Musik genre Blues: Sejarah dan Jenisnya

Musik genre Blues adalah salah satu Musik Modern yang cukup tua dan dikenal lama di Dunia. Musik Blues dianggap sebagai salah satu jenis genre yang menjadi pelopor perkembangan musik modern. Musik genre Blues menyajikan bentuk musik yang khas dengan improvisasi vokal dan instrumen alat-alat musik, terutama pada Gitar dan Harmonika. 

 

Musik genre Blues banyak dikreasikan dengan jenis musik lainnya dan musik-musik folk dari daerah tertentu saat pertama kali ditemukan. Hingga saat ini Musik Blues banyak digemari oleh berbagai penikmat Musik, dan sering dipertontonkan oleh Para Musisi saat memainkan musik mereka secara live atau rekaman digital.

 

Sejarah Musik genre Blues

Musik Blues berakar pada sebuah judul Drama pada Seni Teater yang diperagakan oleh para Budak Afrika yang bekerja di Amerika pada abad ke-18 atau kisaran tahun 1798 yang berjudul “Blue Devil”. Didalam pertunjukkan Seni Teater tersebut diiringi oleh musik-musik Etnik Afrika Modern yang Melankolis dan mengungkapkan kesedihan. Dari peristiwa ini istilah “Blues” diserap dan dikenal kepada Seni Musik Modern bergenre Blues.

Musik Blues akhirnya berkembang pertama kali pada akhir abad ke-19 atau kisaran tahun 1895. Musik ini dikenal melalui para Seniman Musik dari penduduk Muslim Afrika Barat berkulit hitam yang masih bekerja sebagai Buruh di kawasan Amerika. Akar-akar Musik Blues secara original hadir pertama kali di kawasan Delta Missisippi di Negara Amerika Serikat. 

 

Musik genre Blues pada awalnya sarat dengan musik spiritual bergaya Afrika yang berisikan ungkapan rasa Syukur kepada Tuhan. Para Budak Muslim yang berasal dari Afrika tersebut memainkan Musik Blues pertama kali tanpa instrumen alat musik. Mereka memainkan musik dengan improvisasi vokal, seperti layaknya melantunkan Adzan tersebut. Hingga pada tahun 1912, musik ini secara “resmi” menggunakan nama Musik genre Blues, ketika diperkenalkan oleh Komposer Musik Blues bernama Hart Wand.

 

Ciri-ciri Musik genre Blues

Karakteristik Musik genre Blues ditekankan secara kuat pada elemen instrumen alat musik gitar dan harmonika, serta diiringi dengan vokal. Namun pada pertunjukkan Musik Blues modern juga diiringi dan ditambah dengan beberapa instrumen alat musik, seperti; terompet, saxofon, trombon, drum, piano, hingga alat musik elektrik modern. 

Musik genre Blues memiliki irama yang sama dengan Musik genre Jazz. Hal ini disebabkan karena kedekatan sejarah dan sumber musik yang sama. Adapun Ciri-ciri lainnya dari Musik bergenre Blues antara lain:

  1. Musiknya akan terdengar ringan, namun ketika dirasakan akan penuh dengan melodi. Musik Blues akan memiliki feel folk yang berakar dari musik etnik Afrika.
  2. Tempo musik yang pelan namun teratur, layaknya seperti orang berjalan dan berdendang.
  3. Nuansa musik akan kental dengan alunan suara alat musik Gitar dan Bass. Kord yang dimainkan bercirikan progresif tertentu.
  4. Vokal dari penyanyi bergenre Blues memakai teknik sengau, menggunakan Melisma dan intonasi yang bergelombang.
  5. Musik Blues akan menampilkan banyak ekspresi dan emosi para pemusiknya dibandingkan narasi dan lirik. Ekspresi yang ditampilan dapat berupa puji-pujian, teriakan, hollers, hingga narasi sederhana berirama balada.

 

Jenis-jenis Sub Genre Musik Blues

Musik Blues memiliki beragam jenis sub genre dan hasil kreasi para musisi sejak awal kehadirannya di kawasan Amerika Serikat. Adapun jenis-jenis Sub Genre Musik Blues dan deskripsinya antara lain adalah sebagai berikut.


1. Delta Blues

Delta Blues merupakan Sub genre Musik Blues bergaya musik Missisipi yang berasal dan berkembang di kawasan Tennesa, Vickburg, dan Yazzo River. Delta Blues merupakan jenis sub genre Blues yang paling awal ditemukan, yang didominasi oleh instrumen gitar dan harmonika. Musisi yang mempopulerkan jenis musik Delta Blues antara lain; Charlie Patton, Robert Lockwood Jr., dan Robert Jhonson.

Robert Lockwood Jr

 

2. Piedmont Blues

Piedmont Blues atau juga dikenal dengan nama East Cost Blues, merupakan jenis sub genre musik Blues yang ditemukan sejak tahun 1920-an. East Cost Blues menampilkan permainan instrumen gitar yang sangat dominan, dengan teknik finger style. Teknik ini memainkan gitar dengan petikan 4 jari. Musisi Terkenal yang memainkan sub genre  East Cost Blues adalah Jhon Jackson.

Jhon Jackson

3. Jump Blues

Jump Blues adalah jenis sub genre musik Blues yang mulai populer sejak tahun 1940-an. Elemen musik ini berupa instrumental alat musik  yang ditambah dengan alat musik tiup dan menggunakan tempo yang cukup cepat. Sehingga pendengar musik ini akan berjingkrak dan bersenandung dengan irama musik ini. Beberapa musisi terkenal yang memainkan sub genre musik ini antara lain; Louis Jordan, Big Joe Turner, Roy Brown, Mitch Woods, dan lain-lain.

Mitch Woods

4. Chicago Blues

Chicago Blues merupakan jenis sub genre musik Blues yang populer pada awal perkembangannya di kawasan Chicago. Elemen yang ditampilkan pada musik ini berupa instrumental alat musik Gitar, Bass, Drum, Harmonika, Keyboard, dan sesekali dilengkapi dengan Saxofon. Chicago Blues merupakan sebuah perkembangan jenis musik Delta Blues yang semakin modern. Beberapa musisi terkenal yang memainkan jenis musik ini antara lain; Willie Dixons, Muddy Water, BB King, Koko Taylor, dan lain-lain.

Willie Dixons

5. Texas Blues

Texas Blues adalah jenis sub genre musik Blues yang terkenal dari kawasan Texas. Musik ini terpengaruh dari gaya Musik Jazz dan Swing dan dekat dengan karakteristik sub genre Blues Rock. Beberapa musisi terkenal yang pernah memainkan jenis musik ini antara lain; Stevie Ray Vaughan, Jimmie Vaughan, Blind Lemon Jefferson, dan lain-lain.

Stevie Ray Vaughan

6. Country Blues

Country Blues merupakan salah satu jenis sub genre Musik Blues yang cukup tua dan merupakan bentuk awal dari musik Blues Modern. Musik jenis ini sangat populer dari pedesaan koboi di kawasan Amerika Serikat pada awal tahun 1900-an. Bentuk penampilan musik Country Blues biasanya memainkan solo vokal dengan iringan gitar berteknik fingertyle akustik. Beberapa musisi terkenal yang memperkenalkan jenis musik ini antara lain adalah; Blind Willie McTel, Charley Patton, Blind Lemon Jefferson, dan lain-lain.

Blind Willie McTel

7. Blues Rock

Blues Rock adalah sebuah jenis sub genre musik Blues yang dikombinasikan dengan Musik Rock N’ Roll. Musik ini telah dikenal sejak tahun 1960-an dan sebagian besar adalah ansembel musik elektrik yang menonjolkan instrumental musik Blues namun dengan tempo dan tekanan ala musik Rock N Roll. Musisi terkenal yang pernah memainkan jenis musik ini antara lain; Lynird Skynird, Eric Clapton, Gary Moore, Rolling Stone, Jimmy Hendrix, dan lain-lain.

Gary Moore

8. Modern Electric Blues

Modern Electric Blues merupakan jenis sub genre dari musik Blues yang mulai dikenal pada akhir tahun 1970-an dan awal tahun 1980-an. Jenis musik ini merupakan hasil dari sebuah invansi musik modern dari Britania menuju daratan Amerika. Jenis-jenis musik lawas seperti Rock Blues, Chicago Blues dan Country Blues diberi sentuhan teknologi elektronik, sehingga menciptakan warna baru terhadap perkembangan musik bergenre Blues. Beberapa musisi yang terkenal yang memainkan musik ini antara lain; Joe Bonamassa, Kenny Wayne Shepherd, Joe Louis Walker, dan lain-lain.

Joe Louis Walker
 

Beragam jenis sub genre Musik Blues masih berkembang hingga saat ini. Musik genre Blues salah satu jenis genre musik modern yang bertahan dan digemari hingga saat ini, dan mudah untuk dikreasikan dengan jenis genre-genre musik modern lainnya. Banyak musisi hebat dan terkenal di Dunia yang memperagakan dan memainkan musik Blues, hingga karya-karya mereka menjadi sangat legendaris.

 

Demikian artikel tentang deskripsi, sejarah dan jenis-jenis dari musik bergenre Blues. Artikel terkait lainnya silahkan cek di laman tegaraya.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel