The Godfather (1972): Sinema Film bertema Konflik Gangster Terbaik

The Godfather adalah Sinema Film bergenre Drama Kriminal yang bertemakan Kejahatan dan Konflik antar Gangster yang sangat Epik. Film yang menggunakan Dialog berbahasa Inggris ini dirilis pertama kali pada 15 Maret 1972 di Amerika Serikat (USA). Film The Godfather merupakan Film Seri Pertama dari trilogi Film The Goodfather lainnya. Film ini oleh banyak pengamat Seni Film dan Kritikus Film sebagai salah satu Film yang Paling Berpengaruh dan Ikonik di Dunia, terutama dalam daftar Film bertema Drama Gangster.

Film The Godfather secara singkat bercerita tentang Keluarga Mafia Corleone yang sangat berpengaruh di Kota New York pada tahun 1945 hingga 1950-an. Keluarga Corleone ini dipimpin oleh seorang Bapak yang bernama Vito Corleone yang legendaris dan dijuluki sebagai The Godfather. Keluarga Corleone memimpin kelompok-kelompok mafia kecil dibawahnya dan mengurusi bisnis-bisnis gelap dibidang perjudian, prostitusi, narkoba dan lain-lainnya. Namun pada akhirnya Konflik terjadi antar anggota keluarga tersebut yang ingin merebut pengaruh dan kekuasaan Sang The Godfather. Kisah epik Film The Godfather banyak menceritakan drama dan perselisihan didalam keluarga dan juga persaingan antar gangster mafia di kota New York.

 

Pemeran dan Kru Film

Film The Godfather disutradarai oleh Sutradara berkebangsaan Amerika Serikat bernama Francis Ford Coppola. Beliau juga berperan sebagai penulis naskah Film ini berdasarkan kisah Novel yang berjudul The Godfather yang dirilis pada tahun 1969 hasil karya Mario Puzo. Kemudian untuk menyepurnakan naskah Film tersebut Fancis Ford Coppola juga dibantu oleh rekannya bernama Robert Towne, walau namanya tidak disebutkan didalam pemutaran Film tersebut. Film ini di Produseri oleh Albert S. Ruddy dan didistribusikan oleh Paramount Pictures.

Francis Ford Coppola

Film The Godfather dibintangi oleh beberapa Pemeran Terkenal, seperti Marlon Brando yang berperan sebagai Vito Corleone, serta Al Pacino sebagai Michael Corleone. Pemeran lainnya yang mengisi tokoh dan berbagai karakter dalam Film The Godfather antara lain;

  • James Caan sebagai Santino Coleone
  • Robert Duvall sebagai Tom Hagen
  • Richard S. Castellano sebagai Peter Clemenza
  • Diane Keaton sebagai Kay Adams
  • Jhon Cazele sebagai Fredo Coleone
  • Talia Shire sebagai Constanzia Coleone
  • Gianni Russo sebagai Carlo Rizzi
  • Sterling Hayden sebagai Marc McCluskey

Diluar nama-nama Pemeran tersebut, masih banyak bintang Film yang terlibat dalam proses Pembuatan Film The Godfather. Produksi Film ini dikelola oleh Sinematografer atau Ahli Visual yang bernama Gordon Willis. Sementara untuk Tim Penyunting diisi oleh beberapa rekanan seperti; William H. Reynold, Peter Zinner, Marc Laub dan Murray Solomon.

 

Alur dan Sinopsis Singkat

Vito Corleone adalah seorang Pemimpin Keluarga Corleone yang sangat berpengaruh di Kota New York. Dia yang berjuluk The Godfather telah menguasai bisnis gelap perjudian, prostisus dan narkoba selama beberapa tahun. Dalam kesehariannya menjalankan bisnis-bisnis tersebut, Vito Corleone kerap ditemui beberapa tamu-tamunya yang menawarkan berbagai bentuk kerjasama bisnis dan tawaran jasa secara bergiliran. 

Vito Corleone; The Godfather

Suatu hari Vito Corleone menerima tawaran kerjasama bisnis dari salah satu tamu klien besar, wakil bandar narkoba dari Keluarga Tattaglia yang bernama Virgil Sollozo. Namun Vito Corleone menolaknya, dan membuat Virgil Sollozo geram dan murka. Akibatnya Virgil Sollozo meminta anak buahnya untuk menembak Vito Corleone didadanya. Akibat kejadian penembakkan itu, Vito Corleone terluka dan menjalani perawatan serius dalam beberapa waktu.

Putra Sulung dari Vito Corleone, yang bernama Santino “Soni” Corleone menjadi Pemimpin sekaligus pengganti ayahnya selama beberapa waktu. Selama dipimpin oleh Santino Corleone, Bisnis The Godfather justru mengalami penurunan. Hal ini diakibatkan perselisihan dengan Keluarga Tattaglia dalam bisnis Narkoba. Hal ini juga ditambah dengan perseteruan Soni Corleone ini dengan Tom Hagen yang merupakan anak angkat Vito Corleone. Anak Bungsu Vito Corleone yang bernama Michael Corleone kemudian memiliki ide dan inisiatif untuk membunuh Virgil Sollozo demi mengembalikan reputasi bisnis keluarga mereka. Pembunuhan atas Sollozo pun berhasil dan justru semakin memanaskan perselisihan dan perang mafia antara Keluarga Corleone dan Keluarga Tattaglie.

Paska pembunuhan Virgil Sollozo, Michael menjadi buruan para mafia dari keluarga Tattaglie. Akibatnya Michael Corleone harus mengungsi hingga ke Italia untuk sementara waktu, menunggu suasana kondusif dan kembalinya Don Vito Corleone sembuh dari pemulihannya. Soni Corleone yang selama ini memimpin bisnis Keluarga Corleone akhirnya telah terbunuh oleh Saudara Iparnya akibat membela adiknya yang teraniaya. Vito Corleone yang telah pulih pun mengembalikan keadaan keluarganya dan memulihkan suasana hingga menjadi lebih kondusif. Keinginan Vito Corleone untuk berhenti dari bisnis mafia ini, akhirnya menyerahkan kekuasaannya kepada Michael Corleone untuk meneruskan posisi Don Corleone sebagai The Godfather yang baru.

 

Catatan Tentang Film

Film yang dianggap sebagai salah satu Film Ikonik dan berpengaruh di Dunia ini pernah menjadi salah satu Film Paling Laris di Dunia pada tahun 1972. Film berdurasi 177 menit ini menggunakan anggaran USD 6 juta dan telah menghasilkan pendapatan sebesar USD 287 juta. Film ini bahkan memenangkan 3 penghargaan Piala Oscar pada tahun 1972, dalam kategori Film Terbaik (Best Picture), Aktor Terbaik (Best Actor) diwakilkan oleh Marlon Brando dan Skenario Adaptasi Terbaik yang dikerjakan oleh Francis Ford Coppola dan Mario Puzo. Kemudian Prestasi lainnya didapatkan dalam kategori lainnya, seperti Aktor Pendukung Terbaik yang diwakilkan oleh Robert Duvall dan Sutradara Terbaik yang diperoleh Francis Ford Coppola.

Kesuksesan Film ini memacu dan memotivasi Francis Ford Coppola untuk melanjutkan 2 Film lanjutannya; The Godfather II pada tahun 1974 dan The Godfather III pada tahun 1990.


Demikian artikel singkat yang mendeskripsikan Sinema Film yang berjudul The Godfather (1972). Artikel serupa dan terkait lainnya dapat menelusuri label teater pada laman tegaraya.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel