Musik genre Jazz: Sejarah dan Jenisnya

Musik genre Jazz adalah salah satu pelopor musik modern yang sangat terkenal di dunia. Musik Jazz menyajikan keindahan nada-nada yang dari perpaduan antara instrumen dan vokal di dalam sebuah pertunjukkan musik. Musik Jazz banyak menampilkan improvisasi bermusik namun tetap harmonis. Keindahan musik genre Jazz tersebut dapat dinikmati oleh beragam orang, baik orang tua maupun remaja atau anak-anak.

Musik genre Jazz memiliki banyak penggemar dan musisi bernaung di dalam pengembangan seni musik tersebut. Musik genre Jazz banyak mengalami eksperimen dalam bentuk penyajian, harmoni nada dan alat-alat musik yang nantinya akan melahirkan banyak jenis sub genre baru aliran turunannya.

 

Sejarah musik genre Jazz

Musik bergenre Jazz ditemukan pada akhir abad ke-19 dan berasal dari Amerika Serikat. Akar dari Musik genre Jazz adalah musik-musik tradisional Afrika dan Klasik Eropa. Menurut pendapat pakar Musik Joachim Berendt yang mendefinisikan Musik genre Jazz adalah bentuk konforntasi musik orang berkulit hitam dari Afrika dengan musik klasik Eropa di daratan Amerika saat itu. Musik genre Jazz memiliki kedekatan dengan Musik genre Blues, dikarenakan memiliki akar musik yang sama.

Asal-usul dari kata Jazz diambil dari bahasa slang di Amerika Serikat pada tahun 1912 yang memiliki arti “variasi”. Kemudian tulisan Jazz terlihat pertama kali pada ajang olahraga Bisbol di San Francisco pada tahun 1913. Tulisan tersebut diperkenalkan oleh William Slattery yang justru tidak mengacu pada jenis musik. Kemudian para Seniman Musik dalam bentuk Grup Band di Chicago mulai menamai pertunjukkan musik mereka dengan sebutan Jazz karena bersifat variatif (multi jenis). Musik Jazz dianggap memiliki kemampuan untuk menyerap dan mengubah pengaruh gaya musik yang sangat beragam.

 

Ciri-ciri Musik Jazz

Musik genre Jazz memiliki ciri khas yang umum dilihat dari sebuah pertunjukkan konser musik di atas panggung yang membedakan dengan genre musik lainnya. Ada pun ciri-ciri yang ditonjolkan antara lain:

  1. Penggunaan Instrumen alat musik yang sangat beragam. Dapat disajikan secara bersamaan maupun tunggal atau duet. Jenis alat musik yang digunakan antara lain terompet, piano, bass, saksofon, gitar, drum serta biola.
  2. Memiliki Nada dengan tempo yang tinggi namun ketukan teratur atau disebut dengan Sinkopasi, sehingga para pendengar akan ikut berdendang.
  3. Irama musik mendayu yang sangat enak didengar atau disebut Swing.
  4. Memiliki note-note bergaya musik Blues.
  5. Menampilkan improvisasi yang sangat rumit dan kaya nada, namun sangat kreatif. Didalam pertunjukkan Musik genre Jazz sering sekali para musisi memainkan sebuah lagu dengan gaya yang berbeda-beda ditiap pertunjukkannya.
  6. Menyajikan suara vokal yang merupakan bagian dari instrumen musik itu sendiri.

 

Jenis-jenis Sub Genre Musik Jazz

Musik genre Jazz memiliki beragam sub genre karena memiliki sifat variatif dan mudah dipadukan dengan jenis musik lainnya. Adapun jenis-jenis Sub Genre atau aliran turunan dari Musik Jazz antara lain adalah sebagai berikut.

1. Classic Jazz

Classic Jazz adalah sub genre Musik Jazz yang pertama kali ditampilkan pada awal tahun 1900-an. Musik jenis ini menekankan penampilan dan aransemen yang berbeda ditiap pertunjukkan. Instumen alat musik yang ditampilkan antara lain: saxophone, clarinet, trombhone, cornet, bass, guitar, drum dan piano.


2. Vocalese

Vocalese adalah sub genre Musik Jazz yang sering disebut Jazz Vokal. Dalam penyajian musik ini akan mengkombinasikan lirik dan musik dalam suatu solo instrumental. Beberapa musisi yang pernah memainkan jenis musik ini adalah Eddie Jefferson dan Jon Hendricks.

Eddie Jefferson

3. Mainstream

Mainstream merupakan sub genre Musik Jazz yang muncul pada tahun 1970-an. Mainstream dianggap sebagai sub genre musik jazz yang tidak ada ikatan historis dengan musik jazz pada umumnya, namun memiliki pengaruh terhadap perkembangan aliran musik jazz lainnya pada saat itu, seperti Cool Jazz dan Classic Jazz.

 

4. Swing

Swing adalah sub genre Musik Jazz yang muncul pada kisaran tahun 1930-an. Karakterisitiknya berupa robust  dan invigorating. Ciri khas yang ditampilkan adalah irama ragtime yang agak halus dan lambat, namun sangat cocok untuk menari. Musisi terkenal yang pernah memainkan jenis musik ini adalah Benny Goodman.

Benny Goodman

5. Bebop

Bebop adalah Sub genre Musik Jazz yang muncul pada tahun 1940-an. Ciri khas yang ditonjolkan pada sub genre Bebop adalah evolusi dari sub genre musik Swing yang menjadi lebih cepat dan sangat imporvisatif. Musik jenis ini memiliki eksplorasi musik yang sangat cocok didalam acara dance. Beberapa musisi yang pernah memainkan jenis musik ini adalah Charlie Parker dan Dizzi Gillespie.

Dizzi Gillespie

6. Soul Jazz

Soul Jazz adalah Sub Genre Musik Jazz yang muncul pada tahun 1960-an. Ciri khas dari musik jenis ini berimprovisasi dengan kord-kord yang progressif. Musisi terkenal yang pernah memainkan jenis musik ini adalah Horace Silver.

 Horace Silver

7. Bossa Nova

Bossa Nova adalah Sub Genre Musik Jazz yang muncul pada kisaran tahun 1962. Musik jenis ini dijuluki sebagai Brazilian Jazz karena merupakan campuran dari musik West Coast Cool, European Classical Harmonies, dan Rhytm Samba Brazil. Musisi terkenal yang pernah memainkan jenis musik ini antara lain Joao Gilberto, Antonio Carlos Jobim, Charlie Byrd dan Stan Getz.

Joao Gilberto

8. Jazz Fusion

Jazz Fusion merupakan Sub Genre Musik Jazz yang muncul pada tahun 1960-an. Jazz Fusion ini dapat disebut juga dengan Jazz Rock yang merupakan hasil eksperimen pasa musisi yang menggabungkan musik genre Rock dengan musik genre Jazz. Energi musik ini sangat berasa dan sangat digemari oleh pecinta musik Jazz. Instrumen alat musik yang disajikan layaknya pada penampilan musik genre rock, seperti: gitar elektrik, synthesizer, bass elektrik, dan drum set.

 

9. Ragtime

Ragtime adalah Sub Genre Musik Jazz yang dianggap sebagai awal dari bentuk musik genre Jazz. Musik jenis ini masih terpengaruh dari musik Afrika dengan beat dan tone yang masih original. Ciri khas lainnya yang ditemukan pada musik jenis ini adalah vibrant, enthusiastic dan extemporaneus.

 

10. Hot Jazz

Hot Jazz merupakan Sub Genre Musik Jazz memiliki ciri khas improvisasi yang kuat dan emosional serta memiliki struktur melodi yang sangat khas. Musik ini dimainkan dengan bagian-bagian tertentu seperti pelan di awal, hingga mencapai klimaks yang hot. Musisi terkenal yang pernah memainkan jenis musik ini adalah Louis Amstrong.

 Louis Amstrong

11. Ghipsy Jazz

Ghipsy Jazz adalah sub genre Musik Jazz yang terpengaruh oleh Seni Musik Tradisional dari Eropa Timur berjenis Folk. Jenis musik yang dijuluki Jazz Manouche ini memiliki ciri khas berupa languid dan seductive feel yang memiliki karateristik Driving Rhytms.

 

12. Acid Jazz

Acid Jazz merupakan sub genre Musik Jazz yang ditemukan pada tahun 1980-an. Musik jenis ini merupakan hasil ekspersimen unik yang menggabungkan dengan elemen musik lainnya seperti Soul, Funk dan Disco. Musik Acid Jazz berasal dari Inggris saat maraknya invansi kedua dari Britania Raya yang menggemparkan Seni Musik Dunia dengan berbagai terobosannya terhadap perkembangan Seni Musik Modern.

13. Smooth Jazz

Smooth Jazz adalah sub genre Musik Jazz yang ditemukan pada tahun 1970-an. Musik jenis ini merupakan kombinasi Musik genre Jazz dengan RnB. Ciri khas musik Smooth Jazz adalah minim improvisasi yang berlebihan dan memberi tekanan yang banyak pada melodi. Musisi terkenal yang pernah memainkan jenis musik ini adalah Pat Metheny, David Sanborn dan Marcus Miller.

David Sanborn

14. Free Jazz

Free Jazz merupakan sub genre Musik Jazz yang disebut juga dengan nama Avante Garde. Ciri khas dari penyajian musik jenis ini adalah Solis yang bereksprerimen dengan musik dengan sangat bebas tanpa struktur yang tetap. Musisi terkenal yang pernah memainkan jenis musik ini adalah Onertte Coleman dan Jhon Coltrane.

Jhon Coltrane

15. European Jazz

European Jazz adalah sub genre Musik Jazz yang ditemukan pada akhir abad ke-20 di benua Eropa. Musik jenis ini merupakan hasil eksperimen yang dikembangkan oleh para musisi Jazz di Eropa yang ingin memiliki gaya musik Jazz yang berbeda dengan musik Jazz dari Amerika Serikat. Musik European Jazz memiliki gabungan elemen Musik Disco dengan basic musik Funk. Musik disajikan dengan nuansa digital dan elektronik serta terasa sangat kontemporer. Musisi terkenal yang pernah memainkan jenis musik ini adalah Bugge Wesseltoft, Nils Petter Molvaer dan Martial Solal.

Nils Petter Molvaer

16. Afro-Cuban Jazz

Afro-Cuban Jazz merupakan sub genre Musik Jazz yang juga disebut dengan nama Latin Jazz. Musik jenis ini adalah hasil kombinasi dari Musik Jazz dan Rhytm Latin. Instrumen alat musik yang digunakan pada jenis musik ini seperti Conga, Timbale, Congo, dan lain-lain. Musisi terkenal yang pernah memainkan jenis musik ini adalah Arturo Sandoval, Poncho Sanchez dan Chuco Valdes.

Poncho Sanchez

17. Chicago Style

Chicago Style adalah jenis sub genre Musik Jazz yang berasal dari kawasan kota Chicago di Amerika Serikat. Ciri khas dan karakteristik dari jenis musik ini adalah aransementnya yang inovatif dan harmonis dengan teknik permainan yang tinggi. Musisi terkenal yang pernah memainkan jenis musik ini adalah Benny Goodman, Bud Freeman dan Edie Condon.

Bud Freeman

18. Kansas Style

Kansas Style merupakan jenis sub genre Musik Jazz yang lahir pada tahun 1920-an di kota Kansas, Amerika Serikat. Ciri khas dan karakteristik jenis musik ini adalah menampilkan gaya musik Soulfull dan Blues. Musisi terkenal yang pernah memainkan jenis musik ini adalah Charlie Parker.

Charlie Parke

19. Groove

Groove adalah jenis sub genre Musik Jazz yang menonjolkan ciri khas tone-tone dari musik blues dan berfokus pada Rhytms. Musik jenis ini menyajikan gaya musik yang ceria, sehingga membuat para pendengar akan berdendang dan menari. Musik yang dimainkan cukup kolektif dan jarang diberikan improvisasi yang berlebihan. salah satu musisi yang memainkan jenis musik ini adalah grup band The Groove dari Indonesia.

The Groove

Beragam jenis musik Jazz yang terus dikembangkan oleh para musisi Jazz dunia, sehingga jenis-jenis sub genre yang baru akan lahir.

Demikian artikel tentang deskripsi, sejarah dan jenis-jenis dari musik bergenre Jazz. Artikel terkait lainnya silahkan mengunjungi laman tegaraya.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel