-->

Fotografi Arsitektur: potret keindahan estetika bangunan

Fotografi Arsitektur adalah jenis aliran tema dalam seni fotografi yang mengambil keindahan arsitektur bangunan sebagai objek foto. Fotografi Arsitektur atau juga dikenal dengan Architectural Photograhpy merupakan sebuah seni dalam fotografi yang menyorot keindahan karya seni arsitektur yang memiki keragaman bentuk dan keunikannya.

Fotografi Arsitektur terkadang dianggap sebagai bagian dari Fotografi Landscape, Fotografi Jurnalistik bahkan Fotografi Travelling. Namun karena objek utama yang menjadi sorotan adalah bangunan arsitektural yang berestetika dan detail-detail bangunannya, sehingga membedakan dengan beberapa jenis aliran tema fotografi. Pemandangan sekitar bangunan hanya sebagai background yang menguatkan karakter dan bentuk bangunan yang dipotret.

Fotografi Arsitektur tidak hanya menampilkan bentuk dokumentasi saja, tapi juga akan menyajikan sebuah nilai seni, estetika, imajinasi, abstraksi, realita, emosi dan harmoni. Setiap sudut bangunan yang memiliki nilai seni dan keindahan akan menjadi sebuah sorotan potret kamera. Dalam kegiatan Fotografi Arsitektur tersebut, Fotografer akan mengambil sudut pandang yang unik untuk menunjukkan keindahan bangunan. Hasil foto akan memiliki kesan cantik, abstraktif, unik, mewah, misterius, dan anggun. Beberapa elemen seperti bentuk-bentuk deformatif, garis-garis, gradasi warna dan beberapa detail ukiran juga menjadi daya tarik fotografi arsitektur.

Berikut ini adalah beberapa tips dari yang dapat dilakukan untuk menghasilkan foto bertema arsitektur yang bagus;

  1. Siapkan perlengkapan fotografi, seperti kamera dan lensa yang sudah tersusun didalam tas khusus fotografi. 
  2. Tentukan dan survey lokasi atau objek foto yang akan diambil. 
  3. Pilihlah bangunan ikonik yang memiliki nilai keindahan dan kesan-kesan yang unik. 
  4. Eksplorasi seluruh sudut bangunan, baik eksterior maupun interior. 
  5. Ambil potret foto dari berbagai sudut yang berbeda. 
  6. Perhatikan kondisi cahaya dan kondisi cuaca. Ciptakan komposisi yang menarik dan unik. 
  7. Pilih konsep foto hitam putih atau berwarna. 
  8. Pemeriksaan kembali hasil foto paska pemotretan. Hal ini dilakukan agar kita dapat memilah hasil foto terbaik atau bahkan perlu melalukan beberapa setting terhadap kamera kita. 
  9. Gunakan perangkat lunak fotografi yang tepat untuk editing hasil potret.

Dalam Seni Fotografi Arsitektur memiliki 3 jenis yang menjadi objek foto. Berikut ini adalah beberapa jenis objek foto dan contohnya dalam kegiatan Fotografi Arsitektur.

1.  Fotografi Eksterior

Seni Fotografi Eksterior merupakan proses pemotretan yang mengambil objek berupa tampak luar sebuah bangunan. Fotografi Eksterior menyorot detail tampilan luar bangunan beserta lansekap sekitarnya. Saat memotret objek, fotografer akan memperhatikan cahaya luar yang menyoroti bangunan tersebut. Beberapa konsep fotografi eksterior juga menampilkan siluet bangunan yang berpadu dengan warna langit. Beberapa contoh hasil fotografi eksterior antara lain adalah; rumah, gedung, jembatan, menara, dan lain-lain.

fotografi eksterior

2.  Fotografi Interior

Seni Fotografi Interior merupakan proses pemotretan yang mengambil objek berupa bagian dalam sebuah ruangan. Didalam fotografi interior lebih menyoroti detail dan tatanan ruangan, dan menciptakan refleksi yang berbeda dari sudut pandang fotografer sehingga akan menciptakan kesan elegan dan misterius, namun tetap alami. Pencahayaan yang dipakai saat pemotretan akan menggunakan cahaya luar yang masuk melalui jendela atau ventilasi, serta ditunjang dengan perlengkapan pencahayaan interior. Konsep pencahayaan dalam fotografi interior harus dapat menentukan cahaya ambient dan fitur paparan (objek). 

fotografi interior

3.  Detail Arsitektur

Seni Fotografi Detail Arsitektur merupakan proses pemotretan yang mengambil objek foto berupa bagian-bagian tertentu yang menarik, unik dan istimewa dari sebuah bangunan. Fotografer akan menyorot bagian-bagian dari eksterior atau interior bangunan yang lebih menonjol dengan teknik dan sudut pandang tertentu. Terkadang hasil foto Detail Arsitektur akan terlihat lebih mengandung nilai seni dan terkesan aneh.

fotografi detail arsitektur

 
Berbagai jenis objek fotografi arsitektur membuat hasil karya foto menjadi semakin beragam. Berikut ini adalah beberapa contoh dan galeri hasil karya fotografi Arsitektur yang menarik.















Saat ini banyak jenis arsitektur bangunan yang menjadi sorotan kamera dan menghasilkan karya-karya fotografi yang bagus. Hasil-hasil karya fotografi tersebut kemudian dipamerkan dalam festival fotografi atau dipublikasikan melalui laman sosial media.

Keberadaan bangunan-bangunan dengan berbagai bentuk arsitektur menjadi sebuah catatan sejarah dan observasi bagi sebagian orang untuk dikenang. Fotografi Arsitektur juga akan menceritakan tentang “kehidupan” sebuah bangunan dari gerusan waktu dan modernisasi lingkungannya.  

 

Demikian definisi dan deskripsi singkat tentang Fotografi Arsitektur yang mengekspos potret keindahan bangunan. Artikel terkait lainnya silahkan kunjungi laman tegaraya.com

LihatTutupKomentar