Definisi Karya Tulis Esai: sejarah, struktur dan jenis-jenisnya

Definisi Esai adalah sebuah tulisan atau karangan prosa yang menjadi sebuah ungkapan yang mendeskripsikan sebuah objek atau sebuah cerita tertentu yang didasari oleh argumen penulis. Esai adalah salah satu bentuk karya tulis didalam Seni Sastra berupa tulisan opini dengan deskripsi yang sangat luas dan bebas dari penulisnya. 

Karya tulis Esai dapat dideskripsikan juga sebagai bentuk karya tulisan ilmiah. Penulis Karya Tulis Esai biasanya memaparkan sebuah topik objek yang menarik didalam sebuah tulisan dan menulisnya dengan gaya bahasa dari penulis tersebut.

 

Sejarah Esai

Karya Tulis Esai pertama kali dan diperkenalkan oleh Sastrawan Michel de Montaigne pada tahun 1580. Karya Tulis Esai dikenal melalui buku yang beliau buat yang berjudul Essais. Melalui tulisan Buku tersebut, nama Essai atau Essay dikenal untuk mendeskripsikan sebuah tulisan hasil karya dari Michel de Montaigne. 

Michel de Montaigne

Karya Tulis Esai akhirnya dilanjutkan dan dikembangkan kembali oleh Sastrawan Prancis bernama Francis Bacon pada tahun 1597. Francis Bacon membuat tulisan Esai menjadi lebih ringkas, terstruktur dan menyampaikan opini yang lebih teratur. Hingga akhirnya tulisan Esai sangat digemari oleh para Sastrawan karena tidak terikat pada aturan, serta disesuaikan dengan kebutuhan argumen sang penulis. Karya Tulis Esai menjadi berkembang pesat pada hingga abad ke-19. Karya-karya tulis Esai banyak dipublikasikan di media cetak yang memuat tulisan publikasi ilmiah.

 

Ciri-ciri Esai

Karya Tulis Esai merupakan sebuah bentuk Seni Sastra yang memiliki ciri-ciri khusus yang berbeda dengan jenis-jenis karya sastra lainnya. Karya tulis Esai yang dikenal juga sebagai karya tulis ilmiah memiliki ciri-ciri antara lain sebagai berikut.

  1. Berbentuk prosa dengan bahasa non-figuratif dan penulisan apa adanya.
  2. Gaya penyampaian dan tulisan yang khas dari isi pikiran penulis.
  3. Bentuk isi tidak utuh, karena penulis memaparkan tulisan pada suatu topik yang menarik dengan lingkup yang dibatasi sesuai dengan isi pikiran penulis.
  4. Perincian pembahasan yang tidak spesifik, namun tetap esensial terhadap objek topik yang dibahas.
  5. Karya tulis yang singkat (berkisar 1-2 lembar tulisan) namun memiliki bobot isi yang utuh dan tetap mengarah pada topik yang dibahas.
  6. Memiliki ciri personal dari penulis pada karya tulisan Esai tersebut.

 

Struktur dan Unsur-unsur Esai

Karya Tulis Esai memiliki kerangka tulis yang menjadi acuan dalam menyusun Esai. Karya Tulis Esai memiliki struktur memiliki struktur yang terdiri dari 3 bagian. Kemudian setiap bagian-bagian tersebut memiliki unsur-unsur yang menjadi isi tulisannya. Berikut ini adalah struktur dari karya tulis Esai.

  1. Pembukaan; Pembukaan adalah bagian awal dari Karya Tulis Esai berupa sebuah informasi singkat yang mengidentifikasi sebuah subjek bahasan yang akan dinilai dan diulas oleh penulis esai. Unsur-unsur yang terdapat didalam pembukaan terdiri dari Latar Belakang dan Opini Pribadi dari Penulis tentang sebuah objek pembahasan Esai. Melalui pembukaan ini menjadi sebuah pengantar bagi para pembaca untuk memahami sebuah objek topik yang nantinya akan dibahas secara rinci.
  2. Tubuh Pembahasan; Tubuh Pembahasan atau disebut Isi Pembahasan merupakan isi seluruh bagian penting dan ulasan inti yang dikembangkan oleh penulis esai. Didalam Pembahasan objek topik ditulis secara kronologis, cukup detail dan terstruktur pada kerangka karya tulis Esai.
  3. Penutup; Penutup yaitu bagian simpulan yang berisi ide pokok ringkasan isi, serta tambahan beberapa hasil observasi tentang sebuah subjek yang telah dinilai. Didalam bagian penutup juga memuat beberapa rangkuman kata kunci, ringkasan argumen, jawaban dari pertanyaan pada bagian latar belakang pembukaan, sebuah argumen prediksi terhadap topik tersebut, hingga opini rekomendasi dari penulis.

 

Jenis-Jenis Karya Tulis Esai

Karya Tulis Esai memiliki beragam jenis dengan ciri dan karakteristik yang cukup berbeda. Berikut ini adalah beberapa jenis-jenis karya tulis Esai.

1. Esai Deskriptif

Esai Deskriptif merupakan jenis Karya Tulis Esai yang mendeskripsikan sebuah objek atau topik secara terperinci dan lebih detail. Melalui jenis karya tulis Esai ini Penulis akan memberi gambaran dan pandangan kepada para pembaca tentang opini dan argumennya yang disampaikan secara jelas dan detail.

2. Esai Tajuk

Esai Tajuk adalah sebuah karya tulis yang berisi opini atau argumen dari seorang Penulis terhadap sebuah isu atau topik yang sedang hangat di sebuah komunitas masyarakat. Esai Tajuk membentuk pemikiran terhadap para pembaca untuk ikut kritis dan berpikir dari narasi yang disampaikan secara terbuka melalui media cetak atau media publikasi lainnya.

3. Esai Cukilan Watak

Esai Cukilan Watak merupakan jenis karya tulis Esai yang menampilkan kebebasan dan hak dari penulis untuk menceritakan sebuah topik tentang segi kehidupan individu orang lain atau pribadi diri sendiri. Penulis memaparkan penilaian dan sedikit cerita atau peristiwa yang menyangkut kehidupan seorang individu yang diceritakannya.

4. Esai Personal

Esai Personal atau disebut juga Esai Pribadi adalah jenis karya tulis Esai yang menceritakan dan mendeskripsikan pengalaman dan kegiatan pribadi dari penulisnya. Pada penulisan Esai jenis ini, akan ditemukan subjek penulis “saya” dari beberapa kalimat isinya.

5. Esai Refleksi

Esai Refleksi merupakan karya tulis yang dituliskan secara formal yang mengungkapkan perasaan dan pemahaman yang mendalam tentang sebuah topik yang berkaitan dengan kehidupan. Secara umum tulisan Esai jenis ini dapat mengangkat topik-topik seperti Politik, Kehidupan Sosial, Pendidikan, Kematian serta Hakikat Manusia, yang ditulis dengan persepsi yang sangat serius dan mendalam.

6. Esai Kritik

Esai Kritik adalah jenis karya tulis yang memuat isian berupa kritikan terhadap sebuah objek atau peristiwa tertentu. Tulisan Esai ini biasanya mengungkapkan sebuah persepsi yang kritis terhadap sebuah objek atau peristiwa dari Penulis tanpa menyinggung personal individu tertentu.

 

Tips Membuat Esai

Karya Tulis Esai dapati dibuat dan ditulis oleh siapa saja. Kemudahan dalam bereskrepsi didalam sebuah tulisan menjadi Karya Tulis Esai merupakan salah satu Seni Sastra yang digemari dan sering dikompetisikan.

Berikut ini adalah salah Tips dan langkah-langkah untuk membuat karya tulis Esai.

  1. Menentukan Tema dan Topik terlebih dahulu.
  2. Membuat kerangka outline atau garis besar dari tulisan yang hendak kita buat.
  3. Menulis pendapat dan opini versi kita dengan bahasa yang ringkas dan mudah dimengerti.
  4. Membuat tubuh isi tulisan dan membagi tema tulisan menjadi beberapa sub tema yang terpisah dan berututan, namun tetap saling berkaitan dan utuh.
  5. Membuat pendahuluan yang berisi latar belakang dan alasan penulisan karya tulis Esai tersebut.
  6. Membuat sebuah simpulan pada akhir tulisan atau penutup karya tulis Esai. Hal ini agar membentuk opini dan persepsi dari pembaca agar menyetujui apa yang menjadi topik penulisan Esai kita.
  7. Karya tulis Esai dapat ditambah dengan beberapa saran dan petuah pada bagian penutup. Hal ini agar karya tulis Esai yang kita buat menjadi sebuah manfaat yang dapat membentuk kerangka berpikir para pembaca secara sistematis.

 

Demikian artikel tentang defisini Karya Tulis Esai, deskripsi sejarah dan jenis-jenisnya. Artikel terkait lainnya dapa ditelusur pada label seni sastra pada laman tegaraya.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel