7 Seni Arsitektur Masjid Indah di Dunia

Masjid adalah tempat beribadah bagi pemeluk agama Islam. Beragam Masjid indah tersebar di Dunia dengan Seni Arsitektur yang menakjubkan. Bangunan masjid memiliki ciri khas bentuk yang ditonjolkan berupa Kubah, Minaret, Kubah Muqarnas, Ornamen dan Lengkungan-lengkungan yang indah. Di balik tampilannya yang indah, terdapat pula nilai sejarah penting yang harus dilestarikan.
 
Berikut ini adalah daftar rangkuman dan deskripsi 7 Seni Arsitektur Masjid yang Indah di Dunia.

1.  Masjid Agung Sheikh Zayed

Masjid Agung Sheikh Zayed
Masjid Agung Sheikh Zayed adalah Masjid yang terletak di kota Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Masjid ini dibangun sebagai poyek prestisius dari pendiri negara Uni Emirat Arab, Sheikh Zayed Al Nahyan. Rancangan Masjid ini dibuat oleh Arsitek yang berasal dari Suriah yang bernama Yousef Abdelky. Masjid ini dibuat sejak tahun 1996 dan memakan waktu pembangunan selama 12 tahun. Masjid Agung Sheikh Zayed dibangun dengan tujuan sebagai monumen untuk mengkonsolidasikan budaya Islam dan pusat terkemuka untuk kajian ilmu Islam.
Eksteior Masjid Agung Sheikh Zayed
Masjid ini berada diketinggian 11 meter di atas permukaan laut dan 9,5 meter di atas permukaan tanah, sehingga bangunan itu terlihat jelas dari semua arah. Masjid tersebut memiliki cakupan area seluas 22,412 meter persegi atau setara 5 kali lapangan sepakbola. Dan konon katanya, masjid ini bisa menampung 48 ribu jamaah (41 ribu untuk kompleks masjid dan 7 Ribu Jamaah untuk aula utama). Dengan demikian Masjid ini memiliki ruang terbuka terbesar di dunia.
Interior Masjid Agung Sheikh Zayed
Masjid Sheikh Zayed di inspirasi oleh pengaruh Arsitektural Mughal (India, Pakistan, Bangladesh) dan Mooris (Maroko). Dibangun dengan 82 kubah bergaya Maroko dan semuanya dihias dengan batu pualam putih. Lengkap dengan pelataran tengahnya sebagaimana di masjid Badshahi di kota Lahore Pakistan yang bergaya Mughal. Kubah utama masjid ini berdiameter 32.8 meter dan setinggi 55 meter dari dalam atau sekitar 85 meter dari luar. Merujuk kepada Turkey Research Centre for Islamic History and Culture kubah ini merupakan kubah terbesar yang pernah dibuat dalam jenis yang sama. Secara keseluruhan Arsitektural Masjid Agung Sheikh Zayed dapat disebut sebagai fusi dari Arsitektural Mughal, Moorish dan Arab.

2. Masjid Hasan II

Masjid Hasan II
Masjid Hasan II adalah bangunan masjid yang terletak di kota Casablanca, negara Maroko. Masjid ini didesain oleh arsitek berkebangsaan Prancis Michel Pinseau dan dibangun oleh Bouygues. Pembangunan masjid ini berkisar antara tahun 1986 – 1993. Masjid Hassan II dibangun menjorok ke Samudra Atlantik membuatnya terlihat seakan akan berada di tengah laut layaknya sebuah masjid yang benar benar terapung. Tak salah bila kemudian masjid ini mendapat julukan sebagai Masjid Terapung Terbesar di Dunia.
Eksterior Masjid Hasan II
Masjid ini memiliki Minaret yang Paling Tinggi di Dunia dengan ketinggian 210 meter (689 kaki) dan memiliki kapasitas 25.000 orang.Ditambah lagi dengan pelataran yang mampu menampung 80 ribu jemaah. 
Interior Masjid Hasan II
Material untuk pembuatan interior masjid ini berupa kayu kayu cedar dari kawasan Atlas, batu pualam dari pegunungan Agadir dan batuan granit dari Tafroute.

3.  Masjid Sultan Ahmet

Masjid Sultan Ahmet (Blue Masque)
Masjid Sultan Ahmet atau juga dikenal sebagai Masjid Biru (Blue Masque) ini terletak di kota Istanbul, negara Turki. Bangunan masjid ini dirancang oleh  Arsitek Sedefhar Mehmet Aga. Bangunan ini dibangun pada tahun 1609 – 1616. Gaya Arsitektur bangunan adalah bernuansa Islami dan Ottoman Klasik akhir.
Eksteior Masjid Sultan Ahmet
Interior Masjid Sultan Ahmet
Masjid ini dijuluki dengan nama Masjid Biru karena warna cat interiornya didominasi warna biru. Akan tetapi cat biru tersebut bukan merupakan bagian dari dekor asli masjid, maka cat tersebut dihilangkan. Sekarang, interior masjid ini tidak terlihat berwarna biru.

4. Masjidil Haram

Al-Masjid Al-Haram
Masjidil Haram atau Al-Masjid Al-Haram adalah bangunan monumental yang terletak di kota Mekkah, negara Arab Saudi. Kompleks bangunan masjid ini telah ada sejak beradaan kabah telah berdiri sejak era Pra-Sejarah (Nabi Ibrahim AS). Kemudian kompleks Masjid Agung ini direnovasi dan dirancang kembali oleh Arsitek  Mimar Sinan yang berasal dari Turki agar lebih megah & artistik. Wujud arsitektur Islami terlihat jelas dari jejak-jejak arsitektur peninggalan Kesultanan Turki Utsmani. 
Tampak Atas Masjidil Haram
Secara keseluruhan ada 129 pintu di Masjidil Haram. Untuk memasuki Masjidil Haram, terdapat 4 pintu utama dan 45 pintu biasa. Masjid ini memiliki 9 menara, dengan tinggi 89 meter.Masjid Al-Haram memiliki beberapa monumen bersejarah seperti: Kabah, Hajar Aswad, Maqam Ibrahim, Shofa dan Marwah, Hijr Ismail, serta Sumur Zam-zam.

5. Masjid Shah Faisal

Masjid Shah Faisal
Masjid Shah Faisal adalah bangunan masjid yang terletak di kota Islamabad, negara Pakistan. Bangunan masjid ini dirancang oleh Arsitek Vidat Dalokay yang berasal dari Turki. Pembangunan masjid ini dilakukan pada tahun 1976 – 1986. 
Eksterior Masjid Shah Faisal
Interior Masjid Shah Faisal
Masjid dengan kapasitas terbesar keempat di dunia. Gaya Arsitektur Masjid ini bersifat Kontemporer. Masjid ini cukup unik dengan ketiadaan fitur kubah dalam struktur masjid tradisional. Masjid ini memiliki empat menara memiliki tinggi 80 m (260 ft) tinggi, menjadikannya menara masjid tertinggi di Asia Selatan.  

6. Masjid Nasir Al-Mulk

Masjid Nasir Al-Mulk
Masjid Nasir Al-Mulk, dijuluki Pink Masque adalah masjid unik yang terletak di kota Shiraz, negara Iran. Bangunan Dirancang oleh Arsitek yang berasal dari Iran, Mohammad Hasan-e-Memār dan dibantu rekannya Mohammad Rezā Kāshi-Sāz-e-Širāz. Bangunan ini dibuat sejak tahun 1876 dan memakan waktu konstruksi selama 12 tahun.
Sudut Masjid Nasir Al-Mulk
Masjid ini adalah salah satu masjid yang memiliki keunikan pada interiornya, menjadikan salah satu destinasi spot wisata unik & instagramble di Negara Iran. Masjid Nasir al-Mulk memiliki banyak ubin dengan nuansa warna merah muda yang menyelimuti langit-langitnya. Lalu dindingnya dihias pula dengan menggunakan kaca patri dalam berbagai warna dan corak yang ditata sedemikian rupa. Kita akan melihat pendar berwarna-warni dari kaca patri menembus masjid dan menyinari karpetnya.
Interior Masjid Nasir Al-Mulk
Saat melihat eksterior bangunan, kamu bisa melihat dindingnya yang melengkung indah dengan langit-langit tinggi, khas Timur Tengah. Lalu, di bagian tengah masjid, kamu akan menemukan sebuah ruang terbuka, lengkap dengam kolam berbentuk persegi panjang dan dikelilingi oleh bunga-bunga.

7. Masjid Omar Ali Saifuddin

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin
Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin adalah bangunan masjid yang terletak di kota Bandar Seri Begawan, negara Brunei Darussalam. Bangunan ini dirancang oleh biro arsitekur Booty and Edwards Chartered berdasarkan rancangan karya arsitek berkebangsaan Italia Cavaliere Rudolfo Nolli, yang telah lama bekerja di teluk Siam. Bangunan ini selesai dibangun pada tahun 1958.
Ekstetior Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin

Interior Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin
Masjid Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin adalah masjid kerajaan Kesultanan Brunei. Arsitektur bangunan masjid ini adalah contoh Arsitektur Masjid Modern. Arsitektur masjid ini memadukan Arsitektur Mughal dengan Gaya Italia. Masjid ini dibangun diatas Laguna atau kolam buatan di tepi sungai Brunei di Kampong Ayer. Masjid ini memiliki menara marmer dengan kubah emas, dilengkapi taman yang permai dan air mancur. Taman indah yang mengelilingi masjid melambangkan taman surgawi dalam kepercayaan Islam. Ciri khas yang paling mengagumkan dari Masjid ini adalah kubahnya yang dilapisi emas murni. Masjid ini menjulang setinggi 52 meter (171 kaki) dan dapat dipandang dari setiap sudut kota Bandar Seri Begawan. Salah satu monumen ikonik dari masjid ini adalah replika Perahu Mahligai Kerajaan milik Sultan Bolkiah.


Demikian artikel ulasan tentang 7 Seni Arsitektur Masjid Indah di Dunia. Masih banyak lagi Masjid-masjid indah lainnya diluar daftar diatas dengan ciri khas Arsitektur Islam yang tersebar di penjuru Dunia. Artikel terkait lainnya dapat dilihat pada label Seni Arsitektur yang tertera di laman tegaraya.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel