Seni Arsitektur Istana Kerajaan Terkenal yang Terindah di Dunia

Istana Kerajaan atau Istana Kenegaraan adalah sebuah gedung atau rumah megah yang difungsikan sebagai tempat tinggal bagi Raja, Pemimpin Negara hingga keluarga dan anggota kerajaan, serta para tamu kehormatan bagi kerajaan tersebut. Kata Istana berasal dari bahasa Sansekerta yaitu Sthana. Didalam kamus Bahasa Indonesia Istana dapat juga disebut Mahligai. Pada umumnya bangunan Istana didirikan dan digunakan pada kerajaan-kerajaan pada masa lampau yang menjadi simbol tempat Raja atau Kaisar bertempat tinggal. Namun saat ini Istana tetap dipelihara bagi negara-negara monarki maupun bukan negara kerajaan sebagai tempat tinggal para Pemimpin Negara yang bersifat monumental.

Bangunan Istana identik dengan seni arsitektur khas wilayah terdahulu yang mewakili kultur budaya dan identitas sebuah Kerajaan, Bangsa atau Negara. Bangunan Istana dibuat dengan nilai-nilai Seni Arsitektur yang ikonik, berestetika, monumental, mewah serta berkarakter dari ciri khas bangsa tersebut. Biasanya Negara Monarki akan lebih menonjolkan Istana Kerajaan yang lebih mewah dan menjadi simbol kedigdayaan Sang Raja atau Ratu yang mendiaminya.

Berikut ini adalah daftar dan deskripsi singkat tentang Seni Arsitektur Bangunan Istana Kerajaan dan Kenegaraan yang Terindah dan Megah di Dunia.

1. Forbidden City

Fobidden City

Forbidden City atau Zijin Cheng adalah sebuah Kota dengan kompleks Istana Kerajaan yang dikuasai oleh Dinasti-dinasti China pada masa lampau. Kompleks Istana Kerajaan ini terletak di Kota Bejing, China, dan telah dibangun sejak periode kekuasaan Dinasti Ming pada tahun 1406 hingga 1420 Masehi. Istana Zijin Cheng ini dibuat dan dirancang oleh Arsitektur asal Tiongkok bernama Kuai Xiang. Kompleks Istana ini menjadi tempat tinggal dan berkuasa bagi Dinasti Ming hingga Dinasti Qin pada periode tahun 1420 hingga 1924 Masehi. Penamaan Forbidden City atau “Kota Terlarang” didasari sebuah mitos bahwa Kompleks Istana Zijin Cheng adalah kediaman Kaisar Langit yang dilarang bagi orang umum untuk masuk dan keluar tanpa seijin Kaisar.

Interior Istana Forbidden City

Wilayah Komplesk Istana Zijin Cheng berbentuk persegi panjang dengan luas wilayah sebesar 720.000 meter persegi, yang dilengkapi dengan 980 bangunan dengan total 8.866 ruangan. Istana didalam Kompleks Forbidden City memiliki Seni Arsitektur Tiongkok Kuno. Saat ini Kompleks Forbidden City sudah tidak didiami oleh para Petinggi dan Bangsawan Kerajaan Tiongkok, namun keberadaan tetap menjadi simbol monumental bagi Kekuasaan Tiongkok. Fungsi Kompleks Istana Forbidden City saat ini menjadi sebuah situs wisata dan museum Negara, dan oleh UNESCO diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO dalam kategori Istana dengan Struktur Kayu Terbesar di Dunia pada tahun 1987.

Panorama Kompleks Istana Forbidden City
 

2. Mysore Palace

Mysore Palace

Mysore Palace (Istana Mysuru) atau dikenal juga dengan nama Istana Amba Vilas adalah sebuah istana megah yang terletak di Kota Mysuru, Karnataka, India. Istana Mysore ini dibangun pada tahun 1897 dan rampung pada tahun 1912, yang dirancang oleh Arsitek berkebangsaan Inggris-India bernama Henry Irwin. Istana Mysore pernah mengalami kerusakan akibat kebakaran, yang kemudian direkonstruksi ulang pada tahun 1912. Istana Mysore ini merupakan kediaman bagi Bangsawan Dinasti Wadiyar yang menguasai Kerajaan Mysore pada masa kejayaannya di daratan India.

Interior Istana Mysore

Kompleks Istana Mysore saat ini menjadi sebuah situs Kebudayaan dan Pariwisata di India. Bangunan Istana dengan Seni Arsitektur bergaya Indo-Saracenic atau disebut juga Mughal-Gothic, dengan ciri khas bangunan bergaya Revivalis Eropa Klasik dengan sentuhan dekorasi dan ornamen khas Kebudayaan India. Istana Mysore sangat menarik untuk dinikmati keindahannya saat malam hari, dengan taburan lampu-lampu pada Festival Dasara yang diselenggara pada kisaran bulan September-Oktober di India.

Panorama malam hari Istana Mysore
 

3. Buckingham Palace

Buckingham Palace

Istana Buckingham adalah kediaman resmi dari Ratu Britannia Raya beserta keluarga dan kerabatnya yang terletak di Kota London, Inggris. Buckingham Palace atau dulunya disebut dengan nama Buckingham House dibangun pada 1703 yang didesain oleh Arsitek bernama William Winde yang digunakan sebagai Balai Kota. Kemudian pada tahun 1761 Raja George III mengambil alih lahan dan gedung tersebut dan menjadi kediaman pribadi yang disebut Queen’s House. Buckingham Palace akhirnya resmi menjadi kediaman Ratu Britannia dan Keluarga Kerajaan pada tahun 1837 saat pengangkatan gelar Ratu Victoria. Seni Arsitektur Istana Buckingham didesain oleh Arsitek bernama Edward Blore dan Jhon Nash pada tahun 1850, dan didesain ulang oleh Sir Aston Webb pada tahun 1913.

Interior Istana Buckingham

Buckingham Palace merupakan simbol kemewahan dari Keluarga Kerajaan Britannia Raya. Istana Buckingham yang memiliki Seni Arsitektur Neo-Klasik ini dilengkapi dengan fasilitas yang mewah dan mencengangkan berupa 775 buah, 78 kamar mandi, 1514 pintu, dan 40 ribu jenis bola lampu. Desain interiornya didominasi dengan hiasan dan ornamen klasik abad ke-19, dan masih dipajang hingga saat ini. Penggunaan warna-warna cerah nan mewah pada dinding interior Istana, yang dikenal dengan teknik Scagliola merupakan ide dekorasi dari Sir Charles Long. Buckingham Palace merupakan salah satu Istana yang Populer di Dunia yang paling sering dikunjungi oleh para Wisatawan terutama yang berkunjung ke Inggris.

Tampak Atas Istana Buckingham

4. Potala Palace

Potala Palace

Istana Potala adalah bangunan Istana megah yang berada di Kota Lhasa, Kawasan Otonomi Tibet, Negeri China. Istana indah yang juga dinamai sebagai Mount of Potalaka ini dipercaya oleh masyarakat Tibet  sebagai tempat tinggal mitos bagi Bodhisattva Avalokitesvara dibangun pada tahun 1645 dan rampung pada tahun 1694. Istana Potala dianggap sebagai situs suci yang mana diberlakukan sebuah larangan untuk membangun gedung dengan tinggi lebih dari 21 meter untuk menghormati kesucian Istana tersebut. Istana Potala adalah tempat tinggal utama bagi Dalai Lama sejak pemerintahan Dalai Lama ke-5 hingga pemerintahan Dalai Lama ke-14.

Interior Istana Potala

Istana Potala memiliki desain Seni Arsitektur bergaya Tiongkok Kuno. Istana ini berbentuk persegi memanjang berukuran 400x350 meter ini terletak pada ketinggian 3.700 meter di atas permukaan air laut. Struktur bangunannya terdiri dari 13 tingkat lantai setinggi 117 meter serta memiliki 1000 kamar ini berdiri diatas bukit berbatu pada lembah Lhasa, dan memiliki pondasi yang sangat kokoh berupa susunan batuan yang tebal. Saat ini Istana Potala telah dialihfungsikan oleh Pemerintah China menjadi Museum Sejarah dan Kebudayaan, hingga pada tahun 1994 diakui sebagai salah satu Situs Warisan Dunia oleh UNESCO

Panorama Istana Potala

5. Chateau de Chambord

Chateau de Chambord

Istana Chateau de Chambord adalah bangunan Istana Kerajaan Prancis yang terletak di Chambord, Prancis. Bangunan Istana Chateau de Chambord yang dibangun pada tahun 1519 dan selesai pada tahun 1547 ini adalah sebuah bangunan Puri yang menjadi pondok berburu untuk Raja Francois I di kawasan Lembah Loire yang indah. Rancangan awal dan ide desain Seni Arsitekturnya dibuat oleh Arsitek asal Italia, yaitu Domenico da Cortona yang juga dipengaruhi oleh pemikiran dari Leonardo da Vinci, sementara struktur Bangunan Istana Megah ini dirancang oleh seorang Insinyur Prancis bernama Pierre Nepveu.

Interior Istana Chateau de Chambord

Istana Chateau de Chambord memiliki desain Seni Arsitektur bergaya Renaisans Prancis yang sangat khas. Bentuk Desainnya memadukan Bentuk Seni Arsitektur Abad Pertengahan di Prancis dengan struktur Renaisans Klasik. Namun pada akhirnya bangunan istana ini tidak benar-benar selesai dengan sempurna hingga saat terjadi Peristiwa Revolusi Prancis pada tahun 1792, perabotan dan furniture di dalam Istana ini dijual dan dilelang oleh pihak kerajaan. Saat ini Istana Chateau de Chambord menjadi situs pariwisata dan studi arsitektur yang terbuka untuk umum di Prancis.

Tampak atas Istana Chateau de Chambord

6. Schonbrunn Palace

Schonbrunn Palace

Istana Schonbrunn adalah bangunan Istana Kerajaan Austria yang berada di Kota Wina, Austria.  Istana ini dibangun pada tahun 1740 pada masa pemerintahan Ratu Maria Theresa. Kemudian pada saat kekuasaan Raja Franz I di Kerajaan Austria, Istana Schonbrunn ini didekorasi ulang dengan beberapa sentuhan Neo-Klasik. Nama Schonbrunn yang didalam Bahasa Bavaria memiliki arti “mata air yang indah” merupakan sebuah julukan karena Istana ini memiliki sumur artesis yang menjadi sumber air minum bagi penghuni istana. 

interior Istana Schonbrunn

Schonbrunn Palace memiliki desain Seni Arsitektur bergaya Rococo berpadu dengan gaya Neo-Klasik yang dikenal berkembang pada era Abad Pertengahan Eropa. Istana ini memiliki fasilitas 1.441 kamar dan dikelilingi taman yang indah dengan luas lahan mencapai 186 hektar. Sejak tahun 1860-an Istana Schonbrunn ini menjadi sebuah objek wisata sejarah, budaya dan seni arsitektur yang terbuka bagi pengunjung umum. Kemudian pada tahun 19976 Istana Schonbrunn diakui sebagai salah satu Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

Panorama Istana Schonbrunn

 

7. Istana Nurul Iman

Istana Nurul Iman

Istana Nurul Iman atau dalam Bahasa Inggris disebut The Light of Faith Palace adalah bangunan kediaman Sultan Brunei, Hassanal Bolkiah, yang terletak di Kota Bandar Seri Bengawan, Negeri Brunei Darussalam. Istana ini dibangun pada tahun 1984 yang secara keseluruhan didesain oleh Arsitek Filipina bernama Leandro V. Locsin, sementara untuk dekorasi interior berdasarkan ide kreasi dari Arsitek bernama Khuan Chew. Pembangunan Istana ini memakan anggaran fantastis senilai USD 1,4 Miliar atau setara 21 Triliun Rupiah saat dibangun oleh Ayala Abbott and Butters selaku kontraktor yang berasal dari Inggris.

interior Istana Nurul Iman

Istana Nurul Iman memiliki gaya Seni Arsitektur Islam-Melayu. Bangunan utama dibuat dengan bahan beton  dengan struktur atap Istana berbentuk kubah dengan cat berwarna emas, serta fasilitas lainnya seperti 1.778 buah kamar, 257 kamar mandi, ruang perjamuan dengan kapasitas 5.000 tamu, masjid yang dapat menampung 1.500 jamaah, 44 tangga istana dan 18 lift serta fasilitas lainnya seperti kolam renang, kandang kuda, garasi besar yang apabila diakumulasikan secara total Istana ini memiliki luas lantai sebesar 200.000 meter persegi. Berdasarkan luas denah Istana Kerajaan tersebut, Istana Nurul Iman dianggap sebagai Rumah Pribadi Raja yang terbesar di Dunia, sehingga dijuluki sebagai World’s Largest Residential Palace atau Istana Tempat Tinggal Raja Terluas di Dunia.

Panorama Istana Nurul Iman

8. Louvre Palace

Louvre Palace

Istana Louvre adalah sebuah bangunan bekas Istana Kerajaan Prancis yang terletak di kota Paris, Prancis. Bangunan Istana Louver ini dibangun sejak tahun 1190 yang saat itu berfungsi sebagai benteng militer yang menjaga Tembok Phillip II Augustus dari serangan musuh. Kemudian peralihan Fungsi menjadi sebuah Puri Istana terjadi pada abad ke-17 yang diiniasi oleh Raja Francis I. Raja Francis menginginkan sebuah Istana Kerajaan yang Megah dan perancangan desain Istana ini melibatkan beberapa Arsitek terkenal saat itu, antara lain Pierre Lescot, Louis Metezeau, Jacques Lemercies, dan lain-lain. 

Interior Istana Louvre

Bangunan Istana Louvre memiliki gaya Seni Arsitektur yang sangat kompleks, perpaduan antara gaya Gothic, Renaisans Prancis, Neo-Klasik, Baroque dan dekorasi Futurisitik. Pada bagian interiornya banyak menampilkan dekorasi ornamen khas bergaya Renaisans dan Gothic yang berselimut warna putih dan emas. Louvre Palace saat ini akui sebagai bangunan Istana Kerajaan yang Terbesar di Eropa, dan merupakan Bangunan Buatan Manusia yang terbesar kedua di Eropa. Bangunan Istana Louvre telah difungsikan sebagai Museum Negeri Prancis yang menyimpan banyak karya seni ikonik dan terkenal sejak tahun 1793 hingga saat ini. Kemudian pada tahun 1988 dibuatkan sebuah dekorasi futuristik yang sangat ikonik ditengah halaman kompleks Istana Louvre yang dikenal sebagai Piramida Louvre.

Tampak Atas Istana Louvre

 

9. The Grand Palace

The Grand Palace

The Grand Palace atau Istana Raja (Bangkok) atau dalam Bahasa Thailand disebut Phra Borom Maha Ratcha Wang adalah sebuah kompleks Bangunan Privat dan Resmi untuk Raja Thailand yang terletak di Bangkok, Thailand.  Istana ini telah dihuni oleh para Raja-raja Thailand sejak abad ke-18 hingga kini, dibangun pada tahun 1782 dan rampung pada tahun 1785 saat Pemerintahan Raja Rama I. Rancangan Kompleks Istana Raja Bangkok mengikuti pola istana dan desain di wilayah Ayutthaya, yang merupakan sebuah kompleks istana terdahulu sebelum dipindahkan ke Bangkok akibat serangan Pasukan Burma.

interior Istana Raja Bangkok

Bangunan-bangunan pada kompleks Istana Raja Bangkok mengadopsi Seni Arsitektur Thailand Kuno yang bergaya Mughal dan bercorak agama Buddha. Istana yang megah dan indah ini memiliki denah berbentuk persegi panjang dengan luas total 218.400 meter persegi. Didalam kompleks Istana yang dikelilingi oleh Dinding Gerbang yang megah, terdapat banyak bangunan seperti Aula, Paviliun, Taman, dan Kuil Buddha yang megah serta bangunan-bangunan kerajaan dengan atap berbentuk pagoda berwarna emas. Saat perubahan bentuk Pemerintahan Thailand yang menghapus Sistem Monarki Absolut pada tahun 1932, bangunan istana kerajaan ini tidak dihuni lagi oleh keluarga kerajaan dan dijadikan Museum dan situs budaya dan pariwisata untuk Negeri Thailand.

Panorama Istana Raja Bangkok

10. Qasr Al Watan Presidential Palace

Qasr Al Watan Presidential Palace

Qasr Al Watan Presidential Palace adalah sebuah bangunan istana megah dan mewah yang terletak di kota Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Istana Qasr Al Watan ini berdiri sejak peresmian pembangunannya pada tahun 2015 silam. Istana ini dibangun pada saat Pemerintahan Sheiks Khalifa bin Zayed dan terletak pada kawasan Pulau Buatan yang terpisah dengan daratan di Kota Abu Dhabi. Bangunan Istana Qasr Al Watan yang difungsikan sebagai kediaman Raja Abu Dhabi dan Putra Mahkotanya serta para Menteri dan petinggi Negara memiliki anggaran pembangunan sebesar 6,7 Triliun Rupiah.

sudut interior Istana Qasr Al Watan

Istana Qasr Al Watan memiliki bentuk desain Seni Arsitektur Islam Tradisional. Keunikan Bangunan Istana ini karena memiliki banyak kubah besar yang salah satu kubahnya termasuk terbesar di Dunia, pilar-pilar yang besar dan banyak, dinding megah berwarna putih, dan dekorasi interior yang banyak menampilkan warna emas dan corak khas Budaya Arab. Kemudian didalam ruangan Istana tersebut ditunjukkan beberapa koleksi barang yang menjadi simbol hubungan diplomatik dengan berbagai negara di Dunia. Istana Qasr Al Watan menjadi sebuah landmark yang sangat indah di Abu Dhabi dan Pusat Kebudayaan UEA yang terbuka bagi para wisatawan dan pengunjung umum. 

Tampak Atas Istana Qasr Al Watan

Dari daftar dan deskripsi di atas, masih banyak tersedia beberapa jenis galeri Seni Arsitektur Istana Kerajaan Terindah di Dunia yang mewakili banyak jenis gaya arsitektur di Dunia. Bahkan kedepannya istana-istana Kerajaan dan kenegaraan akan banyak dibangun dengan berbagai bentuk dan inovasi Seni Arsitektur baik yang klasik maupun futuristik.

Demikian artikel tentang daftar dan deskripsi dari Seni Arsitektur Bangunan Istana Kerajaan dan Kenegaraan yang Terindah dan Megah di Dunia. Artikel terkait lainnya dapat menelusuri label seni arsitektur pada laman tegaraya.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel