Lukisan aliran Abstrak: coretan tidak berpola namun penuh pesona


Lukisan Abstrak adalah jenis lukisan yang tidak memiliki pola, objek atau figur lukisan namun memiliki gagasan, ide dan keindahan yang terlihat dari gradasi warna lukisan. Menurut definisi lukisan jenis Lukisan Abstrak merupakan jenis Lukisan Non-Representatif. Bentuk Lukisan Abstrak menyerupai seperti sebuah coretan yang tidak jelas dan susah dimengerti oleh beberapa orang yang melihatnya. Lukisan abstrak menampilkan gambar yang tidak ada wujudnya di dunia ini dan hanya berdasarkan daya imajinasi, emosi dan perasaan dari sang pelukis.


Lukisan abstrak sudah dikenal dari peninggalan lukisan dinding era Zaman Prasejarah. Hampir setiap kawasan  di dunia memiliki jenis lukisan ini. Corak-corak abstraktif juga dikenal dari motif-motif suku primitif tertentu yang melukis di atas media tertentu seperti tembikar atau kain. Namun karya seni Lukisan beraliran Abstrak mulai dikembangkan di daratan Eropa sejak akhir abad ke-19. Saat itu seniman lukis yang terkenal banyak menganut aliran Realisme yang sangat mengedepankan keakuratan objek dalam lukisan mereka. Beberapa seniman lukis jalanan mulai meninggalkan aliran yang sudah dikenal tersebut dan mencoba jenis gaya-gaya lukis baru seperti Surealisme, Kubisme dan Abstrak. Lukisan-lukisan tersebut merupakan sebuah gerakan perubahan menuju minat lukis yang lebih modern dan baru. Esensi keindahan yang ditonjolkan Lukisan aliran Abstrak dilihat dari gradasi warna yang bervariasi, unik dan futuristik.
Karya lukis umumnya menggunakan alat lukis berupa kuas yang menggoreskan cat di atas media kanvas. Namun dalam karya lukis beraliran Abstrak digunakan beberapa metode untuk menghasilkan beberapa jenis karya. Lukisan yang abstraktif dihasilkan oleh sang pelukis mengikuti kemaunan dan perasaan yang dituangkan dalam lukisan. Beberapa metode cara menghasilkan lukisan beraliran Abstrak antara lain adalah.


  1. Lukisan Abstrak Biasa; Lukisan Abstrak Biasa merupakan lukisan abstrak yang digambarkan menggunakan metode yang lumrah digunakan oleh pelukis. Jenis lukisan bisa berupa cat air atau cat minyak yang menggunakan kuas untuk menghasilkan gambar. Sifat lukisan dan campuran warna lebih halus.
  2. Abstract Palette Painting; Lukisan Abstrak Pallet merupakan jenis lukisan abstrak yang menggunakan pisau pallet. Beberapa jenis pallet akan menghasilkan beberapa tekstur warna yang berbeda-beda. Sifat lukisan agak kasar dan hasil lukisan akan menyerupai sebuah relief. Warna yang dihasilkan cukup tajam dan solid karena menggunakan jenis cat acrylic.
  3. Abstract Fluid Painting; Lukisan Abstrak Fluida merupakan jenis lukisan abstrak yang cukup unik. Metode melukis menggunakan aliran cat dan dilelehkan diatas media lukis. Biasanya beberapa jenis warna cat minyak disusun dan dicampur di atas sebuah wadah, kemudian cat tersebut ditumpahkan ke atas media lukis. Lukisan yang dihasilkan bersifat halus, penuh variasi warna, dan dinamis. Hasil karya lukis abstrak dengan metode ini cukup populer dan digemari saat ini.
  4. Lukisan Abstrak Kontemporer; Lukisan Abstrak kontemporer merupakan jenis lukisan abstrak yang mencampurkan beberapa metode lukis, seperti Fluid Painting, Palette Painting, dan teknik kuas. Lukisan yang dihasilkan memiliki sifat dan karakter yang bervariasi tergantung keinginan sang pelukis. Jenis metode lukisan ini cukup populer dan digemari karena menyesuaikan dengan keinginan sang pelukis untuk menghasilkan karya lukis abstrak.
Berikut ini adalah galeri beberapa kumpulan karya lukis beraliran Abstrak yang menarik untuk dinikmati.

 "Work" karya Marija Mandic
"Metropolitan Blue" karya Patricia Oblak

sumber: pinterest
sumber: pinterest

sumber: pinterest
sumber: pinterest

Abstract Fluid Painting

Abstract Fluid Painting

Abstract Fluid Painting
Abstract Fluid karya Jacque
sumber: pinterest

Abstract Palette Painting
Abstract Palette Painting

sumber: pinterest
Nighttown karya Jhon Nolan
 Waterfall in the Bamboo
sumber: pinterest
sumber: pinterest
Lukisan abstrak saat ini banyak digemari oleh beberapa penikmat seni maupun orang awam. Walau tidak memiliki pola dan figur yang jelas, namun kemudahan melukis tanpa sebuah aturan baku menjadikan karya lukis abstrak adalah media untuk menyalurkan ekspresi, emosi dan perasaan setiap orang. Lukisan abstrak juga menampilkan keindahan-keindahan warna yang membuat orang akan terkesan dan mengaguminya.
Demikian artikel deskripsi lukisan beraliran Abstrak. Artikel terkait lainnya silahkan cek di tegaraya.com

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter