-->

SENI RUPA berdasarkan Bentuk

Seni Rupa memiliki berbagai bentuk hasil olahan tangan manusia yang nantinya akan dinikmati oleh pandangan melalui indera mata maupun rabaan bentuk melalui indera kulit. Seni rupa tidak terpaku dalam bentuk media datar 2 dimensi, tetapi juga dalam media 3 dimensi.
Berdasarkan bentuknya Seni Rupa dikelompokkan menjadi beragam jenis. Berikut ini adalah Deskripsi berbagai Jenis Bentuk Seni Rupa.


1.   Seni lukis
Seni lukis merupakan ekspresi atau ide yang dicurahkan oleh pelukis secara visual dua dimensi dengan media cat warna dan kanvas. Alat bantunya dapat berupa kuas, palet, dan jari. Jenis seni lukis antara lain:
a) Sketsa
Berupa garis sederhana yang dibuat relatif spontan namun bermakna.
Lukisan karya Tomy Tegar

b) Gambar
Perwujudannya lebih menekankan unsur garis, bentuk dan aspek kegunaannya, tanpa adanya ekspresi. Seperti gambar arsitektur, dekorasi, desain, ilustrasi dan model.



c) Lukisan
Gambar yang mengungkapkan bentuk objektifitas dengan komposisi dan nilai subjektif melalui ekspresi dan kreatifitas.

d) Kartun
Gambar yang telah dideformasi dari wujud aslinya sehingga lucu.


e) Karikatur
Kartun sindiran yang terfokus pada karakter objek. Walaupun sudah dideformasi, kita tetap dapat mengenal sang tokoh karena ciri khasnya.

f) Vinyet
Gambar dekoratif tanpa maksud yang jelas, merupakan improvisasi  pengisi halaman kosong.

g) Siluet
Gambar hitam bayangan tanpa suatu objek, dengan atau tanpa modifikasi.



2.   Seni Patung
Seni patung merupakan ekspresi atau ide yang dicurahkan dengan media padat tiga dimensi.
 
3.   Seni Relief
Seni Relief merupakan paduan antara seni rupa dua dimensi dan tiga dimensi sehingga bentuknya berupa gambar timbul pada bidang dua dimensi,  dengan menggunakan teknik ukir, temple atau cetak.


4.   Seni Grafis
Seni ini muncul sebagai usaha untuk memperbanyak hasil karya dengan model yang sama dan berkaitan dengan seni yang lain yang sedang menggunakan teknik cetak.
  1. Cetak tinggi; bahan yang digunakan untuk klise umumnya yang mudah ditoreh/dilukai seperti jenis karet. Bagian yang hendak dimunculkan sebagai bentuk gambar dibuat menonjol dengan posisi terbalik. Contoh: stempel
  2. Cetak Dalam; Hasil yang diinginkan adalah bentuk gambarnya timbul. Jadi pada cetakannya dibuat sebaliknya.
  3. Cetak datar; Kini teknik ini telah digunakan oleh mesin cetak modern seperti fotocopy dan sejenisnya.
  4. Cetak saring; Cetak saring yang paling dikenal adalah sablon dan stensil.

5.   Seni Fotografi
Seni fotografi adalah seni melukis dengan cahaya, yaitu merekam objek alam atau peristiwa ke dalam klise dengan alat bantu kamera foto. 
arsip Tomy Tegar
arsip Tomy Tegar
 Pertimbangan estetikanya ada beberapa hal.
  1. Objek
  2. Latar belakang
  3. Sudut kamera
  4. Pencahayaan
  5. Jenis kamera
  6. Pencetakan

6.   Seni Reklame
Seni reklame adalah seni yang digunakan untuk mempromosikan produk barang atau jasa dengan gaya yang menawan, untuk meningkatkan gairah membeli pada konsumen. Jenis reklame antara lain:
a) Logo; Logo bisa menjadi bagian dari bentuk reklame yang lain, baik sebagai inisial atau lambang dari badan usaha, organisasi atau instanis pemerintah.
Sumber Gambar: Arsip
b) Stiker; Berbentuk gambar atau tulisan pada kertas atau plastik yang ukuran relatif kecil, bagian bawahnya berperekat dapat berisi slogan, kalimat bijak, atau promosi produk.
Sumber Gambar: Arsip
c) Advertensi; Terdapat pada surat kabar atau majalah. Isinya berupa pengumuman atau promosi barang atau jasa dalam bentuk gambar dan kalimat.
Sumber Gambar: Arsip
  
d) Pamflet; Jenis reklame yang bentuk dan cetakannya relatif sederhana. Berisi penawaran usaha atau ajakan. Penyebarannya dilakukan melalui kendaraan atau ditempel dipinggir jalan.
Sumber Gambar: Arsip
e) Poster; Bentuk cetakkannya relatif lebih baik dan lebih besar dari pamflet. Isinya bisa bersifat komersil atau himbauan dengan gambar dan kalimat bijak.
Sumber Gambar: Arsip
f) Spanduk; Dicetak pada kain memanjang dengan teknik sablon berisikan tentang pesan, himbauan atau informasi dari yayasan atau organisasi politik.
Sumber Gambar: Arsip
g) Brosur; Dicetak pada kertas yang biasanya berlipat berisikan tentang keadaan suatu badan usaha atau lembaga pendidikan, agar masyarakat yang berkepentingan dapat mengetahui kegiatan dan faktor pendukung yang ada.

h) Katalogus; Sama seperti brosur, tetapi isinya daftar nama, gambar, harga serta keterangan lainnya tentang barang atau jasa yang ditawarkan.

i) Baleho; Berukuran besar terbuat dari tripleks, seng, kain tebal, atau plastik khusus diletakkan di tempat yang strategis. Fungsinya mempromosikan produk yang relatif besar seperti rumah, mobil, rokok, film dan lain-lain.

j) Etalase; Berupa ruangan kecil berdinding kaca di depan toko tempat barang dijual.

k) Cut out display; Berbentuk tiga dimensi berupa balon atau model barang yang dipromosikan dalam ukuran yang besar, diletakkan di tempat strategis di sekitar toko.
l) Neon Box; Neon box terbuat dari kotak akrilik yang bertuliskan produk yang dipromosikan dan didalamnya terdapat lampu neon.

7.   Seni Kriya
Seni kriya adalah seni kerajinan dalam membuat barang kebutuhan hidup sehari-hari. Jenis seni kriya ada 2 jenis antara lain: seni kriya terapan dan seni kriya murni.

8.   Seni Ilustrasi
Seni Ilustrasi digunakan untuk membantu penjelasan dan menghias karya sastra atau tulisan ilmiah, baik untuk kulit sampul atau halaman dalam. Ilustrasi tersebut biasanya menggambarkan isi karya tulisan seperti novel, cerpen, komik, dan sebagainya. Bentuk hiasan yang digunakan antara lain gambar, foto, kartun dan vinyet.

9.   Seni Dekorasi
Seni Dekorasi adalah seni  untuk menghias sesuatu, dua atau tiga dimensi, agar tampak harmonis.
a) Seni dekorasi dua dimensi; Motif hias, yaitu hiasan dengan motif geometris, atau bebas untuk  menghias sesuatu. Seni lukis hias, yaitu seni lukis yang digunakan untuk mendekorasi suatu ruangan.

a) Seni dekorasi tiga dimensi; Seni dekorasi tigas dimensi yaitu benda-benda karya seni tiga dimensi yang digunakan untuk mendekorasi bagian dalam atau luar ruangan. 

b) Seni interior; Penataan dekorasi dalam suatu ruangan sesuai fungsinya. Misalnya di rumah tinggal, hotel, kantor dan sebagainya.

c) Seni Eksterior; Penataan dekorasi di luar ruangan atau alam, misalnya di halaman rumah, taman, tempat rekreasi dan sebagainya.
 
10.   Seni Miniatur
Seni miniatur merupakan perpaduan dari berbagai bentuk seni rupa. Seni ini membuat duplikat objek beberapa kali lebih kecil dari bentuk aslinya. Seni miniatur antara lain seperti berikut:
a) Maket; Maket digunakan untuk memperlihatkan arsitektur/rancangan bangunan atau rancangan suatu produk sebelum bangunan sesungguhnya dibangun. Sehingga bisa mengetahui keadaan dan tampak lokasi suatu tempat secara keseluruhan.

b) Diaroma; Diaroma adalah maket yang dikemas dalam bentuk etalase yang memperlihatkan keadaan/bersejarah atau lingkungan alam suatu bentuk kehidupan.

11.   Seni Arsitektur
Seni arsitektur adalah seni merancang bangunan. Meliputi fungsi, model, estetika, bahan bangunan dan biaya.


12.   Seni Tata Busana

Seni tata busana adalah bagian dari seni kriya pakai. Seni tata busana mencakup berbagai hal dari merancang corak kain, model, serta keserasian dengan si pemakai dan keserasian situasi busana tersebut dikenakan.

13.   Seni Tata Rias
Seni Tata Rias adalah seni merawat dan mempercantik tubuh termasuk pakaian dan aksesoris yang dikenakan. Bagian tubuh yang dirawat adalah kulit dan rambut, sedangkan yang dirias biasanya wajah, rambut dan jari. 



Banyak Keragaman bentuk dan jenis dari Seni Rupa yang dihasilkan oleh para seniman. Seni Rupa dapat disimpulkan sebagai Seni yang mengutamakan Visual yang ditangkap oleh indera pengelihatan dan Sentuhan bentuk yang dirasakan oleh indera kulit. Demikian deskripsi singkat tentang Bentuk Seni Rupa. Artikel terkait lainnya silahkan cek di laman tegaraya.com
LihatTutupKomentar