Definisi Seni Reklame serta Beragam Jenis dan Bentuk Contohnya

Seni Reklame adalah Seni yang digunakan untuk menunjukkan sebuah lambang, produk barang atau jasa dengan gaya yang menarik supaya meningkatkan minat dan gairah untuk mengenal dari para khalayak umum tersebut. Seni Reklame merupakan sebuah media untuk menyampaikan informasi dan sebuah tawaran atau promosi sebuah produk barang atau jasa kepada para calon konsumen di ruang terbuka publik.

Seni Reklame merupakan Seni Terapan yang merupakan Bentuk dari Seni Rupa. Penerapan dari Seni Rupa ini merupakan sebuah proses visual kreatif yang ingin menginformasikan sebuah ajakan, anjuran dan tawaran dengan cara yang menarik dan kreatif. Melalui tampilan visual yang kreatif tersebut menjadi sebuah daya tarik bagi calon konsumen untuk mengenal visualnya, bentuk barang dan jasanya dan cara membelinya.

Istilah Seni Reklame merupakan gabungan nama berasal dari Bahasa Spanyol yaitu Re yang berarti berulang-ulang, dan Clamo yang berarti seruan. Gabungan istilah tersebut mengarti Seni Reklame adalah sebuah Seni Seruan yang berulang-ulang.

 

Tujuan dan Fungsi Seni Reklame

Seni Reklame dibuat memiliki Tujuan dan Fungsi yang banyak. Seni Reklame mempunyai Tujuan untuk menyampaikan sebuah informasi, ide, atau sebuah kata-kata singkat yang menarik perhatian bagi khalayak ramai atau masyarakat yang melihat dan membacanya, sehingga masyarakat menjadi simpatik dan berminat untuk mengenal dan mengingat hal tersebut. 

Seni Reklame biasanya digunakan oleh para Penggiat ekonomi kreatif untuk meningkatkan minat para konsumen untuk mengenal sebuah produk barang atau jasa yang ditawarkan. Namun Seni Reklame juga ditemukan untuk menyampaikan sebuah pesan-pesan moral atau sebuah lambang tertentu kepada masyarakat agar mudah diingat di tempat-tempat terbuka atau fasilitas umum.

Fungsi dalam Aplikasi penggunaan Seni Reklame antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Menyampaikan sebuah informasi yang ditujukan kepada para khayalak umum agar tertarik untuk melihatnya.
  2. Menjadi sebuah media untuk komunikasi antara pembuat Seni Reklame tersebut dengan para konsumen yang tertarik melihat dan membaca informasi yang disampaikan pada sebuah reklame yang tersebar.
  3. Menjadi sebuah media untuk promosi dari pembuat seni reklame tersebut tentang sebuah barang atau jasa yang ditawarkan dari reklame yang tersebar dan terlihat oleh para khayalak ramai atau calon konsumen.
  4. Memberikan kepuasan dan kenyamanan dari Seni Reklame yang kita buat kepada para khalayak ramai atau calon konsumen yang telah melihat Seni Reklame kita, sehingga memperbesar peluang bagi orang lain untuk kembali mengingatkan Seni Reklame tersebut.
  5. Membangun sebuah Brand yang akan selalu diingat oleh semua orang yang memgingat Seni Reklame yang telah kita buat dan sebarkan.

 

Ciri-ciri Seni Reklame

Seni Reklame memiliki beragam Ciri-ciri yang dapat mempertkuat identitas sebuah pesan yang disampaikan. Ciri-ciri Seni Reklame antara lain adalah:

  1. Informasi yang disampaikan faktual dan sesuai kenyataan dari pesan yang diungkapkan.
  2. Penyampaian secara singkat, padat dan jelas serta mudah dipahami oleh para khalayak umum dan masyarakat luas.
  3. Tampilan yang menarik dan mencolok dari segi desain produk maupun Visual Reklame iklan yang ditampilkan.
  4. Penyampaian yang dilakukan secara berulang-ulang dengan strategi penyampaian tertentu dari Pihak Pembuat Seni Reklame tersebut.

 

Jenis-jenis Seni Reklame

Seni Reklame ternyata memiliki banyak jenis-jenis dengan fungsi dan tujuan yang berbeda-beda. Beberapa Jenis-jenis Reklame dibedakan dalam beberapa kategori, sebagai berikut.

  1. Seni Reklame Komersial; merupakan Jenis Seni Reklame yang bertujuan bisnis dan berkepentingan komersil. Contoh: Baliho, Poster, Spanduk, dan lain-lain.
  2. Seni Reklame Non-Komersial; adalah jenis seni reklame yang dibuat untuk keperluan kepentingan umum. Contoh: reklame Pajak, Reklame Kesehatan, Reklame tertib Lalu Lintas, dan lain-lain.
  3. Seni Reklame Peringatan;  merupakan jenis seni reklame yang mengingatkan khayalak umum atau masyarakat untuk menaati sebuah peringatan tertentu. Contoh: Reklame Lalu Lintas, Reklame tindak pidana, dan lain-lain.
  4. Seni Reklame Anjuran/Ajakan; adalah jenis seni reklame yang menganjurkan atau mengajak khalayak umum atau masyarakat untuk melakukan sebuah tindakan tertentu. Contoh: Reklame Donor Darah, Reklame Donasi, dan lain-lain.
  5. Seni Reklame Outdoor; merupakan jenis seni reklame yang terpasang di luar ruangan dan biasanya berukuran cukup besar. Bahan yang digunakan dipilih agar tahan dari sengatan matahari dan serangan hujan. Contoh Reklame Outdoor antara lain: Baliho, Papan Nama, Spanduk, dan lain-lain.
  6. Seni Reklame Indoor; adalah jenis seni reklame yang terpasang di dalam ruangan dan biasanya berukuran standar atau bahkan relatif kecil. Seni Reklame Indoor biasanya jenis reklame yang minimalis dan berbentuk selebaran yang dibagikan kepada khalayak umum di sebuah gedung umum. Contoh reklame indoor antara lain: Leaflet, Brosur, Etiket, dan lain-lain.

 

Contoh-contoh Bentuk Seni Reklame

Berikut ini beberapa bentuk dan contoh-contoh dari aplikasi Seni Reklame yang telah kita temui disekitar kita.

1. Logo

Logo merupakan sebuah gambar yang menunjukkan sebuah identitas sebuah inisial, lambang dari badan usaha, organisasi atau instansi Pemerintah. 

Logo

2. Stiker

Stiker adalah tempelan berbentuk gambar atau tulisan pada sebuah kertas atau plastik yang berukuran relatif kecil, yang dibagian belakangnya diberi perekat agar dapat menempel pada bidang datar seperti dinding atau kaca. 

Stiker

3. Advertensi

Advertensi merupakan sebuah reklame yang terdapat pada surat kabar atau majalah yang isinya berupa pengumuman atau promosi sebuah barang atau jasa, yang disajikan secara visual dalam bentuk gambar atau kalimat.

Advertensi

4. Pamflet

Pamflet merupakan jenis seni reklame yang bentuk dan hasil cetakannya relatif sederhana, berisi penawaran usaha atau ajakan. Penyebarannya biasanya dilakukan melalui kendaraan atau ditempel dipinggiran jalanan. 

Pamflet

5. Poster

Poster adalah sebuah contoh seni reklame yang bentuk dan hasil cetakannya sedikit lebih baik dibandingkan Pamflet. Isinya dapat berupa pesan komersial atau pun reklame anjuran atau himbauan dengan gambar-gambar dan tulisan.

Poster

6. Spanduk

Spanduk merupakan sebuah kain panjang yang dicetak dengan sebuah tulisan dengan teknik sablon, yang berisikan pesan, himbauan atau informasi tertentu dari sebuah yayasan, organisasi atau instansi tertentu. 

Spanduk

7. Brosur 

Brosur adalah sebuah cetakan kertas yang dilipat menjadi 2-3 bagian yang memuat sebuah pesan informasi tentang sebuah usaha, kegiatan maupun sebuah pesan himbauan yang disebarkan kepada khalayak umum.

Brosur

8. Katalogus

Katalogus merupakan sebuah selebaran kertas yang berisi informasi sebuah produk usaha atau jasa yang berisi daftar barang/jasa, daftar harga serta keterangan lainnya.

Katalogus

9. Baliho

Baliho adalah sebuah papan informasi atau papan promosi yang terbuat dari tripleks, seng, kain tebal, plastik khusus atau lembaran alumunium yang diletakkan secara outdoor dan tempat yang strategis. Tujuan dan fungsi dan Baliho biasanya adalah untuk mempromosikan sebuah produk dengan visual yang relatif besar, seperti Rokok, Produk Mobil, Rumah, Film, dan lain-lain.

Baliho

10. Etalase

Etalase merupakan sebuah wadah dengan ruangan yang cukup kecil yang berdinding kaca yang diletakkan di depan toko atau tempat barang tersebut dijual.

Etalase

11. Cut out Display

Cut out Display adalah sebuah visual seperti 3 dimensi yang berbentuk potongan plastik khusus yang digunakan untuk mempromosikan sebuah produk barang yang diletakkan ditempat umum atau di depan toko.

Cut out Display

12. Neon Box

Neon Box merupakan sebuah kotak akrilik yang terbuat dari kaca yang sudah dicat atau didekorasi sesuai dengan sebuah tulisan produk yang dipromosikan, dan didalamnya terdapat lampu neon agar dapat mencolok khalayak umum saat malam hari.

Neon Box

Demikian artikel tentang Definisi Seni Reklame serta Beragam Jenis dan Bentuk Contohnya. Artikel terkait lainnya dapat menelusuri label Seni Rupa pada laman tegaraya.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel