-->

Fotografi Landscape: potret panorama pemandangan alam

Fotografi Landscape adalah jenis kegiatan fotografi yang beraliran tema dengan mengambil pemandangan alam sekitar sebagai objek potret kamera. Landscape atau lansekap memiliki arti “pemandangan”. Namun dalam Definisi Fotografi Landscape diartikan sebagai kegiatan fotografi yang mengambil objek foto tata ruang diluar rumah atau keindahan pemandangan alam. Panorama pemandangan alam yang natural dan indah menjadi daya tarik seni fotografi landscape. Objek utama adalah pemandangan sekitarnya. Manusia dengan aktifitasnya serta makhluk hidup lainnya hanya menjadi pengisi kekosongan potret pemandangan natural. 
Aliran tema Fotografi Landscape salah satu kegiatan fotografi yang populer dan digemari semua orang. Seting kamera tidak rumit seperti kegiatan fotografi portrait atau Human Interest. Kondisi alam yang penuh cahaya tidak mengharuskan kita menggunakan blitz atau cahaya bantuan lainnya. Penggunaan apperture kecil sudah cukup menghasilkan gambar yang cerah, karena frame objek yang diambil luas. Melalui Potret Fotografi Landcape dapat bertujuan untuk menceritakan sebuah perjalanan di alam terbuka.
Dalam jenis tema aliran Fotografi Landscape memiliki beberapa sub tema potret pemandangan. Sub tema tersebut menyesuaikan dengan kondisi alam dan tujuan pemotretan panorama pemandangan tersebut. Beberapa Sub Tema Fotografi Landscape antara lain:
 

1.   Nature Landscape Photograpy

Fotografi Landscape Nature atau pemandangan alam adalah potret pemandangan yang umum dilakukan oleh beberapa orang.  Jenis Fotografi ini memotret apa yang dilihat dan apa adanya. Hasil yang ditunjukkan adalah kondisi asli dari alam tanpa sentuhan editing yang berlebihan. Berikut ini adalah beberapa contoh foto Nature Landscape:

2.   Village Landscape Photograpy

Fotografi Village Landscape merupakan jenis fotografi yang menampilkan pemandangan pedesaan yang Natural. Kawasan Pedesaan yang memiliki kedekatan Manusia dengan alam sekitar menjadi sebuah panorama yang indah dan permai dengan hamparan sawah dan perkebunan yang hijau dan dipenuhi dengan aktifitas manusia disekitarnya. Berikut ini adalah contoh foto Landscape Village:

3.   Panorama Sunrise

Fotografi Sunrise Panorama merupakan jenis fotografi yang menampilkan pemandangan alam yang tersorot dengan cahaya matahari pagi. Kegiatan fotografi Sunrise sangat cocok dilakukan pada kisaran waktu pukul 05.00 hingga 07.00 pagi. Cahaya Mentari pagi yang menyegarkan menciptakan kesan semangat dan optimisme pada hasil karya fotografi tersebut. Berikut ini adalah contoh foto Panorama Sunrise:

4.   Panorama Sunset

Fotografi Sunset Panorama adalah jenis fotografi yang menunjukkan kondisi pemandangan alam dengan latar langit senja atau menjelang mentari terbenam di cakrawala. Kegiatan fotografi ini dapat diambil pada kisaran waktu pukul 16.00 hingga 18.30 sore. Gradasi warna dilangit yang menampilkan lembayun senja dan sisa cahaya mentari menjadi keindahan karya fotografi. Suasana yang ditunjukkan melalu potret panorama senja ini menciptakan kesan hangat dan teduh. Berikut ini adalah contoh foto Panorama Sunset:
 

5.   Landscape Impresi

Fotografi Landscape Impresi adalah jenis fotografi Landscape yang menunjukkan pemandangan alam dengan sentuhan emosi dan kreatifitas dari manusia. Tema Fotografi ini menampilkan objek foto sebuah benda hidup seperti pohon, bunga atau rerumputan dengan menjadikan pemandangan alam sebagai latar belakang. Jenis fotografi landscape impresi biasanya subjektif, karena setiap orang memiliki persepsi yang berbeda-beda. Berikut ini adalah contoh foto Landscape Impresi:

 

6.   Landscape Abstract Kontemporer

Fotografi Landscape Abstract Kontemporer merupakan jenis fotografi yang menunjukkan pola dan bentuk kontemporisasi alam dan bangunan buatan manusia. Hasil Foto tetap menampilkan pemandangan alam yang natural, tetapi diberi sentuhan geometris bangunan dengan teknik sudut pandang fotografi yang abstrak dan komposisi cahaya tertentu. Hal ini diatur dan dikonsep oleh Sang Fotografer demi Tema yang ingin diciptakan melalui gambar potret pemadangan tersebut. Berikut ini adalah beberapa contoh foto Abstrak Kontemporer:


7.   Landscape Sea Horizon Photograpy

Fotografi Landscape Sea Horizon atau Fotografi Cakrawala Lautan adalah jenis fotografi landscape yang menyorot objek garis laut atau samudera yang luas dengan segala kehidupan dan pemandangan sekitarnya. Objek laut yang disorot bisa mengambil seting waktu pagi hari, siang hingg senja. Berbagai waktu tersebut akan menciptakan suasana yang berbeda-beda. Suasana yang ditampilkan hasil fotografi ini memberi kesan luas, meneduhkan pandangan mata, elegan dan dinamis. Berikut ini adalah contoh foto Horison Laut:

Dewasa ini banyak orang yang mempraktekkan jenis fotografi landscape untuk disimpan dan dipamerkan diberbagai media publikasi. Salah satu tujuan dan alasannya adalah dokumentasi perjalanan dan pariwisata ketika mengunjungi sebuah kawasan dengan pemandangan yang indah. Demikian deskripsi tentang Fotografi beraliran tema Landscape. Artikel terkait lainnya silahkan cek di laman tegaraya.com

LihatTutupKomentar