Spider-Man (2002): Sinopsis Film Superhero Terkenal Sang Manusia Laba-laba

Film Spider-Man (2002) adalah Sinema Film bertema fiksi action pahlawan superhero yang berasal dari Amerika Serikat. Film ini dirilis pertama kali pada 3 Mei 2002 di Amerika Serikat (USA) dan menggunakan dialog berbahasa Inggris. Film Live Action Tokoh Spider-Man ini sangat populer dan terkenal, karena diadaptasi dari Tokoh Spider-Man yang merupakan karakter fiksi Marvel Comics. Sebelumnya karakter Spider-Man ini sudah sangat populer dan Terkenal didalam Dunia Komik superhero yang beredar di Amerika Serikat dan telah mendunia.

Secara Singkat Spider-Man adalah sosok manusia yang memiliki kemampuan serupa dengan Binatang Laba-laba. Spider-Man ini adalah seorang anak SMA bernama Peter Parker yang mendapat kekuatan mutasi laba-laba akibat gigitan seekor laba-laba yang telah teradiasi didalam laboratorium. Peter Parker memanfaatkan kemampuan super dan istimewa ini untuk menjelma menjadi wujud pahlawan super yang berkostum dan bertopeng Laba-laba berwarna merah-biru. Karena keberadaan Spider-Man ini, tingkat kriminalitas menjadi menurun di Kota New York. Spider-Man bahkan sangat dibutuhkan oleh masyarakat ketika banyak tokoh-tokoh jahat yang ingin mengusik kedamaian di Kota New York.

 

Pemeran dan Kru Film

Film Spider-Man disutradarai oleh Sutradara Terkenal berkebangsaan Amerika Serikat bernama Sam Raimi. Naskah cerita ditulis oleh rekannya yang bernama David Koepp berdasarkan cerita dari Marvel Comics yang dibuat oleh Stan Lee. Film ini diproduseri oleh Laura Lizkin bersama Ian Bryce, dan diproduksi oleh perusahaan Marvel Entreprises dan Laura Ziskin Productions, serta didistribusikan oleh Columbia Pictures. Pembuatan Film banyak dilakukan di sekitar kota Los Angeles dan New York.

Sam Raimi & Stan Lee
Film Spider-Man dibintangi oleh beberapa pemeran yang sudah dikenal luas, antara lain Tobey Maguire sebagai Peter Parker yang menjelam menjadi sosok Spider-Man, Kirsten Dunst sebagai Mary Jane dan James Franco sebagai Harry Osborn. Pemeran lainnya yang mengisi beberapa tokoh atau karakter dalam Film Spider-Man, antara lain;
  • Willem Dafoe sebagai Norman Osborn/Green Goblin
  • Cliff Robertson sebagai Ben Parker
  • Rosemary Harris sebagai May Parker
  • J. K. Simmons sebagai J. Jonah Jameson
  • Bill Nun sebagai Joseph Robertson
  • Joe Manganiello sebagai Eugene Thompson

Didalam Produksi Film Spider-Man didukung oleh beberapa kru yang bekerja dibelakang layar pembuatan Film ini. Produksi Film atau Sinematografi dikoordinator oleh Don Burgess, Penata Musik oleh Danny Elfman, dan Penyunting Akhir adalah Bob Murawski dibantu oleh Arthur Coburn.

 

Alur Cerita dan Sinopsis

Seorang Remaja bernama Peter Parker adalah seorang yatim piatu yang tinggal bersama Paman dan Bibinya yang bernama Ben Parker dan May Parker di kota New York. Peter Parker memiliki sifat pemalu dan sering menjadi target bully oleh teman-teman disekolahnya. Namun Peter Parker memiliki sahabat yang selalu menemaninya yang bernama Mary Jane dan Harry Osborn. Peter Parker memiliki hoby fotografi dan sering memotret objek rutinitas kehidupan disekitarnya.

Peter Parker

Saat sekolah Peter Parker melakukan study tour ke salah satu Laboratorium terkenal di Kota New York, Peter Parker bertugas sebagai dokumenter kelompok studi tersebut. Ternyata dari kedatangan Peter Parker tersebut mengalami naas saat dia tergigit oleh seekor Laba-laba modifikasi genetik dan racunnya telah menjalar ke tubuh Peter Parker. Akibat gigitan Laba-laba tersebut, Peter Parker sempat menderita kesakitan, namun setelah itu mengalami perubahan fisik yang justru membuat dirinya kuat dan memiliki keistimewaan layaknya seekor Laba-laba.

Kekuatan Super Manusia Laba-Laba yang dimiliki oleh Peter Parker dimanfaatkan untuk mencari sejumlah uang lewat kompetisi gulat demi membantu ekonomi Paman Ben dan Bibi May Parker. Peter Parker memenangkan ajang gulat tersebut, namun aksi kriminal didalam kompetisi jalanan tersebut justru membuat Paman Ben Parker terbunuh oleh kawanan perampok. Akibat kejadian tersebut, Peter Parker bertekad untuk memanfaatkan kekuatannya untuk membasmi kejahatan di jalanan Kota New York. Peter Parker bahkan membuat kostumnya sendiri berwarna merah biru dengan corak dan lambang Laba-laba. Sosok itu disebut dengan nama Spider-Man.

Aksi-aksi Spider-Man dalam menumpas kejahatan dijalanan dan gedung-gedung Kota New York menjadi sangat terkenal saat itu. Banyak wartawan surat kabar yang berlomba-lomba mencari foto dari sosok manusia laba-laba tersebut. Hingga akhirnya mengundang sosok bernama Green Goblin yang juga berkekuatan super dan memiliki teknologi senjata untuk bersaing dengan Spider-Man dan menguasai kota New York. Pertikaian mereka tersebut membuat banyak kejadian teror ditengah masyarakat dan membuat Spider-Man selalu kewalahan untuk melindungi warga Kota New York.

 

Catatan tentang Film

Film Spider-Man yang dirilis pada tahun 2002 ini berdurasi 121 menit. Film ini memiliki catatan prestasi berupa penjualan tiket hingga mencapai USD 100 juta pada pekan perdana pemutaran Film Spider-Man di Bioskop Amerika Serikat, dan membuat rekor penjualan tertinggi sebuah film dalam pekan perdana sebuah film. Film Spider-Man ini juga menjadi Sinema Film paling sukses yang diangkat dari tokoh karakter Komik saat itu. 

Sinema Film Spider-Man perolehan pendapatan total sebesar USD 821,7 juta diseluruh dunia, dan menjadikan film ini sebagai Sinema Film terlaris peringkat ke-3 pada tahun 2002. Film ini juga masuk kedalam nominasi Best Sound dan Best Visual Effect penghargaan Oscar Academy Awards tahun 2003. Film Spider-Man memperoleh rating IMDb senilai 7,3 point, rating Rotten Tomatoes Meter senilai 89%, dan Rating Metascore sebesar 73 point. Karena kesuksesan ini, Columbia Pictures bersama Marvel merilis sekuel film kelanjutan Spider-Man ini, yaitu Spider-Man 2 pada tahun 2004 dan Spider-Man 3 pada tahun 2007.

Demikian artikel singkat yang mendeskripsikan Sinema Film yang berjudul Spiderman (2002). Artikel serupa dan terkait lainnya dapat menelusuri label teater pada laman tegaraya.com

Belum ada Komentar untuk "Spider-Man (2002): Sinopsis Film Superhero Terkenal Sang Manusia Laba-laba"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

RajaBackLink.com