7 Seni Arsitektur Gereja indah di Dunia

Gereja adalah bangunan yang dibuat sebagai tempat beribadah bagi pemeluk agama Kristen/Katolik. Bangunan gereja memiliki ciri khas umum yaitu Salib diatas atap atau kubah, menara lonceng, dan seni dekorasi interior yang cantik.

Dalam Seni Arsitektur untuk merancang bangunan gereja tidak lepas dari nilai & paham-paham teologis. Dari keindahan hasil karya tersebut juga mengandung nilai sejarah & ajaran yang dilestarikan. Berikut adalah beberapa catatan tentang karya seni arsitektur bangunan Gereja yang indah di dunia.

1. St. Peter’s Basilica

St. Peter’s Basilica

St. Peter’s Basilica atau Basilika Santo Petrus adalah sebuah Basilika Utama umat Katolik di Kota Vatikan. Basilika ini merupakan basilika terbesar di dunia dengan panjang 193 meter dan tinggi 132 meter. Proses pembangunan basilika ini dimulai pada 1506 Masehi dan rampung pada Tahun 1626 Masehi. Bangunan Basilika ini mengalami beberapa kali perubahan bentuk desain, keruntuhan & fungsi.

Tampak Atas St. Peter’s Basilica
Banyak arsitek dan seniman yang terlibat dalam proses pembangunan & perancangan ornamen-ornamen di dalam Basilika megah ini, diantaranya Michelangelo, Gian Lorenzo Bernini, Leone Battista Alberti, Bernardo Rosellino, Raphael, Bramante Donato, Giacomo della Porta, dan Maderno.

Interior St. Peter’s Basilica
Bentuk arsitektur bangunan ini berciri khas Romawi dan dapat dikatakan sebagai karya arsitektur gereja hasil pandangan intelektualitas arsitek-arsitek Renaissance Romawi dan Barok.

 

2. Duamo di Milano

Duamo di Milano

Duamo di Milano atau Katedral Milano adalah Katedral Terbesar kedua yang terletak di kota Milan, Italia.  Bangunan dirancang oleh puluhan Arsitek sejak awal pembangunan, yaitu Simone da Orsenigo (1387) hingga yang terakhir Benigno Morlin Visconti Castiglione (1988) Katedral ini memilik gaya arsitektur Gothic Flamboyan dengan ciri khas atap yang berujung lancip-lancip dan dinding yang berbahan marmer putih. Pembangunan Katedral ini mencapai 600 tahun sejak Tahun 1387. Bahkan hingga saat ini masih dilakukan penambahan ornamen interior yang mempercantik bangunan katedral ini. 

Tampak Atas Duamo di Milano

Duomo dI Milano memiliki panjang 158 meter dan lebar 66 meter. Diperkirakan Katedral ini mampu menampung sekitar 40.000 orang dalam sekali misa. Ada kurang lebih 135 puncak menara, 3.400 patung plus 700 ukiran relief di seluruh katedral ini. Ikon Gereja ini adalah Madonnina yang merupakan sebutan dari Bunda Maria oleh kalangan umat Katolik & Ortodoks.

Interior Duamo di Milano

3. Sagrada Familia

Sagrada Familia

Bangunan Katedral Sagrada Familia atau dalam bahasa Inggris Holy Family adalah karya seni arsitektur yang indah berada di kota Barcelona, negara Spanyol. Katedral ini dirancang oleh Arsitek & Seniman asal Spanyol, Antoni Gaudi. Kemudian saat pelaksanaan konstruksi, Sang Arsitek tersebut meninggal (1926) dan dilanjutkan oleh 9 generasi Arsitek berikutnya. Proses Pembangunan Katedral ini berlangsung sejak 1882 dan proses konstruksinya masih berjalan hingga saat ini, sehingga menjadikan katedral ini adalah proses konstruksi terlama dalam sejarah pembangunan dunia modern.

Tampak Atas Sagrada Familia
Katedral ini merupakan ikon kota Barcelona dengan Gaya Arsitektur Katedral penggabungan Gothic dan Catalan Noucentisme, dengan ciri khas lengkungan-lengkungan Art Nouveau dan memiliki 4 menara besar setinggi 170 meter dan 12 menaral yang menjadi simbol 12 Murid Yesus, sehingga menjadikan rumah ibadah tertinggi di Eropa. Pada Tahun 1984, UNESCO menetapkan Katedral ini sebagai Situs Warisan Dunia. Katedral ini diproyeksikan akan rampung pada tahun 2026 kelak.

Interior Sagrada Familia

4. La Basilique Notre-Dame de Montreal

Basilica Notre-Dame of Montreal

La Basilique Notre-Dame de Montreal atau Basilica Notre-Dame of Montreal  adalah Bangunan Basilika yang berada di Montreal, Quebec, Kanada. Perancang awal Basilika adalah François Baillairgé (1672), kemudian pada tahun 1824 gereja ini didesain ulang oleh arsitek James O'Donnell. Bangunan ini didesain dengan gaya Gothic Revival atau disebut juga Neo-Gothic/ Victorian Gothic.

Interior Basilica Notre-Dame of Montreal

Basilika Notre-Dame of Montreal ini memiliki keindahan inteior yang cantik. Berbagai ornamen dari dekoratif kaca, patung pahatan, lantai, hingga langit-langitnya memperlihatkan keindahan bangunan ini. Didalam Basilika ini juga dilengkapi dengan 140 lampu, 4 laser, 20 cermin dan 20 layar proyeksi dalam pertunjukan “Aura” yang menjadi daya tarik wisatawan berkunjung & menyaksikan pertunjukan cahaya selama 45 menit tersebut.

Interior Basilica Notre-Dame of Montreal

5. St. Basil’s Cathedral

St. Basil’s Cathedral atau Katedral Santo Basil terletak di kota Moscow, negara Rusia. Katedral ini dirancang oleh Arsitek Postnik Yakovlev dan dibangun pada tahun 1555-1561. Katedral dengan gaya arsitektur tented-roof church ini Memiliki banyak kubah berbentuk bawang, menjadi paduan unik tradisi Eropa dan Asia. 

Tampak Atas Katedral Santo Basil

Gereja katedral ini sangat terkenal dan menjadi ikon dari negara Rusia karena keunikan bentuk bangunan serta memiliki banyak warna. Gereja Katedral St. Basil ini ternyata 9 Kapel yang masing-masing kapel memiliki nama masing-masing. Interior Katedral ini terdapat unsur-unsur tertentu dari monumen-monumen Timur Lenk di Samarkand, atau unsur dari masjid Qolsharif di Kazan. Pada tahun 1990, Gereja Katedral St. Basil dinobatkan sebagai Situs Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO.

Interior Katedral Santo Basil
 6. Cathedral of Brasilia

Katedral Brasilia

Bangunan Cathedral of Brasilia atau Katedral Brasilia adalah Katedral unik yang berada di kota Brasilia, Brazil. Bangunan ini dirancang oleh Arsitek yang berasal dari Brazil, Oscar Niemeyer. Katedral ini dibangun sejak 1958 dan selesai pada tahun 1970. Gaya Arsitektur dari bangunan Gereja ini adalah Modern & Futuristik dengan bentuk bangunan melingkar dan atap kerucut. 

Tampak Atas Katedral Brasilia

Keunikan Katedral ini adalah Aula gereja ini berada didalam tanah, sehingga ketika masuk ke dalamnya kita menggunakan tangga yang turun ke bawah, serta Struktur hyperboloid itu sendiri merupakan hasil rakitan yang identik dengan kolom beton 16 yang terangkat ke langit. Interior Katedral ini memiliki ornamen langit cerah dengan banyak patung-patung malaikat yang tergantung.

Interior Katedral Brasilia

7. Hallgrimskirkja Church

Gereja Hallgrimskirkja

Gereja Hallgrimskirkja terletak di kota Reykjavik, negara Islandia. Bangunan gereja ini dirancang dan dibangun oleh Arsitek lokal Guðjón Samúelsson. Proses pembangunannya sejak tahun 1945 dan selesai tahun 1986. Gaya arsitektur gereja ini adalah Skandinavian Modernisme, dengan ciri khas minimalis namun monumental.

Tampak Atas Gereja Hallgrimskirkja

Dalam pembuatannya, Sang Arsitek Guðjón terinspirasi dari lahar panas yang membeku menjadi batuan basal. Gereja ini memiliki bentuk artistik seperti organ raksasa yang menjulang tinggi. Tinggi bangunan puncak gereja 74,5 meter. Interior gereja ini bergaya Gothic Traditional.

Interior Gereja Hallgrimskirkja
 

Demikian artikel tentang 7 Bangunan Gereja dengan Seni Arsitektur yang Terindah di Dunia. Masih banyak ditemukan beragam bangunan-bangunan Gereja lainnya diluar dari daftar di atas. Perkembangan Teknologi bangunan akan menciptakan banyak bangunan menarik dan monumental lainnya.

Artikel terkait lainnya dapat ditelusur pada label seni arsitektur pada laman tegaraya.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel