Musik genre Metal: Sejarah dan Jenis-jenisnya

Musik bergenre Metal adalah salah satu genre Musik yang sangat digemari oleh para Penggemar Musik khususnya Para Penggemar Musik Metal di Dunia. Musik genre Metal memiliki kesan maskulinitas, gahar, dan penuh gemuruh yang keras.  Musik Metal merupakan sebuah simbol eksistensi Musik Cadas bagi para penggemarnya yang disebut Metalheads. Perkembangan Musik Metal merupakan salah satu bentuk kemajuan Musik Modern di Dunia dan menjadi sebuah simbol ikonik dari tiap dekade.

Walaupun kepopuleran Musik Metal tidak sejalan dengan tujuan komersil bermusik, namun Musik Metal memiliki nilai dan kelas seni yang tinggi. Eksistensi musik Metal inilah yang menjadikan para penggemarnya selalu militan dan bahkan semakin bertambah untuk menggemari musik-musik cadas Metal. Kerumitan saat menampilkan dan membuat karya-karya Musik bergenre Metal juga menjadi daya tarik bagi sebagian orang yang memahami industri musik di Dunia. Saat ini Musik Metal memiliki banyak turunan atau sub genre yang sudah banyak berkembang di Dunia.

 

Sejarah Musik genre Metal

Musik genre Metal adalah Seni Musik Modern yang berkembang dari Seni Musik bergenre Rock. Musik Rock yang berkembang pada tahun 1970-an menjadi sebuah akar dari lahirnya Musik genre Metal. Pada dekan 1970-an perkembangan Musik Rock Blues dan Psychedelic Rock. Musik Metal diperkenalkan dari hadirnya para musisi atau grup musik terkenal saat itu, seperti Black Sabbath, Led Zeppelin, dan Deep Purple, namun masih kental dengan nuansa Rock Blues. Kemudian saat hadir grup Musik Judast Priest yang menghilangkan unsur Blues, Musik Metal sangat kental dengan distorsi yang kencang, beat yang cepat, dan harmoni bertempo tinggi. Hingga akhir dekade 1970-an, Musik Metal banyak memasukkan unsur Punk dan Heavy Metal yang diperkenal para grup Musik terkenal seperti Motorhead, Iron Maiden, Venom, Diamond Head, dan lain-lain.

Perkembangan Musik Metal terus bergulir hingga dekade-dekade selanjutnya. Kemudia Musik bergenre Metal akhirnya berkombinasi dengan pengaruh dari genre-genre musik lainnya hingga menciptakan subgenre Metal yang semakin mudah dikenal saat itu. Pada dekade 1980-an, Musik Metal bertabrakan dengan genre Musik Pop, hingga menciptakan sub genre Musik Glam Metal yang dipopulerkan Motley Crue, Poison, hingga Bon Jovi. Hal ini justru menaikkan nilai jual genre Metal dan sub genre Metal lainnya di kalangan Pecinta Musik Komersial. Pada dekade 1990-an, Musik genre Metal mengalami penurunan popularitas akibat berkembangnya musik-musik Pop dan Alternatif Rock. Masyarakat umumnya saat itu lebih memilih musik yang lebih easy listening dibandingkan Musik sekelas genre Metal yang rumit dan memiliki tampilan yang sangat maskulin serta cadas. Namun Musik Metal masih terus berkembang dan bertahan di kalangan Metalheads dan pecinta musik berkelas hingga saat ini.

 

Ciri-ciri Musik genre Metal

Musik genre Metal biasanya menunjukkan penampilan dengan alat-alat musik ritmis. Alat-alat musik tersebut merupakan penunjang utama Musik Metal. Porsi Vokal pada sebuah grup atau karya musik biasanya memiliki ciri gahar dan growl hingga teriakan scream bernada tinggi. Musik Metal merupakan sebuah pertunjukkan musik yang utuh dan saling mengisi dari tiap instrumennya, dan dapat pula menonjolkan melodi-melodi dari tiap instrumen-instumen musik tersebut. 

Berikut ini adalah ciri khas dan karakteristik dari Musik genre Metal:

  1. Menonjolkan suara yang keras atau bervolume tinggi, serta tempo yang cepat.
  2. Menunjukkan Distorsi Gitar yang kuat dan berkarakter.
  3. Harmoni musik yang Rumit namun rapi dengan pembagian Melodi dari alat-alat musik seperti Gitar, Bass dan Drum yang berkelas tinggi dan memiliki porsi yang seimbang.
  4. Ketukan drum yang sangat bertenaga dan bergumuruh, sehingga meningkatkan gairah dan semangat para penikmat musik atau penonton pertunjukkan Musik bergenre Metal.
  5. Lirik yang ditampilkan pada lagu-lagu Metal bersifat Maskulin dan terkadang menampilkan lirik yang tegas, artikulasi yang jelas, apa adanya bahkan sedikit berpuitis hingga bernuansa politik atau hal-hal fantasi.

 

Jenis-jenis Musik genre Metal

Musik genre Metal adalah salah satu jenis Musik yang memiliki banyak keragaman Sub Genre. Hal tersebut menjadi sebuah kreasi agar Musik Metal mudah dikenali dengan berbagai jenis-jenisnya yang beragam. Berikut ini adalah jenis-jenis Musik genre Metal dan deskripsinya.

1. Heavy Metal

Heavy Metal adalah bentuk awal dari perkembangan Musik Metal dan menjadi akar bagi perkembangan sub genre Musik Metal lainnya. Sub genre ini berkembang pada dekade 1960-an akhir hingga dekade 1970-an. Ciri khas Sub Genre Heavy Metal adalah banyak menonjolkan Solo Melodi alat musik Gitar, dentuman Drum dengan ketukan yang keras, serta Vokal yang berat namun melengking. Contoh Musisi yang pernah menampilkan jenis ini adalah; Judast Priest, Black Sabbath, Motorhead, Iron Maiden, dan lain-lain.

Iron Maiden

 
2. Glam Metal

Glam Metal merupakan jenis sub genre Musik Metal yang hadir akibat inkulturasi terhadap Musik Hard Rock, Punk dan Musik Pop. Glam Metal bisa juga disebut Hair Metal (atau Pop Metal) karena para musisinya saat itu memiliki ciri khas tampilan dengan rambut yang mekar serta dandanan yang mencolok seperti riasan teatrikal yang penuh aksesoris. Glam Metal sangat populer pada dekade 1980-an dan awal 1990-an, dan menjadikan Musik Metal sangat digemari saat itu. Contoh Musisi yang pernah menampilkan musik jenis ini adalah; Motley Crue, Guns N Roses, Van Hallen, KISS, Poison, Europe, Bon Jovi, dan lain-lain.

KISS

 3. Trash Metal

Trash Metal adalah jenis musik Metal yang memiliki kekuatan kecepatan di atas musik Heavy Metal. Ciri Khas Musik ini adalah Picking Gitar dengan Distorsi yang sangat cepat, Bass yang menggelegar, dan Ketukan Drum yang juga sangat cepat dan keras. Musik Trash Metal memiliki ciri lain berupa Riff-riff gitar yang sangat cepat dan melodius dibandingkan jenis musik Metal lainnya. Vokal Musik Trash Metal kebanyakan bergaya Growl atau Scream namun keras dan kasar, dengan lirik yang juga penuh sindiran dan ungkapan emosi. Contoh Musisi yang pernah menampilkan musik jenis ini adalah; Metallica, Megadeth, Slayer, Anthrax, dan lain-lain.

Metallica

4. Power Metal

Power Metal merupakan jenis sub genre Musik Metal yang memiliki ciri suara instrumen musik yang bombastis, melodi yang berat dan tempo yang cepat. Musik Power Metal biasanya diisi dengan vokal yang memiliki karakter dan power yang kuat, bernada tinggi melengking serta menceritakan lirik-lirik bertema mitologi, sejarah, perang dan fantasi. Musik Power Metal banyak dipengaruhi oleh Tradisional Metal dan Heavy Metal. Musisi yang memainkan jenis musik ini antara lain; Helloween, Manowar, Blind Guardian, Iced Earth, dan lain-lain.

Helloween

5. Speed Metal

Speed Metal adalah jenis sub genre Musik Metal yang ciri dan karakter dari tempo yang sangat cepat diantara sub genre metal lainnya, semua instrumen alat musik dimainkan dengan tempo cepat. Musik Speed Metal memiliki musik yang lebih harmonis dan komposisi lagunya bertenaga seperti Musik Power Metal, namun dengan penyajian tempo yang sangat cepat. Beberapa musisi yang memainkan jenis musik ini antara lain; Dragonforce, Children of Bodom, Gamma Ray, Turbo, dan lain-lain.

Dragonforce

6. Traditional Metal

Traditional Metal merupakan jenis bentuk awal dari Musik Metal selain Heavy Metal yang berkembang pada dekade 1970-an. Ciri unik dari Musik Traditional Metal adalah penyajian Musik Metal yang tidak begitu keras dibandingkan jenis sub genre Musik Metal lainnya. Musik Traditional Metal tetap menyajikan penampilan musik yang sangat rumit, namun tidak bertempo tinggi, melodi yang lebih halus, lirik yang masih bersifat puitis, dan dapat diterima oleh orang penggemar musik umumnya. Beberapa Musisi yang pernah menyajikan jenis musik ini antara lain; Iron Maiden, Led Zeppelin, Dio, dan lain-lain.

Led Zeppelin

7. Progressive Metal

Progressive Metal adalah jenis sub genre dari Musik Metal yang sangat dikagumi karena kualitas musiknya. Musik Progressive Metal memiliki ciri musik yang begitu kompleks dan rumit, melodi yang sangat kaya, distorsi yang kaya, penuh Harmoni dan vokal yang berkualitas dengan lirik-lirik yang abstrak dan bernada tinggi. Beberapa Musisi yang menyajikan jenis musik ini antara lain; Dream Theater, Symphony X, Queensryche, Fates Warning, dan lain-lain. 

Dream Theater

8. Symphonic Metal

Symphonic Metal merupakan jenis sub genre Musik Metal yang memiliki ciri penyajian aransemen musik yang megah, background musik yang luar biasa, penuh harmoni, bernuansa epik dan kompleks, serta diiringi musik orkestra. Vokal sangat komplek dan sangat bertenaga, dengan lirik-lirik yang bertema kerajaan, mitologi, harapan dan kehidupan. Beberapa musisi yang menyajikan jenis musik ini antara lain; Rhapsody of Fire, Nightiwsh, Epica,  Xandria, dan lain-lain. 

Rhapsody of Fire

9. Metalcore

Metalcore adalah jenis sub genre Musik Metal yang dikenal sejak dekade 1990-an. Ciri penyajian musik Metalcore adalah tempo musik yang bisa berubah (lambat-cepat-lambat-cepat), riff gitar yang sangat kaya dan dimainkan secara pendek-pendek, melodi yang menarik serta ikonik. Suara vokal pada Musik Metalcore terkadang bisa melankolis, terkadang akan sangat nge-growl, dapat menyajikan Mid Scream pada bagian-bagian vokal tertentu, serta menyajikan lirik-lirik yang puitis hingga yang sangat liar. Beberapa musisi yang memainkan jenis musik ini antara lain; Avenged Sevenfold, Earth Crisis, Deadguy, Intergrity, dan lain-lain.

Avenged Sevenfold

10. Nu Metal

Nu Metal merupakan salah satu jenis sub genre Musik Metal yang dianggap New Wave bagi perkembangan Musik Metal modern. Musik Nu Metal banyak memasukkan jenis instrumen alat-alat musik yang baru dan modern ke dalam pertunjukkan musiknya, seperti Synthesizer, Alat Musik DJ, Turn Table, Electronic Background, dan lain-lain. Ciri penyajian Musik Nu Metal banyak menampilkan instrument alat-alat musik modern, komposisi musik yang beragam, tempo yang bisa berubah-ubah, terkesan simpel karena penggunaan alat musik elektronik tanpa banyak penampilan solo alat musik tertentu. Suara vokal pada Musik Nu Metal memiliki banyak ragam teknik, seperti Growl, Scream hingga Rap, dengan lirik yang juga beragam tema seperti isu sosial, anarkis, sosiopat. Beberapa musisi yang memainkan jenis musik ini antara lain; Linkin Park, Slipknot, Korn, Mushroomhead, Mudayne, dan lain-lain.

Slipknot

11. Death Metal

Death Metal adalah salah satu jenis sub genre Musik Metal yang termasuk kategori ekstrim dan Horror, serta Rumit untuk dimengerti para penggemar musik. Ciri penyajian Musik Death Metal antara lain pengetukan Snare Drum yang bertempo sangat cepat hingga over cepat dan sangat kasar, Distorsi Gitar yang juga keras dan kasar. Suara Vokal biasanya menggunakan teknik Pig Squeal yang memiliki artikulasi yang kurang jelas dan susah dipahami para pendengar. Beberapa musisi dan grup musik yang memainkan jenis musik ini antara lain; Cannibal Corpse, Siksa Kubur, Turbidity, Morbid Angel, Brujeria, Atheist, Jasad, dan lain-lain. 

Cannibal Coprse

12. Black Metal

Black Metal merupakan jenis sub genre Musik Metal yang dianggap paling menyeramkan dan sesat secara ideologinya. Musik Black Metal biasanya menyajikan ritual-ritual tertentu yang bertema satanisme di panggung pertunjukkan Musik Metal, seperti meminum darah, menampilkan mayat, membuat sebuah simbol pemujuaan tertentu, dan lain-lain. Ciri penyajian musik sangat keras dan memiliki tempo yang cepat, komposisi musik yang terkesan berantakan namun tetap utuh, distorsi gitar yang keras dan kasar, suara piano elektrik yang terkesan dalam dan gelap, dan melodi-melodi yang menyayat pendengarnya. Suara vokal biasanya menggunakan teknik Scream hingga teknik Pig Squeal, dengan lirik-liriknya bertema kegelapan, Satanisme, pengorbanan, Kematian dan Neraka. Musisi dan Grup Musik yang memainkan jenis musik ini antara lain; Mahyem, Gorgoroth, Marduk, Mercyful Fate, Hellhammer, Buzum, dan lain-lain.

Mahyem

 

Hingga saat ini Musik genre Metal masih eksis dan sering dimainkan oleh para Musisi Musik Cadas tersebut. Para Metalheads masih memuja eksistensi Musik Metal dan membuat Musik Metal selalu ada dengan beragam jenis kolaborasi dan terobosan yang futuristik. Musik Metal merupakan salah satu simbol kesuksesan Musik Modern di Dunia hingga saat ini.

Demikian artikel tentang deskripsi, sejarah dan ragam jenis dari Musik genre Metal. Artikel terkait lainnya dapat ditelusur pada label musik pada laman tegaraya.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel