google55176b2a3bd0445a.html Definisi Seni Miniatur dan Jenis-jenis Bentuknya -->

Definisi Seni Miniatur dan Jenis-jenis Bentuknya

Seni Miniatur adalah seni membuat sebuah tiruan objek benda yang memiliki ukuran sesungguhnya menjadi sebuah duplikat yang berskala kecil. Benda yang diduplikasi biasanya adalah benda tiga dimensi berukuran besar, seperti gedung, monumen, patung, prasasti, pemandangan alam, dan lain-lain.

 

Seni Miniatur merupakan perpaduan dari berbagai bentuk Seni Rupa. Seni Miniatur dapat disamakan seperti Seni Patung yang memiliki bentuk tiga dimensi yang akurat menyerupai bentuk objek yang ditiru. Seni Miniatur dapat dibuat dari bahan-bahan padat atau cetakan antara lain seperti; kayu, lilin, plastik, kawat besi, beton, baja, dan lain-lain.

Seni Miniatur memiliki 2 bentuk yang telah kita kenal. Adapun bentuk-bentuk Seni Miniatur adalah sebagai berikut.

1. Maket

Maket adalah bentuk tiruan dari sebuah objek statis yang diduplikasi menjadi objek yang lebih kecil namun memiliki akurasi ukuran yang tercatat didalam sebuah skala. Maket berfungsi untuk memberi gambaran visual sebuah objek-objek yang ditiru agar dapat diketahui bentuk detailnya tanpa harus melihat objek yang ditiru secara langsung.

Maket biasanya digunakan untuk memperlihatkan Arsitektur Bangunan atau Rancangan hingga sebuah desain produk, seperti motor, mobil, pesawat, dan lain-lain.Maket dapat terbuat dari bahan-bahan seperti kayu, kertas, rangka besi, aluminium, dan lain-lain.

Maket dapat digunakan dan ditemukan untuk keperluan yang berbeda-beda diluar aspek kesenian, seperti; keperluan bidang Rekayasa Teknik Bangunan Sipil, keperluan Arsitektur, Produksi Film Animasi, Peta Strategi Militer, Pemasaran Produk, dan Craft Merchandise.

 

2. Diaroma

Diaroma adalah Seni Miniatur yang dikemas dalam bentuk etalase yang memperlihatkan keadaan, sejarah sebuah kejadian, objek bangunan atau adegan yang dilengkapi dengan alam dan kehidupan yang terjadi didalamnya. Diaroma dibuat dengan detail yang sama seperti Maket yang mengutamakan akurasi dan skala sebuah objek yang ditiru. 

Asal mula Seni Diaroma berasal dari dekorasi Gedung Seni Teater di kawasan Eropa dan Amerika pada abad ke-19. Etalase Diaroma dapat menunjukkan Figur-figur tertentu yang ditampilkan pada kejadian tertentu seperti; Tokoh Pahlawan, Tokoh Fantasi, Binatang Purba, dan lain-lain. Pada objek figur Tokoh tersebut dibuat lengkap dengan berbagai ekspresi, kostum, dan properti yang digunakan.

Beberapa bentuk dari Seni Diaroma antara lain adalah:

  1. Diaroma Kejadian Sejarah
  2. Diaroma Potongan Interior Bangunan.
  3. Diaroma Kota (Keadaan Kota)
  4. Diaroma Action Figure
  5. Diaroma Alam (Keadaan Alam)

Diaroma biasanya dibuat untuk keperluan Seni Rupa yang sering dipamerkan pada Museum Seni atau Museum Sejarah. Keberadaan Diaroma akan menggambarkan dan memvisualisasikan suatu kejadian dan adegan pada masa lampau.

 

Seni Miniatur banyak ditemukan dan diminati oleh berbagai lembaga untuk menunjukkan sebuah rancangan visual sebuah proyek monumental. Kedepannya Seni Miniatur akan semakin berkembang, dengan berbagai metode pengerjaan dan bahan-bahan material yang lebih mudah untuk disusun, bahkan bersifat ramah lingkungan. Benda-benda hasil olahan Karya Seni Miniatur tersebut akan menjadi sebuah benda komersial yang diperjualbelikan secara hasil bendanya maupun jasa pembuatannya.

 

Demikian artikel tentang Definisi Seni Miniatur dan Beberapa Jenis Bentuknya. Artikel terkait lainnya dapat di cek di laman tegaraya.com

 

LihatTutupKomentar