Fotografi Night Shot: memotret keindahan panorama malam

Fotografi Night Shot atau disebut Night Shot Photography (Fotografi Malam) adalah jenis aliran tema dalam Seni Fotografi yang menjadikan panorama alam pada malam hari sebagai objek foto yang indah dan menarik. Night Photography atau Fotografi Malam ini menyajikan sebuah suasana gemerlap malam atau kondisi Landcape pada malam hari yang dihiasi butiran-butiran cahaya lampu atau bintang di langit. Pengambilan potret tidak hanya di kota, namun juga dapat menyajikan suasana kamping di malam hari atau pemandangan malam dengan berbagai fenomenanya.

Saat ini Fotografi Malam atau Night Photography menjadi sebuah jenis aliran tema dalam Seni Fotografi yang sangat digemari. Beragam keindahan panorama pada malam hari tanpa sorotan sinar matahari, menjadikan sumber cahaya lainnya sebagai daya tarik. Sebagian besar Fotografer akan menangkap berbagai momen pemandangan alam dan perkotaan, kondisi jalan raya di perkotaan, gedung-gedung, refleksi lampu di atas air serta gugusan bintang di langit hingga beragam objek dan fenomena disekitarnya.

 

Tips Fotografi Night Shot

Didalam Seni Fotografi Night Shot kita dapat menghasilkan beberapa karya foto yang menarik. Jumlah eksplorasi dan percobaan yang kita lakukan terhadap kamera kita untuk memotret objek atau panorama ketika malam hari menjadi sebuah aspek yang diutamakan. Semakin banyak bereksplorasi, semakin banyak kita dapat mempelajari teknik untuk mendapat hasil foto yang bagus. 

Ketika kita ingin mengekplorasi Seni Fotografi Malam atau Night Shot Photography, kita disarankan untuk menentukan lokasi terbaik kita sebagai fotografer dan objek dan panorama yang ingin kita potret. Beberapa setingan khusus (terutama Exposure Setting)  akan kita lakukan terhadap kamera kita karena

Berikut ini beberapa tips dan trik untuk melakukan Seni Fotografi Malam atau Night Shot Photography.

  1. Persiapkan kamera yang sesuai dengan kondisi lapangan.
  2. Disarankan membawa ransel untuk membawa segala perlengkapan seperti lensa kamera, senter dan bekal selama berada di lokasi pemotretan.
  3. Disarankan atau bahkan diwajibkan membawa tripod yang stabil dan berat. Hal ini disarankan setingan kamera akan menggunakan Low Speed dikarenakan kondisi cahaya yang minim sehingga agar kamera dapat menangkap cahaya lebih jelas dari objek-objek yang ingin dipotret, Kamera harus dalam kondisi stabil dan minim getaran atau gerakan tangan.
  4. Disarankan untuk menggunakan kabel release atau Self Timer Kamera untuk mengurangi getaran pada kamera saat melakukan pemotretan dengan Low Speed Shutter.
  5. Pilih lokasi terbaik dan ternyaman untuk melakukan Pemotretan Panorama pada malam hari.
  6. Gunakan Setingan Exposure yang sesuai dengan kondisi malam hari, yaitu menggunakan Shutter berkecepatan rendah pada kisaran 1/2 hingga 30 detik, ISO yang cukup tinggi berkisar 1000 keatas dan bukaan Diafragma yang besar pada lensa berkisar 3,2 hingga 1,8.
  7. Selalu berekplorasi dan mencoba beberapa setingan dengan Exposure Triangle pada kamera. Hal ini dikarenakan kondisi alam, cuaca atau cahaya yang berbeda-beda pada setiap lokasi dan objek atau panorama yang ingin dipotret.
  8. Selalu memperhatikan komposisi gambar saat melakukan eksplorasi foto agar hasilnya lebih indah dan memiliki kesan cerita yang menarik.
  9. Gunakan format RAW pada setingan penyimpanan file foto pada Kamera. Hal ini agar kita dapat menghasilkan hasil foto yang lebih bagus daripada format JPEG.

 

Contoh Karya Fotografi Night Shot

Kepopuleran Fotografi Malam atau Night Photography banyak dipraktekkan oleh beberapa Fotografer berbagai kalangan, dari Pemula hingga Seorang Profesional. Beberapa komunitas Fotografi di berbagai daerah bahkan akan melakukan perjalanan ke suatu tempat untuk mencari lokasi terbaik untuk memotret atau mengabadikan objek fotografi yang mereka ingin tampilkan.

Berikut ini adalah contoh-contoh dari galeri Karya Seni Fotografi Malam atau Night Shot Photography yang menarik untuk dilihat dan menjadi referensi untuk dipelajari.

Sumber: M. Rochim

Sumber: M. Rochim

Sumber: M. Rochim

Sumber: Pinterest

Sumber: Pinterest

Sumber: M. Rochim

Sumber: Tomy Tegar

Sumber: Pinterest

Sumber: Pinterest

Sumber: Tomy Tegar

Sumber: Deny Krisbiyantoro

Sumber: Deny Krisbiyantoro

Karya Seni Fotografi Malam atau Night Shot Photography banyak menyajikan keindahan yang digemari dan disukai banyak orang. Sebagian orang akan menikmati hasil karya-karya fotografi ini sebagai media relaksasi dan refreshing untuk indera mata. Saat ini banyak karya Seni Fotografi Malam atau Night Photography tersaji pada media-media sosial untuk dipamerkan hingga dikompetisikan dalam event lomba fotografi. Sebagian karya foto juga ditemukan pada berbagai jurnal, artikel atau platform penjualan karya foto.

Demikian definisi, deskripsi dan beberapa contoh-contoh dari Seni Fotografi Malam atau Night Shot Photography. Artikel terkait lainnya dapat menelusuri label fotografi pada laman tegaraya.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel