Avatar (2009) : Sinopsis Film Epik Petualangan Fiksi Ilmiah Terlaris

Avatar adalah Sinema Film bergenre Fiksi  Ilmiah yang bertema Petualangan yang sangat terkenal dan Epik di Dunia. Film ini dirilis pada 10 Desember 2009 di Amerika Serikat (USA) dan menggunakan dialog berbahasa Inggris. Sinema Film Avatar sejak pertama kali dirilis tersebut menyedot banyak antusiasme penonton hingga saat ini. Dari antusiasme tersebut menempatkan Film Avatar ini sebagai salah satu Sinema Film Paling Laris di Dunia berdasarkan jumlah pendapatan dan jumlah penontonnya.

Secara singkat Film Avatar bercerita tentang kondisi geografi Planet Bumi dimasa depan pada tahun 2154 Masehi. Planet Bumi mengalami Krisis Energi Konvensional secara global sehingga sebuah Lembaga di Bumi yang bergerak dibidang Pengembangan Energi memiliki ide dan mengambil keputusan untuk menambang sebuah mineral energi di sebuah Bulan berpengaruhi. Bulan tersebut bernama Pandora. Ternyata Bulan Pandora memiliki kondisi hutan lebat dan beracun, serta dihuni oleh Makhluk Humanoid dengan ciri fisik setinggi 3 meter dan memiliki kulit berwarna biru. Makhluk tersebut adalah Suku Na’vi yang menguasai Pandora, sehingga para ilmuwan dari Bumi menciptakan hybrid humanoid yang menyerupai makhluk tersebut yang disebut Avatar. Dari ide penjelajahan inilah, petualangan yang sangat seru dan epik dimulai.

 

Pemeran dan Kru Film

Film Avatar disutradarai oleh seorang Sutradara Terkenal berkebangsaan Amerika Serikat bernama James Cameron. Beliau juga berperan sebagai Penulis Naskah dan Produser Film yang dibantu oleh rekannya bernama Jon Landau. Film ini diproduksi oleh Lightstrom Entertainment dan didistribusikan oleh 20th Century Fox.

James Cameron

Film Avatar dibintangi oleh beberapa pemeran terkenal, seperti Sam Worthington yang berperan sebagai Jake Sully,  serta Zoe Saldana sebagai Neytiri, Sigourney Weaver sebagai Dr. Grace Augustine dan Michelle Rodriguez sebagai Trudy Chacon. Pemeran lainnya yang mengisi tokoh dan berbagai karakter dalam Film Avatar antara lain;

  • Stephen Lang sebagai Kolonel Miles Quatrich
  • Giovanni Ribisi sebagai Parker Selfridge
  • Joel David Moore sebagai Dr. Norm Spellman
  • Dileep Rao sebagai Dr. Max Patel
  • Wes Studi sebagai Eytukan
  • C. C. H. Pounder sebagai Mo’at
  • Laz Alonso sebagai Tsu’tey

Pembuatan Film Avatar juga didukung oleh beberapa pekerja belakang layar atau koordinator kru. Produksi Film dikoordinasi dan dikerjakan oleh Sinematografer bernama Mauro Fiore. Tim Penyunting diisi oleh Stephen Elliott Rivkin, Jhon Refoua, dan James Cameron. Sementara Penata Musik digarap oleh James Horner.

 

Alur Cerita dan Sinopsis

Planet Bumi pada tahun 2154 telah mengalami krisis energi konvensional secara global setelah sumber daya energi di Bumi telah habis. Lembaga Resources Development Administration atau RDA melakukan riset dan mengambil sebuah ide untuk mengekslporasi sebuah Bulan yang memiliki kandungan mineral Unobtanium bernama Bulan Pandora yang menggitari Planet Gas Polyphemus di dalam Tata Surya Alpha Centaury. Ternyata Pandora yang memiliki atmosfer yang beracun dengan kondiri geografis berhutan sangat lebat memiliki penghuni Spesies Humanoid setinggi 3 meter dan berkulit biru yang disebut Suku Na’vi.


Untuk dapat menjelajah Pandora, para ilmuwan RDA membuat hybrid Na’vi dan manusia yang disebut Avatar, yang kemudian dioperasikan secara genetik oleh manusia. Sosok manusia yang bertugas untuk mengoperasikan Avatar tersebut adalah Jake Sully sebagai mantan Marinir. Dr. Grace Agustinus sebagai ketua program Avatar ini menganggap Jake Sully tidak memadai untuk program tersebut dikarenakan telah lumpuh, sehingga mendapat tugas sebagai pengawal tim eksplorasi. Dari penjelajahan Jake Sully tersebut, justru mendapat serangan dari binatang buas sehingga tersesat didalam hutan, dan diselamatkan oleh salah satu Suku Na’vi yang bernama Neytiri. Penyelamatan Neytiri terhadap Jake Sully ini membawanya hingga masuk kedalam komunitas masyarakat Na’vi.

Kepala Pasukan RDA yang bernama Miles Quaritch mengetahui Jake Sully yang terdampar didalam komunitas masyarakat Suku Na’vi tersebut  memerintahkannya untuk mengumpulkan data-data biologi dan lokasi Pohon Hometree. Pohon Hometree tersebut adalah pohon raksasa yang berdiri diatas lokasi tempat kandungan mineral Unobtanium terbesar di Pandora. Jake Sully yang sudah mampu membaur dengan masyarakat Suku Na’vi mulai menyukai Neytiri dan menjadikannya pasangan. Jake Sully justru akhirnya menggagalkan sebuah Buldozer yang akan menghancurkan tempat suci Suku Na’vi dengan menonaktifkan mesinnya. Perbuatan Jake Sully tersebut diketahui Parker Selfridge sebagai administrator Progam RDA tersebut dari laporan Miles Quaritch. Kemurkaan Parker Selfridge ini memicunya untuk menghancurkan Hometree.

Sebelum perang antara manusia dengan Suku Na’vi akan terjadi, sehingga Jake Sully berusaha meyakinkan mereka untuk mengungsi dari Pohon Hometree. Jake Sully mengungkapkan bahwa dirinya adalah mata-mata bagi Suku Na’vi, dan kebocoran identitas itu semakin memicu perang menuju Pohon Hometree. Akibat perang tersebut beberapa Avatar mati, termasuk Dr. Grace Agustinus yang berusaha menahan penyerangan tersebut. Akibatnya banyak manusia terusir dari Pandora, kecuali Jake Sully yang mampu berkomunikasi dengan Naga Toruk untuk meyakinkan para Suku Na’vi. Dengan bantuan Pohon Jiwa Jake Sully pun mampu menjadi Avatar secara permanen dan hidup di Pandora setelah pengusiran manusia.

 

Catatan Tentang Film

Film Avatar mendapat banyak respon positif dari para pengamat dan kritikus Film, hingga mengundang animo penonton yang sangat tinggi. Film berdurasi 161 menit ini menggunakan anggaran sebesar USD 237 juta dan telah menghasilkan pendapatan sebesar USD 2,790 Miliar atau setara 39,2 Triliun Rupiah secara akumulasi total. Dengan status pendapatan tersebut menempatkan Film Avatar kedalam daftar Film Paling Laris di Dunia dan menempati posisi teratas sejak pertama kali dirilis pada tahun 2009 lalu, sebelum akhirnya tergeser.

Selain dari catatan pendapatan Sinema Film tersebut, Film Avatar ini mendapat banyak penghargaan yang mengukuhkan Film ini sebagai salah satu Film Terbaik di Dunia. Pada Penghelatan Piala Oscar 2010, Film Avatar memperoleh Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Sinematografi Terbaik, Efek Visual Terbaik dan Desain Produksi Terbaik.  Kemudian penghargaan lainnya berupa Best Movie 2010 dan Sutradara Terbaik oleh Empire Award 2010 dan Golden Globe 2010. Pada Penghargaan dari British Academy Film Award 2010 pun Film Avatar ini memperoleh banyak penghargaan seperti; Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Sinematografi Terbaik, Efek Visual Terbaik dan Desain Produksi Terbaik. Film ini sangat sukses meraih berbagai penghargaan mayor di berbagai pergelaran penghargaan Sinema Film diberbagai negara. Dari kesuksesan tersebut memotivasi para kru, sutradara dan penulis naskah untuk melanjutkan karya Sinema Film Avatar 2 yang direncanakan rilis pada tahun 2022.

Demikian  artikel singkat yang mendeskripsikan Sinema Film yang berjudul Avatar (2009). Artikel serupa dan terkait lainnya dapat menelusuri label teater pada laman tegaraya.com

Belum ada Komentar untuk "Avatar (2009) : Sinopsis Film Epik Petualangan Fiksi Ilmiah Terlaris"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel