Leonardo da Vinci - pelukis legendaris dunia, profil, biografi dan karya lukisnya

Leonardo da Vinci adalah Seniman Lukis paling terkenal di Dunia. Beliau memiliki nama lengkap Leonardo di Ser Piero da Vinci, merupakan Seniman Lukis terkenal yang berasal dari Italia. Leonardo da Vinci lahir di Florence, Italia pada 15 April 1452 dan telah wafat di Prancis pada 2 Mei 1519 saat berumur 67 tahun.

Selain dikenal sebagai Pelukis Terkenal dan Legendaris dari Italia pada masa Abad Pertengahan, Leonardo da Vinci juga dikenal sebagai Arsitek, Seniman Patung, Filsuf dan juga Penulis. Karya-karya Leonardo da Vinci banyak menjadi inspirasi dunia dan temuan-temuannya dibidang Sains pun juga cukup mempengaruhi perkembangan ilmu di Dunia.

 

Biografi singkat Leonardo da Vinci

Leonardo da Vinci yang lahir di Florence, Italia merupakan anak dari seroang ayah bernama Piero da Vinci yang memperistri seorang gadis desa di kawasan Vinci bernama Caterina Buti del Vacca. Ternyata Leonardo lahir diluar pernikahan pada tahun 1452 tersebut. Leonardo da Vinci tidak memiliki silsilah bangsawan yang memiliki marga atau nama keluarga, sehingga nama Leonardo da Vinci diidentifikasikan sebagai  Leonardo yang berasal dari Kota Vinci”.

Leonardo da Vinci

Pada tahun 1460-an saat Leonardo da Vinci berumur 14 tahun, ia telah bekerja di sebuah studio seni milik Verrocchio yang merupakan Seniman Lukis dan Pemahat Patung terkenal saat itu. Leonardo da Vinci diangkat menjadi murid Verrocchio saat berusia 17 tahun dan menjalani pembelajaran Seni Lukis selama 7 tahun. Selain itu Leonardo di Vinci juga mempelajari ilmu lainnya seperti Ilmu Kimia, Metalurgi, Pengolahan Besi, Pengolahan Kulit dan Kayu, Mekanika, dan Seni Arstistik lainnya seperti menggambar, membuat patung dan Seni Arsitektur.

Pada tahun 1472 saat Leonardo da Vinci berusia 20 tahun, beliau telah bergabung dengan Guild of Saint Luke, yaitu komunitas para seniman dan dokter. Hingga pada tahun 1482 Leonardo da Vinci pindah dari Kota Vinci ke kota Milan dan mulai mengembangkan karir seninya. Kepopuleran Leonardo da Vinci saat itu membuat dia mendapat banyak proyek seni yang fenomenal di kota Milan. Hingga pada tahun 1485 Leonardo mendapat panggilan dari Raja Matthias Corvinus di Hungaria untuk mendapatkan sebuah proyek seni lukis. Leonardo da Vinci kembali ke Italia dan membantu Raphael dan Michelangelo saat perancangan Seni Arsitektur Katedral Santo Petrus. Selain karya-karya Seni Lukis dan Seni Arsitektur, Leonardo da Vinci juga memiliki catatan rancangan mesin terbang saat beliau terinpirasi dari burung-burung terbang. Leonardo da Vinci juga mendobrak ketidaklaziman saat itu ketika membuat catatan sketsa tentang anatomi tubuh manusia yang ia dapat dari cara membedah mayat tubuh manusia yang saat itu sangat dilarang keras untuk membedah dan melukiskan isi tubuh manusia. Hal ini justru membantu perkembangan dunia kedokteran dimasa mendatang.

Pada Tahun 1497 saat kembali ke Kota Milan, Leonardo mewariskan sebuah karya seni lukis ikonik dan terkenal di Italia. Karya lukis tersebut berupa lukisan Mural di didinding Biara Santa Maria yang berjudul The Last Supper dan Lukisan potrait yang fenomenal lainnya berudul Mona Lisa.

tanda tangan Leonardo da Vinci

Leonardo da Vinci meninggal di Clos Luce, Prancis pada tanggal 2 Mei 1519 saat berumur 67 tahun, dan dimakamkan di Kapel St. Hubert di Kastel Amboise, Prancis.

 

Karya-karya Lukis Leonardo da Vinci

Leonardo dan Vinci memiliki banyak karya-karya seni lukis yang terkenal dan legendaris di dunia. Dari beberapa karyanya tersebut bahkan masuk kedalam daftar karya seni lukis paling mahal yang pernah dilelang dan terjual di Dunia dan juga daftar Karya Seni Lukis paling Ikonik dan terkenal di Dunia. Karya-karya lukis Leonardo da Vinci banyak mengandung unsur-unsur mitologi dan misterius yang disembunyi didalam lukisan, menyimpan pesan-pesan rahasia dan sangat menarik untuk dipelajari.

Sebagian besar karya lukisnya beraliran Realisme Renains dan Romantisisme. Berikut ini beberapa daftar karya lukis dan deskripsi dari karya seni lukis yang dihasilkan oleh Leonardo da Vinci.

1. Salvador Mundi

Salvador Mundi adalah karya lukis fenomenal karya Leonardo da Vinci beraliran Realisme dan Romantisisme. Lukisan ini dibuat pada abad ke-16 pada rentang waktu 1499-1510 di Italia. Lukisan Salvador Mundi yang memiliki arti “Sang Penyelamat Dunia” ini merupakan Lukisan Paling Mahal yang pernah dilelang dan diperjualbelikan di Dunia. Lukisan yang menggambarkan figur Yesus Kristus berpose close up yang menggengam bola kristal bening ini terjual dengan harga USD 450,3 juta atau setara 6 Triliun Rupiah pada tahun 2017.

Salvador Mundi

2. The Last Supper

The Last Supper atau dalam bahasa Italia yaitu Il Cenacolo merupakan salah satu lukisan fenomenal yang dibuat oleh Leonardo da Vinci pada tahun 1495-1496. Lukisan Mural  di dinding Gereja beraliran Realisme dan Romantisisme ini menjadi sangat terkenal di dunia karena menggambarkan Perjamuan Terakhir Yesus Kristus bersama kedua belas muridnya sebelum peristiwa penyaliban. Kepopuleran Lukisan ini banyak ditiru oleh beberapa seniman lukis lainnya yang terinspirasi dengan kisah didalam lukisan tersebut, dan menjadi pajangan dekorasi di rumah maupun Gereja-gereja di seluruh Dunia.

The Last Supper

3. Virgin of The Rocks

Lukisan Virgin of The Rocks adalah salah satu seni lukis yang terkenal dan misterius yang dibuat oleh Leonardo da Vinci. Lukisan ini dibuat pada rentang tahun 1483 sampai 1508 di Prancis. Lukisan ini menggambarkan sesosok bayi kecil bernama Yesus Kristus diantara bayang-bayang gua bebatuan bersama dengan sosok bayi Yohanes Pembaptis. Kemudian dari lukisan ini juga tergambar sosok Perawan Suci Maria dan Malaikat Agung Uriel. Lukisan ini konon menyimpan sebuah misteri dan pesan konspirasi dari bayangan-bayangan disekitar goa dan batuan.

Virgin of The Rocks

4. Mona Lisa

Lukisan Mona Lisa atau dalam bahasa Prancis dikenal sebagai La Gioconda adalah karya lukis yang dibuat oleh Leonardo da Vinci pada abad ke-16. Lukisan beraliran Realisme dan Romantisisme ini merupakan Lukisan paling terkenal dan Ikonik di Dunia, dan sering ditampilkan di media publikasi. Lukisan Mona Lisa ini menggambarkan figur potret seorang wanita tersenyum, senyuman yang penuh pesona dan juga misteri.

Mona Lisa

5. The Vitruvian Man

Lukisan Vitruvian Man atau dalam Bahasa Italia Le Proporzioni del corpo umano secondo Vitruvio yang memiliki arti “Proporsi tubuh manusia menurut Vitruvius” merupakan lukisan Polimatik karya Leonardo da Vinci yang dikenal luas di dunia. Didalam lukisan tersebut juga dilampirkan catatan dari Arsitek Vitruvius. Lukisan Polimatik ini menggambarkan seorang pria yang tumpan tindah dengan posisi kaki dan tangan yang saling berjauhan didalam pola lingkaran dan persegi. Lukisan ini menjadi sebuah gambaran tentang proporsi ideal tentang geometri yang dapat dituangkan dalam tatanan klasik Seni Arsitektur.

The Vitruvian Man

Selain beberapa daftar dan deskripsi karya lukis diatas, banyak karya-karya lukis lainnya yang cukup terkenal di dunia.

Demikian artikel singkat tentang Profil, Biografi dan deskripsi karya-karya Seni Lukis dari Pelukis Terkenal bernama Leonardo da Vinci. Artikel terkait lainnya dapat menelusuri label seni lukis pada laman tegaraya.com

1 Komentar untuk "Leonardo da Vinci - pelukis legendaris dunia, profil, biografi dan karya lukisnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel