-->

Para Penulis Novel Terkenal yang Populer di Dunia


Novel merupakan salah satu Karya Sastra yang ditulis oleh Seorang Penulis yang disebut dengan Novelis. Karya Sastra Novel dikenal luas dengan beragam genre yang ditulis oleh berbagai Novelis di seluruh Dunia. Hasil karya mereka bahkan menjadi sangat terkenal dan mendunia, hingga akhirnya para penulis Novel tersebut menerbitkan banyak Karya Novel yang semakin banyak pula.

Penulis-penulis tersebut meraih kepopuleran melalui banyak karya yang terjual laris di dunia. Beberapa Karya Tulis Novel mereka diangkat menjadi sebuah Sinema Visual dalam Bentuk Film. Melalui media Film tersebut semakin mempopulerkan Penulis-penulis tersebut di Dunia. Berikut ini adalah daftar para Penulis Novel Terkenal yang Populer di Dunia. 

 

1.  J. R. R. Tolkien

Jhon Ronald Reuel Tolkien atau dikenal dengan inisial J. R. R. Tolkien adalah Penulis Novel yang terkenal yang berasal dari Britania Raya. JhonTolkien lahir di Afrika Selatan pada tanggal 3 Januari 1892 dan meninggal di Oxford, Inggris pada 2 September 1973. Jhon Tolkien merupakan seorang Profesor yang mengajar Bahasa Anglo-Saxon, Bahasa Inggris dan Sastra di Universitas Oxford pada 1925 hingga 1959. Jhon Tolkien merupakan anggota komunitas Diskusi Sastra bernama Ingklings di Britania Raya bersama sahabatnya sesama Novelis C. S. Lewis

J. R. R. Tolkien merupakan penulis Novel dengan genre Fiksi Fantasi. Beliau banyak menampilkan cerita-cerita Legendarium dalam bentuk Fantasi yang menceritakan banyak mitologi yang menarik. Beberapa karya Novel-nya menjadi Best Seller dan warisan Sastra yang Terbaik di Dunia, seperti The Hobbit (1937) dan Epos Terkenal Trilogi The Lord of The Rings (1954-1955). Novel-novel karangan Jhon Tolkien bahkan masuk dalam Daftar Rekor Penjualan Novel Paling Laris di Dunia. Karya-karya Jhon Tolkien banyak mempengaruhi Para Novelis Modern untuk menyusun Novel bertema Fiksi Fantasi.

 

2.  J. K.  Rowling

Joanne Kathleen Rowling atau dikenal sebagai J. K. Rowling merupakan Novelis yang berasal dari Skotlandia, Britania Raya. J. K. Rowling dilahirkan pada 31 Juli 1965 di Inggris. Rowling merupakan Alumni Universitas Exeter dan mengajar Bahasa Inggris di Portugal pada tahun 1990. Awal karir J. K. Rowling sangat sulit dan memiliki masalah dalam kehidupan ekonominya. Ide awal J. K. Rowling menjadi seorang Penulis Novel datang ketika Ia melakukan perjalanan dari Machester ke London pada tahun 1990 dan Kereta Api yang ditumpanginya mengalami keterlambatan. Sembari menunggu Kereta yang terlambat tersebut Ia mulai menuangkan tulisan-tulisan Karangannya. Kebiasaan itu Ia lakukan berulang-ulang hingga menjadi draft Novel yang utuh.

J. K. Rowling menjadi Penulis Novel dengan aliran Genre Fiksi Fantasi. Ia menjadi sorotan Dunia melalui karya fenomenalnya dalam Seri Novel Harry Potter. Banyak penggemar yang mengoleksi Karangan J. K. Rowling tersebut hingga membentuk Komunitas Pecinta Novel Harry Potter. Tulisan Pertama J. K. Rowling adalah Harry Potter and The Sorcerer’s Stone yang dirilis tahun 1997 masuk dalam Daftar Rekor Penjualan Novel Paling Laris di Dunia dan menjadi peringkat tertinggi dalam sejarah Penjualan Karya Sastra Novel. J. K. Rowling saat ini menjadi Penulis Novel yang terkenal dan Salah Satu yang Terkaya di Dunia.

 

2.  Dan Brown

Daniel Brown atau dikenal dengan nama pena Dan Brown adalah Penulis Novel berasal dari Amerika Serikat, lahir di Exeter, New Hamspire, Amerika Serikat pada 22 Juni 1964. Sejak kecil Dan Brown sangat menyukai permainan puzzle dan teka-teki dan sangat terobsesi dengan misteri mitologi hingga akhirnya menjadi seorang Novelis. Dan Brown merupakan Alumni Universitas Amherst dan Akademi Phillips Exeter, dan kemudian memiliki gelar Doctor dari University of Seville. Profesi awalnya Guru Bahasa Inggris hingga akhirnya Ia menjadikan Penulis Buku sebagai Profesi Utama hingga saat ini.


Dan Brown merupakan Novelis bergenre Misteri, Fiksi Konspirasi, Petualangan dan Sejarah. Beberapa karya Novel yang ditulis oleh Dan Brown menjadi sebuah kontroversi untuk publik karena mengungkapkan teori-teori konspirasi. Namun dibalik semua kontroversi tersebut Dan Brown mampu menciptakan Karya Novel yang berjudul The Da Vinci Code yang masuk dalam Daftar Rekor Penjualan Novel Paling Laris di Dunia. Beberapa Karya novel karangan Dan Brown lainnya yang terkenal antara lain Angels and Demons (2000), Deception Point (2001), The Lost Symbol (2009), Inferno (2013) dan karya-karya lainnya. Dan Brown adalah salah satu Sastrawan yang banyak memberi pengaruh terhadap perkembangan Dunia Sastra.

 

4.  C. S. Lewis

Clive Staples Lewis atau dikenal dengan inisial C. S. Lewis adalah Pakar Sastra dan Penulis Novel yang terkenal dari Britania Raya. Beliau lahir di Belfast, Irlandia pada tanggal 29 Novermber 1898 dan meninggal pada 22 November 1963. C. S. Lewis merupakan alumni dari Fakultas Bahasa Inggris di Universitas Oxford. C. S. Lewis memiliki hubungan persahabatan dengan Novelis terkenal J. R. R. Tolkien dan tergabung dalam komunitas Pecinta Sastra Ingklings di Britania Raya.


C. S. Lewis adalah Novelis yang mengeluti genre Fiksi Fantasi dan Autobiografi. Beberaoa karya-karya Novel yang Beliau tulis banyak mengangkat kisah Kerajaan Fantasi dengan tokoh-tokoh Fiktif berdasarkan Mitologi. Semasa hidupnya C. S. Lewis dari tahun 1931-1962 beliau mampu menciptakan 34 Buku Novel. Salah Satu Novel beliau yang paling terkenal dan masuk dalam Daftar Rekor Penjualan Novel Paling Laris di Dunia adalah Seri Novel The Cronicles of Narnia yang dirilis tahun 1950-an. Sementara beberapa karya Novel lainnya yang terkenal hasil karya C. S. Lewis antara lain A Praface to Paradise Lost (1942),  Mere Christianity (1952), The Allegory of Love (1936), Out of The Silent Planet (1938), dan sejumlah karya-karya lainnya.

 

5.  Agatha Christie

Dame Agatha Mary Clarissa Christie adalah nama panjang dari Penulis Novel terkenal dan Populer, Agatha Christie. Beliau lahir di Torquay, Devon, Inggris pada 15 September 1890 dan meninggal di Oxfordshire, Inggris pada 12 Januari 1976. Agatha Christie yang saat dilahirkan memiliki nama Agatha Miller memiliki profesi sebagai apoteker pada masa Perang Dunia ke-1. Dari kebiasaannya yang mengelola obat-obatan hingga jenis racun di klinik tersebut menjadi inspirasi Agatha Christie untuk menulis kisah-kisah misteri pembunuhan dan menjadi Karya Sastra yang sangat digandrungi. Hal tersebt akhirnya direalisasikan Beliau saat menikah dengan Sir Max Mallowan pada tahun 1930. Perjalanan mereka ke Timur Tengah semakin menguatkan ide untuk menulis kisah-kisah Novel Misteri. 


Agatha Christie adalah Penulis Novel yang banyak mengambil Genre Misteri. Melalui Karya Novel bergenre Misteri tersebut mempopulerkan Beliau sebagai Penulis Kisah Misteri Paling Terkenal di Dunia. Agatha Christie melahirkan 80 judul Novel dan Naskah Drama untuk keperluan Pertunjukkan Teater. Kebanyakan Cerita yang ditulis Beliau adalah Kisah Detektif dan Misteri di Ruang Tertutup. Beliau menjadi seorang Tokoh Besar dalam Fiksi Detektif untuk keberhasilan Komersialnya dan inovasi dalam Genre Misteri tersebut. Tulisan Novelnya bahkan masuk dalam Daftar Rekor Penjualan Novel Paling Laris di Dunia, yang berjudul And Then There Were None yang dirilis pada 6 November 1939. Beberapa karya Novel yang terkenal lainnya antara lain Murder on The Orient Express (1934), The Murder of Roger Ackroyd (1926), Death on The Nille (1937), The A. B. C. Muder (1936), dan karya-karya lainnya. 

 

6.  Stephen King

Stephen Edwin King adalah Penulis dari Amerika Serikat yang lahir di Portland, Maine, USA pada 21 September 1947. Stephen King menempuh pendidikan dasar di Durham Elementary School dan lulus dari Lisbon Falls High School di Maine. Stephen King dikenal sebagai sosok yang pendiam sejak kecil dan menunjukkan ketertarikan terhadap cerita-cerita Horror. Kemudian Beliau terobsesi dengan dunia menulis saat mencoba menulis artikel untuk sebuah Surat Kabar. Setelah lulus dari Universitas dan belum menemukan pekerjaan, Stephen King berusaha menjual cerpen karangannya di tahun 1973-an.


Stephen King merupakan Penulis Novel yang bergenre Horror, Fiksi Ilmiah dan Fiksi Fantasi yang sudah menjual 350 juta copian buku di seluruh Dunia. Selama ini Beliau banyak menerima Puluhan Penghargaan di Bidang Kesastraan karena Dedikasi dan Karya-karya yang telah disebar diseluruh Dunia. Karya tulis Beliau bahkan banyak yang diadaptasi untuk menjadi naskah Komik, Teater dan Sinema Film. Beberapa karya Novel yang terkenal karangan Stephen King antara lain adalah Salem’s Lot (1975), Firestarter (1980), Danse Macabre (1981), I.T. (1986), Misery (1987), Bag of Bones (1998), dan karya-karya lainnya.

 

7.  Nora Roberts

Eleanor Marie Robetson atau dikenal dengan Nama Nora Robets adalah Penulis Sastra Novel dari Amerika Serikat. Beliau lahir di Maryland pada 10 Oktober 1950. Awal mulai karir Nora Roberts terjadi pada Februari 1979 saat terjebak pada musim salju di kediamannya bersama anak-anaknya. Kondisi yang tidak memungkinkan untuk melakukan aktifitas diluar rumah dan kondisi salju yang menutup hampir sebagian rumahnya. Dalam kondisi krisis tersebut Nora Roberts mencoba mengungkapkan ide-idenya ke dalam karya tulis. Sejak saat itu Nora Robets mencintai kegiatan menulis dan mulai menciptakan banyak naskah dengan cerita bertema Roman. Nora Roberts adalah Nama Pena yang dia pakai dalam karya pertamanya saat diterbitkan. Nora Roberts memiliki banyak Nama Pena lainnya pada beberapa karya-karya Novel-nya, seperti J. D. Robb, Jill March hingga Sarah Hardesty


Nora Roberts merupakan Penulis Novel yang bergenre Roman dan Fantasi. Nora Roberts merupakan Penulis Pertama yang masuk ke dalam Hall of Frame Penulis Roman Amerika.  Karya-karya Novel yang ditulis oleh Nora Roberts dengan berbagai Nama Pena-nya antara lain adalah Irish Thoroughbred (1981), Rising Tides (1998), River’s End (1999), Carolina Moon (2000), Heaven and Earth (2001), Bed of Roses (2009), dan karya-karya lainnya.

 

8.  Charles Dickens

Charels Jhon Huffam Dickens adalah nama Penulis Novel dari Inggris yang lahir di Portsmouth, Inggris pada 7 Ferbuari 1812 dan meninggal di Kent, Inggris pada 9 Juni 1870. Beliau memulai karir sebagai Penulis pada tahun 1833 dengan menghasilkan cerita pendek dan tulisan essai. Kemudian Ia bertemu dengan rekannya yang bernama George Cruikshank dan membantu untuk menyusun karya-karya tulis Charles Dickens dalam bentuk Buku dengan konsep Seri. Kemudian Karya Pertamanya terbit dalam bentuk Buku yang berjudul The Picwick Papers yang dirilis pada tahun 1836.


Charles Dickens adalah Penulis Novel yang bergenre Romantis. Charles Dickens dianggap sebagai Novelis terbaik dan yang Paling Terkenal di era Victorian di dataran Britania Raya. Pada masa itu Beliau mempopulerkan Karya Tulis Novel Fiksi dengan beberapa Serial, sehingga publik selalu menanti setiap Karya Tulis-nya untuk dikoleksi dan dibaca. Beberapa Karya Tulis Novel yang dikarang oleh Charles Dickens antara lain adalah Oliver Twist (1837-1839), Our Mutual Friends (1864-1865), A Christmas Carol (1843), David Copperfield (1849-1850), dan banyak karya-karya lainnya yang cukup terkenal. Namun karya Novelnya yang paling Terkenal dan masuk dalam Daftar Rekor Penjualan Novel Paling Laris di Dunia adalah Novel yang berjudul The Tale of Two Cities yang dirilis pada tahun 1859.

 

9.  Leo Tolstoy

Lev Nikolayevich Tolstoy atau lebih dikenal dengan nama Leo Tolstoy adalah Novelis Terkenal dari Rusia. Beliau lahir di Yasnaya Polyana, Tula, Rusia pada 9 September 1828 dan meninggal di Astapovo, Rusia pada 7 November 1910. Leo Tolstoy secara luas dianggap sebagai Novelis Terbesar pada abad ke-19 yang berasal dari Rusia. Leo Tolstoy merupakan Pemerhati Sosial dan Pemikir Moral yang menuangkan Pemikirannya dalam karya tulis Sastra Novel.


Leo Tolstoy merupakan Penulis Novel bergenre Fiksi-Realistik, Sejarah dan Inspiratif.  Melalui karya-karyanya tersebut banyak mempengaruhi pembacanyaa lewat pesan-pesan moral dan pemikirannya, hingga mempengaruhi Tokoh-tokoh Besar pada Abad ke-20 seperti Mahatma Gandhi dan Martin Luther King Jr. Karya Tulis Terbesarnya adalah Novel yang berjudul War and Peace (1865-1869). Kemudian beberapa karya-karya Tulis Leo Tolstoy lainnya yang Terkenal dan Mashyur antara lain; Anna Karenina (1875-1877), Chillhood (1852), The Kingdom of God is Within You (1894), Ressurection (1899), The Gospel in Brief (1883), Hadji Murat (1912), dan karya-karya Tulis lainnya. 

 

10.  Danielle Steel

Danielle Fernandes Dominique Schuelein-Steel atau bernama Pena Danielle Steel adalah seorang Penulis Novel asal Amerika yang lahir di kota New York, USA pada 14 Agustus 1947. Danielle Steel memulai karir sebagai Penulis ketika berumur 19 tahun dan masih aktif sebagai Mahasiswa di Universitas New York. Kemudian dari kegiatan menulisnya tersebut Beliau mendapat saran dari rekannya untuk lebih fokus menulis dan menciptakan buku. Hingga akhirnya Danielle Steel dapat menerbitkan Novel Pertamanya pada tahun 1972. 


Danielle Steel merupakan Penulis Novel bergenre Romantis. Danielle Steel mencurahkan sifat dan karakter setiap tokoh dalam karya Novelnya dengan terperinci dengan beberapa background kehidupan yang variatif.  Beliau telah menciptakan lebih dari 146 judul Novel dan menjual karya-karyanya hingga lebih dari 800 juta di seluruh Dunia, serta masuk dalam Daftar Best Selling Fiction Author of All Time dan berada di urutan ke-4. Beliau juga menerima Penghargaan Golden Globe karena melalui hasil dari karya-karyanya dia mendonasikan sebagian penghasilannya untuk pengobatan gangguan mental pada manusia. beberapa karya-karya Tulis Novel karangan Danielle Steel yang terkenal antara lain; Going Home (1973), A Perfect Stanger (1981), Family Album (1985), Fine Things (1987), No Greater Love (1991), Accident (1994), The Long Road Home (1998), dan banyak karya-karya lainnya yang hingga diangkat menjadi beberapa Naskah Sinema Film.

 

11.  John Grisham

John Ray Grisham adalah Penulis Novel berkebangsaan Amerika Serikat yang lahir di Arkansas, USA pada 8 Februari 1955. Sebelumnya John Grisham adalah seorang Politikus dan Pengacara yang akhirnya menjadi seorang Novelis Terkenal. Karir Menulisnya terjadi saat menangani kasus Hukum dalam sebuah Pengadilan kasus Pemerkosaan anak Perempuan berumur 12 tahun di DeSoto Counnty pada tahun 1984. Setelah menyaksikan dan mempelajari kasus tersebut, John Grisham mencoba menulis Essai yang membayangkan perasaan Sang Ayah dari Anak Perempuan yang kelak akan membunuh Sang Pelaku Pemerkosa tersebut. Draft Essai tersebut ditulis dalam 3 tahun dan menjadi sebuah Karya Tulis Novel pertamanya. John Grisham sangat menggemari olahraga American Football dan juga menjadikan olahraga tersebut sebagai inspirasi beberapa karya Tulisnya.

John Grisham merupakan Penulis novel bergenre Fiksi Criminal dan Thriller. Hingga saat ini Beliau mampu menghasilkan karya Tulis dengan angka penjualan lebih dari 235 juta copi yang tersebar di seluruh Dunia. Dalam situs Publisher Weekly menyatakan John Grisham sebagai Penulis Novel Terlaris pada tahun 1990-an, dan disejajarkan dengan beberapa Penulis Novel Terkenal lainnya seperti J. K. Rowling dan Tom Clancy. Beberapa daftar karya tulis novelnya yang terkenal antara lain adalah A Time to Kill (1989), The Firm (1991), The Client (1993), The Rainmaker (1995), The Brethern (2000), The Summons (2002), dan karya-karya lainnya.

 

12.  R. L. Stine

Robert Lewis Stine atau dikenal dengan Nama Pena R. L. Stine merupakan Penulis Novel dari Amerika Serikat yang lahir di Ohio, USA  pada 8 Oktober 1943. R. L. Stine memiliki Nama Pena lain yaitu Jovial Bob Stine. R. L. Stine memiliki kegemaran menulis sejak berumur 9 tahun. Beliau adalah Lulusan dari Ohio State University  dengan gelar Bachelor of Art dibidang Sastra Inggris. Kemudian R. L. Stine pindah ke New York untuk mewujudkan dan mengembangkan karir sebagai Penulis.


R. L. Stine adalah Penulis Novel Fiksi bergenre Horror dan Petualangan. Namun diawal karirnya Beliau justru menulis banyak cerita dan menyusun buku bergenre Humor untuk anak-anak dan mendirikan majalah anak-anak bernama Bananas pada tahun 1975-1984. Pada tahun 1986 R. L. Stine mulai menggemari karya Tulis Novel dengan Genre Horror, hingga menjadi penulis naskah untuk acara TV. Pada tahun 1989 Buku Seri bergenre Horror karangannya diterbitkan dan mempopulerkan namanya menjadi Seorang Penulis Novel Horror yang Terkenal. Karya-karya Tulisnya banyak dibuat untuk anak-anak dan menjadi bacaan Favorit mereka. Beliau telah mencetak menjual buku-buku Novel tersebut hingga lebih dari 400 juta ekskemplar di seluruh Dunia. Beberapa karya disusun dalam bentuk Buku Seri seperti Fear Street, Goosebumps, Rotten School, Mostly Ghostly, dan The Nightmare Room. Kemudian R. L. Stine juga mencetak Karya Tulis Novel Lepas dengan beberapa judul yang terkenal antara lain The Adventure of Shrinkman, The Beast, Curtains, A Midsummer Night’s Scream, Zombie Town, dan Karya-karya lainnya.

 

 

Diluar daftar diatas, masih banyak Penulis-penulis Novel yang sangat Terkenal dan memiliki banyak karya yang sudah terjual di seluruh Dunia. Demikian Deskripsi Singkat tentang Daftar para Penulis Novel Terkenal yang Populer di Dunia. Artikel terkait lainnya silahkan cek di tegaraya.com 

LihatTutupKomentar