10 Novel Terkenal dengan Rekor Paling Laris di Dunia

Novel adalah jenis Prosa yang populer dan karya sastra paling laris di Dunia. Novel dikenal memiliki berbagai jenis Tema dan Genre yang menarik minat pembaca karya sastra untuk membacanya, membeli hingga mengoleksi beberapa judul Novel yang Terkenal. Novel dipilih oleh banyak pembaca karena membantu seseorang untuk berimajinasi melalui bacaan. Semakin bagus sebuah Novel akan membuat pembaca semakin tertarik dan penasaran untuk membacanya. Beberapa orang bahkan membuat sebuah forum atau komunitas penggemar untuk Penulis dan karya tulis Novel tersebut.
Saat ini banyak Novel populer yang Terkenal di Dunia. Cerita yang menarik dan tokoh beragam membuat karya tulis Novel sangat digemari beberapa orang. Novel-novel terkenal tersebut memiliki jumlah penjualan yang tinggi dan dicari oleh penggemar saat dirilis. Penjualan Karya Tulis novel tersebut bahkan mencapai jutaan eksemplar yang tersebar di Dunia dan diterjemahkan untuk negara-negara tujuan marketing. Berikut adalah daftar 10 Novel terkenal yang paling Laris di Dunia.

10.   The Da Vinci Code
Karya Novel The Da Vinci Code ditulis oleh Sastrawan Dan Brown dengan banyak spekulasi yang dikecam oleh denominasi Kristen dan Katolik Roma. Banyak gagasan yang tidak sesuai dengan sejarah namun mempengaruhi minat orang untuk membaca Novel ini. Akibat segala kontroversi tersebut justru membuat penjualan Novel ini mencapai 80 juta salinan dengan 44 terjemahan bahasa di seluruh Dunia. Novel bergenre Misteri, Fiksi Konspirasi dan Petualangan ini dirilis pada April 2003. Novel ini tetap digemari oleh pembaca Novel yang menyukai teka teki dan cerita detektif.
Novel ini menceritakan Simbolog Robert Langdon dan Kriptolog Sophie Neveu yang terlibat menjadi saksi peristiwa pembunuhan misterius di Museum Louvre di Paris. Pembunuhan tersebut adalah akibat perseteruan antaran Biarawan Sion dan Opus Dei terkait konspirasi Yesus Kristus yang “menikahi” Maria Magdalena. Korban pembunuhan di Museum Luovre tewas dalam kondisi telanjang dan meninggal dengan posisi Vitruvian Man dalam lukisan terkenal Leonardo da Vinci. Mayat tersebut meninggalkan sebuah pesan tersembunyi dan sebuah gambar pentagram disampingnya, sehingga menjadi kode rahasia. Petualangan mereka untuk mengungkapkan teka-teki yang ditemui di setiap kode dalam surat-surat kuno menemukan banyak cerita tentang Harta Karun Cawan Suci yang ternyata terkubur di suatu tempat di Prancis.


9.   She: A History of The Adventure
Novel yang berjudul She: A History of The Adventure adalah Novel bergenre Petualangan yang bergaya tema Lost World. Novel ini menjadi pionir dalam perkembangan Novel bergenre Petualangan bergaya Lost World, yaitu peradaban misterius yang hilang dari dunia modern. Karya Novel ini ditulis oleh Sir Henry Rider Haggard. Sastrawan tersebut memberikan pengaruh signifikan terhadap penulis-penulis besar selanjutnya tentang Petualangan dan Fantasi dalam penulisan Novel dunia. Novel She: A History of The Adventure dirilis pertama kali pada tahun 1887. Novel ini terjual hingga lebih dari 80 juta salinan buku di seluruh Dunia.
Bercerita tentang seorang Profesor Muda bernama Ludwig Horace Holly yang membesarkan seorang anak angkat dari koleganya bernama Leo Vincey. Bersama anak tersebut tersimpan sebuah warisan dari orang tuanya tentang “Sherd of Amenartas”, yaitu surat yang  berisikan sebuah wasiat balas dendam yang harus dilakukan oleh Leo Vincey. Melalui surat itu terkuak bahwa Leo adalah keturunan Legenda yang tersembunyi didalam pedalaman Afrika. Hingga akhirnya mereka melakukan petualangan menuju pedalaman Afrika dan bertemu dengan sebuah cerita Legenda Kuno tentang kisah percintaan Kallikrates terhadap seorang wanita bernama Amenartas. Kisah cinta mereka terenggut oleh kehadiran Ratu Mistis bernama Aisyah yang telah membunuh Kallikrates karena tidak mau meninggalkan istrinya untuk menerima cinta Sang Ratu. Leo Vincey sebagai keturunan Kallikrates diwasiatkan untuk membalas kematiannya dan membunuh Sang Ratu Mistis tersebut.

 
8.   The Lion, The Witch and The Wardrobe
Karya Novel bergenre Fiksi Fantasi ini ditulis oleh C. S. Lewis pada tahun 1950. Buku Novel ini merupakan seri pertama dari Kumpulan Seri Novel The Cronicles of Narnia. Novel ini sangat digemari diseluruh Dunia hingga terjual 85 juta salinan buku. Novel ini juga dilengkapi dengan ilustrasi gambar dari Christian Burningham yang membuat ceritanya semakin berkesan. Cerita dalam Novel ini mengambil latar waktu saat masa Perang Dunia ke-1.
Novel ini bercerita tentang 4 saudara, yaitu Peter, Susan, Edmund dan Lucy yang menemukan sebuah lemari ajaib di sebuah rumah yang baru mereka tinggali. Lemari tersebut merupakan pintu masuk menuju sebuah Negeri Sihir Fantasi bernama Narnia. Didalam Negeri tersebut mereka sempat tertipu oleh seorang Penyihir Putih yang mengaku sebagai Ratu Narnia. Kemudian mereka menemui fakta bahwa Narnia dipimpin oleh seekor Singa Jantan bernama Aslan. Pertemuan keempat anak tersebut dengan Aslan mengungkap sebuah cerita perebutan Tahta antara Penyihir Putih sebagai pihak yang ingin merebut Negeri Narnia dengan cara yang jahat dengan Kelompok Aslan sebagai pewaris Tahta Narnia. Diakhir cerita keempat anak tersebut diangkat sebagai jajaran petinggi kerajaan sesuai ramalan tentang Raja dan Putri Baru di Negeri Narnia.


7.   And Then There Were None
Karya Tulis Novel berjudul And Then There Were None memiliki judul lain di Britannia Raya yaitu Ten Little Niggers. Novel bergenre Misteri ini ditulis oleh Sastrawan terkenal dengan karya-karya Misteri lainnya bernama Agatha Christie. Judul Novel ini merupakan judul lagu tema yang tertulis didalam Novel tersebut. Novel ini dirilis pada 6 November 1939 di Inggris dan Januari 1940 di Amerika, serta telah terjual hingga 100 juta buku di seluruh Dunia.
Novel And Then There Were None bercerita tentang 10 orang yang terundang untuk berkumpul di sebuah Rumah Mewah kosong di sebuah pulau terpencil. Setiap orang tersebut memiliki cerita kelam di masa lalu yang berkaitan dengan keserakahan, kecurangan dan kejahatan. Kemudian satu per satu orang-orang tersebut tewas secara mengenaskan dalam kasus pembunuhan didalam ruang tertutup yang penuh teka teki. Tak ada orang lain dari luar Rumah yang dapat masuk, namun kematian selalu merenggut mereka bergiliran. Hingga diakhir cerita setelah 10 orang tersebut tewas, sebuah surat didalam botol menjelaskan alasan kematian mereka termasuk sang pembunuh yang tewas setelah karena bunuh diri setelah menyelesaikan semua misi pembunuhnya. Setiap bab dalam buku Novel tersebut akan dimulai dengan tulisan lirik lagu Ten Little Niggers yang menjadi kisi-kisi proses kematian tiap orang di rumah tersebut.


6.   Dream of The Red Chamber
Karya Novel ini merupakan Sastra Epik dari Negeri Tiongkok. Novel ini ditulis oleh Cao Xueqin yang merupakan salah satu Sastrawan yang legendaris dari perkembangan Sastra Tiongkok. Novel tersebut ditulis pada pertengahan abad ke-18 dan diterbitkan pada tahun 1791 dan memiliki angka penjualan berkisar 100 juta salinan sejak diterjemahkan. Novel bergenre Romantis berpadu dengan Semi-Biografis yang banyak mengungkap kehidupan sosial dan tradisi masyarakat Tiongkok saat itu. Terdapat unsur Drama, Romansa dan Budaya yang kental didalam alur cerita. Novel ini diakui sebagai salah satu karya sastra terbaik dalam sejarah sastra di Negeri Tiongkok.
Novel Dream of The Red Chamber atau dalam judul aslinya adalah Hong Lou Meng menceritakan tentang seorang Pemuda keturunan Bangsawan bernama Jia Baoyu. Pemuda tersebut memiliki garis perjodohan keluarga dengan seorang wanita cantik dan cerdas bernama Xue Baochai. Namun Jia Baoyu memiliki hubungan asmara dengan seorang wanita biasa bernama Lin Daiyu karena kebersamaan mereka dalam hal kesukaan pada musik dan puisi. Persaingan Romansa dan persahabatan diantara ketiga karakter ini berpadu dengan latar belakang persaingan kekayaan keluarga membentuk cerita utama dalam novel ini.


5.   The Hobbit
Novel The Hobbit adalah karya tulis bergenre Fiksi Fantasi yang ditulis oleh Novelis legendaris J. R. R. Tolkien. Novel ini diterbitkan pada 21 September 1937 dan terjual di Dunia hingga 100 juta salinan. Alur cerita laksana dongeng ini membuat Novel ini disebutkan sebagai karya literatur yang mendekati kesempurnaan oleh The Times of London.
Karya Tulis Novel ini menceritakan tentang seorang Hobbit bernama Bilbo Baggins yang terlibat dalam sebuah petualangan menegangkan bersama seorang Penyihir Putih bernama Gandalf serta 13 Kurcaci yang mendampingi mereka. Didalam petualangan tersebut mereka bertemu dengan seekor Naga Legendaris bernama Smaug yang menjaga sebuah harta karun yang menjadi tujuan perjalanan mereka. Dari perjalanan tersebut Bilbo Baggins menemukan sebuah Cincin Legendaris dan Misterius yang dia rebut dari makhluk Gollum dan dapat membuat sang pemakai menjadi tidak terlihat. Cincin tersebut  kelak akan menimbulkan sebuah bencana perang yang besar dimasa yang akan datang.


4.   Le Petit Prince
Novel bergenre Fiksi Sains dan Petualangan ini dikarang oleh seorang Sastrawan terkenal dari Prancis bernama Antoine de Saint-Exupery dan diterbitkan pada tahun 1943. Novel berbahasa Prancis ini diterjemahkan hingga 300 bahasa dan terjual hingga 140 juta di seluruh Dunia. Karya sastra ini terpilih menjadi Buku Terbaik Abad ke-20 di Prancis. Buku yang ditujukan sebagai bacaan anak-anak ini memiliki banyak ungkapan yang bermakna filosofis dan idealis tentang kehidupan manusia dan lingkungannya. 
Novel Le Petit Prince atau The Little Prince merupakan karya tulis yang bercerita tentang seorang anak kecil yang punya imajinasi dengan menggambar sebuah Ular Boa yang memakan seekor gajah. Gambar ini menjadi sebuah kenangan didalam hidupnya karena tidak ada seorang pun yang mampu memahami gambar tersebut. Anak tersebut beranjak dewasa dan menjadi seorang Pilot handal, namun tetap membawa kenangan gambar masa kecilnya tersebut untuk disimpan kemana pun dia pergi. Suatu hari ketika pesawat yang Dia bawa terjatuh dan terdampar di gurun Sahara, Dia bertemu dengan anak kecil yang ternyata berasal dari Planet lain dan dapat memahami gambar yang dia bawa selama ini. Planet tersebut memiliki berbagai fenomena yang membuat Sang Pilot tersebut memulai petualangan untuk menjelajahi Planet tersebut bersama sang anak kecil yang dijuluki Sang Pangeran Kecil (Le Petit Prince).


3.   The Lord of The Rings
Novel epik berjudul The Lord of The Rings adalah Trilogi Novel bergenre Fiksi Fantasi. Novel ini adalah salah satu Karya Sastra yang paling banyak digemari dan berpengaruh dalam Sejarah perkembangan Novel di Dunia. Karya Tulis Novel ini terjual hingga 150 juta eksemplar diseluruh Dunia. Novel epik ini dikarang oleh seorang Sastrawan bernama J. R. R. Tolkien yang dengan hasil tulisannya mampu mempengaruhi Literasi Novel Modern kedepannya. Naskah Novel ini ditulis dari tahun 1937  sampai 1949. Kemudian Naskah tersebut dirilis pertama kali pada tahun 1954. Novel The Lord of The Rings pertama kali divisualkan dalam bentuk Teater Film yang fenomenal pada tahun 2001.
Trilogi Novel ini bercerita tentang Petualangan Fantasi seorang penyihir putih bernama Gandalf dan seorang Hobbit muda bernama Frodo Baggins. Frodo diberi kepercayaan untuk menyimpan sebuah Cincin milik Pengeran Kegelapan bernama Sauron. Cincin tersebut memiliki pengaruh kekuatan jahat bagi orang yang menggunakannya. Setiap orang yang melihat Cincin tersebut akan tergoda dan terobsesi untuk memilikinya. Salah satu cara untuk menghancurkan Cincin tersebut adalah dengan membakarnya di dalam lahar api di sebuah gunung berapi di Kerajaan Mordor. Petualangan panjang akhirnya ditempuh oleh Frodo Baggins bersama teman-temannya dari Bangsa Hobbit, Manusi, Peri dan Kurcaci untuk membawa Cincin tersebut kembali ke dalam Gunung Berapi di Kerajaan Mordor.


2.   The Tale of Two Cities
Novel The Tale of The Two Cities dikarang oleh Charles Dickens dan diterbitkan pada tahun 1859. Novel bergenre Romantis ini mencetak sejarah berupa satu-satunya Novel dengan jumlah terbanyak untuk setiap buku yang ada di Dunia. Akumulasi penjualan Novel ini mencapai 200 juta eksemplar. Novel ini adalah salah satu masterpiece yang dibuat oleh Charles Dickens.
Novel dengan judul The Tale of The Two Cities berlatar tentang kehidupan 2 kota besar, yaitu Paris dan London pada abad ke-17. Novel ini membuka gambaran keadaan buruk para petani dan rakyat jelata pada masa sebelum Revolusi Industri di Prancis dan kondisi mencekam di kota London yang penuh dengan perampokan dan praktek hukum yang sadis terhadap pelakunya. Didalam Novel ini menceritakan kisah percintaan Sydney Carton dan Charles Danay, serta kemalangan seorang Dokter bernama Alexandre Manette yang dijebloskan ke dalam penjara tanpa pengadilan yang sah.



1.   Harry Potter and The Sorcerer’s Stone

Novel yang berjudul Harry Potter and The Sorcerer’s Stone ini merupakan Novel yang Paling Laris Sepanjang Masa. Angka penjualan dan persebaran Buku Karya Tulis novel ini mencapai 450 juta eksemplar yang tersebar diseluruh Dunia dengan berbagai bahasa terjemahan. Novel ini dikarang oleh J. K. Rowling dan dirilis pada 30 Juni 1997. Novel ini merupakan seri pertama dari kumpulan seri Novel Harry Potter karangan J. K. Rowling.
Novel bergenre Fiksi Fantasi ini bercerita tentang seorang anak muda yang bernama Harry Potter yang dibesarkan di Sekolah Penyihir sejak kematian orang tuanya yang tewas terbunuh oleh penyihir Jahat bernama Voldemort. Harry Potter yang masih berusia 1 tahun akhirnya diadopsi hingga akhirnya menjadi salah satu murid di Sekolah Hogwarts yang menempa para Penyihir. Harry Potter menjadi penyihir muda yang hebat yang banyak menolong orang-orang dari kejahatan. Kisah Novel ini menjadi sebuah Naskah Teater Film yang terkenal dan sukses.


Demikian Deskripsi dan penjelasan tentang daftar 10 Novel terkenal yang paling Laris di Dunia. Artikel terkait lainnya silahkan cek di tegaraya.com

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter