-->

Definisi Seni Musik Modern serta Jenis Aliran Genre-nya di Dunia

Musik Modern didefinisikan sebagai musik yang bersifat Universal hasil perkembangan dari budaya modern dan mendapat sentuhan teknologi dari segi intrumen dan penyajiannya. Musik modern mengalami banyak kreasi dan inovasi dari aliran Genre, Alat Musik, Tema hingga Teknologi Musik. Musik modern lahir berdasarkan pada selera pendengar dan para penikmat Seni Musik diseluruh Dunia.

Musik Modern merupakan jenis musik yang muncul setelah era Musik Klasik yang berkembang hingga saat ini. Musik modern telah berkembang sejak abad ke-20 atau dikisaran awal tahun 1900-an dan terus berkembang hingga saat ini. Musik modern berbeda dengan Musik-musik tradisional yang perkembangannya hanya bersifat lokal dikawasan tertentu dan menggunakan instrumen yang sangat sederhana. Musik modern memiliki beragam instrumen dan teknologi hingga menciptakan berbagai bentuk dan warna suara yang unik, khas dan beragam. Musik modern juga meninggalkan pakem lama yang digunakan pada perkembangan Musik Klasik Barat di kawasan Eropa yang berkembang hingga abad ke-19.


Musik modern umumnya memiliki karakteristik dengan banyaknya eksperimen dan inovasi Nada-nada yang dibuat dan banyaknya warna suara yang dihasilkan dari beragam jenis instrumen dan alat musik yang baru dan terus dikembangkan. Ciri-ciri lainnya dari Musik Modern antara lain:

  1. Sentuhan Teknologi Digital pada musik-musiknya.
  2. Tempo pada musik modern cenderung lebih cepat dan kencang. Umumnya musik modern dibuat dengan tangga nada tujuh nada (Nada Diantonis)
  3. Musik modern diiringi oleh alat-alat musik modern dan berteknologi modern.
  4. Pencipta komposer musik atau aransemen lagu sudah tercatat dan terarsipkan (bukan anonim).
  5. Tema musik yang diangkat sudah bervariasi dan cenderung luas. Musik modern sangat dipengaruhi oleh budaya modern.
  6. Gaya musik modern cenderung bebas dan tidak terikat pada pakem seperti di era Musik Klasik Barat. Lirik-lirik lagu yang diciptakan menggunakan bahasa Nasional atau bahasa yang sudah Universal di dunia.
  7. Karya cipta musik yang diciptakan dan penyajiannya dapat dijual kepada publik untuk memperoleh keuntungan.

Hadirnya Musik Modern saat ini memiliki beragam fungsi yang dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan perkembangan zaman. Fungsi musik modern antara lain sebagai Media Hiburan, Promosi, Pertunjukkan, Pendidikan dan Ekonomi. Musik modern juga melahirkan banyak jenis Genre atau Aliran yang terus dikembangkan. Kemudian dari Genre-genre tersebut diturunkan kembali menjadi beberapa Sub Genre. Berikut ini adalah deskripsi perkembangan Seni Musik Modern yang dibagi berdasarkan Jenis-jenis Genre-nya dan Sejarahnya.

 

1.  Musik Jazz

Musik bergenre Jazz adalah aliran musik yang berasal dari Amerika Serikat yang berakar dari musik-musik Tradisional Afrika dan Eropa yang berkembang sejak akhir abad ke-19. Beberapa pendapat menyebutkan Musik Jazz didefinisikan sebagai bentuk seni musik yang berasal dan berkembang dari Amerika yang dikonfrontasikan dari orang kulit hitam keturunan Afrika dengan musik-musik dari Eropa. Tulisan kata “Jazz” ditemukan dari ajang olahraga Bisbol di San Fransisco, Negara Bagian Amerika Serikat pada tahun 1913.

Charlie Parker

Elemen penting dari Musik beraliran Jazz adalah blue notes, improvisasi, polyrhythims, sinkopasi, dan shuffle note. Instrumen alat musik yang digunakan berupa Gitar, Contra Bass, Piano, Trombone, Saxophone, Klarinet, Terompet dan Biola. Aliran Musik Jazz memiliki Sub Genre atau Sub Aliran seperti Swing, Bibop, Cool Jazz, Smooth Jazz, Jazz Fusion, CafJazz dan Dixieland. Beberapa Musisi Internasional yang beraliran Musik Jazz antara lain; Charlie Parker, Duke Ellington, Chick Corea, Michael Bubble, Kenny G., dan lain-lain. Sementara Musisi Indonesia yang beraliran Jazz antara lain; Balawan, Barry Likumahua, Indra Lesmana, Tompi, Ermi Kulit, dan lain-lain.

 

2.  Musik Blues

Musik bergenre Blues merupakan aliran musik yang berakar dari Musik Afrika-Amerika dan ditemukan berkembang sejak akhir abad ke-19. Musik Blues dipopulerkan melalui para budak dan petani kapas yang melepas kepenatan dari pekerjaan mereka sehari-hari. Pemakaian kata “Blues” mengacu pada istilah kata “Blues Devil” yang berarti melankolis dan kesedihan, yang ditemukan dari pertunjukkan Sandiwara Blue Devils pada tahun 1798. Kemudian Kata “Blues” dipopulerkan pada tahun 1912 ketika komposer musik Blues Hart Wand memperkenalkan grup Dallas Blues. Musik Blues banyak menampilkan ekspresi dan emosi dibandingkan narasi.

B. B. King

Musik Blues memiliki kedekatan dengan Musik Jazz yang saat itu sama-sama berkembang dan mempengaruhi Musik Modern awal. Kepopuleran dan Perkembangan Musik Blues kelak akan mempengaruhi kelahiran beberapa musik modern populer dengan sub genre seperti; Country, Blues Rock, Ragtime, Reggae, Rock N Roll, dan Rock Konvensional. Beberapa Musisi Internasional yang beraliran Blues antara lain; Jimmy Hendrix, B. B. King, Muddy Waters,  Robert Jhonson, dan musisi lainnya. Sementara Musisi Indonesia yang juga beraliran Blues antara lain; Gugun Blues Shelter, Abdee Negara, Rama Satria, dan lain-lain.

 

3.  Musik Gospel

Musik bergenre Gospel adalah aliran musik yang didominasi dengan vokal yang harmonis. Musik Gospel ditemukan dari Gereja-gereja Afrika Amerika pada kuartal awal abad ke-20. Musik Gospel dipopulerkan melalui vokal-vokal Gereja yang liriknya berisi nuansa Religius. Namun Musik beraliran Gospel dipisahkan berdasarkan golongan ras putih Amerika dan ras hitam Afrika pada saat itu. Hingga akhirnya perbedaan itu memudar hingga 50 tahun kemudian. Perbedaan Musik Gospel hanya berdasarkan prinsip Religius dan Sekuler yang dibawakan oleh Penyanyi atau Musisi yang mengusungkan selera mereka saat memainkan Musik Gospel. Musik Gospel tidak sepopuler Musik-musik konvensional yang sekular karena tidak bertujuan komersil dan lebih disajikan untuk kebutuhan Religius di lingkungan komunitas Kristen.

Mahalia Jackson

Instrumen alat musik yang dimainkan pada penyajian Genre Gospel antara lain Piano atau Organ Hammond, Drum, Gitar Bas, hingga Gitar Listrik. Aliran Musik Gospel memiliki Sub Genre seperti; Gospel Kontemporer, Gospel Kontemporer Urban, dan Gospel Modern. Beberapa Musisi yang mencoba menyajikan jenis musik Gospel antara lain; Mahalia Jackson, Sister Rosetta Tharpe, Golden Gate Quartet, Jordanairesh, Clara Ward, dan lain-lain. Sementara Musisi Indonesia yang menyajikan Musik Gospel antara lain; Franky Sihombing, Nikita, True Worshipper, dan lain-lain.

 

4.  Musik Reggae

Musik bergenre Reggae merupakan jenis aliran musik yang berasal dari Jamaika pada kisaran akhir tahun 1960-an. Reggae berakar dari perpaduan musik tradisional Mentho dari Jamaika dengan Musik RnB. Para Musisi musik bealiran Reggae sangat identik dengan ciri khas memiliki rambut panjang gimbal.

Bob Marley

Musik Reggae berbasis pada gaya ritmis yang bercirikan aksen pada off-beat atau sinkopasi. Musik Reggae memiliki tempo yang lambat dan memiliki aksentuasi pada ketukan kedua dan keempat pada setiap bar.  Musik Reggae yang cenderung lambat dan santai tersebut, namun memiliki beat yang enak didengar dan membuat kita bergoyang mengikuti iramanya. Beberapa Musisi Internasional beraliran Musik Reggae antara lain; Bob Marley, Jimmy Cliff, Toots Hibbert, dan lain-lain. Sementara musisi dari Indonesia yang beraliran Reggae antara lain adalah; Imanez, Toni Q Rastafara, Steven & Coconut Treez, Souljah, dan lain-lain.

 

5.  Musik Rock

Musik beraliran Rock adalah jenis musik yang populer di Dunia. Musik Rock atau disebut dengan nama Musik Cadas merupakan aliran musik yang diketahui ditemukan pada kisaran pertengahan tahun 1950-an. Akar musik Rock berasal dari Rhythm Blues dan Country, yang dipengaruhi juga oleh Musik Folk, Jazz dan Musik Klasik Barat. Bentuk paling awal dari Musik Rock adalah ditemukannya aliran musik Rock N Roll yang sudah populer di tahun 1940-an di Amerika. Pada kisaran 1950-1960 terjadilah perkembangan Musik Rock yang semakin populer dengan hadirnya “Invansi Britannia” yang menggemparkan Dunia dengan Musik Rock yang semakin dikenal. Munculnya Grup Rock N Roll The Beatles yang Populer dan Legendaris mengukuhkan pengaruh Britannia dalam perkembangan Musik Rock pada awalnya. Kemudian Musik Rock semakin memiliki keragaman Sub Genre yang selalu diperbaharui. 

Pink Floyd

Musik Rock memiliki grup yang memiliki kuartet anggota atau lebih dengan instrumen alat musik berupa Gitar Listrik, Gitar Bass, Drum, Keyboard atau Synthesizer serta dipimpin oleh Vokalis berkarakter Rock. Bentuk murni Musik Rock memiliki 3 chords, beatback yang konsisten dan mencolok, serta melody yang menarik. Musik Rock selalu menciptakan banyak sub-genre tiap dekade-nya. Beberapa Sub Genre dari Musik Rock antara lain adalah; Psychedelic Rock, Progressive Rock, Glam Rock, , New Wave, Punk Rock, Grunge, Alternative Rock, dan Nu Metal. Beberapa Musisi Dunia yang beraliran Musik Rock sangat banyak antara lain: Led Zeppelin, Pink Floyd, AC/DC,  Bon Jovi, Scorpions, Nirvana, dan lain-lain. Sementara Musisi Indonesia yang beraliran Musik Rock antara lain; Godbless, Elpamas, Boomerang, Jamrud, Edane, Powerslaves dan lain-lain.


6.  Musik Pop

Musik beraliran Pop merupakan genre musik populer yang berasal dari bentuk modernnya di Amerika Serikat dan Inggris yang berkembang pada kisaran tahun 1950-an. Musik beraliran Pop diidentifikasikan sebagai musik industrialisasi populer yang sesuai dengan selera masyarakat majemuk dan minat kelas menengah di perkotaan. Pada awal kemunculannya memang sangat dekat dengan Musik Rock n Roll dan Jazz yang cukup populer saat itu. Namun akhirnya Genre Pop berdiri sendiri dengan karakter yang Pudar dan tidak menyerupai gaya Rock, Jazz maupun Blues. Musik Pop menjadi sebuah budaya industri baru yang menurunkan gaya musik Disco dan New Wave.

Michael Jackson

Elemen penting dari Musik Pop berakar dari beberapa gaya seperti; Urban, Dance, Rock, Latin dan Country. Instrumen utama yang ditonjolkan pada Musik Pop adalah Vokal yang ringan dengan iringan alat musik modern berupa; Gitar, Keyboard, Bass, Drum dan beberapa tambahan alat-alat musik digital yang modern. Tempo Musik Pop cenderung ringan, tidak terlalu lambat atau cepat. Beat yang easy listening membuat para pendengar akan ikut bersenandung. Musik Pop memiliki beberapa Sub Genre antara lain; Art-Pop, Dance Pop, Synth-Pop, Progresive Pop, dan lain-lain. Musik Pop juga memiliki Genre Campuran (Fusion) terhadap beberapa Genre Konvensional lainnya agar menciptakan gaya yang lebih menarik minat dan lebih populer untuk orang awam seperti; Pop Rock, Psychedelic Pop, Smooth Jazz, RnB, Smooth Soul, Hip Hop Pop, dan lain-lain. Beberapa Musisi Internasional bergaya Musik Pop antara lain; Michael Jackson, Paul Mc Cartney, Eric Clapton, Georges Benson, Mariah Carey, Celine Dion, dan lain-lain. Sementara Musisi Pop yang terkenal dari Indonesia antara lain; Chrisye, Fariz RM, Glenn Fredly, Yovie Widianto, Toni Koeswoyo, Anggun C. Sasmi, dan lain-lain.

 

7.  Musik Funk

Musik beraliran Funk adalah jenis genre musik yang mengandung tarian Afrika-Amerika. Akar musik Funk berakar pada Rhytmn and Blues yang berkembang di Lousiana, Amerika Serikat pada tahun 1960-an.  Musik Funk juga dekat dengan gaya Musik Soul dan Jazz. Kata “Funk” diambil dari kata Funky yang berarti Bau. Namun para Pemusik Funk menggunakan kata tersebut untuk menggambarkan karakter musik Funk untuk ber-sinkop dan berdansa ria. 

Red Hot  Chilli Peppers

Musik Funk memiliki ritme musik yang sering terpotong singkat namun berirama, bunyi gitar ritme yang tajam, perkusi yang dominan, irama yang terpengaruh dengan musik Afrika yang sangat kuat. Ketika mendengarkan musik Funk akan mendapati kesan yang gembira dan para pendengar akan ikut bersenandung dan bergoyang. Irama Bass elektrik dan ketukan drum cukup dominan dan menghasilkan irama pendek-pendek yang diiringi dengan Gitar Rhytme yang tajam. Beberapa musisi Internasional yang memainkan musik Funk antara lain: Red Hot Chilli Peppers, James Brown, George Clinton, The Jackson, dan lainya. Sementara Musik Funk di Indonesia cukup minoritas yang diperkenal oleh beberapa grup musik seperti; Funky Kopral dan Bondan Prakoso.

 

8.  Musik Metal

Musik beraliran Metal adalah musik yang berkembang dari Musik Rock dengan karakteristik yang lebih progresif. Musik bergenre Metal berkembang sejak tahun 1970-an yang berakar  dari Musik Psychedelic Rock dan Blues Rock. Nama “Metal” diperkenalkan oleh Grup Band beraliran Hard Rock asal Kanada, Steppenwolf pada tahun 1968 pada lirik mereka yang menulis “...heavy Metal lightning...”. Kemudian aliran Metal dipopulerkan oleh Band Legendaris Black Sabbath saat mereka merilis album pertama mereka pada tahun 1970. Musik Metal terus berkembang hingga tahun 1980-an dan merupakan simbol Maskulinitas dalam bermusik.

Metallica

Ciri khas Musik Metal ditandai dengan Distorsi Gitar yang sangat kuat, Melodi yang panjang, dan Ketukan Drum yang sangat cepat dan bertenaga. Alat musik yang digunakan antara lain Gitar Listrik, Gitar Bass dan Drum yang dilengkapi dengan suara Vokal yang berkarakter tinggi. Dalam penyajian dan penampilan Musik Metal biasanya banyak mempertontonkan Melodi-melodi Gitar yang sangat panjang. Musik Metal memiliki turunan Sub Genre yang cukup beragam antara lain; Glam Metal, Progressif Metal, Thrash Metal, Speed Metal, Power Metal, dan lain-lain. Beberapa Musisi Internasional yang terkenal dengan Musik Metal antara lain; Metallica, Megadeth, Iron Maiden, Anthrax, Helloween, Pantera, dan lain-lain. Sementara Grup Musik Indonesia yang menganut aliran Metal antara lain; Siksakubur, Burgerkill, Jasad, Seringai, dan lainnya.

 

9.  Musik RnB

Musik beraliran Rhythm and Blues atau dikenal dengan singkatan RnB merupakan genre musik populer yang berakar dari gabungan Jazz, Gospel dan Blues. Aliran Musik ini dipopulerkan oleh para Pemusik Afrika-Amerika. Awalnya Musik RnB sangat identik dengan Ras Kulit Hitam dan agak terpisahkan dengan Pemasaran Musik Jazz Konvensional. Kemudian Istilah RnB digunakan agar lebih komersial dalam hal industri pemasaran musik di Amerika pada tahun 1947-an. Hingga akhirnya RnB sangat digemari diseluruh Dunia.

Ludacris

Pada awal kemunculannya musik RnB berirama cepat dan seperti Funky. Kemudian para dekade 80-an musik RnB mulai berkontemporesasi dengan gaya-gaya musik lainnya agar lebih mudah diterima oleh pendengar musik. Musik RnB menjadi sangat ringan dan easy listening. Bahkan musik RnB sangat lekat dengan Musik-musik Pop dan mudah untuk dipadukan.  Beberapa Musisi Dunia yang mengusung Musik beraliran RnB antara lain; Ludacris, Jhon Legend, Alicia Keys, Beyonce, Usher, Jay Z, dan lain-lain.

 

10.  Musik Hip Hop

Musik bergenre Hip Hop atau juga dikenal dengan Musik Rap adalah aliran musik yang berasal dari Amerika Serikat pada tahun 1970-an. Pemusik DJ Kool Herc memperkenalkan penggunaan Turnable yang menjadi perangkat digital sebagai pengiring  musik Hip Hop. Dilengkapi seorang MC Melle Mel yang berkolaborasi dengan DJ Kool Herc menciptakan gaya musik Pesta yang diselenggarakan di Avenue di sebuah kawasan di New York. Musik Hip Hop atau Rap disimbolkan sebagai vokal kejenuhan terhadap Politik Pemerintahan dan Birokrasi saat itu. 

Eminem

Ciri khas dari musik Rap adalah suara Vokal yang berintonasi sangat cepat dan berbicara melalui irama yang ritmis, disertai dengan musik yang ritmis pula. Musik Hip Hop sangat lekat dengan unsur-unsur kunci antara lain MCing atau Rapping, DJing atau Straching dengan Turntable, Breakdancing, dan Graffiti Writing. Dentuman Bass eletrik menjadi sebuah daya tarik untuk bersenandung dan bergoyang untuk para pendengar musik Hip Hop. Beberapa musisi terkenal beraliran Hip Hop antara lain; Eminem, Kanye West, Pitbull, Fort Minor, Travis Scott, dan lain-lain. Sementara Pemusik Hip Hop dari Indonesia antara lain; Iwa K, Saykoji, Blakumuh, NEO, Fade 2 Black, dan lain-lain


Seni Musik Modern memiliki fleksibilitas yang tidak terikat pada pakem dan aturan seperti era Musik Klasik. Beragam jenis Genre musik yang dikontemporesasi dengan genre-genre lainnya, bahkan diberi bumbu-bumbu dari Musik Tradisional merupakan sebuah konsep kreasi dan unjuk kreatifitas baru yang memberi warna baru pada perkembangan musik modern. Kemudihan untuk menyimpan rekaman dan mempublikasikan hasil karya tersebut sangat mudah dengan kehadiran media publikasi dan sosial saat ini. Sehingga banyak ditemukan jenis-jenis aliran baru diluar dari daftar Aliran Musik diatas.

Demikian deskripsi singkat tentang Definisi Seni Musik Modern serta Jenis Aliran Genre dan Sejarahnya Perkembangannya di Dunia. Artikel terkait lainnya dapat ditemukan pada laman tegaraya.com

LihatTutupKomentar