SENI MUSIK menurut Definisi dan Jenisnya

Definisi seni musik adalah deretan melodi (nada) yang memiliki mengandung irama, keteraturan dan harmonisasi dari sumber suara yang dimainkan. Seni musik memiliki fungsi sebagai keindahan yang dinikmati oleh indera pendengar manusia untuk mengusir kejenuhan, mengekspresikan diri, sumber semangat, inspirasi, hingga relaksasi untuk menenangkan diri. Bahkan manusia akan membuat banyak jenis alat musik hanya untuk memuaskan rasa bermusik dan memanjakan pecinta musik dan merekamnya dalam bentuk rekaman (file)
Musik yang baik dan enak didengar terdapat memiliki unsur-unsur yang membentuknya. Berikut adalah unsur-unsur pembentuk seni musik.
  1. Irama; atau ritme adalah panjang pendek dan tinggi rendah deratan nada. Ritme sangat penting dalam bermusik karena menentukan ketukan dalam alunan musik.
  1. Melodi; adalah daya tarik dalam seni musik yang berisi susunan bunyi yang berurutan dari tinggi ke rendah atau rendah ke tinggi.
  1. Harmoni; Kumpulan perpaduan antara nada dan melodi disebut dengan harmoni. Harmoni atau akord untuk mengiringi musik memiliki bentuk keteraturan sehingga membuat musik menjadi nyaman dan elok untuk didengar.
  1. Birama; adalah unsur ketukan dalam seni musik dan memiliki waktu dan tempo yang teratur. Ketukan Birama biasanya ditulis dengan angka 2/4, 2/3, 3/4 dan seterusnya.
  1. Tangga Nada; adalah unsur dari seni musik yang terdiri dari nada yang tersusun berjenjang mulai dari nada dasar sampai nada tinggi. Tangga nada biasanya digunakan untuk mengatur para pemusik orkestra.
  1. Tempo; artinya kecepatan lagu yang menentukan kecepatan birama. Tempo dibagi menjadi beberapa unsur musik seperti Largo, Lento, Adagio, Andate, Moderato, Allegro, Vivace, dan Presto.
  1. Dinamika; adalah unsur musik yang mengungkapkan ekspresi musik yang emosional seperti sedih, senang, dan sebagainya. Dinamika merupakan suatu tanda untuk memainkan nada yang berkaitan dengan volume sehingga bisa mengeluarkan suara nyaring dan merdu.
  1. Timbre; disebut juga warna bunyi yang menunjukkan kualitas seni musik. Timbre menunjukkan bahwa alat musik memiliki karakter yang berbeda walau memiliki nada yang sama yang ditunjukkan lewat alat-alat musik yang dimainkan. Timbre mencontohkan bahwa alat musik petik akan berbeda dengan alat musik pukul walau memiliki tangga nada yang sama.
Seni musik memiliki beberapa jenis musik yang dikembangkan oleh manusia. Berikut ini adalah beberapa jenis dalam seni musik.

1.   Musik Tradisional
Musik tradisional adalah seni musik yang berasal dari warisan kebudayaan turun temurun di daerah tertentu dan memiliki khas kedaerahan. seni musik tradisional disusun atau dibuat berdasarkan gaya, tradisi serta bahasa yang sesuai dengan daerahnya. Seni musik tradisional memiliki alat musik yang beragam dan berbeda-beda dengan daerah lainnya dibelahan dunia. Lirik-lirik pada lagu dibuat menggunakan bahasa daerah tempatnya berasal. Beberapa contoh seni musik tradisional adalah gamelan, karawitan, Biwa Hoshi, Tango, Samba, dan lainnya.
Ciri khas musik tradisional adalah:
  1. Dipelajari secara lisan
  2. Tidak memiliki notasi
  3. Bersifat informal 
  4. Permainannya tidak terspesialisasi
  5. Syair lagu berbahasa daerah
  6. Melibatkan alat musik khas daerah tertentu
  7. Bagian dari budaya masyarakat
Musik tradisional adalah hasil budaya masyarakat suatu kawasan daerah tertentu. Musik tradisional biasanya memiliki fungsi didalam kehidupan masyarkat dan erat kaitannya dengan sebuah tujuan kebudayaan dan spiritual. Musik tradisional memiliki beberapa fungsi berupa:
  1. Alat komunikasi
  2. Sarana hiburan
  3. Musik pengiring tarian
  4. Sarana alat budaya (ritual)
  5. Sarana ekonomi
  6. Pengembangan karakter budaya

2.   Musik Modern
Musik modern adalah musik yang muncul setelah akhir masa musik klasik sampai masa sekarang ini. Musik modern berkembang secara universal karena sudah terakulturasi dengan teknologi dan budaya yang modern secara instrumen dan penyajiannya. Musik modern melahirkan banyak genre seperti Pop, Rock, Jazz, Fusion, dan lani-lain. Musik modern memiliki tujuan sebagai ekspresi dan hiburan terhadap perkembangan peradaban dan teknologi terhadap kehidupan manusia.


3.   Musik Kontemporer
Seni musik kontemporer adalah gabungan antara musik bergaya tradisional dengan musik modern dan dimainkan dengan cara yang lebih kreatif dan alat musik yang digunakan bermacam-macam namun tetap menghasilkan nada dan harmoni yang tetap enak untuk dinikmati. Alat musik kontemporer terkadang bisa menggunakan alat-alat seperti kaleng, pipa atau barang bekas untuk menghasilkan kombinasi musik yang lebih luas dan beragam.
Musik kontemporer hadir di abad ke-19 sebagai gerakan perubahan frontal dari musik tradisional dari beberapa kalangan seniman musik di Eropa saai itu. Musik ini memiliki ciri-ciri variasi nada yang kompleks; memiliki warna atau jenis bunyi, tempo, dan ritme yang bervariasi; sumber bunyi bervariasi tidak hanya dari musik instrumental. Musik kontemporer dapat dimainkan secara individu maupun kelompok orkestra.


Demikian ulasan tentang deifinisi seni musik dan jenis-jenis dalam karya seni musik. Untuk artikel terkait lainnya silahkan klik tegaraya.com

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter