Musik genre Pop: Sejarah dan Jenis-jenisnya

Musik Genre Pop adalah jenis genre musik modern yang terkenal dan populer di Dunia. Musik genre Pop adalah jenis Musik yang banyak digemari oleh para pendengar seni musik karena bersifat umum, universal, easy listening dan mudah diterima oleh berbagai kalangan pecinta seni musik. Musik genre Pop pun banyak dikolaborasi dengan berbagai jenis genre musik modern lainnya di Dunia.

Musik genre Pop atau disebut juga Musik Popular adalah jenis aliran musik modern yang memiliki orientasi komersial. Pada prinsipnya Musik Pop dapat diterima oleh berbagai kalangan masyarakat dimana pun mereka berada. Musik Pop sangat elektrikal dan sering mengambil beberapa elemen dari beberapa gaya musik lainnya agar menjadi semakin berwarna dan penuh ragam sajiannya, seperti musik genre Rock, Jazz, Dance, Country, Latin, Urban, dan lain-lain.

 

Sejarah Musik Pop

Kehadiran Musik genre Pop berkembang pertama kali pada kisaran tahun 1920-an. Pada awal kehadirannya Musik Pop masih banyak mengadopsi musik folk dan etnic dari Musik Tradisional Afrika dan musik Klasik Eropa. Musik Pop saat itu banyak digunakan sebagai mengiringi pertunjukkan dansa dan tarian kontemporer seperti; Tango, Samba, Salsa, Mambo hingga Conga. Istilah Musik Pop dipopulerkan melalui seorang tokoh pengamat Seni Rupa bernama Lawrence Alloway. Beliau terinspirasi dari nama “Pop” dari gerakan Seni Rupa di kawasan Amerika Serikat dan Inggris. 

Bentuk awal musik Pop berasal dari Musik Rock N’ Roll yang sudah berkembang sejak tahun 1950-an. Kemudian ketika Grup Musik The Beatles memperkenalkan beberapa permainan musik dengan nuansa pop, aliran musik Pop mulai dikenal luas secara globa di zaman itu. Pada dekade 1970-an saat para musisi dan solois bernuansa pop seperti Bob Dylan, Frankie Avalon, Marvin Gaye dan musisi lainnya menciptakan Musik Pop yang lebih easy listening dengan mencampur beberapa elemen musik. Sejak saat itu Musik Pop jadi sangat mudah dikenal dan digemari karena bertangga nada minor dan melankolis. Kemudian musik Pop mudah ditunjang dengan berbagai inovasi teknologi dan tidak terbatas dengan sebuah pakem tertentu.

 

Ciri-ciri Musik Pop

Musik genre Pop tidak menonjolkan sebuah instrumen alat musik tertentu. Kemudahan dalam permainan dan pertunjukkan musik Pop justru menjadi daya tariknya, sehingga walau hanya menunjukkan sebuah melody tunggal ataupun vokal solo pun sudah menjadi pertunjukkan Musik genre Pop yang menarik. Musik Pop dikenal sebagai musik yang mudah dicerna dan dinikmati.

Berikut ini adalah ciri khas dan karakteristik dari Musik genre Pop:

  1. Alat musik yang digunakan beragam dan saling mengisi didalam sebuah kelompok musik, namun tidak begitu banyak variasi instrument. Alat-alat musik yang digunakan seperti alat musik Gitar, Piano, Bass, Drum ataupun Keyboard.
  2. Memiliki harmoni yang tidak terlalu rumit dan berkesan sangat easy listening, serta ritme yang bebas.
  3. Tempo musik variatif, bisa bertempo lambat (slow) hingga bertempo cepat.
  4. Memiliki melodi yang ringan, tidak rumit dan tidak begitu panjang, sehingga sangat mudah ditiru dan dicerna masyarakat.
  5. Didalam vokal, menggunakan lirik dengan kata-kata yang cukup sederhana dan trending berdasarkan masa waktu itu dipopulerkan.
  6. Musik genre Pop sangat mudah dikolaborasikan dengan berbagai jenis genre musik lainnya, dengan perubahan karakter musik yang menjadi berbeda pada tampilan tempo, melody hingga beat.
  7. Menggunakan inovasi teknologi untuk menunjang pertunjukkan musik Pop.
  8. Musik genre Pop terkadang dikombinasikan dengan pertunjukkan dance atau improvisasi gerakan oleh para penyanyi atau pemain musik saat pertunjukkan musiknya.
  9. Mudah tergeserkan oleh perkembangan jaman (bisa terkenal sesaat waktu).

 

Jenis-jenis Musik Pop

Musik memiliki beberapa turunan musik atau sub genre, yang dihasilkan dari kolaborasi atau kontemporasi terhadap alat musik maupun genre musik modern lainnya. Musik Pop merupakan jenis genre musik modern yang banyak menghasilkan jenis turunan dan sub genre-nya. Berikut ini adalah jenis-jenis sub genre Musik Pop dan deskripsinya.

1. Pop Barok

Pop Barok atau Baroque Pop adalah jenis sub genre musik Pop Klasik yang berkembang di kawasan Eropa. Pop Barok menonjolkan unsur-unsur fusion dan klasik yang populer di era tahun 1960-an. Didalam penampilan musik Pop jenis ini menyajikan pertunjukkan orkestra dengan komposisi yang dramatis dan melankolis.

2. Psychedelic Pop

Psychedelic Pop merupakan jenis sub genre musik pop bergaya psychedelic. Jenis aliran musik ini terinspirasi dari aliran Psychedelic Rock dan Folk yang trending pada era tahun 1960-an. Ciri khas musik ini lebih banyak mengandalkan alunan suara dari instrument alat musik seperti gitar dan piano yang menyayat dan penuh distorsi, namun dengan kesan cathy dan simple. Contoh musisi yang pernah menampilkan jenis musik ini adalah: The Yardbird, The Beach Boys The Greatful Dead, The Byrds, dan lain-lain.

The Beach Boys

3. Britpop

Britpop atau British Pop merupakan sebuah aliran musik modern yang populer dari Britania Raya. Britpop merupakan sebuah gelombang musik populer yang menggebrak dunia musik sejak awal dekade 1990-an. Musik Britpop merupakan jenis musik alternatif Pop yang kental dengan budaya Inggris yang muncul di tengah perkembangan musik genre Rock di akhir era 80-an. Contoh musisi yang pernah menampilkan jenis musik ini adalah: Oasis, Blur, Radiohead, Suede, dan lain-lain.

Oasis

4. Dance Pop

Dance Pop merupakan gabungan antara Musik Pop dengan musik-musik dance, seperti Fusion Dance, Etnic Dance maupun Modern Dance. Daya tarik dari sub genre musik Pop ini adalah beat musik yang ditonjolkan, sehingga para pendengar musik ini akan berdendang dan terbuai dalam tarian-tarian.

5. New Wave

New Wave adalah jenis sub genre yang juga ditemukan pada Musik genre Rock. New Wave cukup fleksible dan eksperimental terhadap musik modern, sehingga juga memberi kesan elektronik dan disko pada musik-musik Pop. New Wave Pop merupakan sebuah genre campuran dari Musik Rock terhadap Musik Pop. Contoh musisi yang pernah menampilkan jenis musik ini adalah: Duran Duran

Duran Duran

6. Synth-Pop

Synth-Pop merupakan jenis sub genre dari Musik Pop yang hampir sama dengan jenis New Wave Pop. Instrumen yang ditonjolkan adalah suara musik elektronik dan beat disko yang sangat dominan. Namun pada Synth-Pop lebih menonjolkan alat musik Synthesizer atau EDM dibandikan alat musik lainnya. Contoh musisi yang pernah menampilkan jenis musik ini adalah: Lady Gaga, Harry Roesli, Otto Sidharta, dan lain-lain.

Lady Gaga

7. Pop Ballads

Pop Ballads adalah jenis sub genre dari musik Pop yang mengutamakan ekspresi lirik dan vokal, yang bisa menyampaikan sindiran, kegundahan, ekspresi cinta, dan lain-lain. Instrumen alat musik yang digunakan pada sub genre ini biasanya tidak utuh dalam satu kelompok musik, bisa berupa hanya menampilkan organ tunggal atau hanya menyajikan petikan gitar. Contoh musisi yang pernah menampilkan jenis musik ini adalah: Ebiet G. Ade, Iwan Fals, Ian Antono, dan lain-lain.

Ebiet G. Ade

8. Disco

Disco atau Disko merupakan jenis sub genre Musik Pop yang menyajikan beat dan irama yang membuat pendengarnya bergairah dan berdendang di dalam tari-tarian. Sub genre Disko hampir serupa dan merupakan perpaduan dari Dance Pop dan Synth-Pop, dengan ciri khas alat musik elektronik berupa Synthesizer atau EDM dan bernuansa dance music. 

9. Pop Rock

Pop Rock adalah jenis Sub genre musik Pop yang juga ditemukan pada musik genre Rock. Sub genre musik ini adalah perpaduan musik Pop dan Rock. Musik Pop Rock merupakan jenis musik Rock yang lebih easy listening dan populer karena menggunakan unsur-unsur Pop, namun dengan ritme musik yang lebih bersemangat seperti Musik Rock. Contoh musisi yang pernah menampilkan jenis musik ini adalah: Elton Jhon, Paul McCartney, Rod Stewart, Phil Collins, Robbie Williams, dan lain-lain.

Phil Collins

10. Urban Pop

Urban Pop merupakan jenis sub genre musik Pop yang dikontemporasi dengan RnB, Hip Hop, Soul hingga Funk. Musik Urban Pop sangat identik dengan budaya Afrika-Amerika yang penuh dengan ritme dan irama beat yang menarik untuk berdendang. . Contoh musisi yang pernah menampilkan jenis musik ini adalah: Michael Jackson, Stevie Wonder, Whitney Housten, Mariah Carey, dan lain-lain.

Michael Jackson

Beragam jenis sub genre Musik Pop masih berkembang dan mengalami modernisasi hingga saat ini. Kemudahan kreasi dan pengembangan terhadap teknologi alat-alat musik menjadi salah satu aspek yang ikut mengembangkan musik Pop ke tingkat komersial.

 

Demikian artikel tentang deskripsi, sejarah dan jenis-jenis dari musik genre Pop. Artikel terkait lainnya dapat ditelusuri pada label musik pada laman tegaraya.com 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel