-->

10 Novel Terbaik yang terkenal Sepanjang Masa di Indonesia

Novel menjadi salah satu karya Seni Sastra yang sangat terkenal di Indonesia. Segala umur dan berbagai golongan pekerjaan cukup menyukai jenis Prosa Naratif ini dengan berbagai genre yang disajikan. Berbagai judul novel tersedia dan terjual di berbagai Toko Penjualan. Bahkan banyak novel-novel terjemahan dari luar negeri yang masuk ke Indonesia menjadi sangat terkenal dan menginspirasi beberapa Penulis Novel di Indonesia untuk menghasilkan karya-karya mereka sendiri. Hingga akhirnya beberapa judul Novel yang terlahir dari Penulis tersebut menjadi sebuah karya abadi yang dianggap sebagai Novel-novel Terbaik dan Terkenal di Indonesia.

Berikut ini adalah daftar dan deskripsi 10 Novel Terbaik yang Terkenal Sepanjang Masa di Indonesia.

 

1. Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

Novel yang berjudul Tenggelammya Kapal Van Der Wijck ini merupakan sebuah karya sastra yang ditulis oleh H. Abdul Malik Karim Amrulah, atau lebih dikenal dengan nama pena Hamka. Novel ini diterbitkan pada tahun 1938 diterbitkan Centrale Courant dan menampilkan beberapa tulisan berbahasa Indonesia dan Melayu. Melalui karya Novel ini juga mengkritik beberapa kebiasaan adat yang martilinial. Beberapa kritikus bahkan menyebutkan bahwa Novel ini merupakan salah satu Novel Terbaik yang diciptakan oleh Hamka. 


Novel ini menampilkan cerita kehidupan masyarakat yang berlatar adat Minangkabau. Tokoh yang dikisahkan adalah Seorang Lelaki bernama Zainuddin yang merupakan keturunan Minangdan Makassar. Zainuddin memiliki keinginan untuk mempersunting seorang wanita bernama Hayati yang disukainya, namun kandas karena terkendala restu dan adat yang menyebutkan Zainuddin bukan seorang Minang asli. Kisah cinta tersebut berakhir tragis saat Hayati tenggelam dalam sebuah kecelaan kapal.

 

2. Bumi Manusia

Karya Novel yang berjudul Bumi Manusia ditulis oleh Novelis bernama Pramoedia Ananta Toer. Novel ini ditulis oleh Pramoedia pada tahun pada tahun 1975 dan diterbitkan pada tahun 1980 melalui percetakan Hasta Mitra. Novel ini sempat dilarang beredar di Indonesia karena dianggap menunjukkan propaganda ajaran Komunisme pada kisaran tahun 1981 melalui keputusan Jaksa Agung Negeri. Kemudian Novel ini kembali dirilis dan diterbitkan ulang pada tahun 2005 melalui percetakan Lentera Dipantara.


Novel Bumi Manusia mengambil seting waktu pada tahun 1898 sampai tahun 1918. Novel ini menceritakan tentang seorang tokoh Pribumi bernama Minke yang menjadi pelajar di sekolah HBS. Sekolah HBS tersebut sesungguhnya hanya menerima pelajar keturunan Eropa. Namun kemampuan menulis Minke sangat mengagumkan hingga diterbitkan oleh beberapa Koran Belanda saat itu. Kemudian Minke berkembang menjadi seorang Revolusioner yang melawan ketidakadilan hukum.

 

3. Ronggeng Dukuh Paruk

Novel Ronggeng Dukuh Paruk adalah sebuah Novel Dewasa yang ditulis oleh Ahmad Tohari. Novel ini terbit pada tahun 1982 dan diterbitkan melalui Gramedia Pustaka Utama. Novel ini tersedia dalam Bahasa Indonesia dan berbagai bahasa terjemahan diluar negeri seperti Bahasa Inggris, Jerman, Jepang, dan Belanda. Setahun setelah penerbitan Novel ini, naskahnya diangkat menjadi sebuah Drama Sinema Film. Kemudian pada tanggal 2014 Novel Ronggeng Dukuh Paruk diproduksi kembali dalam bentuk rekaman digital Audio.

Novel ini bercerita tentang Kisah Percintaan seorang Penari Ronggeng wanita bernama Srintil dengan kekasihnya yang seorang tentara bernama Rasus. Romansa Percintaan tersebut terjadi disebuah Desa bernama Dukuh Paruk yang dirundung kemiskinan, kelaparan dan keterbelakangan pendidikan yang berlatar pada tahun 1960. Tarian Ronggeng dianggap sebagai jati diri Desa dan menjadi lambang kehidupan Dukuh Paruk. Namun Desa Dukuh Paruk semakin tertindas saat terjadi gejolak politik pada tahun 1965.

 

4. Supernova: Ksatria, Puteri dan Bintang Jatuh

Novel Supernova: Ksatria, Puteri dan Bintang Jatuh merupakan Novel seri pertama yang ditulis oleh Novelis Muda Dewi “Dee” Lestari. Novel bergenre Roman dan Fiksi Ilmiah ini dirilis pertama kali pada tahun 2001 dan diterbitkan di Bandung melalui percetakan Truedee Books. Kemudian Novel-novel lainnya menjadi kelanjutan cerita dari Novel ini. Buku Seri Pertama ini bahkan telah diterjemahkan dengan Bahasa Inggris oleh Yayasan Lontar.


Novel Supernova: Ksatria, Puteri dan Bintang Jatuh bercerita tentang kisah tentang pasangan Gay antara Ruben dan Dhimas yang bertemu saat kuliah di Amerika. Didalam sebuah pesta terlarang, mereka berikrar untuk sepuluh tahun mendatang untuk sebuah karya yang merupakan gabungan ilmiah, sains dan sastra. Ikrar tersebut akhirnya terjadi dan menciptakan sebuah novel bersama beberapa rekan lainnya antara lain Fere, Rana dan Diva. Melalui proyek inilah justru menciptakan berbagai kisah percintaan baru yang berlandaskan perselingkuhan dan kebohongan.

 

5. 5 cm

Karya Novel berjudul 5 cm merupakan Novel bertema persahabatan yang ditulis oleh Donny Dhirgantoro. Novel ini dirilis pada tahun 2005 dan diterbitkan melalui percetakan Grasindo. Novel ini bahkan mencetak rekor Best Seller Book di Gramedia Store selama 2 tahun berturut-turut semenjak diterbitkan. Kemudian pada tahun 2012 naskah cerita Novel 5 cm diadopsi menjadi sebuah Karya Seni Teater Sinema Film.


Novel ini bercerita tentang persahabatan 5 orang bernama Arial, Riani, Zafran, Ian dan Genta yang sudah menjalin persahabatan selama 7 tahun. Mereka melawati rutinitas harian bersama, hingga akhirnya terjadi kejenuhan diantara mereka. Kemudian mereka sepakat untuk tidak melalukan komunikasi selama 3 bulan hingga pada saat pertemuan mereka terjadi sebuah petualangan seru menuju Puncak Mahameru (Gunung Semeru). Melalui perjalanan dan Petualangan itu mereka menjadi sebuah pengalaman mereka dan merubah pandangan mereka tentang kehidupan.

 

6. Ayat-ayat Cinta

Novel Ayat-ayat Cinta adalah Karya Sastra Islami yang dikarang oleh Habbiburahman El Shirazy dan dirilis pada tahun 2004 melalui percetakan Pesantran Basmala Indonesia dan Republika. Karya Novel bergenre Roman Islami ini sukses menjadi salah satu Novel Fiksi terlaris di Indonesia dalam jangka waktu 3 tahun sejak diterbitkan.  Bahkan Novel Ayat-ayat Cinta meraih berbagai penghargaan dan prestasi seperti PENA award dan The Most Favourite Book pada tahun 2005, kemudian diangkat menjadi Naskah Sinema Film yang juga berjudul Ayat-ayat Cinta pada tahun 2008.


Novel Roman Ayat-ayat Cinta bercerita tentang Kisah Percintaan yang berlatar agama Islam. Seorang Mahasiswa bernama Fahri sedang menyelesaikan Study Master di Universitas Al-Azhar, Kairo di Negeri Mesir. Kesederhanaan Fahri yang taat dengan nilai-nilai Islami mendapat kekaguman dari seorang wanita beragama Kristen Koptik bernama Maria Girgis. Namun akhirnya Fahri berjodoh dan menikah dengan seorang wanita bernama Aisah. Dari pernikahan itu justru menjadi sebuah petaka bagi Fahri karena membuat banyak wanita patah hati dan kecewa. Hingga Fahri tertuduh sebagai seorang tersangka kasus pemerkosaan.  

 

7. Laskar Pelangi

Novel Laskar Pelangi merupakan Novel pertama yang ditulis oleh Penulis Novel yang akhirnya sangat dikenal di Indonesia, yaitu Andrea Hirata. Novel ini diterbitkan pada tahun 2005 melalui percetakkan Bentang Pustaka. Novel ini tercatat sebagai buku sastra terlaris sepanjang sejarah di Indonesia, dan diterbitkan lebih di 24 Negara di berbagai kawasan dunia. Novel Laskar Pelangi bahkan telah diangkat menjadi sebuah Sinema Film pada tahun 2008.


Novel Laskar Pelangi bercerita tentang persahabatan 10 orang anak yang berasal dari keluarga miskin di Pulau Belitung. Mereka bersekolah di Sekolah Muhammadiyah  yang memiliki gedung yang reot dan memiliki keterbatasan, serta nyaris dibubarkan oleh Dinas Pendidikan karena keterbatasan jumlah peserta didik. 10 orang anak itu bernama Ikal, Lintang, Sahara, Mahar, A Kiong, Syahdan, Kucai, Borek, Trapani, dan Harun. Mereka menyebut kelompok mereka dengan nama Laskar Pelangi yang diberikan oleh Sang Guru bernama Bu Muslimah yang menyukai lukisan pelangi di langit. 

 

8. Negeri 5 Menara

Novel Negeri 5 Menara adalah karya novel bergenre Roman Religi yang ditulis oleh Ahmad Fuadi. Novel ini diterbitkan pada tahun 2009 melalui percetakkan Gramedia. Didalam Novel berbahasa Indonesia ini melampirkan beberapa tulisan-tulisan Melayu dan Arab. 


Novel ini menceritakan tentang kehidupan 6 Santri dari 6 Daerah yang berbeda yang menuntu ilmu di Pesantren Madani di Ponorogo, Jawa Timur. Mereka bernama Alif, Raja, Said, Dulmajid, Atang, dan Baso. Mereka memiliki kebiasaan duduk dibawah menara masjid sembari menunggu Adzan Maghrib dan menikmati suasana langit sore. Kebiasaan tersebut menjadi sebuah momen untuk menghayal akan mimpi-mimpi mereka dan cita-cita yang kelak akan mereka raih.

 

9. Dilan 1990 – Dia adalah Dilanku

Novel Dilan 1990 - dia adalah Dilanku merupakan Novel Roman Remaja yang ditulis oleh seorang Novelis bernama Pidi Baiq. Novel ini diterbitkan pada tahun 2014 yang dicetak oleh Pastel Books. Naskah Novel tersebut diangkat telah diangkat menjadi sebuah Sinema Film dan menjadi sangat terkenal dan memiliki rekor penonton yang banyak, dengan judul yang sama dengan Judul Novel.


Novel ini berlatar waktu pada tahun 1990. Novel ini menceritakan tentang seorang Perempuan bernama Mile yang bernostalgia saat dia remaja yang merupakan siswa pindahan dari Jakarta di salah satu sekolah di Bandung. Di sekolah tersebut dia bertemu dan berkenalan dengan seorang Laki-laki yang bernama Dilan yang merupakan seorang remaja nyeleneh, jahil dan ketua geng motor di Kota Bandung. Namun Milea justru terkesan dan kagum dengan Dilan yang juga memiliki sifat ramah, cerdas dan sangat loyal untuk membantu orang lain. Sosok Dilan adalah seseorang yang dirindukan Milea k didalam sebuah kenangan karena pernah menaruh hati padanya. 

 

10. Rindu

Novel berjudul Rindu adalah karya sastra yang ditulis oleh seorang Novelis Produktif bernama Tere Liye. Novel ini dirilis pada tahun 2014 yang diterbitkan oleh Republika. Tere Liye merupakan Novelis yang banyak mencetak Novel-novel bergenre Romansa yang terkenal di Indonesia.


Novel ini mengambil setting waktu pada tahun 1938. Novel ini bercerita tentang perjalanan sebuah Kapal Uap bernama Blitar Holland yang mengangkut Jamaah Haji dari Pelabuhan Makassar di Indonesia menuju Jeddah di Arab Saudi. Novel ini mengungkapkan beberapa cerita dari orang-orang yang menumpangi kapal tersebut, dengan bertuliskan masa lalu yang memilukan. Beberapa perasaan yang tertuang tentang Kebencian terhadap seseorang yang seharusnya disayangi, kehilangan kekasih dan kemunafikan yang terangkum dalam sebuah Rindu yang panjang.

 

Diluar daftar tersebut diatas, masih banyak beberapa Novel terbaik dan terkenal di Indonesia yang mungkin menjadi sebuah referensi baru. Perkembangan Karya Seni Sastra akan terus bergerak di Indonesia bagi Novelis-novelis baru.

Demikian artikel yang membahas daftar dan deskripsi tentang 10 Novel Terbaik yang Terkenal Sepanjang Masa di Indonesia. Artikel terkait lainnya silahkan cek di laman tegaraya.com

LihatTutupKomentar