sosok yang disenangi dalam Seni Firenze di Kota Florence.

Patung The David

Patung yang menggambarkan Nabi Daud ini awalnya ditempatkan di Katedral Firenze, namun akhirnya dipindahkan dan ditempatkan di alun-alun luar Palazzo della Signorina. Patung ini diresmikan publik pada 8 September 1504, kemudian pada tahun 1873 Patung Ikonik ini ditempatkan di Museum Accademia di Belle Arti di Kota Firenze. Dengan keberadaan Patung ini, menjadi sebuah simbol ikonik Kota Firenze yang Paling Terkenal saat itu.

 

Demikian artikel singkat tentang daftar dan deskripsi Karya Seni Patung Ikonik Terkenal yang Paling Populer di Dunia. Artikel terkait lainnya dapat menelusuri label seni rupa pada laman tegaraya.com

17 Komentar untuk "Karya Seni Patung Ikonik Terkenal yang Paling Populer di Dunia"

  1. Saya baru tahu ada patung motherland calls, ekspresi wajah patungnya dapat banget, cocok dengan kenangan perang Stalingrad salah satu pertempuran paling berdarah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah satu monumen patung paling ikonik di Rusia.. sbg pengingat tragedi perang starlingard 👏👏

      Hapus
  2. Saya baru liat patung mount rushmore monument, pas liat jadi inget anime naruto yang patung hokage.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehee.. justru anime naruto itu meniru patung mount rushmore ini, patung kepala presiden USA ini paling terkenal dan ikonik selain Liberty saat itu, banyak ditampilkan dibeberapa film era 80-an dan 90-an.

      Hapus
  3. Ternyata pembuatan Patung Garuda Wisnu Kencana lama banget ya, sampai memakan waktu 28 tahun. Berarti kalau diresmikan 2018 dibuatnya sejak 1990? 🙀

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul.. perencanaan Patung GWK sejak era Presiden Soeharto.. dan proses pembuatannya cukup rumit krna menyusun beberapa puzzle potongan material.. sebagian patung torso-nya sudah ada yg ada di Pulau Bali bbrapa tahun sebelum perakitan Patung GWK secara utuh... Indonesia baru bisa merealisasikan pembangunannya saat ini krna menargetkan program Pariwisata di Pulau Bali dan Indonesia secara luas.. keren kan.. heheheeee

      Hapus
  4. selalu ngebayangin peradaban kuno, betapa kerja kerasnya mereka pada zaman itu membangun sebuah maha karya yang indah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupss.. salah satunya karya2 monumental dari peradaban mesopotamia kuno, mesir kuno & romawi kuno.. jd banya konspirasi kalo buatan mereka dibantu oleh para "Dewa" 😂😂

      Hapus
  5. Pernah lihat langsung, tapi baru tau namanya patung Merlion. Sebelumnya bilang patung singa doang. Makasih infonya. Jadi bermimpi pengen bisa lihat semua patung secara langsung. Apalagi sudah tau sejarah dan cerita masa pembuatannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih, smoga bermanfaat ya infonya.. artikel terkait lainnya dapat menelusuri laman tegaraya.com

      Hapus
  6. Keren banget ya ada GWK di sana. Bangga nggak sih jadi orang Indonesia. Harus diakui emang patung GWK ini Indonesia banget! Benar-benar menunjukkan ciri khas Indonesia.

    Dari sekian banyak yang masuk dalam daftar, baru Merlion yang pernah liat langsung dari jarak sangat dekat. Tapi kapan hari pernah dengar, isunya patung Merlion mau dirobohkan ya? Pas ada teman lagi di SG katanya emang lagi ditutup lokasi wisata di sekitar Merlion park, cuma katanya emang mau dipugar gitu. Nggak tau bener apa enggak, belum ngecek lagi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya.. menurut berita Patung Merlion di kawasan Sentosa Park dirobohkan krna ada pembangunan salah satu infrastruktur di SG.. padahal patung Merlion tsb ikonik bgt ya...

      Hapus
  7. Terima kasih infonya sangat berguna, sebelunnya saya cuma liat di kartun oh ternyata di dunia nyata ada beneran hehe kayak patung keempat presiden Amerika dan juga patung david yang sering muncul di kartun spongebob

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehee.. justru di film2 dan kartun banyak meniru apa yang ada di dunia nyata.. smoga artikelnya bermanfaat.. trims

      Hapus
  8. Terima kasih informasinya mas. Jadi baru tau ada yang namanya Patung Moai. Bisa sejajar gitu ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Patung Moai sudah lama terkenal sejak awal kemunculannya.. patung Moai menjadi sangat populer di pulau paskah, krna memiliki nilai mistis

      Hapus
  9. GWK is one on the list, cukup bangga ya kita sebagai warga Indonesia. Walaupun kayaknya belum satu pun dari list di atas pernah saya kunjungi, hhehe. Semoga suatu saat bisa mengunjungi tempat2 tsb

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

RajaBackLink.com