Definisi Seni Ilustrasi serta Tujuan dan Jenis-jenisnya

Definisi Seni Ilustrasi adalah sebuah seni penyajian visual berupa gambar, lukisan, fotografi, relief atau seni rupa lainnya sebagai media untuk memperjelas sebuah cerita lisan maupun tulisan. Secara umum Seni Ilustrasi diartikan sebagai penggambaran sebuah narasi tulisan atau lisan menjadi bentuk-bentuk seni rupa tersebut yang dapat dilihat dengan tujuan agar mudah dipahami isi dari narasi tulisan tersebut serta memberi nilai keindahannya.

Berdasarkan etimologi, kata Ilustrasi berasal dari Bahasa Latin, yaitu Illustrate yang memiliki arti menjelaskan atau menerangkan. Dalam Definisi berbahasa Inggris yang tertulis Ilustrate memiliki arti menjelaskan. Sementara dalam definisi berbahasa Belanda disebut Ilustratie yang diartikan sebagai hiasan dengan gambar atau pembuatan sesuatu yang jelas. Definisi secara terminologi menjelaskan bahwa arti dari Seni Ilustrasi adalah Seni Visual yang bersifat sekaligus berfungsi untuk menerangkan suatu analisa dan peristiwa.

 

Sejarah Seni Ilustrasi

Seni Ilustrasi merupakan sebuah seni visual yang telah lama ditemukan sejak era prasejarah. Pembuktian ini didasarkan pada sebuah lukisan-lukisan di dinding goa yang menggambarkan sebuah kejadian dari masa lampau. Seni Ilustrasi tersebut masih bersifat sederhana yang tidak begitu dimengerti apa arti dan maknanya.

Seni Ilustrasi Prasejarah

Seni Ilustrasi kemudian menjadi semakin berkembang setelah bentuk aksara ditemukan pada kisaran tahun 2000 SM. Seni Ilustrasi muncul dalam bentuk ukiran sketsa pada dinding batu atau prasasti dari sebuah peradaban manusia yang telah berkembang. Seni Ilustrasi tersebut berupa hieroglif yang menggambarkan sebuah kejadian masa lampau maupun sosok-sosok Raja atau Dewa yang telah memimpin sebuah peradaban atau bangsa manusia saat itu.

Ilustrasi Abad Pertengahan Eropa

Seni Ilustrasi dianggap sebagai bentuk dari Seni Rupa ditemukan pada dekade 1880-an atau paska Perang Dunia Ke-1. Saat itu Seni Ilustrasi banyak telah ditemukan pada selebaran Surat Kabar atau Koran-koran, majalah dan buku-buku. Di kawasan Amerika Serikat pada saat itu, Seni Ilustrasi banyak ditemukan diberbagai media saat itu (dinding, kertas, majalah, dan merchandise) dan menjadi sebuah komoditi yang menarik untuk diperjualbelikan berupa bentuk dan jasa pembuatannya.

 

Fungsi dan Manfaat Seni Ilustrasi

Seni Ilustrasi memiliki prinsip yang jelas untuk memberi gambaran sebuah narasi atau cerita, berupa Ilustrasi yang menarik, jelas, sesuai dengan isi cerita atau tulisan dan sesuai dengan target pembaca.

Sementara itu Seni Ilustrasi memiliki beragam fungsi bagi banyak orang. Adapun fungsi dari penyajian Seni Ilustrasi tersebut antara lain adalah:

  1. Menarik perhatian pembaca cerita atau artikel untuk membaca judul atau sub judul serta isi artikel atau narasi cerita.
  2. Memudahkan sebuah keterangan dalam bentuk tulisan
  3. Mempermudah mengungkapkan atau menggambarkan sebuah pengalaman atau kejadian.
  4. Menggambarkan sesuatu cerita atau representasi suatu hal yang abstrak dan tidak terjemahkan secara tulisan.
  5. Mempromosikan sebuah produk atau barang yang dilengkapi dengan deskripsinya.
  6. Menggantikan uraian panjang sebuah tulisan dengan sebuah gambaran visual.
  7. Mempermudah imajinasi atau khayalan bagi pembaca sebuah cerita.
  8. Menampilkan sebuah daftar, tabel, grafik, kartun, foto, sketsa maupun simbol yang menarik dan mudah dipahami.
  9. Memiliki nilai estetika terhadap penampilan buku atau artikel.
  10. Menjadi sebuah gambar sindiran sosial dan politik yang memiliki nilai idealis dan humoris.

 

Jenis-jenis Seni Ilustrasi

Seni Ilustrasi memiliki ragam jenis-jenis dan bentuk yang divisualkan didalam berbagai media. Berikut ini adalah deskripsi dari jenis-jenis dan bentuk dari Seni Ilustrasi.

1. Naturalis

Seni Ilustrasi Naturalis adalah sebuah seni gambar ilustrasi yang realistis, memiliki bentuk dan warna yang sama dengan kenyataan disekitar kita tanpa suatu penambahan atau pengurangan. Contoh dari Seni Ilustrasi berjenis Naturalis ini adalah Lukisan, Gambar atau Relief.

Ilustrasi Naturalis

2. Dekoratif

Seni Ilustrasi Dekoratif merupakan seni gambar ilustrasi yang berfungsi sebagai hiasan dengan objek gambar yang telah disederhanakan atau dilebih-lebihkan dengan gaya tertentu. contoh dari Seni Ilustrasi berjenis Dekoratif ini adalah; Gambar atau Sketsa.

Seni Ilustrasi Dekoratif
 3. Kartun

Kartun adalah jenis seni ilustrasi yang berbentuk gambar bercerita yang dilengkapi dengan teks dialog yang memudahkan pembaca cerita untuk memahaminya. Contoh dari Seni Ilustrasi berjenis Kartun ini dapat ditemukan pada media seperti; Komik, Majalah bergambar, Rubrik atau Mading.

Kartun

4. Karikatur

Karikatur merupakan jenis dari seni ilustrasi yang berbentuk gambar atau sketsa dengan tujuan sindiran atau kritikan dengan mendeformasi objek atau figur tertentu dengan menampilkan penyimpangan proporsi tubuh. contoh-contoh dari seni ilustrasi berjenis karikatur ini banyak ditemukan pada berbagai media seperti, koran, majalah atau laman internet.

Karikatur
  5. Komik

Komik adalah jenis dari seni ilustrasi yang berupa cerita bergambar yang dilengkapi dengan teks cerita dan dialog. Komik adalah salah satu jenis dan bentuk seni ilustrasi yang cukup populer untuk memvisualkan sebuah narasi cerita.

Komik

6. Bagan (Chart)

Bagan atau disebut juga chart merupakan sebuah bentuk seni ilustrasi yang menyajikan grafik, diagram atau simbol yang memaparkan data atau alur kerja. Bagan atau Chart ini memiliki beberapa jenis turunan lainnya dengan berbagai jenis fungsi dan bentuk, seperti Pie Chart, Flow Chart, Bar Chart, Organization Chart, Graph Chart, dan lain-lain.

Bagan Struktur Organisasi

7. Tabel

Tabel adalah ilustrasi susunan data dalam bentuk baris dan kolom. Ilustrasi ini memudahkan pembaca untuk membaca data secara runtut dan telah disusun rapi. 

Tabel
 8. Peta

Peta merupakan sebuah ilustrasi gambaran permukaan bumi yang dituangkan ke dalam media datar diatas kertas dan dilengkapi dengan skala ukuran. Peta adalah sebuah ilustrasi daratan bumi yang luas dan sesuai dengan bentuk aslinya, namun memiliki akurasi bentuk dan jarak yang dihitung dari skala yang telah terlampir didalamnya.

Peta
 9. Ilustrasi Buku

Ilustrasi Buku adalah sebuah bentuk ilustrasi visual dari sebuah peristiwa atau cerita yang terdapat didalam buku. Seni ilustrasi jenis ini banyak ditemukan pada berbagai bentuk buku, antara lain; novel, buku pelajaran, buku pengetahuan umum, buku cerita, dan lain-lain.

Ilustrasi Buku
Demikian artikel rangkuman tentang Definisi dan deskripsi dari Seni Ilustrasi dan beragam jenis-jenis atau bentuknya. Artikel terkait lainnya dapat menelusuri label seni rupa pada laman tegaraya.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel