Karya Puisi Populer yang Terkenal di Indonesia


Karya Sastra Puisi merupakan jenis karya sastra yang sering ditemukan di berbagai media publikasi saat ini. Puisi adalah kumpulan kata-kata indah yang dibuat oleh para Penyair Puisi yang mampu menggugah hati dan pikiran dari pembacanya. Puisi akan semakin indah dan menarik ketika didramatisasi secara visual dan diiringi dengan musik akustik.

Saat ini berbagai kutipan-kutipan puisi saat ini telah banyak dituliskan pada beberapa gambar atau tulisan yang di media sosial. Sebagian dari mereka bahkan pernah mengambil kutipan dari Puisi-puisi Terkenal walaupun tidak mengenal penulis atau penyairnya. Indonesia memiliki beberapa tokoh Penyair Puisi yang terkenal sejak era Orde Baru hingga saat ini. Para Penyair Puisi tersebut telah menciptakan Puisi dengan berbagai latar dan cerita yang beragam, hingga beberapa Puisi menjadi Karya Puisi yang Legendaris dan Populer yang Terkenal di Indonesia.

Berikut ini adalah beberapa Karya Sastra Puisi Populer yang Terkenal beberapa Penyair Puisi yang Terkenal di Indonesia.

1. Aku

Puisi berjudul Aku adalah karya tulisan Penyair Terkenal bernama Chairil Anwar berbahasa Indonesia yang dibuat pada tahun 1943. Puisi ini adalah Salah satu Puisi Paling terkemuka dalam Sejarah Seni Sastra Indonesia. Karya Puisi ini juga menjadi sebuah saksi sejarah perjuangan era  45. Puisi ini dianalisa menggambarkan alam individualitas dan vitalitas seorang Chairil Anwar yang ingin bergema lewat karya sastra. Berikut ini adalah kutipan terkenal dari Puisi berjudul Aku.


2. Aku Ingin

Puisi berjudul Aku Ingin merupakan karya tulis dari Penyair Bersahaja Sapardi Djoko Damono. Puisi bertema Cinta ini ditulis dan diperkenalkan pertama kali pada tahun 1989. Puisi ini menceritakan sebuah ungkapan rasa cinta yang sederhana, namun dengan problema yang tidak sederhana. Ketika Sapardi Djoko Damono telah meninggal pada 19 Juli 2020 silam, karya-karya Puisi-nya justru semakin dikenal dan digemari oleh generasi muda saat ini. Hingga beberapa karya puisinya menjadi sangat populer dan banyak dikutip berbagai kalangan. Berikut ini adalah kutipan Puisi yang berjudul Aku Ingin tersebut.



3. Hai, Ma!

Puisi berjudul Hai, Ma! Adalah karya Puisi ciptaan W. S. Rendra. Beliau dikenal sebagai seorang Sastrawan Terkenal di Indonesia yang memiliki julukan Buruk Merak. Puisi ini ditulis pada tahun 1992 dan merupakan Puisi yang sangat populer saat itu. Puisi bertema tentang kehidupan ini berisi sebuah ungkapan dari seorang anak yang disampaikan kepada ibundanya. Puisi ini mengungkapkan tentang kegetiran kehidupan yang tidak menemukan sebuah tuntunan dan tercapainya sebuah angan. Berikut ini adalah kutipan puisi yang berjudul Hai, Mai! tersebut.


4. Sajadah Panjang

Puisi berjudul Sajadah Panjang merupakan karya Sastra Puisi yang sangat terkenal dan legendaris ciptaan Taufiq Ismail. Diketahui Taufiq Ismail adalah seorang Penyair Terkenal di Indonesia. Beliau banyak menciptakan lirik-lirik indah yang kelak diambil menjadi sebuah lirik lagu-lagu dari musisi terkenal di Indonesia. Puisi yang diciptakan pada tahun 1984 ini berisi ungkapan perasaan, kegelisahan dan rasa gundah yang ingin ditumpahkan dan diungkapkan kepada Tuhan. Berikut ini adalah kutipan Puisi yang berjudul Sajadah Panjang tersebut.


5. Pada Suatu Hari Nanti

Puisi yang berjudul Pada Suatu Hari Nanti adalah puisi bertema cinta hasil karya tulis dari Penyair Terkenal di Indonesia, Sapardi Djoko Damono. Ungkapan-ungkapan cinta yang sederhana yang telah beliau tulis sangat banyak dikenali dan digemari oleh para pecinta puisi, maupun orang awam. Karya Puisi yang berjudul Pada Suatu Hari Nanti ini mengungkap sebuah perasaan dan kenangan yang ingin menghilangkan keresahan bagi orang terkasih yang ditinggalkan. Berikut ini adalah kutipan Karya Puisi yang berjudul Pada Suatu Hari Nanti tersebut.


6. Kerawang-Bekasi

Puisi berjudul Kerawang-Bekasi adalah Puisi legendaris yang ditulis oleh seorang Penyair Terkenal, Chairil Anwar.  Puisi yang ditulis pada tahun 1948 merupakan salah satu karya sastra legendaris yang menjadi sebuah saksi perjuangan kemerdekaan Indonesia. Puisi ini mengungkapkan sebuah perasaan simpati dan pesan supaya kita terus berjuang untuk melanjutkan perjuangan, walau tidak dalam bentuk kematian di medan perang. Kita dititipkan sebuah pesan untuk mengisi perjuangan para pahlawan paska kemerdekaan yang telah kita dapatkan. Berikut ini adalah kutipan Karya Puisi yang berjudul Kerawang-Bekasi tersebut. 


7. Negeriku

Puisi berjudul Negeriku adalah salah satu Karya Puisi yang terkenal dari Mustofa Bisri atau juga dikenal dengan nama panggilan Gus Mus. Gus Mus yang juga seorang Kyai dan Cendekiawan banyak menciptakan karya-karya Puisi bertema Kenegaraan seperti Puisi ini. Puisi berjudul Negeriku ini mengungkapkan sebuah perasaan prihatin, namun diasah dengan kata-kata sindiran manis dan menyulut rasa di dalam hati. Sebuah cerita ironi dari dari negeri yang kaya, namun bangsa lain yang menggerogotinya. Berikut ini adalah kutipan Karya Puisi berjudul Negeriku yang populer tersebut.  


Diluar daftar tersebut diatas, masih terdapat beberapa karya Puisi populer yang terkenal di Indonesia, hasil karya para penyair-penyair andalan Indonesia. Bahkan kedepannya akan banyak para penyair yang hadir dan menciptakan karya Puisi yang akan terkenal lebih luas dan mempopulerkan lagi karya sastra puisi.

Demikian daftar dan deskripsi tentang karya puisi-puisi populer yang terkenal dan legendaris di Indonesia. Artikel terkait lainnya dapat menelusuri label seni sastra pada laman tegaraya.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel