-->

Musik Genre Rock: Sejarah dan Jenisnya


Musik genre Rock adalah jenis genre musik modern yang paling terkenal dan populer di dunia. Musik aliran ini yang memiliki kesan penuh semangat dan garang merupakan sebuah pilihan genre untuk segala umur bagi para penikmat seni musik. Bahkan kejayaan Seni Musik dalam sebuah periode waktu tertentu sering disimbolkan melalui Grup-grup musik Rock yang sangat berpengaruh.

 

Kepopuleran Musik Rock sangat berpengaruh terhadap perkembangan Seni Musik di Dunia. Beberapa eksperimen instrumen dan penyajiannya dari para Musisi Rock menciptakan beberapa turunan baru atau disebut Sub Genre. Realita ini menjadikan Musik Rock merupakan genre musik modern yang paling banyak memiliki sub-genre atau aliran turunannya.

 

Sejarah Musik genre Rock

Sejarah musik Rock memiliki dasar dari perkembangan musik Rock N Roll. Musik Rock N Roll berasal dari Amerika Serikat yang ditemukan pada dekade 1940-an. Musik Rock N Roll awalnya adalah paduan dari berbagai musik klasik modern pada saat itu seperti Blues, Rhythm and Blues, Gospel, dan Musik Western Country yang dimainkan oleh kaum kulit hitam. Kemudian pada tahun 1951 didalam sebuah pertunjukkan musik, seorang pemusik DJ bernama Ohio Alan Freed memainkan musik berirama RnB namun dengan frase “Rock n Roll”, sehingga menjadi sebuah pertunjukkan musik bernama Rock N Roll pertama di Dunia untuk didengarkan kepada para penonton.


Banyak perdebatan tentang lagu Rock N Roll pertama yang direkam di Dunia. Namun pada tahun 1954 rekaman lagu yang berjudul “That’s All Right (Mama)” yang dipopulerkan oleh Elvis Presley menjadi sebuah rekaman lagu berirama Rock N Roll pertama di Dunia. Lagu tersebut bahkan sempat menduduki Puncak Daftar Lagu Populer dan prestasi tersebut menjadi awal menuju kepopuleran Musik Rock N Roll di Dunia pada dekade 1950-an hingga awal dekade 1960-an. Pada era ini banyak Musisi Rock N Roll yang sangat terkenal dengan karya-karya mereka dan mempengaruhi perkembangan Musik Rock awal. Musisi-musisi tersebut antara lain adalah; Bill Haley, Buddy Holly, Richie Valens, Chuck Berry, Jerri Lee Lewis, dan musisi lainnya.

 

Pada dekade 1960-an Musik Rock N Roll mengalami perkembangan lebih luas. Saat itu Musik Rock sudah dimainkan oleh beberapa Grup Musik Instrumental dan Grup Musik Vokal. Kehadiran Grup-grup musik sebelum lahirnya musik rock menjadi sebuah inspirasi beberapa musisi Rock untuk juga membentuk sebuah grup musik. Lahirlah beberapa Band Rock dari kawasan Britania Raya, seperti The Beatles, The Rolling Stones, The Yardbird dan Grup Musik lainnya pada awal tahun 1960. Periode perkembangan musik Rock pada dekade ini yang didominasi dengan kepopuleran Grup Musik dari Britania Raya yang disebut dengan Invansi Britania. Gelombang perkembangan musik dari Britania Raya ini akhirnya juga menginspirasi Grup-grup Musik beraliran Rock dari kawasan Amerika Serikat untuk ikut mempopulerkan Musik Rock di Dunia dari dekade 1970-an hingga dekade 1990-an. Akhirnya Musik Rock semakin berkembang dikenal di berbagai negara di seluruh dunia hingga saat ini.

 

Ciri-ciri Musik genre Rock

Musik bergenre Rock memiliki ciri umum dengan penggunaan instrumen atau alat-alat musik berupa Gitar Listrik, Gitar Bass Listrik, Drum Set, dan jenis keyboard listrik. Ciri-ciri lainnya dari penyajian musik Rock antara lain;

  1. Memiliki beat yang keras. Tempo bisa sangat lambat hingga sangat cepat.
  2. Harmoni musik Rock relatif lebih rumit.
  3. Struktur lagu yang kompleks.
  4. Memiliki nada yang sangat luas, dari yang rendah hingga sangat tinggi.
  5. Memiliki dinamika pada aransemen musik Rock.
  6. Memiliki part berupa sesi permainan solo melodi (biasanya menggunakan instrumen gitar listrik) dengan durasi yang pendek hingga cukup panjang.

 

Jenis-jenis Sub Genre Musik Rock

Rock adalah genre musik yang memiliki Sub Genre yang paling banyak turunannya. Berikut ini adalah beberapa Sub Genre dari Musik bergenre Rock:

1.  Rock N Roll

Rock N Roll adalah akar utama atau versi awal dari perkembangan musik Rock. Rock N Roll dianggap sebagai pemimpin utama dari Sub Genre Rock atau Rockability. Beberapa contoh musisi yang beraliran sub genre Rock N Roll antara lain: The Beatles, Rolling Stones, Elvis Presley, The Tielman Brother, Slank, dan lain-lain.

 

2. Classic Rock

Classic Rock adalah Sub Genre Rock yang menyajikan komposisi lagu dengan unsur distorsi dan reverb yang tebal. Beberapa part dalam lagu juga akan menampilkan jenis musik Opera dan Etnic. Beberapa contoh musisi yang beraliran Classic Rock antara lain; Queen, Yngwie Malmsteen, Happy Man, dan lain-lain. 

Yngwie Malmsteen

 

3. Psychedelic Rock

Psychedelic Rock adalah jenis Sub Genre Musik Rock yang memiliki gambaran berupa orang yang memiliki kecanduan dan alunan musik sebagai media untuk berkhayal. Musik Psychedelic Rock menampilkan sayatan suara gitar listrik yang tajam dan panjang. Beberapa contoh musisi yang beraliran Psychedelic Rock antara lain; Pink Floyd, Deep Purple, Jimmy Hendrix, The Doors, Janis Joplin, dan lain-lain.

Deep Purple

4. Blues Rock

Blues Rock merupakan sub genre Musik Rock yang mengandung unsur Blues dari permainan instrumen musiknya. Beberapa contoh musisi yang beraliran Blues Rock antara lain; Gary Moore, Eric Clapton, Lynyrd Skynyrd, dan lain-lain.


 

5. Hard Rock

Musik Hard Rock adalah jenis sub genre dari Musik Rock yang berakar dari Psychedelic Rock yang dipadukan dengan unsur Garage Rock. Ciri khas musik ini adalah keberadaan efek distorsi pada gitar listrik, bass listrik, keyboard bahkan drum set. Beberapa contoh musisi yang memperkenalkan aliran Hard Rock antara lain; Led Zeppelin, Nazareth, Van Hallen, AC/DC, Aerosmith, Guns N Roses dan lain-lain.

Guns N' Roses
 

6. Glam Rock

Glam Rock atau disebut Rock Glamour adalah jenis sub genre musik Rock yang memadukan unsur Hard Rock dengan Pop Rock dengan ciri khas penyajian vokal yang bernada tinggi dan permainan gitar yang cepat dan keras. Ciri khas lainnya adalah penampilan para musisi Glam Rock akan menggunakan dandanan yang sangat mencolok dan gemerlap. Beberapa contoh musisi yang beraliran Glam Rock antara lain; Bon Jovi, Motley Crue, Skidrow, Bad English, KISS, Poison, dan lain-lain.

 

7. Progressive Rock

Progressive Rock merupakan jenis sub genre musik Rock yang memiliki banyak paduan dari Classic Rock, Rock dan Jazz. Ciri khas Musik Progressive Rock antara lain memiliki ritme musik yang rumit, penguasaan alat musik yang sangat mahir dan durasi lagu yang cukup panjang, dilengkapi dengan permainan solo yang sangat rumit dan dinamis. Beberapa contoh musisi beraliran Progressive Rock antara lain; Dream Theater, Genesis, Rush, Godbless, Voodoo, dan lain-lain. 

 

8. Pop Rock

Pop Rock adalah  jenis sub genre musik Rock yang mengandung unsur Musik Pop dan lebih easy listening, namun tetap bernuansa Rock. Beberapa contoh musisi yang memperkenalkan aliran Pop Rock antara lain; Elton Jhon, Rod Steward, Robbie Wiliams, Avril Lavigne, Maroon 5, dan lain-lain. 

Rod Stewart
 

9. Alternative Rock

Alternative Rock merupakan jenis sub genre musik Rock yang populer pada dekade 90-an yang terpengaruh dari banyak jenis seperti Punk, Funk, Indie dan Underground serta budaya Pop. Beberapa contoh musisi yang beraliran Alternative Rock antara lain; Radiohead, Oasis, Red Hot Chili Peppers, Greenday, dan lain-lain.


10. New Wave

Musik New Wave adalah jenis sub genre musik Rock yang menggabungkan teknologi Shynthesizer dengan eksperiment disko. Sentuhan teknologi dan disko pada musik Rock ini berasal dari Britannia Raya yang disebut dengan era “Invansi Kedua” dan menjadi sebuah warna baru di dunia musik Rock. Beberapa contoh musisi yang beraliran New Wave antara lain; Duran Duran, The Police, The Buggles, Baltimora, dan lain-lain.


11. Punk Rock

Musik Punk Rock merupakan jenis sub genre musik rock yang menonjolkan energi bermusik berupa pelampiasan ekspresi. Walau terkesan seperti tanpa estetika teknis, namun Sub Genre ini sangat digemari oleh pemuda pada dekade 80-an hingga 90-an. Beberapa contoh musisi yang memainkan musik ini antara lain; Ramones, Sex Pistols, The Offspring, The Clash, Blink 182, dan lain-lain. 

 

12. Grunge

Grunge adalah jenis sub genre musik Rock yang berakar dari paduan Punk Rock dan Heavy Metal, dengan ciri suara gitar listrik yang menggunakan efek distorsi yang berat. Beberapa contoh musisi yang beraliran Grunge antara lain; Nirvana, Pearl Jam, Soundgarden, Alice and Chains, dan lain-lain.

Nirvana

 

13. Soft Rock

Soft Rock merupakan jenis sub genre musik Rock yang lembut dan ringan dan memiliki tempo pelan hingga sedang. Beberapa contoh musisi yang beraliran Soft Rock antara lain; MLTR, Chicago, Fire House, dan lain-lain.


Masih banyak jenis dan sub genre dari musik Rock lainnya. Bahkan di era modern ini Musik Rock semakin berwarna dengan berbagai paduan instrumen etnik dan genre lainnya yang menjadikan Musik Rock semakin memiliki keragaman sub genre-nya.

Demikian artikel tentang deskripsi, jenis dan sejarah dari Musik bergenre Rock. Artikel terkait lainnya dapat dicek dan mengunjungi laman tegaraya.com

LihatTutupKomentar