Fotografi Human Interest: berbagai potret kehidupan manusia

Aliran Tema Human Interest merupakan salah satu aliran tema yang populer dalam kegiatan Fotografi. Dalam bahasa Indonesia Fotografi Human Interest berarti kegiatan Fotografi daya tarik manusia. Fotografi Human Interest didefinisikan sebagai kegiatan fotografi yang mengambil potret kehidupan manusia beserta aktifitas kegiatannya yang digambarkan dengan ekspresi, emosi dan kondisi perasaan yang menimbulkan empati bagi orang yang melihat karya foto tersebut. Orang yang melalukan kegiatan Fotografi Human Interest disebut Human Interest Photographer. Human Interest sering digunakan oleh Fotografer untuk menampilkan kehidupan di setiap daerah dan menunjukkan kehidupan semua kalangan, baik dari kalangan ekonomi bawah hingga kalangan orang terhormat. 
Fotografi Human Interest awalnya merupakan jenis fotografi jurnalistik. karya foto jurnalistik lebih banyak ditampilkan untuk kepentingan media dan berita. Karya fotografi tersebut hanya menampilkan aktifitas manusia tanpa sentuhan emosi dan kondisi perasaan yang membuat orang untuk tertarik dan terpesona. Kemudian konsep ini berubah dengan tujuan untuk menarik empati bagi orang yang melihat hasil foto. Pengambilan karya foto ini biasanya dilakukan tanpa membuat penampilan yang berpose dan bersifat natural atau disebut candid. Namun ada beberapa karya foto yang bersifat konsepsual demi pose yang lebih menarik. Human Interest memiliki cakupan yang luas karena terkadang didalam aliran tema Human Interest meliputi beberapa kategori lainnya seperti Street and Urban Photography, Portrait Photography, Conceptual Photography hingga Culture Photography. 

Ketertarikan beberapa orang dalam dunia seni fotografi menjadikan aliran tema Human Interest adalah sebuah genre yang lebih umum dan mudah dipraktekkan. Hal itu dipahami karena kemudahan dalam memilih objek foto yang tersedia di lingkungan sekitar. Namun dalam proses mengambil potret perlu dilakukan beberapa tips dan trik yang telah dilakukan beberapa fotografer yang sudah sering melakukan kegiatan fotografi. Beberapa tips dan trik tersebut antara lain adalah sebagai berikut.
  1. Tentukan Konsep Foto yang akan diambil.
  2. Melakukan survey lokasi dan objek yang akan dipotret. Diharapkan menggunakan kostum yang sesuai untuk kegiatan di lapangan.
  3. Melakukan checking dan membawa perlengkapan yang sesuai dengan kegiatan fotografi di lapangan.
  4. Untuk menghasilkan karya foto yang bagus, dibutuhkan objek dengan karakter yang kuat dan menarik, ekspresi yang hidup dan cerita yang menyentuh.
  5. Harus jeli melihat momen yang penting dan yang kemungkinan tidak akan terulang lagi. Lakukan beberapa kali terhadap perubahan setiap gerakan objek.
  6. Menguasai pengaturan kamera.
  7. Disarankan menggunakan Lensa Tele 50-300 mm untuk hasil yang lebih tajam dan bagus.
  8. Gunakan cahaya alami untuk menciptakan gambar yang menarik. Sebisa mungkin mengambil potret saat situasi cerah. Kondisi sinar matahari pagi dan sore sangat disarankan karena cahay bersifat hangat dan menyorot ke arah objek secara langsung.
  9. Komposisi yang baik adalah yang menonjolkan ekspresi atau bahasa tubuh subjek foto dari lingkungan hidupnya.
  10. Jalinlah komunikasi dengan baik kepada orang yang menjadi objek foto kita. Beri mereka apresiasi melalui sapaan atau sedikit berbagi bekal makanan.
Berikut ini adalah beberapa hasil karya fotografi beraliran tema Human Interest.
sumber: Mamad Wijaya
sumber: Mieke Suharini
sumber: Tomy Tegar
sumber: Carlos Cass

sumber: Tomy Tegar

sumber: Raymond Sitanggang
sumber: pinterest

sumber: twitter

sumber: pinterest

sumber: Tomy Tegar
sumber: Gladys Siale
sumber: Tomy Tegar
sumber: Enche Tjin
sumber: pinterest
sumber: pinterest
sumber: pinterest
sumber: Johanes Siahaya
sumber: Nejbole
Saat ini banyak Fotografer yang memilih tema aliran tema Human Interest.  Salah satu alasannya adalah karena nilai seni yang tinggi dan mendapat apresiasi sosial. Demikian deskripsi Karya Fotografi beraliran tema Human Interest. Artikel terkait lainnya silahkan cek di tegaraya.com

Related Posts

2 comments

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter