Harry Potter and The Sorcerer’s Stone: Novel Epik Petualangan Sang Penyihir Muda Harry Potter

Novel berjudul Harry Potter and Sorcerer’s Stone adalah karya sastra Novel yang ditulis dan dibuat oleh salah satu Penulis Novel Terkenal di Dunia, yaitu J. K. Rowling. Novel ini adalah seri pertama dari seri Novel Harry Potter yang terdiri dari tujuh buku dan mengisahkan kisah dan kehidupan Harry Potter, seorang Penyihir Muda berbakat dari Sekolah Sihir Hogwarts.  Novel ini memiliki judul asli berbahasa Inggris yaitu Harry Potter and The Philosopher’s Stone yang dirilis di Inggris.

 

Sinopsis Singkat Novel

Harry Potter adalah seorang anak Yatim Piatu berusia 10 tahun yang tinggal bersama Paman dan Bibinya di pinggiran Kota Little Whinging, Surrey. Saat masih bayi, James dan Lily Potter yang merupakan Ayah dan Ibu Harry Potter tewas terbunuh oleh seorang Penyihir Jahat bernama Voldemort. Harry Potter yang nyaris terbunuh, akhirnya diselamatkan oleh Penyihir Bijaksana dan Terkenal bernama Albus Dumbledore, yang kemudian menitipkan Bayi Harry Potter tersebut didepan sebuah rumah keluarga Dursley. Keluarga Dursley yang terdiri dari Paman Vernon, Bibi Petunia dan anak kandungnya yang bernama Dudley, memperlakukan Harry Potter secara semena-mena selama tinggal di rumah mereka. 

Saat Harry Potter telah berumur 11 tahun, Harry Potter menerima banyak surat undangan penerimaan Sekolah Sihir Hogwarts yang membanjiri rumah keluarga Dursley. Namun Paman Vernon selalu mengambil surat-surat tersebut dan merobeknya, hingga Harry Potter belum sempat untuk membacanya. Hingga akhirnya keluarga Dursley ini mencoba mengasingkan keluarga mereka beserta Harry Potter ke sebuah gubuk ditengah pulau terpencil, untuk menghindari puluhan surat yang selalu datang ke rumah mereka. Namun ternyata seorang Raksasa bernama Hagrid datang menemui Harry Potter secara langsung dan menyerahkan surat undangan sekolah sihir Hogwarts dan menceritakan masa lalu Harry Potter. Hagrid menjelaskan sebuah rahasia bahwa Harry Potter adalah seorang penyihir dan harus masuk ke dalam sekolah sihir untuk menimba ilmu sihirnya.

Harry Potter menerima undangan sekolah sihir dan menuju Hogwarts dengan menaiki kereta Hogwarts Express. Sesampainya di sekolah Hogwarts, Harry Potter dan murid lainnya diseleksi oleh Topi Ajaib untuk dibagi kedalam 4 asrama, yaitu Gryffindor, Hufflepuff, Ravenclaw, dan Slytherin. Harry Potter lolos seleksi dan masuk kedalam asrama Gryffindor, yaitu asrama Penyihir Utama. Hari-hari pelatihan Harry Potter pun dimulai, dan Ia akhirnya memiliki sahabat didalam asrama yaitu Ron Weasley yang berasal dari Keluarga Penyihir Tua serta Hermoine Granger yang merupakan keturunan Muggle (bukan golongan Gaib). Kemahiran Harry Potter dalam mengendalikan Sapu Terbang membuat Ia masuk ke dalam Tim Quidditch Gryffindor di sekolah. Hingga akhirnya Harry Potter mendapati Draco Malfoy dari asrama Slytherin (golongan Penyihir Hitam) sebagai rivalnya selama berlatih ilmu sihir di sekolah Hogwarts.

Suatu saat Harry, Ron dan Hermoine terjebak dalam tipu muslihat Draco Malfoy dan melanggar peraturan sekolah untuk keluar dari asrama. Mereka bertiga bertemu dengan makhluk serupa anjing berkepala tiga yang menjaga sebuah pintu jebakan. Dibalik Pintu Jebakan tersebut disembunyikan sebuah Harta Karun berupa Batu Bertuah yang mampu mengubah logam menjadi emas dan menganugerahkan keabadian. Ternyata Penyihir Jahat Voldemort mengincar keberadaan batu tersebut, dan ia telah membunuh banyak Unicorn di dalam Hutan Terlarang yang konon mampu memberi keabadian. Hingga akhirnya Harry Potter pun beradu ilmu sihir dengan Voldemort untuk mempertahankan Batu Bertuah tersebut. Harry Potter dibantu teman-temannya, serta Kepala Sekolah Albus Dumbledore dan Raksasa Hagrid untuk mempertahankan batu tersebut dari Voldermort. Mereka berkesimpulan bahwa Batu Bertuah tersebut harus dihancurkan.


Catatan Data tentang Novel

Novel seri pertama yang berkisah tentang seorang Penyihir muda bernama Harry Potter ini memiliki judul cetak yaitu Harry Potter and Sorcerer’s Stone. Novel ini ditulis dan dikarang oleh Novelis Terkenal J. K. Rowling, yang ditebitkan pertama kali di Inggris pada 26 Juni 1997.  Novel aslinya ditulis menggunakan Bahasa Inggris dan didistribusikan ke berbagai kawasan dunia dengan masing-masing terjemahannya.

J . K. Rowling - Harry Potter and The Philosoper's Stone

Berikut ini adalah catatan Data tentang Buku Novel Harry Potter and Sorcerer’s Stone.

Judul Novel (Title) : Harry Potter and Sorcerer’s Stone

Judul Asli : Harry Potter and The Philosopher’s Stone

Penulis (Author) : J. K. Rowling

Genre : Fiksi Fantasi

Ilustrator :

  • Thomas Taylor (Inggris)(first edition)
  • Mary Grandpre (USA)
  • Nicholas Filbert (Indonesia)

Nomor Rilis : Ke-1 dalam seri

Nomor Jumlah Halaman :

  • 223 halaman (Bhs. Inggris),
  • 384 (Bhs. Indonesia)

Penerbit versi Inggris : Bloomsbury

Penerbit versi Indonesia : Gramedia Pustaka Utama

ISBN : 0-7475-3269-9

 

Karya Sastra Novel Harry Potter and Sorcerer’s Stone merupakan salah satu karya sastra modern yang sangat dikenal dan populer. Kepopuleran Novel Harry Potter seri pertama ini masuk ke dalam Daftar Karya Novel Paling Laris di Dunia dan memiliki rekor penjualan sebanyak 450 juta eksemplar Buku Novel diseluruh Dunia. Karena kepopuleran dan rekor jual yang sangat tinggi tersebut, membuat beberapa pecinta karya sastra Novel membuat kelompok komunitas yang mencintai seri-seri novel Harry Potter di seluruh dunia. Narasi cerita Harry Potter bahkan telat dimasukkan dalam sebuah naskah Sinema Film dan telah divisualkan kedalam Film Harry Potter yang sangat terkenal.

J. K. Rowling bersama karya Novelnya

Demikian artikel singkat yang mengisahkan dan mendeskripsikan sinopsis singkat serta data karya sastra Novel berjudul Harry Potter and Sorcerer’s Stone. Artikel terkait lainnya dapat menelusuri label seni sastra pada laman tegaraya.com

Belum ada Komentar untuk "Harry Potter and The Sorcerer’s Stone: Novel Epik Petualangan Sang Penyihir Muda Harry Potter"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

RajaBackLink.com